Tagihan IndiHome Naik dengan Alasan Layanan “Add On”, Padahal Saya Tidak Pernah Memintanya

Semangat pagi!

Terima kasih kepada Media Konsumen yang memuat surat pembaca saya ini. Saya adalah pelanggan IndiHome dengan nomor 121715225809. Setiap bulan nominal tagihan yang saya terima adalah Rp324.500, termasuk PPN. Namun pada bulan Februari ini tagihan saya tiba-tiba bertambah menjadi Rp364.951 termasuk PPN.

Saya sudah melakukan komplain melalui aplikasi MyIndihome juga melalui kanal Twitter resmi IndiHome. Dijelaskan oleh customer service, jika kenaikan tagihan itu karena saya melakukan penambahan layanan add on sebanyak dua layanan. Menurut customer service, saya sudah menyetujui penambahan add on tersebut melalui sambungan telepon saat marketing IndiHome melakukan penawaran, masing-masing pada tanggal 14 dan 17 Desember 2021.

Padahal saya yakin tidak pernah ada penawaran itu. Penawaran melalui telepon yang saya setujui adalah penambahan STB android dan itu pun bulan Agustus 2021. Customer service mengatakan “Apakah ada anggota keluarga lain yang mengiyakan penambahan add on tersebut?”. Tidak mungkin, karena saya saja tinggal sendiri di kontrakan dan nomor hp yang saya cantumkan itu punya saya pribadi.

Saya tetap keukeuh tidak pernah menyetujui penambahan layanan tersebut dan mengajukan pembatalan layanan tersebut. Namun anehnya setelah pihak IndiHome memprosesnya, customer service mengatakan tagihan akan kembali normal pada bulan April. What?? Jadi untuk Februari dan Maret saya harus membayar layanan yang tidak saya ajukan? Bahkan saya tidak tahu layanan add on TV berbayar seperti apa yang ditambahkan tersebut, karena nonton TV pun jarang sekali.

Lagian jika memang add on itu ditambahkan pada tanggal 14 dan 17 Desember, pasti tagihan saya dibulan Januari sudah berubah. Namun tagihan Januari masih sama dengan tagihan bulan sebelumnya Anehnya di sini CS mengatakan bulan Januari tagihan saya sudah berubah pro rata, Padahal tidak. Masih sama dengan bulan- sebelumnya.

Saya kemudian meminta rekaman telepon saat penawaran itu dilakukan. Karena tentunya semua aktivitas baik keluhan dan penawaran melalui telepon pasti direkam. Namun customer service mengatakan tidak bisa memenuhi permintaan saya.

Aneh kan? Mereka mengatakan penambahan layanan tersebut atas persetujuan saya melalui telepon, sedangkan saya tidak merasa melakukan hal tersebut. Namun mereka tidak mau membuktikannya.

Untuk itu melalui surat pembaca Media konsumen ini saya sampaikan agar pihak IndiHome segera menyelesaikan permasalahan ini secepatnya. Saya tidak mau membayar layanan yang tidak saya tambahkan. Kenapa harus bulan April baru normal? Kenapa saya harus membayar dibulan Februari dan Maret untuk layanan yang tidak saya ajukan?

Demikian saya sampaikan atas perhatian dan kerjasamanya, saya ucapkan terima kasih.

Regards.

Anwar Ahmad
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Telkom IndiHome:
[Total:150    Rata-Rata: 1.8/5]
Konfirmasi dari Telkom terkait Pemberitaan “Tagihan IndiHome Naik dengan Alasan Layanan “Add On”, Padahal Saya Tidak Pernah Memintanya”

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com, Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat keluhan pembaca pembaca Bapak Anwar pada tanggal 9 Febuari...
Baca Selengkapnya

23 komentar untuk “Tagihan IndiHome Naik dengan Alasan Layanan “Add On”, Padahal Saya Tidak Pernah Memintanya

  • 9 Februari 2022 - (14:06 WIB)
    Permalink

    Itu add on nya acara tv. Cara langgananya juga mudah bahkan bisa karena tidak sengaja. Tinggal klik OK 2 kali dr remote sudah aktif. Pertanyaannya anda langgananya pakai tv tidak? Kl tidak pakai tv itu murni salah indihome. Kalau pakai bisa jadi anda, istri anda, anak anda atau orang serumah yg berlangganan dengan cara tidak disengaja atau iseng disengaja. Misal ini chanel acaranya apa, anda iseng klik ok 2x sudah langganan. Di stb saya kalau chanel tv yg tidak langganan icon nya padam, kl chanel yg berlangganan icon nya nyala.

    3
    7
    • 9 Februari 2022 - (14:39 WIB)
      Permalink

      yang jadi masalah kalau pun memang dari TV, pengakuan cs indihome nya persetujuan melalui telpon, dan dia cuma tinggal sendirian

    • 9 Februari 2022 - (14:51 WIB)
      Permalink

      Keterangan dari customer service via DM twiter penambahan add on itu melalui penawaran marketing by telephone. Dan saya ga pernah merasa mendapat penawaran apalagi menyetujuinya. Kalaupun aktivasi melalui TV bukannya harus pakai OTP ya?

    • 10 Februari 2022 - (09:38 WIB)
      Permalink

      TS bilang tinggal dikontrakan sendirian saja, tidak ada orang lain. Dan persetujuan penambahan add-on lewat telepon, padahal telepon yg pegang TS sendiri.

    • 11 Februari 2022 - (06:26 WIB)
      Permalink

      Sepertinya ada permainan antara cs dan marketing. Mungkin bisa langsung coba datang ke kantor, kalau komplain via app atw by phone pastikan direkam untuk bukti. Biar diberhentikan tele marketing yg katanya sudah konfirm by phone, pasti ada atas namanya dan biar ditindak juga cs yg menolak menunjukan bukti/menutupi merketingnya.

  • 9 Februari 2022 - (14:55 WIB)
    Permalink

    Keterangan dari customer service via DM twiter penambahan add on itu melalui penawaran marketing by telephone. Dan saya ga pernah merasa mendapat penawaran apalagi menyetujuinya. Kalaupun aktivasi melalui TV bukannya harus pakai OTP ya?

  • 9 Februari 2022 - (16:06 WIB)
    Permalink

    ke plasa saja bisa dipotong tagihannya asal belum dibayar. saya pernah seperti itu, komplain di twitter tidak bisa potong tagihan, di plasa bisa merubah tagihan jadi saya bayar langsung dengan harga setelah dipotong add on.

  • 9 Februari 2022 - (19:27 WIB)
    Permalink

    Sering nih kasus kek gini.. udh banyak kejadian.. Apakah semudah itu cuma by telp bisa menambah tagihan.. Keamanan macam apa itu.. Harusnya tetap pakai otp/via apps..

  • 9 Februari 2022 - (19:36 WIB)
    Permalink

    Dari jaman saya SMA sampai sekarang anak 2 ya begini begini mulu kalau indihome tagulihan siluman wkwk, klasik ini mah pindah aja ke provider lain.

  • 9 Februari 2022 - (23:38 WIB)
    Permalink

    Payahh emg indihome harusnya promo cukup dari aplikasi aja, atau lewat wa tuh setau saya ada wa officialnya, masa udh 2022 promo msih lewat telpon kaya jaman speedy 128kbps aja

  • 10 Februari 2022 - (01:40 WIB)
    Permalink

    ke plasa aja minta di hapus bisa kok.. klo penasaran siapa yg mengiyakan ada rekaman tlp juga.. simple skrg telkom

    • 10 Februari 2022 - (05:29 WIB)
      Permalink

      Alhamdulilah sudah diselesaikan dg baik oleh indihome case nya.
      Tadinya jg saya penasaran pengin denger rekamanya. Namun sekali lagi masalah ini sudah diselesaikan dengan segera setelah adanya surat pembaca ini🙏

    • 10 Februari 2022 - (06:50 WIB)
      Permalink

      Gak mungkin ada rekaman, itu pasti pekerjaan marketing addon by phone yg gabut, frustasi ditolak mulu, kemudian random approve sendiri produk ke pelanggan yg tidak tahu menahu demi kejar target.
      Marketing addon Indihome yg baca ini, kalian pencuri.

  • 10 Februari 2022 - (08:44 WIB)
    Permalink

    indi home gitu, kasih promo tanpa telepon seperti saingannya, klo “gk ada respon” ditarik biaya ekstra. Klo dicatur istilahnya skak raja tapi gk ngomong langsung

  • 11 Februari 2022 - (11:00 WIB)
    Permalink

    Jika indiehome mengklaim meminta persetujan lwt telpon ,dan disetujui oleh ybs, minta rekaman telepon nya saja, karena jika sifat nya persetujuan lewat telpon perusahaan sebesar telkom pasti menyimpan rekaman pembicaraan antara cs dan konsumen mengenai persetujuan tsb

  • 11 Februari 2022 - (11:17 WIB)
    Permalink

    Alhamdulilah. Case ini sudah close. Sudah diselesaikan dengan baik oleh Pihak Indihome. maksud saya jg begitu tadinya. Namun masalah sudah selesai .thks atensinya

  • 12 Februari 2022 - (05:45 WIB)
    Permalink

    Dulu pernah juha tiba2 naik gt.. Ternyata karena mereka menawarkan promo add on, awalnya gratis eh ujung2nya bayar.. Makanya sekarang kalau indihome tlpn dan menawarkan gratis penambahan apapun langsung saya cut dan bilang “saya tidak bersedia melakukan penambahan layanan dan biaya”.. Jadi kalau kedepan ada case semacam ini rekaman pembicaraan kita jelas menolak..

  • 13 Februari 2022 - (02:28 WIB)
    Permalink

    Saya juga karena kekecewaan kepada IndiHome, Saya buang paket tv dalam jumlah banyak, termasuk turunkan paket karena saat Channel National Geographic sedang iklan ditengah program (Iklan ditengah jam tayang, bukan saat habis), Iklan IndiHome ikut masuk memotong acara,.. Masalahnya bukan Iklannya, tp iklannya kadang kelamaan sehingga saat iklan dari National Geographic sdh kembali ke Program acara sebelum iklan, Iklan Br*n*s*k indihome masih berjalan HINGGA MEMOTONG SEBAGIAN PROGRAM BEBERAPA SAAT DAN KADANG ITU BAGIAN PENTING..!
    GAK PROFESIONAL..!!!
    Saya pernah kirim keluhan ini di Twitter IndiHome, akun Saya Marsuni, cek aja, dari sekian CS yang gak nyambung dikasih tw, akhirnya ada yang faham, (setahunan lalu), eh ini diulang lagi…
    Saya bayar sekarang 400 ribuan.., dulu sebelum minta turun kecepatan dan turun paket tv sekitar 970an…
    Rencana mau berhenti saja, sdh ada iconnet punya PLN..

 Apa Komentar Anda mengenai Telkom IndiHome?

Ada 23 komentar sampai saat ini..

Tagihan IndiHome Naik dengan Alasan Layanan “Add On”, Pada…

oleh Ahmad Ahmad dibaca dalam: 2 menit
23