Kehilangan Handphone yang Berujung Tagihan Shopee SPayLater Membengkak

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Saya izin sharing pengalaman boleh ya. Saya mau sharing waktu tahun 2021 bulan Desember, saya kehilangan handphone pada saat saya kecelakaan di jalan. Saya jatuh dan handphone terlempar, tidak tahu sekarang berada di mana.

Isi handphone itu adalah lampiran scan KTP, kartu keluarga dan beberapa aplikasi marketplace yang paylater-nya saya aktifkan. Pada saat saya kehilangan handphone, saya lupa nonaktifkan akun Shopee-nya karena terlalu fokus kuliah tugas saya banyak banget harus dituntaskan. Jika tidak tuntas, kemungkinan saya mengulang kembali mata kuliah tersebut.

Pada saat saya selesai dan ujian pun juga sudah selesai, tiba-tiba saya ditelepon pihak Shopee SPayLater untuk melunasi hutang PayLater-nya, padahal saya tidak meminjam sama sekali. Jika saya pinjam juga limit yang saya pakai tidak melebihi dari itu. Selalu saya ambil limit Rp300 ribu, yang jika pembayaran menjadi Rp306 ribu.

Saya mengambil langkah awal untuk melaporkan ke pihak Shopee. Setelah saya membuat laporan akun saya dinonaktifkan sementara. Saya bingung dan terus menerus ditelepon beberapa kali dan itu pun aku mulai sangat kesal dan menjadi gila. Saya harus melunasinya bagaimana? Sedangkan bunganya terus bertambah.

Saya mau galulob saja sudah banyak makan korban dan itu membuat akan hancur selamanya gara-gara banyak pinjaman. Saya khawatir jika DC itu datang ke rumah. Saya bingung kok bisa itu terjadi kepada saya? Pada akhirnya saya memilih galbay dikarenakan juga bukan saya yang meminjam juga. Bukan kewajiban saya untuk membaya,r karena itu juga bukan hutang saya. Daripada saya terlanjur tambah gila. Pada saat itu juga saya sangat kecewa dan langsung menghapus akun saya.

Pada bulan Februari awal, saya mendapatkan pemberitahuan untuk tagihan Shopee SPayLater tersebut. Saya langsung mengirimkan email ke pihak Shopee tentang peretasan akun saya, dan memohon kebijaksanaan pihak Shopee, karena tagihan dari transaksi tersebut bukan transaksi saya.

Namun saya kaget, karena pihak Shopee tetap membebankan tagihan tersebut kepada saya. Memang tidak besar, tapi saya merasa dirugikan. Karena saya merasa bukan kewajiban saya, di saat pihak Shopee bisa menghentikan transaksi tersebut untuk kebaikan konsumen, tapi pihak Shopee melakukan hal sebaliknya.

Di sini saya berpikir bahwa Shopee hanya memikirkan keuntungan mereka sendiri tanpa memikirkan konsumen!! Saya tetap bertahan tidak mau membayar karena bukan kewajiban saya.

Kini setiap hari saya ditelepon debt collector Shopee. Berkali-kali juga saya menjelaskan kejadiannya dan memohon untuk kebijaksanaan, akan tetapi tidak pernah ada solusi. Sampai sekarang saya masih mendapatkan MSS tagihan Shopee SPayLater tersebut dan ancaman akan disomasi apabila tidak melunasi tagihan tersebut.

Di sini terlihat jelas bahwa pihak Shopee hanya mengambil kebijakan yang menguntungkan bagi mereka tanpa memikirkan kerugian konsumen!! Tolong untuk pihak Shopee, itu bukan tagihan saya kenapa harus ditagihkan ke saya?!

Melihat banyaknya kasus pembobolan akun, berarti kasus tidak terselesaikan dengan baik. Apakah sistem keamanannya begitu mudah dibobol? Atau ada orang yang membobol akun-akun yang lama tidak dipakai, atau bagaimana? Karena untuk permohonan ganti PIN saja ternyata harus memasukkan NIK KTP, berarti si pembobol juga punya data KTP saya. Bagaimana penyelesaiannya? Karena saya tidak akan mau bayar transaksi yang tidak saya lakukan.

Mia Surya Leka
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee SPayLater:
[Total:122    Rata-Rata: 2.4/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

49 komentar untuk “Kehilangan Handphone yang Berujung Tagihan Shopee SPayLater Membengkak

    • 14 Februari 2022 - (20:32 WIB)
      Permalink

      Arif N: Iya ya, bisa dijadikan inspirasi sinetron di program televisi. 😀

      Mia Surya Leka: Hape yg hilang itu, dengan nomor Hp nya atau bagaimana?
      Kalau iya, kok bisa deb collector tahu nomor baru Anda.
      Kalau nomor lama, Anda urus lg digerai, berarti literasi digital Anda sebagai mahasiswa sangat kurang sekali, karena tidak melakukan preventif data, sudah tahu hp hilang data2 banyak disana. Jangan jadikan sibuk kuliah jadi alasan (Biasanya sibuk kerja/main, lupa kuliah. Sekarang sibuk kuliah lupa…. hehehe)

      Semoga ketemu jalan keluarnya,
      Ada masalah jangan lari. Hadapi sebagai bentuk pendewasaan diri.

      38
      3
    • 15 Februari 2022 - (12:14 WIB)
      Permalink

      Benar jg, gak konek ceritanya… mungkin lg belajar buat drama skenario buat medkon. trus coba2 mancing respon… tp, sy berharap benaran terjadi!

      10
    • 14 Februari 2022 - (22:51 WIB)
      Permalink

      Hal yg pertama saya lakukan ketika hp hilang pas waktu dulu adalah ke kantor polisi, terus ke temen kerja pinjam hpnya untuk minta nomor yg hilang ke gerai telkomsel.
      Terus setelah dari gerai telkomsel saya reset hp via google find my device.
      Setelah itu beli hp baru.
      Di hp yg hilang keadaanya terkunci, ada akun akulaku dengan limit besar, ada shopeepaylater limitnya juga besar.
      Sampai sekarang udah bertahun-tahun tak pernah terjadi pembobolan akun apapun setelah hp saya hilang berkali-kali.
      Maklum dulu kerjanya kurir, suka lupa naroh hp di motor pas ngasih paket ke penerima.

      Kalau TS melakukan apa yg saya lakukan kemungkinan hpnya terbobol sangat kecil.

      Terus untuk masalah limit shopeepaylaternya kan bisa dilihat alamatnya dikirim kemana. Otomatis ketahuan siapa yg pakai.

      43
      1
    • 15 Februari 2022 - (11:59 WIB)
      Permalink

      Ya begitu kl hp gak diprotec. Pake pin dan or finger, anggap musibah sj krn kelalaian sendiri lgan kan mmg musibah, jdkan pelajaran hdp berikutnya — ya, mau gimana lagi.. Lunasi sj dg mencicil, menghindar, melarikan diri bukan solusi.. malah smkn menambah mslh & membebani pikirin… belajar bertanggung jawab — karena setelah lulus kuliah masalah hdp akan lebih byk lagi…

    • 22 Agustus 2022 - (12:40 WIB)
      Permalink

      Saya juga handphone hilang kemarin sore di stasiun manggarai sepertinya ada yang ambil, ketika malamnya saya lihat spaylater saya ada yang beli pulsa sebesar 1 juta dimana nomornya pun tidak dikenal Dan saya tidak melakukan transaksi tersebut akhirnya saya berbicara dengan call center Dan akun saya di bekukan sementara. Tetapi pulsa tersebut belum saya klik ” pesanan diterima” semoga saja bisa di batalkan transaksi nya. Entah gimana itu yang maling bisa masuk 🙁 saldo di app Dana saya juga di ambil 🙁

  • 14 Februari 2022 - (21:41 WIB)
    Permalink

    Jalan ceritanya ga urut , terkesan mengada ngada, ga cocok ni buat jadi penulis skenario mungkin cocoknya jadi tukang angkat barang

    12
    2
  • 14 Februari 2022 - (22:04 WIB)
    Permalink

    ID shopee atas nama siapa?
    shopee paylater pake nama siapa?
    KTP nya KTP siapa?
    nomor yang ditagih pas diangkat siapa yang angkat?
    yang dihubungi oleh shopeee siapa?

    kalo ngarang cerita bagus dikit, utang ya dibayar bang, anda jujur pun, kembali lagi, siapa mau peduli, jawaban untuk pertanyaan di atas ya semua jawaban nya nama anda, ya kewajiban anda bayar, mau di galbay ya silahkan, tapi tanggung konsekuensi nya

    skrg tidak mau tanggung konsekuensi nya, malah mewek di media konsumen

    11
    1
  • 14 Februari 2022 - (22:27 WIB)
    Permalink

    Kalo hp hilang hal pertama yg harus diamankan ya nomor hp karna terhubung bnyk akun, disini tdk dijelaskan tiba2 akun dibobol mana bisa dibobol kalo gak kasih otp bayar aja pake pin, masa iya ank kuliahan tdk paham ?

    • 15 Februari 2022 - (23:48 WIB)
      Permalink

      Siapa sih yang nulis cerita ini koq bisa2 nya media konsumen up cerita beginian,, kalau hanya dengan berkata “hape ilang” Bukan saya yang pakai, Terus hutang bisa dianggap lunas, semua orang juga mau bilang begitu alesan semua hape ilang , ataudi bobol dll🤦‍♀️

  • 15 Februari 2022 - (00:06 WIB)
    Permalink

    sedikit aneh sih.
    hp hilang banyak data tapi gak panik.
    saya yakin untuk masuk akulaku saja pake pass dan hp andapun pasti pake pass, hanya sedikit kemungkinan kecil hp yg hilang saat kecelakaan dan di temukan orang lain bisa langsung di pake.
    pastinya kalo ada yg nemupun pasti di reset, dan aplikasi+data data anda pasti hilang,
    kuliah tapi pemikiran anda sempit, yang anda tulis itu bukan untuk pelajaran semua orang tapi pembodohan karena harus lepas tanggung jawab dari tindakan.
    yang punya akun anda, dan apapun yang terjadi dengan akun anda yaa anda yang bertanggung jawab.
    kalo menurut anda gak seberapa yaa saran saya bayar aja siih..
    kenapa harus berbelit..

    10
    • 15 Februari 2022 - (02:00 WIB)
      Permalink

      Setuju bang… Gue berteman kebanyakan sama anak-anak di jalan (ojol, dan karyawan perusahaan lainnya) aja pas mereka ada musibah (tas, dompet, hp, SIM,STNK dll) yang di urus pertama kali ya nomor hpnya dan nonaktifkan applikasi pinjaman yang ada di hpnya (akulaku, shopee pay later, kredivo, dll)
      Lah ini malah di biarin aja hp ilang wkwkwk

      Logika bang, pinjamnya dalam bentuk apa si pelaku ?
      Beli pulsa kah ?
      Beli barang kah ?

      Kan disitu ada alamat kirimnya..
      Datengin aja langsung, dan gue yakin gak mungkin orang jauh darisitu

  • 15 Februari 2022 - (00:31 WIB)
    Permalink

    Pendongeng handal 🗿
    Malah nyalahi shopee dan nuduh ngambil keuntungan.
    seandainya cerita begini dipercaya oleh shopee, mungkin perusahaannya udah tutup saat ini

    Saya jual beli hp, sepengalaman saya. Orang yg nemu hp dijalan. Hal pertama yg mereka lakukan adalah
    1. membuang simcard hp tersebut
    2. Kemudian, mematikan hp tersebut jika tidak ada kata sandi pada handphone
    3. Lalu mereka akan melakukan reset data pabrik jika hp tersebut tidak memiliki kata sandi keamanan

    Jadi dalam sejarahnya, saya belum pernah tau. Ada orang yg menemukan hp kmudian malah cek isi hp dan pake paylater nya, itu sangat sangat langka bisa terjadi di bumi ini

    Bahkan jika mungkin hp nya digunakan tanpa sepengetahuan anda, normal nya seorang manusia ( kcuali mungkin anda bukan ras manusia ) jika hp nya ga kliatan hbis kclekaan pasti akan mencoba telpon ke nomor nya saat itu juga. Kmudian Dengan alasan tugas kuliah sampai lupa tidak mengingat soal data anda di hp yg lama. Hey bung, disini bukan cuma anda saja yang pernah kuliah. Banyak disini yg udah sarjana bahkan magister. Kuliah itu belajar juga tidak 24/7.

    Dan yang paling aneh adalah bagaimana caranya shopee tau nomor anda yang baru ? Jika anda menggunakan nomor lama, berapa lama jeda waktu nomor anda di aktifkan ulang ke gerai provider tersebut ?

    Setelah nomor anda aktifkan kembali, tidakkah anda sempat login ke shopee ?
    Reminder pembayara telat, artinya sudah lebih dr 30 hari anda tidak download shope ?

    Sementara anda memiliki paylater, mustahil seprrtinya orang yang memiliki paylater tidak instal kembali marketplace tersebut

    Jadi apa yang anda tulis disini, jauh dari kata masuk akal bagi kebanyakan pembaca
    Anda mau galbay, silahkan. Nanti kalau DC datang kerumah, anda juga yang malu

    Setiap aplikasi yang kita punya, itu menjadi tanggung jawab kita, kecuali aplikasi tersebut mencuri/menyebarkan/menjual data anda. Itu masuk dalam kategori diluar tanggung jawab anda

    Semoga tidak dituntut balik oleh shopee karena pencemaran nama baik ya ka

    26
  • 15 Februari 2022 - (01:20 WIB)
    Permalink

    Ini mah cerita ngibul. Klo mau pake paylater biasanya pas mau msen harus memasukkan password , ga mungkin enggak. Lalu darimana si pencuri tau password shopee ente?
    Ngaku2 banyak tugas kuliah, HEIIIII Orang kuliah ga akan sebodoh ente 😭

    12
    • 15 Februari 2022 - (02:01 WIB)
      Permalink

      Setuju.. ngibulnya ****** wkwkwk
      Pin dibutuhkan, alamatnya ada untuk pembelian barang
      Seandainya pulsa pun historynya ada
      Tinggal minta polisi lacak

  • 15 Februari 2022 - (01:44 WIB)
    Permalink

    Jgn boong dweh emg hpnya ga ada pasword moossoo mahasiswi hp ga di pakein paword /kunci pola jgn2 ada udang di balik batu heheekkk

  • 15 Februari 2022 - (01:54 WIB)
    Permalink

    Ciee 14 febuary putus cinta , apalah guna paylater sudah dibuat traktir doi , hp ilang apa kekasih ilang ? Wkwkwk

    • 15 Februari 2022 - (12:53 WIB)
      Permalink

      hp nya diembat sm doi nya & tau pinnya, lalu kabur… die ngabut nyobain curhat disini…rengek2.. niru2 para senior yg byk curhat nyalah2in tokped lah… shopee lah…karena kebeng-nga’an sendiri…

  • 15 Februari 2022 - (04:54 WIB)
    Permalink

    Resiko ngutang ya gt siap2 d tagih siap2 bayar dan siap2 gila klo ga mau byr. Mending d byr aja trus tutup aku spaylaternya deh jgn kek senior2 anda yg udh prnah ngalamin. Klo ga mau repot jgn ngutang dek capek. Gw salah satu seller d shopee pun agak males proses pesanan pembeli gw yg byr via Spaylater, malah gw make sure dlu ke pembeli seriusan kagak pakai Spaylater. Krn gw ga mau ngedorong org jd gila kayak lu dek.

  • 15 Februari 2022 - (04:55 WIB)
    Permalink

    Sebenernya mau hp hilang sama kartunya pun, pengguna tetap bisa login ke akunnya sendiri asal mau usaha

  • 15 Februari 2022 - (05:20 WIB)
    Permalink

    Wkwkw dongengnya bagus
    Hp hilang dengan data penting bukannya dicari atau di backup malah make alasan sibuk kuliah

    Nomor hp make baru ? Klo baru gmn caranya mereka bisa telpon ?

    Wkwk bukannya lapor malah make alasan ini itu, cuman kuliah wkwk gw juga tau kali gmn rasanya, paling sibuk paling pas bikin Skripsi 🤣🤣 lawak bener, hutang dibayar jgn malah lari

  • 15 Februari 2022 - (06:32 WIB)
    Permalink

    Mengarang bebasnya keren kak, hanya tinggal penghayatan sama teknik manipulasinya aja yang kurang.

  • 15 Februari 2022 - (06:45 WIB)
    Permalink

    stak tiba2 di tlfn shopee?
    katanya hp ilang k bisa di tlfn shopee
    nmr yg terkait di akun shopee pastinya ikut ilang. kan hpnya ilang🤭

  • 15 Februari 2022 - (06:45 WIB)
    Permalink

    “untuk mengganti password harus memasukkan NIK” –lha katanya didalam HP ada scan KTP, memangnya tidak paham kah kalau NIK itu tercantum di KTP?? sungguh aneh…

    1
    1
  • 15 Februari 2022 - (07:54 WIB)
    Permalink

    Kocak.!

    Hilang HP tagihan membengkak? Lo kgk sekolah apa!? Bilang kuliah aja lo.!

    HP hilang boleh,, ingat tu akun shope tinggal buka dihp lain tinggal setting rubah semua nya OKEEE….

    Hutang RUUUNNNN….

  • 15 Februari 2022 - (07:55 WIB)
    Permalink

    Alasan Klasik, Malu maluin nama Mahasisaja LO, kalo lo HP ilang lapor BOS, dan tanyakan hutang itu untuk transaksi APA, kan bisa keliatan. . Lu yg hilang HP lu yg Lapor Polisi sampai Tuntas. BUKAN NGEMIS Kebijaksaanan HUTANG 😂

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee SPayLater?

Ada 49 komentar sampai saat ini..

Kehilangan Handphone yang Berujung Tagihan Shopee SPayLater Membengkak…

oleh Mia Surya dibaca dalam: 2 menit
49