Modus Penipuan oleh Penjual di Shopee

Semoga tulisan saya bisa membantu manajemen Shopee untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas sistem transaksi online aplikasi ShopeePay, berbisnis dengan adil dan bertanggungjawab dan sesuai dengan slogannya “Yuk belanja aman di Shopee!”.

Saya seorang pengguna baru Shopee (dan belum familiar dengan transaksi online), yang melakukan transaksi pada tanggal 3 Desember 2021 dalam platform Shopee. Namun, seller yang ternyata penipu, menghubungi saya via WA dengan nomor +6282820421110 mulai pukul 16.35, dan menghalangi saya untuk melihat pesan pada aplikasi Shopee.

Selanjutnya, tanpa sepengetahuan saya, seller membatalkan pesanan saya (211203636315rb) pada pukul 21.46. Sementara itu, dengan alasan antara lain untuk kepentingan asuransi barang agar barang segera bisa dikirimkan, seller ternyata membuat saya melakukan pembayaran sejumlah Rp8.684.520, pada pukul 21.49, melalui link yang seller berikan. Singkatnya, transaksi pembayaran dapat tetap terjadi, sementara pesanan telah dibatalkan oleh penipu tiga menit sebelum terjadinya transaksi pembayaran.

Saya telah berusaha mengkomunikasikan tentang kendala ini dengan pihak Shopee sejak tanggal 3 Desember via chat, pada subuh tanggal 4 Desember via pelaporan, dan mulai tanggal 6 Desember via e-mail untuk melengkapi data yang diinginkan pihak Shopee (dan masih terus berkomunikasi sampai saat ini). Dalam e-mail terakhir pihak Shopee mengatakan telah berusaha menghubungi saya via telepon, tapi tidak merinci waktunya, sementara telepon saya aktif pada waktu standar hari kerja.

Namun karena Shopee tetap bersikeras dengan secara berulang terus berdalih “Transaksi pada akun Kakak (baca: saya/pembeli) dengan metode pembayaran ShopeePay tersebut statusnya sudah selesai seiring dengan konfirmasi penerimaan pesanan dari akun Kakak (baca: saya/pembeli)”. Sementara pesanannya sendiri telah dibatalkan oleh seller tiga menit sebelum terjadinya transaksi pembayaran.

Pihak Shopee menafikan kenyataan akan “kekurangan” platform transaksi Shopee sendiri. Saya berharap Shopee dapat berlaku adil dengan berbesar hati mengembalikan dana transaksi saya dengan pertimbangan bahwa kendala saya terjadi akibat “kekurangan” dalam platform transaksi Shopee. Sebagai bentuk pertanggungjawaban manajemen Shopee untuk hal tersebut, bahwa transaksi pembayaran dapat tetap terjadi, sementara pesanan telah dibatalkan oleh seller tiga menit sebelum terjadinya transaksi pembayaran.

Dengan dibatalkannya pesanan saya, otomatis tidak ada barang terkirim. Karena ketiadaan barang yang terkirim, sekali lagi saya mengharapkan rasa keadilan dari manajemen/Shopee untuk mengembalikan dana Rp8.684.520 yang sangat besar artinya untuk saya.

Ditambah, penipu tidak berhasil mencairkan dana Rp8.684.520 saya tersebut. Karena setelah pembayaran yang saya lakukan pada pukul 21.49 tanggal 3 Desember 2021, penipu masih terus berusaha menghubungi saya via pesan WA, termasuk yang dilakukan pada tanggal 4 Desember pukul 01.41 dan telepon WA, sampai pada tanggal 5 December pukul 17.33 dengan mengirimkan link baru untuk pembayaran.

Demikian, dengan surat ini saya berharap dari manajemen Shopee untuk mendapatkan keadilan/dana saya Rp8.684.520 kembali. Semoga pula dengan surat ini bisa menjadi masukan bagi Shopee, karena akan sangat tidak nyaman bila akibat dari “kekurangan” pada sistem aplikasi Shopee menjadi tanggung jawab pembeli.

Terima kasih.

Maulida Suaib
Makassar, Sulawesi Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai pengalaman ini:
[Total:535    Rata-Rata: 3.6/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

137 komentar untuk “Modus Penipuan oleh Penjual di Shopee

  • 7 Januari 2022 - (10:49 WIB)
    Permalink

    Itu kesalahan anda sendiri gan .. shope dan marketplace lainya juga melarang transaksi di luar marketplace ..
    Pihak shope juga udah menghubi anda …

    70
    11
      • 8 Januari 2022 - (08:11 WIB)
        Permalink

        W jg pernah dulu pas awal di shopee

        Kena tipu 550k(ceritanya hp murah)
        W kirim lewat WA gk lewat shopee nya
        Karna masih awam

        Terus dia sipenipu minta tambahan terus katanya buat Bea cukai inilah itulah

        Dan akhirnya ya gk saya kirim lagi , jadi biar aja 550k Ilang dari pada jutaan

        • 8 Januari 2022 - (10:50 WIB)
          Permalink

          Ikut prihatin Kaka Lin…
          Terima kasih. Semoga Tuhan Yang Maha Esa dan Maha Kuasa selalu menjaga dan melindungi kita semua, aamiin…

          5
          1
          • 8 Januari 2022 - (11:23 WIB)
            Permalink

            Jika memang shopee belum meneruskan saldo ke penjual, apa salahnya saldo shopeepay sikorban dikembalikan. Mikir

            18
            5
      • 8 Januari 2022 - (10:48 WIB)
        Permalink

        Ikut prihatin Pak Budi…
        Terima kasih. Semoga Tuhan Yang Maha Esa dan Maha Kuasa selalu menjaga dan melindungi kita semua, aamiin…

        5
        1
      • 8 Januari 2022 - (14:52 WIB)
        Permalink

        Sama PERSIS seperti yg dialami adik saya, bedanya, adik saya beli laptop seharga 4,5 juta….
        Ini bukan kesalahan shopee kak… Tapi ini modus penipuan dari PENJUAL.
        Jadi, transaksi dibatalkan oleh Penjual, otomatis dana dikembalikan ke akun shopeepay kakak…
        Setelah itu penjual mengirim link yg mengharuskan membayar dg shopeepay (kayak kalo kita scan barcode pembayaran gt lah, kan langsung ada nominalnya tuh)…

        Jadi,saldo shopeepay kakak, kakak transfer ke akun TOKKO nya penjual, itu ke transfer ke akunnya penipu kak..

        Kalo penipu bilang dananya gak bisa dicairin, itu BOHONG… Ini juga cuma modus biar kita menyalahkan shopee…

        30
        1
        • 8 Januari 2022 - (15:25 WIB)
          Permalink

          Eh bodoh..tetap salah shopy lah. Berarti tingkat keamanan shopy belum memenuhi standar. Pihak shopy kalo keamanan nya lemah mendingan tutup aja tu aplikasi nya. Ini masalah berhubungan sama duit bukan sama DAUN KERING.

          7
          32
          • 9 Januari 2022 - (01:38 WIB)
            Permalink

            Ya engga dong. Ini kesalahan pembeli nya. Sy menggunakan shopee udah lama banget. Jdi tau.. jadi jual beli yang sah itu bukan pembayaran melalui chat ,tapi barang masukan keranjang terus check out melanjutkan pembayaran via shopeepay, shopeepay later dll. Tapi di kasus ini. Pembeli diberikan link untuk langsung kembayaran ke dompet si penjual (sama sama di aplikasi shopee) tapi langsung ke dompet penjual. Jadi tidak ada perjanjian jual beli dengan shopee disini sebagai pihak tengah. Kalau gitu uang sudah masuk di penjual ya gak bisa di ambil sama shopee. Karena gak masuk ke dompet shopee dulu.

            19
            2
          • 9 Januari 2022 - (05:43 WIB)
            Permalink

            Luh klw ***** jgn nyalah2in orang, paling juga luh klw belanja cuma COD.
            Itu mah pure kesalahan personal. Asal maen klik link transfer. Klw gx faham tuh belajar, klw gx tahu nanya jgn sok pinter.
            Lumayan 8jt an bisalah motor2 second… Wkwkwkwk

          • 9 Januari 2022 - (16:05 WIB)
            Permalink

            Eh bodoh shopy itu apa

          • 9 Januari 2022 - (16:07 WIB)
            Permalink

            Kesalahan pembeli ya dia melakukan pembayaran melalui link wa bukan bayar ke shopee yg mana harusnya uang itu masuk ke rekening ke 3 eh malah langsung ke penjual atau penipu. Dan juga setiap ada penipuan kok selalu bilang pengguna baru atau baru coba yg padahal itu nominal 8 jtan banyak bet. Tapi yg pasti kita do’akan yg sebaiknya pada korban

          • 10 Januari 2022 - (10:53 WIB)
            Permalink

            Terima kasih. Semoga Tuhan Yang Maha Esa dan Maha Kuasa selalu menjaga dan melindungi kita semua, aamiin…

            1
            2
          • 10 Januari 2022 - (10:54 WIB)
            Permalink

            Terima kasih infonya. Semoga Tuhan Yang Maha Esa dan Maha Kuasa selalu menjaga dan melindungi kita semua, aamiin…

          • 10 Januari 2022 - (10:57 WIB)
            Permalink

            Terima kasih infonya Pak Wisnu. Semoga Tuhan Yang Maha Esa dan Maha Kuasa selalu menjaga dan melindungi kita semua, aamiin…

        • 8 Januari 2022 - (23:39 WIB)
          Permalink

          Ok kita cerna ya, ShopeePay Milik perusahaan siapa, Shoppe dong, ShopeePay seseorang gak kan mungkin sama kan ada data yang tersimpan oleh shopeePay, Jadi apa Ada niat Pihak Shopee untuk Menlacak Akun ShopeePay Penipu nya kaga, Hal Tidak Mungkin Jika Pihak Dari Shopee Tidak Bisa melakukan nya Coba Cerna dengan Baik Aja.

          2
          3
          • 10 Januari 2022 - (10:55 WIB)
            Permalink

            Terima kasih. Semoga Tuhan Yang Maha Esa dan Maha Kuasa memberikan kebaikan yang banyak dan keberkahan, selalu menjaga dan melindungi Bapak Arifin sekeluarga dan kita semua, aamiin…

        • 9 Januari 2022 - (08:49 WIB)
          Permalink

          Betul,,, itu mah kesalahan dari si pembeli… Ini ceritanya si pembeli udah transfer uang ke penjual,, pakai akun shopeepay pembeli… Uang yg udah di transfer langsung nggak akan mudah dikembaliin,, itu pun dikembaliin kalo ada niat baik dari si penerima uang buat ngembaliinnya… Jangan salahkan shopee,,, klo transaksi d shopee dana pembeli itu bakal ketahan dulu sebelum klik “Pesanan Diterima”…

          Saran buat si pembeli, coba komplen ke pihak tokko atau xendit,,, kayaknya pembayaran d tokko pake layanan xendit…

          • 10 Januari 2022 - (10:59 WIB)
            Permalink

            Terima kasih. Semoga Tuhan Yang Maha Esa dan Maha Kuasa memberikan kebaikan yang banyak dan keberkahan, selalu menjaga dan melindungi Bapak Arifin sekeluarga dan kita semua, aamiin…

          • 10 Januari 2022 - (11:00 WIB)
            Permalink

            Terima kasih infonya. Semoga Tuhan Yang Maha Esa dan Maha Kuasa memberikan kebaikan yang banyak dan keberkahan, selalu menjaga dan melindungi Bapak Syamsul sekeluarga dan kita semua, aamiin…

        • 9 Januari 2022 - (18:21 WIB)
          Permalink

          Sama saya juga pernah dulu, sebenernya ini modus lama penipuan, tapi, akan selalu ada pengguna baru yang belum paham modus ini. Alangkh baiknya shopee selalu mengingatkn pengguna baru untuk tidak bertransaksi di luar prosedur. Atau membuat link pembayaran bisa dibaca rincian akun, barang, atau pengirimannya supaya tidak terjadi modus semacam ini lagi

          • 10 Januari 2022 - (11:01 WIB)
            Permalink

            Ikut prihatin Pak Rido. Terima kasih. Semoga Tuhan Yang Maha Esa dan Maha Kuasa selalu menjaga dan melindungi kita semua, aamiin…

        • 10 Januari 2022 - (10:52 WIB)
          Permalink

          Ikut prihatin untuk adiknya Bu Jane. Terima kasih. Semoga Tuhan Yang Maha Esa dan Maha Kuasa selalu menjaga dan melindungi kita semua, aamiin…

      • 9 Januari 2022 - (00:02 WIB)
        Permalink

        Yups bener….kalo bayar lewat shopeepay itu istilah nya udah door to door…sama kaya transfer…

        • 10 Januari 2022 - (11:01 WIB)
          Permalink

          Terima kasih Pak Soleh. Semoga Tuhan Yang Maha Esa dan Maha Kuasa selalu menjaga dan melindungi kita semua, aamiin…

    • 8 Januari 2022 - (01:11 WIB)
      Permalink

      Ya itu salah TS, Shopee ataupun marketplace lain ya tdk mau bertanggung jawab krn TS bertransaksi di luar aplikasi mereka, di laporin saja ke polisi, harusnya bisa di lacak krn kalo buka toko di marketplace biasanya harus foto selfie wajah+KTP.. Harusnya polisi gampang tuh klo mau nyiduk..

      15
      • 10 Januari 2022 - (11:03 WIB)
        Permalink

        Terima kasih Pak Grissee. Transaksi terjadi dalam sistim/platform (mitra) Shopee/Pay… Semoga Tuhan Yang Maha Esa dan Maha Kuasa selalu menjaga dan melindungi kita semua, aamiin…

    • 8 Januari 2022 - (10:46 WIB)
      Permalink

      Terima kasih. Transaksi terjadi dalam platform (mitra) Shopee… Semoga Tuhan Yang Maha Esa dan Maha Kuasa selalu menjaga dan melindungi kita semua, aamiin…

      2
      6
      • 9 Januari 2022 - (01:41 WIB)
        Permalink

        Turut prihatin pak. Akan tetapi dana tidak berada di tangan shopee. Tapi langsung masuk ke dompet pelaku.
        Semoga dapat ganti yang labih lebih 🤲

        Btw saya pernah kena hal seperti itu, tapi berhenti di chat WA. Langsung saya laporkan shopee untuk menonaktifkan akunnya. Jadi uang tidak jadi hilang

        • 10 Januari 2022 - (11:04 WIB)
          Permalink

          Terima kasih/do’anya. Transaksi terjadi dalam sistim/platform (mitra) Shopee/Pay… Semoga Tuhan Yang Maha Esa dan Maha Kuasa memberikan kebaikan yang banyak dan keberkahan, selalu menjaga dan melindungi Bu Firlana sekeluarga dan kita semua, aamiin…

    • 8 Januari 2022 - (12:11 WIB)
      Permalink

      Kalau misalkan anda melakukan transaksi pada link shopee dengan shopee pay/online payment/paylater dsb dan pembeli/penjual membatalkan pesanan maka Otomasi dana bakal balik shopee pay/online payment/paylater/dsb tersebut kak . Asalkan km transaksi melalui link shopee karena shopee adalah perantara. Jika kamu melakukan transaksi d luar link shoopee/pribadi dengan mentrasnfer kepada seller itu sudah bukan tanggung ja wab shopee. Begitu ya kka . Soalnya selama saya jd seller walaupun pembeli saya membatalkan pesanan/saya yg membatalkan pesanan tidak pernah ada kasus seperti di atas. Itu pengalaman saya 🙏

      14
      • 10 Januari 2022 - (11:05 WIB)
        Permalink

        Terima kasih Bu Diana. Transaksi terjadi dalam sistim/platform (mitra) Shopee/Pay… Semoga Tuhan Yang Maha Esa dan Maha Kuasa selalu menjaga dan melindungi kita semua, aamiin…

      • 10 Januari 2022 - (11:06 WIB)
        Permalink

        Terima kasih Kak Tumar. Transaksi terjadi dalam sistim/platform (mitra) Shopee/Pay… Semoga Tuhan Yang Maha Esa dan Maha Kuasa selalu menjaga dan melindungi kita semua, aamiin…

    • 8 Januari 2022 - (15:29 WIB)
      Permalink

      Intinya tingkat keamanan shopy masih lemah. Ini duit bukan daun kering. Kalau masih tetap lemah keamanan shopy, mendingan ditutup aja. Dari pada bertambah terus korban dan penipu didlm aplikasi shopy semakin banyak dan merajalela,, lebih baik ditutup aja tu aplikasi.

      5
      19
      • 9 Januari 2022 - (02:10 WIB)
        Permalink

        Apanya yg lemah, otak kau aja yg lemah tolol, ketika pembeli transaksinya gagal semua marketplce akan mengembalika dana ke pembeli, shpy, bl, toped, dll sistem kurleb sama, kalau pmbeli transaksi diluar sistem matketplce ya itu kesalahan pembeli, meskipun transksi melalui mitra shopee itu tidak bisa di cover shope jika trnsaksi mitra shope melalui scan barcode, itu seperti pindah saldo, sama2 setuju di waktu yg sama,

      • 10 Januari 2022 - (11:07 WIB)
        Permalink

        Terima kasih Kak Sebut. Semoga Tuhan Yang Maha Esa dan Maha Kuasa selalu menjaga dan melindungi kita semua, aamiin…

    • 8 Januari 2022 - (22:12 WIB)
      Permalink

      ga mutlak salah customer, ini standar keamanan shopeenya juga aneh, harusnya klo transfer antar shopee pay itu minimal ada two factor authentication, bisa berbentuk OTP ataupun yg canggihan dikit fingerprint dari HP..

      TOLONG DIBENAHI !

      2
      7
      • 9 Januari 2022 - (08:16 WIB)
        Permalink

        Shopee udah ada fitur itu… Kalo mau bayar apapun atau transfer pasti minta verfikasi lagi

        • 9 Januari 2022 - (11:55 WIB)
          Permalink

          berarti sistem pembayarannya belum idiot proof..

          perlu dipikirkan mekanisme tambahan agar dana hasil refund lebih ‘aman’ di ‘dompet marketplace’.
          mungkin bs di bikin dompet penampung terpisah.

          saya yakin kasus ini pasti jadi perhatian di tingkat management shopee, karena sudah menjadi modus penipuan yg sering terjadi

        • 9 Januari 2022 - (19:16 WIB)
          Permalink

          Berarti anda belum pernah transaksi pake shopee krna tidak tau kalo ada fitur otp, pin, fingerprint ketika melakukan transaksi…

          Shopeepay itu layaknya dompet digital OVO, Gopay, LinkAja, dll,, perlu autentikasi dulu sebelum transaksi/pembayaran/transfer…

    • 8 Januari 2022 - (23:35 WIB)
      Permalink

      Yang pada nolol2in mending gak usah komen, kecuali kalian tim penipu yang merasa senang. Saran aja mba dita, postingan yg sifatnya data pribadi sebaiknya disensor. Karena selain petugas berwenang, di media konsumen ini juga banyak calon penipu.

      4
      1
        • 9 Januari 2022 - (12:04 WIB)
          Permalink

          mungkin akan lebih aman klo dana hasil ‘refund transaksi gagal’ di tampung ke dalam wallet terpisah yang tidak bisa di transfer ke sesama shopee account.. IMHO

          modusnya ud ketebak, tinggal ‘mau’ atau ‘tidak’ nya untuk menciptakan online market place yang lebih aman buat emak2 .. hehe

    • 9 Januari 2022 - (08:45 WIB)
      Permalink

      Saya seorang customer care Dan Saya Kira cs shopee jika itu benar, Saya heran dengan kalimatnya ” aku sudah”.. Kok kalimat tidak customer bgt.. Seharusnya dengan kalimat ” kami”

      1
      1
    • 10 Januari 2022 - (06:20 WIB)
      Permalink

      Itu udah diluar shope transaksi nya, udah bukan kesalahan shope.
      Itu udah urusan polisi

  • 7 Januari 2022 - (11:08 WIB)
    Permalink

    ANDA SEBAGAI PEMBELI TOLOL SEKALI WKWKWKWKWKWKW
    SEMOGA MENJADI PELAJARAN BUAT KITA SEMUA BAHWA DILARANG MELAKUKAN PEMBAYARAN DILUAR APLIKASI SHOPEE MELALUI LINK PHISING

    34
    43
    • 7 Januari 2022 - (12:14 WIB)
      Permalink

      Hebat. Pengguna baru langsung transaksi besar 8 jtan… tp dr sc diatas dana uda kembali ke spy…

        • 7 Januari 2022 - (21:34 WIB)
          Permalink

          Apa anda baru banget di dunia teknologi terutama transaksi digital..?itu jelas kesalahan sendiri..jelas2 disitu transaksi lewat wallet,ini bukan kesalahan shopee..tp ini murni penjual memanfaatkan ketidak tahuan anda..o ya itu penipu bukan tdk bs mencairkan dana dr wallet (bukan sope) melainkan sipenipu pengin menguras duit anda dengan cara transfer lg lewat link lain..saya turut prihatin..tp lain kali lebih hati2 dan bertanya sama yg sudah pengalaman..

          14
      • 7 Januari 2022 - (17:09 WIB)
        Permalink

        Saya kurang faham ” penipu tidak berhasil mencairkan dana” ??, akun sopipay sudah dicek dana 8jtan msh ada??. Ato gimana maksdnya, dana di sopipay diblokir sm sopi gitu..

        3
        3
        • 8 Januari 2022 - (07:52 WIB)
          Permalink

          Mksdnya, beli hp, trs order di batalkan/tolak oleh penjual, trus penjual bilang ada kesalahan teknis, silahkan di ulangi biar brg bisa di kirim, nih link nya, eh itu link trf shopepay ke shopepay, jd tdk termasuk transaksi jual beli di shopee.

          12
          • 8 Januari 2022 - (10:03 WIB)
            Permalink

            Kan phak shopee dr awal selalu blang,jangan melakukan transaksi di luar shopee.kalaupun toko menghubingi lewat wa ya kita tfer nya hrus ttp lewat shopee kak.

    • 7 Januari 2022 - (13:06 WIB)
      Permalink

      Anda sendiri yg tolol…klau gk bisa ngasih solusi sekurang2nya jgn menghakimi orang..lebih baik anda memberi tahu itu sejenis phising…paham!!!

      22
      17
        • 7 Januari 2022 - (19:32 WIB)
          Permalink

          Bentar bentar saya kok kurang ngerti..dana shopeepaynya sudah kembali tapi penipunya ngirim link utk membayar diluar aplikasi dan pembeli nurut aja gitu ya? Kalau benar gitu ya pihak shopeenya gak bisa ngapa2in dong.

          11
          • 8 Januari 2022 - (07:01 WIB)
            Permalink

            Sy sdh berlangganan shopie sejak tahun 2015 dan Alhamdulillah tdk pernah mengalami penipuan, bhkan saat ini pay later sy sdh smpai limit15 jt, dr pihak shopie sdh melarang pembeli bertransaksi ataupun kontak di luar dr Shopie, apalagi dr kasus tsb paman sdh chat lngsung lwat WA dg penjual, otomatis itu sdh mnjadi kesalahan paman sendiri dan bukan kesalahan shopie. Tips utk belanja di shopie adalah perhatikaan baik2 reputasi toko, dr jumlah barang yg sdh terjual dan penilaian dr pembeli, jgn pernah asal beli apalagi smpe chat di luar dr pada ruang chat yg sdh disediakan oleh shopie.

          • 8 Januari 2022 - (07:06 WIB)
            Permalink

            Kayaknya pembeli sdh tertipu dg meng Klik link yg di berikan oleh penjual. Jd kemungkinan itu link siluman yg digunakan utk menipu. Akhirnya uang pun sdh di cairkan oleh shopie kepada rekening penjual.

            6
            1
          • 8 Januari 2022 - (14:57 WIB)
            Permalink

            Iya betul kak… 👍👍

          • 9 Januari 2022 - (14:59 WIB)
            Permalink

            Yes. Begitulah.
            Bisa dibuat pelajaran untktuk yg lain

        • 8 Januari 2022 - (21:04 WIB)
          Permalink

          Ya ini pembelajaran buat pembeli Lihat diskon harga murah langsung ngegass biar cepet2 dapat. Harap sabar kadang harga di toko yang lain lebih murah . Pengalaman juga ini toko2 aspal transaksi selesai 5 menit toko di blokir dan membuat saya tercengang tapi 5 menit berikutnya dana saya dikembalikan . Ada celah atau tidak di setiap APP online, Kecuali konfirmasi barang jgn bertransaksi diluar ketentuan S&K . Biasanya di chat penjual ada notif warning. Semoga jadi pembelajaran.

    • 8 Januari 2022 - (05:59 WIB)
      Permalink

      Sadis netizen jaman sekarang memaki dan mentolol2kan orang, namanya penguna baru ya mungkin saja dia g faham. Mau transaksi triliyunan itu klo dia mmg ada uang anda mau apa?
      Semoga cepat selesai
      Klo masih tertahan di shopeepay penipu dananya, kemungkinan masih bisa balik
      Shopee sdh mulai di susupi…

      17
      4
      • 8 Januari 2022 - (15:00 WIB)
        Permalink

        Udah raib kak,, udah masuk ke akunnya penjual /penipu itu kak…
        Itu kan yg batalin penjual, otomatis dana masuk ke shopeepay pembeli (dikembalikan ke shopeepaynya pembeli).

        Lah terus habis gt pembeli transferkan dananya itu ke akun TOKKO nya penjual…
        (TOKKO ini kayak semacam OVO/DANA gt iti kak)…
        Jd udah gak bs kembali tuh…

    • 8 Januari 2022 - (15:34 WIB)
      Permalink

      jgn mentololkan orang gitu dong, emang lo paling pinter apa? pembeli baru/awam jg gak bisa disalahkan sepenuhnya, knapa sistem di shopee gak bisa menstop chat yg menautkan link pembayaran di luar shopee? mlampirkan no WA atau alamat toko fisik aja bisa dicut, knapa link pembayaran liar gak bisa dicut. Perbaiki dan lebih cerdas lagi donk sistem di shopeenya

      1
      1
      • 8 Januari 2022 - (20:53 WIB)
        Permalink

        Itu linknya dikirim via wa bukan via chat bro. Jd ini sih ts dihub seller fiktif lwt wa dgn logo shopee dan dikirimi link pembayaran dengan shopee pay ke akun penipu itu. Ya karna pembeli masih ijo blm paham dunia penipuan.

  • 7 Januari 2022 - (11:24 WIB)
    Permalink

    Ga pernah belanja di Shopee saya,jadi yang paham mungkin bisa meluruskan. TS order nya dibatalin penjual jadi duit pembatalan masuk lagi ke saldo Shopeepay pembeli. Trus dikasih link sama penjual. Dari sini kurang jelas, pembayaran di link phising itu pakai saldo shopeepay ( dari pembatalan pesanan ), atau TS transfer lagi atau gimana ya ?
    Mungkin TS bisa jawab saldo shopeepay nya ada ga ?
    Penipu masih WA itu bukan berarti belum bisa cairin, tapi mau nipu lagi entah dengan alasan apa. Biasanya gitu, ketipu sekali berarti bisa ditipu lagi pikir penipu. Jadi dihubungi lagi terus.
    Ya kalau begini ceritanya ya TS yang salah ya, harusnya kalau belum familiar belanja online minta tolong titip yang udah paham. Tapi semoga dapat rejeki melimpah sebagai ganti dan ini sebagai pembelajaran.

    23
    1
    • 7 Januari 2022 - (11:28 WIB)
      Permalink

      *edit
      Dari screenshot iya itu link buat kuras saldo shopeepay dari transaksi yang dibatalkan.

      • 8 Januari 2022 - (19:39 WIB)
        Permalink

        Sebenarnya bukan salah di sistem shopee, pembeli harus benar2 paham pola transaksi digital di platform marketplace, karna setiap platform sdh ngikutin standar gateway payment sesuai arahan OJK. Dalam arahan itu jg setiap platform diwajibkan utk mengingatkan pengguna bahwa segala kerugian yg terjadi akibat transaksi di luar platform tersebut, maka itu bukan kesalahan platform.

        Utk mbaknya, lain kali harus lebih aware aja terhadap perkembangan jaman, setiap kali ada kemajuan pasti ada celah tp jangan salahin perkembangan dan celah itu, kalo ga ada perkembangan, pasti ga ada celah, selamanya kita jadi bangsa jalan di tempat.

    • 8 Januari 2022 - (17:00 WIB)
      Permalink

      Kalau yg saya tangkap, seller ini telah batalkan transaksi yg berhasil itu sehingga uang kembali ke akun shopeepay pembeli. Tp mereka lalu wa memberikan link pembayaran shopeepay kembali yg sifatnya transfer antar shopeepay (e-wallet) dan si pembeli kirimkan dana pengembaliannya ke akun a/n TOKKO itu. Krn si pembelinya awam dikira hal tsb adalah pembayaran transaksi dia pdhl serta merta pengiriman dana ke akun yg tertera. Walaupun metodenya sama dg shopeepay tp transaksinya bukan jual beli sehingga tidak dpt berbuat banyak. Agak sedih sih ini kasusnya tp ya lebih karena kesalahan sendiri. Dan benar kata anda Krn dirasa bisa ditipu kembali pembeli ini terus menghubungi.

    • 8 Januari 2022 - (17:35 WIB)
      Permalink

      salah anda sendiri karena membayar bukan ke shopee, tapi ke TOKKO dengan shopepay, jangan lakukan transaksi apapun diluar aplikasi shopee

  • 7 Januari 2022 - (11:25 WIB)
    Permalink

    Masalahnya anda membayar/bertransaksi diluar aplikasi shopee. Bagaimana shopee bisa bertanggungjawab mengembalikan uang yg anda bayarkan atas kesadaran anda sendiri dan terjadi diluar aturan shopee?

    13
  • 7 Januari 2022 - (11:27 WIB)
    Permalink

    si penulis juga tulis dia kurang mengerti online shopping dan di wa terkait asuransi oren makanya dia mau kerjain apa yang diminta di wa dan di linknya link ke shopee juga. kalo yang kaya gini dibully nanti kita mau belajar dari pengalaman siapa…
    buat pelajaran kita semua saja dan semoga ada solusi yang diberikan dari shopee untuk penulis.

    45
    • 7 Januari 2022 - (20:47 WIB)
      Permalink

      Shopee ga bakal bisa ngasih solusi dan sebagainya, karna sudah ada kebijakan dari shopee agar tidak bertransaksi diluar shopee, ga kelacak oleh shopee

  • 7 Januari 2022 - (11:42 WIB)
    Permalink

    Yg ibu alami pernah saya alami,saya kmaren kena tipu sekitar 1.700000 itu si penipu mengatas namakan toko dari shoope.ternyata apa tdk ada pertanggungjawaban dr shopee,uang saya hklang lenyap begitu saja.

    3
    15
    • 7 Januari 2022 - (20:48 WIB)
      Permalink

      Jadikan pembelajaran aja agar kedepannya jangan pernah mau untuk bertransaksi atau melakukan pembayaran diluar ahopee, shopee ga bakal tanggung jawab karna itu kesalahan anda sendiri dan ga bisa ngelakuin apa” pihak shopeenya

    • 7 Januari 2022 - (21:05 WIB)
      Permalink

      Itu kyaknya link pembayaran aplikasi atau web tokko, coba aja ketik di google tokko.co.id coba konsultasi ke cs dari pihak tokko nya biar di investigasi soalnya itu duitnya dikirim ke tokko dilihat dari resinya mah, kalo minta pertanggung jawaban shopee ya gak bakal bisa karena pembelian diluar aplikasi shopee walaupun pembayaran lewat shopeepay. Apk tokko juga ada di PlayStore kalo pengen mastiin.

      • 8 Januari 2022 - (20:56 WIB)
        Permalink

        Itu blm tentu dari aplikasi tokko. Seller di platform bebas bikin nama toko asal blm ada yg punya nama tersebut di platform

    • 8 Januari 2022 - (05:29 WIB)
      Permalink

      agak kurang paham sy, tp sy pernah alami, cirinya nih toko pasang harga miring. awalnya chat segala dijawab normal, stlh trx baru tuh toko nawarin off line dgn berbagai alasan. Sy tidak turuti sampai akhirnya trx batal otomatis dan uang kembali.

  • 7 Januari 2022 - (12:07 WIB)
    Permalink

    modus lama juga ini, alasan harus asuransi macam2.
    jika mau dijadikan pembelajaran:

    “JANGAN LADENIN SELLER YANG CHAT MINTA KLIK MACAM2, BILANG AJA MAU BATAL YA BATALIN AJA,
    JANGAN KLIK LINK APAPUN YANG DIBERIKAN, JANGAN KASIH DATA APAPUN, TIDAK PERLU PANIK, BELANJA DI ECOMMERCE ITU AMAN JANGAN MAU DITAKUT-TAKUTIN PENJUAL NANTI BISA BEGINI BEGITU. YANG PENTING SETIAP TERIMA PAKET DIVIDEOIN DARI AWAL SAMPAI AKHIR (TERUTAMA BELI PRODUK BERHARGA)”

    16
  • 7 Januari 2022 - (12:33 WIB)
    Permalink

    Pembelajaran utk kita semua, sesuatu yg baru apalagi dgn pihak luar klw blm pernah melakukan baik nya extra hati2. ☺

  • 7 Januari 2022 - (13:20 WIB)
    Permalink

    Kehati2an dalam bertransaksi dan perkuat wawasan dgn banyak membaca.!!
    Mudah2an dana masih bisa kembali klau masih tertahan di shoopepay..klau gk salah di shope barang diterima pelanggan dana baru dicairkan ke seller nya

    1
    1
    • 8 Januari 2022 - (08:55 WIB)
      Permalink

      Ga mungkin kembali gan, krn uang tidak tertahan di shopeepay spt layaknya transaksi barang, tp uang sudah di transfer ke link walet si penipu, lalu si penipu ingin menguras uang si mbaknya lg dg alasan uang belum bisa dicairkan, jd ngasih link lg, jd di luar transaksi shopee ini walaupun transfer dg shopeepay

  • 7 Januari 2022 - (14:11 WIB)
    Permalink

    !!! UNTUK PARA NEWBIE BELANJA ONLINE !!!
    Bila “status pesanan dibatalkan oleh penjual”, udah cari yang lain aja.
    Bila orang itu menghubungi anda melalui whatsapp dan memberikan paket dan data alamat yang jelas dan menyuruh melakukan pembayaran dilink aneh Hati hati itu modus/penipu. Apa lagi mengatas namakan platform dan menyuruh melakukan pembayaran ckckck, mending blokir.!

    Belanja Online
    -Cari Barang-Pilih Barang-CheckUp Pesanan-Data Diri/Alamat-Pilih Jasa Kirim-Pilih Metode Bayar-Oke Bayar-Selesai

    6
    1
  • 7 Januari 2022 - (14:21 WIB)
    Permalink

    Sbopee dan semua Marketplace sudah berulangkali mengingatkan dan dengan berbagai cara “Jangan melakukan pembayaran apapun dan dengan cara apapun di luar aplikasi Shopee.”, masih saja ada yg lalai.
    Kecil kemungkinan Shopee akan mengganti kerugian model begini, karena akibat kelalaian sendiri.
    Memang pelajaran yg berharga mahal, Coba perlahan dikhlaskan, Semoga diganti oleh Tuhan dgn cara yg lain, bu.

  • 7 Januari 2022 - (16:44 WIB)
    Permalink

    Dana dah ditransfer ke akun penipu itu karna klik link tsb kita memasukan pin seperti belanja ditoko, lain kali ajak sdr/tmn yg sdh pengalaman blanja onlen jgn hanya tergiur harga murah reputasi toko diliat juga karna skarang bnyk pembuat reputasi palsu seperti beberapa hari lalu sy liat akun penipu BL akun Super Seller menjual hp harga diskon benar saja skrang akun dlm pengawasan.

  • 7 Januari 2022 - (18:40 WIB)
    Permalink

    Ini sebenernya bisa dibuat laporan ke pihak polisi, yg data penipu mudah didapat/ditelusuri.

    Lapor ke polisi, buatkan semacam laporan kriminal dsb.
    Hubungi pihak airpay dan shoppe dengan surat laporan dari polisi beresta bukti2 lain untuk meminta data pengguna airpay dan seller shopee tersebut. Done

    Setidaknya jika uang hilang, pelaku bisa dijotos dulu.

    10
  • 7 Januari 2022 - (19:41 WIB)
    Permalink

    Kesalahan pembeli itu link phrising di e commerce mana pun. Atau aplikasi perbankkan mana pun ttp kesalahan pembeli. Cman jangan di bully. Dikasih masukan kan buat pelajaran bersama lah.

  • 7 Januari 2022 - (20:16 WIB)
    Permalink

    Intinya anda tidak cocok belanja online. Seller penipu sadar kalo anda orang yg gampang ditipu makanya dia kirim link lagi untuk menipu anda. Semua marketplace ga mengijinkan transaksi diluar aplikasinya, jadi bukan tanggung jawab mereka kalo ada hal2 yg merugikan karena diluar kuasa mereka. Transaksi anda via WA, bukan via shopee. Lebih baik anda minta info seller dari pihak shopee untuk keperluan lapor polisi kalo masih penasaran, walau nantinya jg ga akan sesuai keinginan.

    1
    1
  • 7 Januari 2022 - (20:17 WIB)
    Permalink

    1. Tergiur tawaran lebih pastinya, kan kelihatan link nya ada embel embel didepan,
    2. Kok mau nya transfer ke orang gak dikenal
    3. Dia memasukkan shoope pasword dan memberikan nomer otp yg masuk dan di rekam di web pishing penipu
    Saya pernah di Bukalapak begitu mereka hubungi kalo bahwasannya lagi ada discount 50℅ dan baru qja semenit lalu di launcing sayangbkako beli pakai harga asli. Saya dikasih link untuk batalin pesanan lama dan beli lewat link yg mereka berikan.
    Link nya ada embel embel didepannya dan mirip. Saya pura pura gak bisa ngelink saya buat komputer diaconected. Saya sembari berhubungan dengan tim keamanan bukalapak, akhirnya mereka kasih link lainnya
    Saat kita masukin user dan password saat itulah mereka tangkap dan temen nya sibuk mengalihkan kita temen yg lain menjelajahi akun kita
    Saya ulur waktu terus dengan bilang gak bisa setelah tim Bukalapak memastikan mereka penipu dan lapak nya di blok saya bongkar kalo saya pura pura goblok.
    Mereka marah dan menghilang

    Yaaa hati hati modus begini banyak. Seperti din lazada dan iklan iklan di google serta media online

  • 7 Januari 2022 - (22:09 WIB)
    Permalink

    Saya pernah lihat modus serupa di fb tp lupa kapan, klo dilihat dari link yang diberikan penipu itu berisi token sekali pakai, mungkin karena ada bug yg memungkinkan user shopepay melakukan pembayaran tanpa pin. apakah benar saat klik link otomatis terbayar tanpa input pin??

  • 8 Januari 2022 - (00:03 WIB)
    Permalink

    Darimana anda yakin klo si penipu tdk bs menarik dananya sehingga dia mengirimkan link baru lg? Bs jd kan dia mengirimkan link baru lg itu karena anda sdh berhasil ditipu olehnya dan dgn mudahnya jg, jd dia merasa tdk puas dgn 8jt an yg sdh dia dptkan, dia ingin menguras isi rekening anda lbh bnyk lg. Untungnya anda sdh tersadar bahwasannya diri anda ditipu sehingga anda tdk meladeni link baru tsb, mungkin apabila anda blm tersadar dan msh meladeni link2 baru yg dia kirimkan maka pasti abis sdh isi rekening anda..

    • 8 Januari 2022 - (05:23 WIB)
      Permalink

      Kalau dari shopee pasti mereka gak bisa apa-apa, karena kamu melakukan transaksi/transfer diluar sistem shopee. Mungkin lain kali JANGAN MAU DISURUH ANEH2 sama seller. Anda baca dan selalu ikuti instruksi shopee.

  • 8 Januari 2022 - (00:05 WIB)
    Permalink

    Koreksi kalo salah.

    Pengembalian dana untuk transaksi handphone, ada logo Z, samsung Z fold 2 kah? Kalau engga salah harga nya di kisaran 25jt bro. Itu tergiur di harga 8jt ?

    “Saya seorang pengguna baru Shopee (dan belum familiar dengan transaksi online)” tp langsung aktifin shopeepay, verifikasi KTP. Biasanya newbi pakenya COD.

    Ada pengembalian dana 8.685.520 di tanggal 3, lalu setelah nya ada pembayaran 8.684.520 juga di tanggal 3 desember. Tp TS bilang link phissing di kasih di tanggal 5 desember.

    email dr shopee bilang transaksi sudah selesai, berarti ada yg KLIK terima barang. Yg harusnya ada jeda waktu antara pembayaran, proses kemas barang, kirim barang, dan baru bisa klik terima barang.

    Janggal sama keterangan penulis. Apakah ada yg masih belum di ceritain. Sekali lg, koreksi kalo saya salah..

      • 8 Januari 2022 - (04:23 WIB)
        Permalink

        Sebenarnya saya kasihan, sudah jelas transaksi diluar shoppe. Mau sepanjang lebar apapun penjelasannya ya tak akan bisa menuntut shoppe.
        Tapi memang saya lihat banyak platform yang tidak selektif kepada penjual yang telah terdaftar di platform mereka.
        Sebagai contoh banyak penjual yang menjual jauh dibawah harga aslinya khususnya produk gadget dan elektronik. Dan sampai sekarang masih eksis dan masih banyak yang beli meski rating sudah jatuh ke angka tiga (3) sampai dua (2) sekalipun. Belum lagi yang model mystery box gitu, haduuuhhh…sumpah itu konsumen kelewatan batas gobloknya.
        Entah ini karena kegagalan pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa atau bagaimana sehingga banyak masyarakat yang tidak bisa berfikir logis.

        semoga jadi pembelajaran bagi yang lain.

  • 8 Januari 2022 - (00:22 WIB)
    Permalink

    Koreksi kalo salah.

    Pengembalian dana untuk transaksi handphone, ada logo Z, samsung Z Fold / Flip kah? Kalau engga salah harga nya di kisaran 25jt bro. Itu tergiur di harga 8jt ?

    “Saya seorang pengguna baru Shopee (dan belum familiar dengan transaksi online)” tp langsung aktifin shopeepay, verifikasi KTP. Biasanya newbi pakenya COD.

    Ada pengembalian dana 8.685.520 di tanggal 3, lalu setelah nya ada pembayaran 8.684.520 juga di tanggal 3 desember. Tp TS bilang link phissing di kasih di tanggal 5 desember.

    email dr shopee bilang transaksi sudah selesai, berarti ada yg KLIK terima barang. Yg harusnya ada jeda waktu antara pembayaran, proses kemas barang, kirim barang, dan baru bisa klik terima barang.

    Janggal sama keterangan penulis. Apakah ada yg masih belum di ceritain.

    • 8 Januari 2022 - (10:26 WIB)
      Permalink

      Pengin ketawa takut dosa… Lihat kata2 dia nulis
      Saya seorang pengguna baru Shopee (dan belum familiar dengan transaksi online),
      Lucunya penguna baru shopepay limit ampe 8 jt lebih masa iya iya tahu2 ada sendiri masuk akal kah.
      Shopeepay kan diisi saldo oleh penguna/ pemilik akun.
      Kecuali…
      Spaylater itu cicilan itu limit dr shopenya sndri,

  • 8 Januari 2022 - (01:02 WIB)
    Permalink

    Transaksi di shopee, di batalin, ada pengembalian dana. Trus transaksi di aplikasi TOKKO kode Pesanan #TK-29847-1611860000 itu kode pesanan di aplikasi Tokko tp pembayaran pake Shopeepay (sama kaya beli pulsa Telkomsel di aplikasi My Telkomsel tp bayar pake shopeepay).

    Tp heran, dia punya screenshoot PEMBAYARAN BERHASIL kode Pesanan #TK-29847-1611860000. harusnya gambar itu punya si Pelaku (pembeli di aplikasi TOKKO)

  • 8 Januari 2022 - (01:07 WIB)
    Permalink

    Transaksi di shopee, di batalin, ada pengembalian dana. Pelaku lalu transaksi di aplikasi TOKKO kode Pesanan #TK-29847-1611860000
    itu kode pesanan di aplikasi Tokko tp pembayaran pake Shopeepay (sama kaya beli pulsa Telkomsel di aplikasi My Telkomsel tp bisa bayar pake shopeepay).

    Tp heran, dia punya screenshoot PEMBAYARAN BERHASIL kode Pesanan #TK-29847-1611860000. harusnya gambar itu punya si Pelaku (pembeli di aplikasi TOKKO)

  • 8 Januari 2022 - (07:15 WIB)
    Permalink

    Agak kocak sih Ama Shopee, seharusnya kalau ada kasus seperti ini lapor cs kan bisa langsung di bekukan akun shopepay si penipu. Kok cenderung pihak Shopee hanya berlindung d balik “salah konsumen transaksi di luar aplikasi”, alur konsumen bisa ketipu kan karena Shopee meloloskan penipu berjualan di aplikasi mereka, apa salahnya hanya sekedar memblokir sementara akun shopepay yang mendapatkan laporan dari konsumen lain.

  • 8 Januari 2022 - (07:24 WIB)
    Permalink

    Kok banyak kasus penjual” nakal di Shopee ya akhir” ini.
    Mungkin pengawasanya harus diperketat,,kasian pengguna” awam.

  • 8 Januari 2022 - (07:38 WIB)
    Permalink

    Aduh kasihan juga, belum familier beli barang harga gede, sepertinya ibu Maulida malah membayar barang dari seller yg dibelinya, dengan sopheepay ibu Maulida sendiri
    Seller menjual barang A sebesar 8jt kode transaksi z123, kemudian dibatalkan seller, sementara si seller membeli barang Aa (fiktif barangnya) dari A akun toko A yg lainnya, kode transaksi B123 atas nama ibu maulida tapi alamat si A, si ibu maulida di hub lwt WA, diberi link transaksi B123… Dan ibu maulida manut aja di beri link lewat WA, ya ilang uangnya….
    SARAN JANGAN LAYANI KOMUNIKASI DILUAR ONLINE MARKET, APAPUN ALASANNYA… KOMUNIKASI HANYA LEWAT ONLINE MARKET TEMPAT KITA TRANSAKSI…
    kalau mau bisa dilaporkan polisi, ranah polisi utk bergerak… Data2 pasti ada di system..

  • 8 Januari 2022 - (09:48 WIB)
    Permalink

    Penipuan ini memang kebanyakan menyasar pembeli yang masih awam.
    1. Penulis membeli barang di shopee kemudian dibatalkan dan jelas ada transaksi pengembalian dana.
    Disini transaksi resmi di shopee sudah selesai.
    2. Penipu membuat pesanan baru dengan nominal yang sama persis dengan transaksi yang sudah penulis batalkan lalu memberikan link pembayarannya yang seolah-olah ini adalah pesanan yang sudah dibatalkan. Penulis bisa cek no pesanannya pasti beda dengan yang sebelumnya, terlebih ini belanja di toko lain bukan shopee.
    3. Begitu penulis klik link dan membayar maka dana masuk ke shopee pay penipu dan langsung ditarik. Oleh sebab itu shopee tidak bisa menahan dana tersebut. Dan hanya bisa memblokir akun penipu saja.
    4. Penulis menduga dana shopeepay belum ditarik penipu dg alasan penipu masih menghubungi si penulis. Dugaan penulis SALAH. Penipu akan terus cari cara menguras uang anda dengan berbagai macam trik sampai anda sadar anda telah tertipu. Untungnya disini anda langsung sadar.
    Cek di media konsumen 2 minggu lalu, ada mbak dari kebumen yang gara gara minta refund duit 150rban malah kena tipu sampai 24 jutaan.

  • 8 Januari 2022 - (10:12 WIB)
    Permalink

    Lagian kalau bayar apapun pakai ShopeePay meskipun itu link pembayaran dari merchant TOKKO pasti harus diotentikasi sidik jari dulu atau masukin PIN dulu, masa iya langsung kebayar gitu aja pas pencet link? Cerita yg ga masuk akal

    • 8 Januari 2022 - (11:58 WIB)
      Permalink

      Benar gan tanpa input pin langsung otomatis terbayar namanya juga bug, makanya di link penipu ada token sekali pakainya, udh lama sebenernya bugnya. Tadi lihat di fb ada jg yg kena modus begini katanya auto pindah saldonya ke penipu

  • 8 Januari 2022 - (13:29 WIB)
    Permalink

    Ya kan ketika kita mengakses shopee ad tulisan jngn melakukan transaksi d luar aplikasi shopee krn mereka tdk bertanggung jawab pnipuan yg d lakukan d luar aplikasi

  • 8 Januari 2022 - (13:33 WIB)
    Permalink

    1. 3 Des 2021 13:49 pembayaran 21120366315RB dalam platform shopee terkonfirmasi
    2. 3 Des 2021 21:46 pembatalan 21120366315RB oleh seller dalam platform shopee terkonfirmasi
    3. 3 Des 2021 21:47 pengembalian dana 21120366315RB ke shopeepay pembeli diproses dalam platform shopee, dalam 15 menit selesai.
    4. 3 Des 2021 21:49 pembayaran 000397103796670755 ke seller shopee (merupakan link untuk produk seller dalam platform shopee karena pembayaran terkonfirmasi oleh shopee dalam platform shopee). Jadi biarpun ada percakapan diluar shopee, seller tetap menggunakan platform shopee untuk menjual deangan cara mengirimkan link produk pada pembeli.
    Catatan:
    1. Pembayaran untuk 000397103796670755 tidak dapat dicairkan oleh seller (menurut informasi pembeli).
    2. Transaksi 000397103796670755 sudah diterima oleh pembeli dan transaksi itu dinyatakan selesai (menurut shopee).
    Kalo liat data itu sih, itu 2 transaksi yg berbeda. Transaksi pertama itu clear, selesai.l tidak ada hubungannya dgn sudah dibatalkan tapi dibayar karena transaksinya sudah berbeda. Kalo transaksi yg kedua itu memang sudah diterima (pernah klik transaksi selesai di platform Shopee), semua transaksi nya normal. Tapi kalau tidak ada barang yg diterima dan belum pernah nyatakan transaksi itu selesai, seharusnya Shopee bisa menginvestigasi kasus yg kedua ini saja.

    • 8 Januari 2022 - (13:45 WIB)
      Permalink

      Kecuali kalo transaksi kedua itu shopeepay ke Shopeepay. Wallet ke wallet. Itu namanya transfer aja dari akun satu yg lainnya. Kalo link nya ternyata itu, ya udah pasti itu bukan salah Shopee. Tapi seller nya memang penipu. Bisa dilaporkan ke polisi oleh Shopee (karena Shopee yg punya data²nya)

  • 8 Januari 2022 - (13:42 WIB)
    Permalink

    Sebaiknya kalo belum familyar ya minimal tanya2 dulu k orag yang sering belanja (transaksi) online,atau minimal transaksi dengan nominal kecil dulu…
    Dulu saya sebelum famyliar belanja online,pertama kali transaksi dgan nominal kecil-kecil dulu….setelah merasa aman2 aja baru berani transaksi yg lumayan harga jutaan…..

  • 8 Januari 2022 - (14:22 WIB)
    Permalink

    Mohon maaf, Anda seharusnya melaporkan ke pihak Tokko karena Shopee tidak bersalah apa2 namun Anda kurang lebih hati2 . Shopee sudah kasih peringatan bahwa dilarang transaksi di luar Shopee . Shopee tidak semua penjual jujur , karena Shopee bukan Tuhan utk mampu membedakan orang jujur atau penipu hanya orang2 baru/awam tidak berhati2 atau waspada utk transaksi di luar Shopee atas permintaan penjual yg tidak jujur .

  • 8 Januari 2022 - (14:27 WIB)
    Permalink

    Yg Anda bayar 8 juta itu melalui Tokko dgn pembayaran Shopee pay . Segera komplain ke pihak Tokko (aplikasi Tokko) ke medsos , disertai screenshot 8 juta di merchant Tokko agar akun penipu dibekukan . Kalau terlambat komplain maka duit mungkin tidak kembali . Mohon maaf saya tidak bisa banyak membantu Anda tapi jadikan pelajaran dan pengalaman dalam hidup Anda . Saya pernah kena tipu tapi saya jadikan pelajaran agar tidak terulang kembali .

  • 8 Januari 2022 - (15:51 WIB)
    Permalink

    seperti yang saya alami.
    padahal saya sudah curiga karena penjual menghubungi lewat wa.
    tetapi saya pikir masih aman karena pembayaran menggunakan shopepay.karena biasanya penipuan di lakukan lewat transfer bank.

    menurut saya tingkat keamanan shopeepay masih kurang. seharusnya saldo shopeepay tidak bisa di gunakan untuk pembayaran di luar aplikasi shopee.
    ini mah masih bisa di pake di link lain.
    masih bisa di otak Atik para penipu.

  • 8 Januari 2022 - (17:34 WIB)
    Permalink

    Smoga masih bsa di kembalikan dananya dan kdepanya lbih bijak lg klo transaksi scara online.
    Dan Sukses trus untuk MediaKonsumen yg menfasilitasi masyarakat untuk bersuara, smoga makin banyak platform” atau situs” sperti ini di indonesia karena wakil kita sbagai Rakyat saya sebagai awam hampir tdak mengerti peran mreka skarang apa👍

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 137 komentar sampai saat ini..

Modus Penipuan oleh Penjual di Shopee

oleh Idita Suaib dibaca dalam: 2 menit
137