Seller Dirugikan Akibat Kiriman Hilang, Pihak SiCepat dan Shopee Lepas Tanggung Jawab

Saya adalah sebagai pihak seller yang berjualan di Shopee. Kronologi kejadiannya, pada tanggal 13 Desember 2021, saya menerima pesanan dengan besaran Rp46.950. Barang yang dibeli adalah keju, nomor pesanan: 2112131VEMW1EF. Tanggal 14 Desember 2021 saya telah mengirimkan paket tersebut sesuai dengan bukti di bawah ini, nomor resi: 002844754406.

Karena lama tidak terkirim, saya memutuskan untuk berkali-kali menghubungi pihak SiCepat melalui live chat WhatsApp resmi SiCepat dan menanyakan status paket yang tidak ter-update. Saya juga menghubungi pihak Shopee dengan nomor pelaporan pertama: 255686959, tapi saya diminta untuk menunggu. Berikut tanggapan pertama pihak SiCepat dan Shopee.

Estimasi pengiriman Shopee tertera akan menunggu konfirmasi pembeli sebelum 28 Desember 2021. Namun tidak dapat saya sisipkan lagi bukti tersebut karena pesanan sudah dibatalkan secara otomatis oleh sistem Shopee tanpa persetujuan penjual. Padahal saya sudah menunggu barang tersebut terkirim selama kurang lebih 3 minggu sejak 14 Desember 2021 hingga 4 Januari 2022, ketika pesanan dibatalkan otomatis oleh sistem.

Pada saat saya menanyakan alasan pembatalan secara tiba – tiba, saya memutuskan untuk kembali menghubungi pihak Shopee.

Nomor pelaporan kedua: 257146004. Penjelasan pihak Shopee berdasarkan konfirmasi dengan pihak ekspedisi SiCepat mengatakan bahwa paket tersebut hilang. Namun berbeda ketika saya konfirmasi dengan pihak SiCepat, justru mereka berdalih dan memberikan alasan bahwa paket saya belum melewati batas estimasi pengiriman dan diminta menunggu lagi.

Padahal jelas-jelas pada tanggal 27 Desember 2021 mereka menyatakan bahwa paket tersebut telah melewati batas estimasi pengiriman. Terdapat indikasi bahwa pihak SiCepat tidak mau mengakui kesalahan dan justru mencari alasan, terbukti dengan tidak konsistennya respon mereka.

Hingga saat surat ini saya tuliskan, belum ada tanggapan dan follow up kembali dari pihak Shopee maupun ekspedisi SiCepat. Sementara pesanan telah dibatalkan, yang artinya sudah tidak mungkin ada pengembalian dana dan barang hilang. Lalu bagaimana pertanggung jawaban pihak Shopee dan SiCepat terkait hal ini? Bukan masalah nominal barangnya, tapi bagaimana perusahaan sebesar itu merugikan mitra bisnisnya, yaitu saya sebagai seller atau penjual Shopee.

Tujuan saya dengan menulis surat ini adalah meminta keseriusan pihak Shopee dan SiCepat menangani masalah ini agar tidak menyebabkan ketidakpercayaan terhadap pihak kalian sebagai mitra bisnis dan ditangani segera. Terima kasih.

Grace Angelia Wibowo
Situbondo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan SiCepat Ekspres atas Surat Ibu Grace Angelia

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Ibu Grace Angelia Wibowo pada tanggal 7 Januari 2022 yang berjudul “Seller Dirugikan Akibat Kiriman...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Fooloow up kak merugikan kali itu harus di tegas dan di selesaikan biar ga kebiasan seenak nya mereka

      • Kakak saya juga seller di shopee, dia sudah follow up ke pihak shopee, tapi karena tidak ada asuransi pihak shopee tidak mau tanggung.. Saya sih kurang mengerti ya, karena katanya yang pilih asuransi itu pihak pembeli, sedangkan penjual hanya mengirimkan saja.. Koreksi kalau saya salah biar tambah pengetahuan

        • Terlepas dari sudah dikirim atau belum ke pembeli, saya sebagai seller (sudah saya ceritakan di atas), tidak mendapat follow up dari SiCepat dan pembeli. Lalu kaitannya dengan Shopee adalah pihak Shopee membatalkan status pesanan pembeli tanpa persetujuan penjual.

        • Walaupun paketnya sudah terkirim, toh pembayaran pembeli tidak akan bisa masuk ke ShopeePay seller, karena sistem Shopee membatalkan secara tiba - tiba pesanan tersebut. Itu yang saya sesalkan dari Shopee. Maka dari itu, saya membuat surat konsumen ini supaya kasus saya ini diperhatikan pihak Shopee. Karena sudah berkali - kali saya mengajukan keluhan mulai dari baik - baik, hingga agak tegas karena tidak adanya kepastian kedua belah pihak. Kronologinya bisa dibaca lagi di atas ya. Lalu saya juga sudah jelaskan klarifikasi bahwa Shopee telah memberikan penggantian dana tepat setelah postingan ini dimuat oleh Media Konsumen. Jika menghadapi start up besar memang paling ampuh ketika sudah ramai. Kalau tidak diramaikan, sudah terbukti akan diremehkan. Terimakasih untuk Media Konsumen.

    • Pengalaman saya sebagai pembeli, dulu Saya pernah belanja barang seharga total -+700rb di shopee.
      Singkat cerita, waktu itu pesanan saya tidak di proses sampai waktu yang di tentukan dan akhirnya pesanan saya di batalkan oleh shopee dan uang saya pun di kembalikan di saldo shoppepay. Oke, ini hal biasa karna pesanan tidak di kirim sehingga di batalkan pihak shopee.
      Tapi setelah 1 hari pesanan udah batal, tuh pesanannya tiba ke rumah, dan barang2 yg di pesan pun sesuai lewat kurir jne.
      Saya pun bingung krna pesanan yg di batalkan malah terkirim.. dan akhirnya saya chat seller nya untuk menanyakan hal ini, tp seller nya slow respon bgt sampe kita yg kesel sendiri dan tak dpt jawaban yg pasti dr pihak seller dan akhirnya tak mw repot, saya langsung menanyakan no rek seller nya trus aq tranfer ke rek seller sesuai total yg di batalkan di shopee. Selesai
      Yg aq binggung sampe skrg tuh knp bisa gitu ya? Mungkin di sini ada yg ngerti tolong kasi tau ya? Krna aq cm pembeli dan bkn penjual.

  • Turut prihatin moga masala cepat selesai. LAGI" TIM MEDIASI SHOPEE SANGAT AROGAN.

    • Terimakasih atas doanya kak. Iya saya juga merasakan tim mediasi Shopee terlalu lama menangani masalah. Semoga ke depannya menjadi perbaikan untuk e-commerce tersebut.

  • Turut prihatin, moga cepat selesai. Tekan terus ka... SiCepat biasanya di ganti kalo di tekan terus menerus. Saya pernah kehilangan dan paket terbakar nominalnya hampir 400rb... Dan di tekan terus. Akhirnya mau ganti SiCepat nya. Dan paketnya di balikin dalam ke adaan hangus. Eh. Taunya masih utuh karena packing nya berlapis lapis double dus. Jd masih terselamatkan... Rezeki bisa di jual lagi. Tapi kalau hilang oleh Anteraja mah udah pasrah saya mah.. Gak bakalan di ganti haha

    • Sampai saat ini jujur saja pihak SiCepat belum ada komentar ataupun respon. Saya hanya mendapatkan respon dari pihak Shopee saja. Padahal sudah saya tekan pihak SiCepatnya. Semoga ke depannya SiCepat lebih baik lagi. Justru kalo AnterAja di wilayah saya kinerjanya lebih baik dibandingkan SiCepat.

  • Saya pernah kejadian paket dinyatakan hilang, dan otomatis di batalkan oleh sistem. Udah klaim gak di tanggapi. Tau tau paket telah ketemu dan di antarkan ke alamat penerima. Dan syukur nya penerima mau trf harga barang tersebut. Tapi ada beberapa yg tidak mau bayar dan bilang salah sendiri batal otomatis.rezeki saya ini. Yah biarlah... Nanti juga dapat karmanya

    • Sama kak kejadiannya dengan saya. Seandainya saya tidak speak up mengenai masalah ini dan pasif, mungkin juga akan mengalami hal yang sama dengan kakak. Saran saya, kakak coba follow up pihak Shopee dan jangan sungkan lagi menghadapi tim Shopee yang terkadang cenderung acuh dengan komplain kita.

  • Cuma 50k doang wkwkwk sampai segitunya kayak kebakaran jenggot, biasa ajalah, status pesanan gagal karena hilang nanti juga dpt kompensasi dari Shopee secara otomatis, gak perlu ribut", , ,

    • Belum tentu juga dapet kompensasi. Justru dari hal kecil jika di biarkan. Nanti bakal terus menerus di abaikan. Anteraja dari harga 5rb, 25rb, 65rb hilang dan tidak di ganti... Kalo tetap di aktifkan kerugian bisa terus menerus

    • Weeh ******, bukan masalah nominal, tetapi tanggung jawabnya, ******!!
      Kalau dibiarkan nanti jadi kebiasaan, ****** !!

    • Mohon dibaca baik - baik ya kak, tujuan saya adalah mendapatkan pertanggung jawaban kedua belah pihak bukan membesarkan masalah. Bisa kaka liat di atas juga, banyak yang mengalami keluhan yang sama dengan saya justru diacuhkan saja oleh pihak Shopee. Seandainya saya diam saja, saya yakin tidak ada pertanggung jawaban dari pihak Shopee dan SiCepat. Pikir dulu sebelum komentar ya kak, usahakan komentar yang bijak.

    • Saya setuju dengan komentar ini. Dalam mengambil keputusan Shopee pasti ada dasarnya, yaitu SOP. Bukan keputusan yang diambil dadakan dan seadanya. Prosedur klaim juga pasti ada. Hanya kadang perlu pro-aktif dari customer agar tindak lanjutnya bisa lebih sigap dan cepat. Saya merasa setiap ada masalah tidak perlu harus dibuatkan mediakonsumen melulu baru ditindak lanjuti. Mereka beroperasi berdasarkan SOP (termasuk SLA / waktu tunggu). Cukup diajukan sesuai prosedur. Selama semuanya berjalan sesuai koridor aturan yang berlaku, pasti dapat diselesaikan dengan baik. Dari pengalaman saya bertransaksi di Shopee, atau platform lain tidak pernah ada masalah saat transaksi yang hasil akhirnya merugikan saya.

      • Oh iya karena anda setuju bahwa nominal kasus disini kurang material ya menurut anda. Masih tidak habis pikir dengan pemikiran Anda. Ckckck... Soal SOP dan lain - lain sudah saya jalani ya, selama kurang lebih 1 minggu saya mengajukan keluhan belum ada tindak lanjut, setelah dimuat di Media Konsumen baru ditindak lanjuti langsung. Syukurlah Anda belum pernah dirugikan ya, maka wadah Media Konsumen untuk mereka yang merasa dirugikan menyampaikan keluhannya agar didengarkan.

      • Menanggapi komentar Anda:
        "Saya merasa setiap ada masalah tidak perlu harus dibuatkan mediakonsumen melulu baru ditindak lanjuti."

        Lagipula pihak redaksi Media Konsumen meloloskan keluhan saya, kok Anda yang repot. Beruntung pihak redaksi Media Konsumen bukan orang apatis seperti Anda yang hanya memikirkan diri sendiri.

        • Saya penjual di shopee pernah kok mengalami seperti anda. Paket dikirim menggunakan SiCepat Halu, antar pulau yang artinya dikirim lewat jalur laut dengan estimasi waktu tunggu sampai 3 mingguan. Kemudian customer saya klaim batal karena terlalu lama menunggu, bahkan sudah lewat dari waktu estimasi barang sampai dari shopee. Saya melampirkan bukti bahwa paket sudah dikirim tepat waktu, dengan menanggapi klaim customer. Saya cek juga ke SiCepat, dan dijelaskan bahwa paket masih dalam waktu tunggu pengiriman. Akhirnya pihak shopee tidak dapat membatalkan transaksi. Paket juga sampai ke customer sebelum hari ke-21. Ini yang saya sebut sesuai SOP. Anda di atas menjelaskan gagal upload bukti karena sudah dibatalkan atau.. anda gagal upload bukti direntang waktu yang sudah disediakan sehingga otomatis batal? Seperti yang saya bilang, cerita 1 pihak tidak dapat mengkonfirmasi secara keseluruhan. Silakan dibandingkan cerita saya ini dengan yang anda alami sehingga transaksi dibatalkan...

          • Sepertinya konsumen saya lebih baik daripada konsumen Anda. Konsumen saya tidak melakukan klaim apapun, jadi saya juga tidak perlu upload bukti apapun. Saya aktif follow up ke sicepat dan Shopee. Saya mengikuti SOP yang seharusnya dari kedua pihak, bukan SOP yang Anda buat sendiri. Jika sudah merasa benar, lebih baik tidak perlu berkomentar, menunjukkan sifat egois dan apatis. Sudah terbukti dengan komentar anda di atas.

          • Saya juga tidak bilang tentang gagal upload bukti, jangan mengada - ada, atau Anda berhalusinasi?

          • Oh iya, kalau Anda merasa paling benar silakan cek keluhan lainnya di Media Konsumen yang mengalami kejadian serupa dengan saya bersangkutan juga dengan Shopee. Silakan komentar seakan - akan Anda paling benar.

    • Saya setuju dengan retweet kakak, buat apa no resi kalau masih diminta lagi data - data terkait pengiriman. Inilah yang juga saya katakan pelayanan SiCepat terutama, masih payah dan tidak konsisten. Ketika ada masalah bukannya memperbaiki, justru membela diri. Terimakasih kak sudah membantu menyampaikan keluhan saya kepada pihak bersangkutan. Semoga sehat dan sukses selalu.

  • yakin gak di ganti?
    coba cek di saldo penjualan ada riwayat refund biasanya yang pernah saya alami apalagi nominalnya gak besar pasti di ganti sih jadi cek dulu baru berkoar buktikan jika emang tidak ada di riwayat pengembalia jangan membuat gaduh

    • Status kiriman terakhir dari SiCepat Halu 002844754406 harga ongkir 49000 Tujuan Kab. Karimun DELIVERED,
      Penerima Zulhendra (YBS) 6 Jan 2022 11:36
      SIGESIT Antar HERMAN SAPUTRA

      • Justru barang sudah terkirim ke pembeli, namun status kiriman seller sudah dibatalkan di aplikasi Shopee. Otomatis pembeli menerima barang, Shopeepay direfund ke pembeli. Jika saya tidak follow up ke Shopee, bisa dilihat di komentar di atas ya ada yang mengalami sebagai seller akan dirugikan.

    • Sependapat sama ini, penjual biasanya lupa cek saldo penjual, pilih transaksi lalu kredit. Cek yang berlabel merah penyesuaian oleh shopee. Biasanya akan.sering terjadi, bagian pelaporan shopee akan bilang sedang dikonfir k ejasa kirim. Nyatanya udah otomatis terganti di dananya.

  • Untuk beberapa komentar yang menyarankan saya untuk mengecek saldo penjual, terlebih menegur saya karena dikatakan "membesarkan" masalah.
    Klarifikasi saya adalah
    1. Pihak Shopee baru serius menanggapi keluhan saya tepat setelah surat konsumen saya ini dimuat di website Media Konsumen, dengan menghubungi saya pukul 18:39 pada 7 Januari 2022.
    2. Sebelum adanya surat konsumen ini, pihak Shopee cenderung meremehkan tanggapan saya dan hanya disuruh menunggu tanpa ada kepastian.
    3. Tanggal 8 Januari 2022 baru saya terima untuk refund dananya melalui saldo penjual.
    4. Tujuan postingan saya bukan untuk membesarkan masalah, apalagi kalian yang melihat nominal uangnya, melainkan menjadi tempat untuk melihat tindakan tanggung jawab pihak Shopee dan SiCepat. Jika tujuan saya untuk membesarkan dan menjelek jelekan sudah saya protes sejak barang masih dalam proses pengiriman 3 hari, tidak perlu menunggu hingga 3 minggu.
    5, Terbukti bahwa pihak Shopee menanggapi keluhan user ketika kasus diunggah melalui website Media Konsumen, sementara hingga saat ini pihak SiCepat belum memberikan tanggapan apapun.

    Semoga ke depannya kedua belah pihak, ekspedisi apapun dan e-commerce apapun belajar dari masalah ini yang ternyata masih banyak merugikan seller. Saya amati masih banyak yang dirugikan karena masalah yang kalian katakan "sepele" ini. Jangan sungkan apalagi takut untuk speak up, kalian punya hak untuk menuntut tanggung jawab bila merasa dirugikan. Terimakasih untuk pihak Media Konsumen yang bersedia mengunggah surat komplain saya, sukses selalu untuk kita semua.

    • Terlepas dari hal itu, semoga kakak tidak pernah mengalami hal serupa. Kalau bisa pakai ekspedisi lainnya, SiCepat opsi terakhir kalau sudah terpaksa.

      • Saya sdh bertahun-tahun memakai sicepat karena pengirimannya yg cepat, dikirimkan mlm dan besok siangnya sdh sampai dan alhamdulillah saya tdk pernah mengalami barang paketan hilang selama ini, walaupun pernah beberapa kali mengalami salah pengiriman ke drop point daerah tujuan (criss cross) tp itu dpt dihandle dgn baik oleh pihak sicepatnya paling cuma jd agak terlambat beberapa jam sampainya aja. Saya tetep lbh afdol memakai jasa pengiriman sicepat drpd yg lainnya..

    • Dan juga, sekitar 1 minggu setelah dana penggantian saya terima, pembeli tiba" chat ke saya bilang bahwa paket sudah dia terima, dan mau bayar barang tsb. Tapi berhubung dana sudah saya terima, saya gak tanggapi, mungkin pembeli konfirmasi ke cs shopee juga. Saya apresiasi niat dan kejujuran pembeli, jarang ada yang kaya gini.

      • Ya syukurlah masih ada pembeli yang jujur, saya baca di atas ada yang sengaja dibiarkan saja, bahkan merasa itu rejeki mereka. Kasian pihak penjual kalau tipe pembeli yang tidak jujur.

  • Saya baru mengalami beberapa minggu yang lalu. Pesanan dibatalkan oles sistem karena melewati batas estimasi, padahal barang sedang dalam proses pengiriman. Saya ajukan komplain ke shopee dan sicepat. Lalu beberapa hari setelah saya ajukan komplain, saya iseng cek saldo penjualan, dan ternyata sudah masuk penyesuaian saldo penjualan sbg penggantian dari pesanan tersebut. Coba agan cek saldo penjualan deh, siapa tau sudah masuk. Karena setau saya shopee kalo ada dana penggantian yang masuk, gak pernah ada notifikasinya.

    • Sudah saya ajukan komplain baik ke Shopee maupun SiCepat, sebelum saya tulis surat konsumen ini. Namun tanggapan pihak Shopee dan SiCepat terkesan acuh, bisa kakak lihat di atas ya, bahkan saya tanya berkali - kali tidak ada respon tanpa kepastian. Jadi apa saya salah kalau menggunakan jalan ini agar mendapatkan perhatian kedua pihak? Saya yakin tidak ada respon dari kedua pihak kalau saya tidak menulis surat konsumen ini. Sudah terbukti kalau refund dan penanganan masalah saya baru ditangani setelah terbitnya keluhan saya di Media Konsumen. Sudah saya tulis klarifikasi di atas ya. Saya mengecek saldo penjual setiap hari, jadi akan tahu kalau ada refund.