Barang Diklaim Hilang di Platform Shopee, Seller yang Dirugikan

Saya adalah salah satu seller di Shopee yang mengalamai kerugian 335 ribu rupiah dengan nomor pesanan: 211125G2FMQGMJ, kronologisnya adalah:

Pada tanggal 25 November 2021 ada customer yang melakukan pembelian di toko saya dengan nomor pesanan: 211125G2FMQGMJ. Dan seperti biasa saya mengirimkan barang tersebut ke customer menggunakan ekspedisi JNT yang mana ekspedisi ini dipilih otomatis oleh sistem Shopee dan juga resi di-generate otomatis oleh sistem Shopee. Resi pengiriman JP1558117350.

Pada tanggal 30 November saya cek pembeli melakukan komplain , dengan alasan , bahwa barang belum diterima , sedangkan menurut status tracking di Shopee dan di jnt, PAKET TERSEBUT SUDAH DITERIMA.

Lalu pembeli melakukan komplain masalah ke Shopee, Shopee pun meminta bukti-bukti dari kedua belah pihak, dari pihak kami sudah memberikan screen shoot bahwa paket tersebut sudah diterima pembeli (berdasarkan tracking resi yang ada) dari pembeli hanya bilang bahwa dia tidak terima barangnya tanpa mencantumkan bukti apapun.

Shopee pun katanya mencoba konfirmasi kepada pihak JNT, tapi dalam 1×24 jam tidak ada kabar dari JNT, sehingga Shopee melakukan PENGEMBALIAN DANA SECARA PENUH KEPADA PEMBELI, sedangkan kami hanya diganti 10x lipat ongkos kirim saja.

Chat shope
Dana di-refund ke customer

 

Yang mana dalam hal ini kami dirugikan senilai 335 ribu rupiah (harga barang kami 455 ribu rupiah dan dibayar oleh Shopee hanya 120 ribu rupiah saja).


Kami minta Shopee dan JNT untuk mengganti kerugian senilai 335 ribu rupiah, karena:

  1. Kami sudah mengirimkan barang sesuai dengan pesanan pembeli (bukti trakcing resi dari JNT sudah diterima pembeli)
  2. Pembeli tidak dapat memberikan bukti bahwa dia belum menerima barang tsb , dia hanya bilang bahwa barang belum diterima
  3. Sistem di SHOPEE TIDAK BISA melampirkan WAJIB ASURANSI dan TIDAK BISA MEMBELI ASURANSI TAMBAHAN apabila barang hilang

Bisa dicek foto-foto screenshoot orderan dan bukti tracking dari pihak JNT dan Shopee.

Jefdi Gomulia
Jakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:30    Rata-Rata: 2.6/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

17 komentar untuk “Barang Diklaim Hilang di Platform Shopee, Seller yang Dirugikan

  • 8 Januari 2022 - (19:28 WIB)
    Permalink

    Mungkin saja buyer ngeles belum terima barang biar untung dobel. Skrng bukan hanya seller saja yg nakal, buyer pun jg banyak yg nakal.

    13
    • 9 Januari 2022 - (18:47 WIB)
      Permalink

      Kasus yg sama persis terjadi kpda saya bulan lalu .. customer asal Medan Sumatera Utara .. murah sih barang nya tapi customer klaim blm terima barang pdhl di lacak pesanan barang sudah diterima
      Dan shopee ACC klaim tersebut 😂 aneh kan cara penyelesaian nya tapi untungnya saya dapet balik gak rugi apa-apa untung yg murah ..

  • 8 Januari 2022 - (20:30 WIB)
    Permalink

    Dulu saya pernah beli laptop di shopee, penjualnya kok bisa pakai asuransi ya? saya tanya ke penjualnya dia drop ke counter ekspedisi dan menambahkan asuransi pada waktu drop barang.

    1
    1
    • 9 Januari 2022 - (00:31 WIB)
      Permalink

      Sebenarnya memang bisa,,Asuransi Dibayar oleh Sellers,dan pemotongan dana Asuransi Otomatis saat pencarian Dana.

    • 9 Januari 2022 - (07:11 WIB)
      Permalink

      Gimana pembeli mau ngasih bukti, lah barangnya saja tidak diterima, kan dari pihak J&T sertiap ada barang yg sudah di kirim dan setatus barang telah sampai di penerima ada bukti lampiran foto rumah, atau nomer rumah dari pembeli tsb.

      6
      1
  • 8 Januari 2022 - (23:57 WIB)
    Permalink

    Seharusnya dari pihak ekspedisi bisa memberi bukti bahwa benar paket tsb diterima pembeli atau bukan. Biasanya kurir jnt selalu foto barang sesaat sebelum diserahkan ke pembeli. Soalnya kurir jnt kalo ngirim ke tempat saya selalu bgtu.

  • 9 Januari 2022 - (01:41 WIB)
    Permalink

    Contoh noh aplikasi sblh lazd kurir selalu photo sipenerima barang, dan nm kurir terpapar jelas jdi klo ada apa2 kya kejadian diatas enak… Sbnrya klo dr pihak expedisi bisa tahu lah siapa nm kurir yg mengirim brngya, dan bila mna si pembeli/sipenerima bohong bisa dipidanakan…

  • 9 Januari 2022 - (01:49 WIB)
    Permalink

    Inilah kelemahan di sopi, tdk ada opsi asuransi, dan ekpedisi dtentukan sepihak pula ada masalah dlm kiriman pihak mp lepas tanggungjawab..minta foto le jnt, mereka pasti ada dokumentasi foto penerima

      • 9 Januari 2022 - (10:11 WIB)
        Permalink

        mending agan cek via aplikasi android j&t express,di sana bisa terlihat nomor kurir yang bawa barangnya..sehingga bisa di konfirmasi langsung ke kurir bersangkutan

  • 9 Januari 2022 - (16:52 WIB)
    Permalink

    Ya terjadi lagi kejadian serupa dengan yang saya alami sebelumnya. Lagi – Lagi platform Shopee yang tersangkut masalah.

  • 10 Januari 2022 - (12:02 WIB)
    Permalink

    gimana ya, yang milih jualan di shopee kan anda, dalam arti anda menyetujui seluruh syarat dan ketentuannya untuk berjualan dan bertransaksi

    kalau memang dari shopee tidak ada wajib asuransi, kenapa anda jualan pakai shopee kalau anda merasa asuransi itu penting?

    2
    2
    • 11 Januari 2022 - (20:56 WIB)
      Permalink

      Ya, betul. Cukup heran dengan banyaknya seller berjualan tanpa mempelajari ketentuan. Kemudian ketika ada masalah, menyalahkan platform atau buyer. Selama mengikuti ketentuan yang berlaku maka seller tidak akan menanggung kerugian. Walaupun seller tida

  • 11 Januari 2022 - (21:02 WIB)
    Permalink

    Sederhananya, jika ingin aman maka pakai asuransi. Seller bisa membeli asuransi selama kurirnya mendukung asuransi. Ketentuan ini tidak diatur oleh shopee, karena shopee memang tidak memiliki fitur asuransi, sehingga harus dari pihak Seller yang menyiapkan asuransi. Biaya asuransi dapat dibebankan ke Buyer atau Seller sudah memperhitungkan ke dalam komponen harga barang.

  • 13 Januari 2022 - (03:36 WIB)
    Permalink

    Update status, sekitar 3 hari lalu saya ada dihubungi oleh pihak shopee dan “Katanya” menyanggupi pergantian selisih biaya yang hilang, tapi dengan syarat menulis, bahwa masalah sudah selesai, tapi sampai tulisan ini dibuat masih hanya sebatas “OMONG KOSONG” saja dari pihak shopee

  • 15 Januari 2022 - (23:29 WIB)
    Permalink

    update tanggal 13/01/2022 dapet email dari shopee :

    Terima kasih datanya kak. Saat ini kendala kamu sedang dalam proses kak. Mohon menunggu dan kami akan hubungi kamu kembali ketika sudah ada hasil melalui telepon ya kak.

    sampai sekarang belum ada pergantian..kalo slogan KFC Jagonya ayam. kalo shopee jagonya OMONG KOSONG !

 Apa Komentar Anda?

Ada 17 komentar sampai saat ini..

Barang Diklaim Hilang di Platform Shopee, Seller yang Dirugikan

oleh Herbami dibaca dalam: 1 menit
17