Gojek Membatasi Akun Tanpa Penjelasan yang Jelas, CS Tidak Membantu Saat Ditanya

Saya pengguna setia Gojek dari awal, sejak promosinya masih pakai kartu nama dan akhirnya mulai ada aplikasinya. Saya baru sadar, kalau saat ini akun saya tidak bisa pakai promo/voucher cashback yang bekerja sama dengan Gojek. Sebelumnya, saya pikir saya tidak dapat cashback karena tidak memenuhi syarat atau kuota sudah penuh. Tapi beberapa hari ini saya pakai memang ternyata tidak muncul pilihan promo cashback-nya.

Karena itu saya coba tanyakan Gojek melalui bantuan help aplikasi, tapi mendapat jawaban bahwa “sesuai laporan 87729896, saat ini akun kamu tidak berhak mendapatkan cashback karena tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku”.

Lalu saya coba tanyakan kembali buat laporan melalui email, syarat apa yang tidak sesuai. Karena saya sudah cek syarat yang di merchant sudah sesuai ketentuan. Namun Gojek kembali lagi menjawab dengan template yang sama (copy paste), lalu menutup laporan saya. Saya buat lagi laporannya, tetapi tetap sama.

Saya cek, aktivitas saya tidak ada yang aneh. Saya pakai kode promo sesuai dengan syarat, misal order Rp99 ribu atau di atas Rp150 ribu baru bisa pakai, dll. Saya akan pakai itu juga kalau memang ada tertulis promo di merchant-nya. Tertulis promo cashback jika pembayaran menggunakan Gojek, ya jadi saya pakailah Gojeknya untuk pembayaran.

Akhirnya, saya coba tanyakan melalui telepon ke pihak Gojek. Namun jawabannya yang sama dengan sebelumnya. Kasus sudah diselesaikan dengan laporan 87729896. Saya kembali menanyakan, untuk diberikan penjelasan maksud dari jawaban laporan tsb. Karena saya merasa sudah sesuai syarat dan ketentuan.

Akhirnya saya simpulkan “Apakah akun saya ini maksudnya diblokir untuk akses promo cashback dan ke depannya tidak bisa pakai lagi kah?”. Saya kembali tanyakan, jika iya ini karena apa ya? Apakah bisa dibantu infokan? Karena saya merasa tidak pernah melakukan hal-hal aneh dan normal-normal saja saat pakai promo/aplikasi Gojeknya.

Jawabannya: Jika saya cek, kasus sudah terselesaikan dan ditutup, seperti yang disampaikan pada bantuan aplikasi, dan sudah dikirimkan ke email juga. Dimana CS-nya hanya bacain tulisan bot seperti jawaban yang di aplikasi help dan dengan nada yang menurut saya, kurang sesuai untuk seorang customer service ya, terlalu tinggi seperti mau ngajak gelut haha.

Cukup kecewa dengan pelayan Gojek, padahal dulu di awal jika ada komplain hal kecil pun akan ditanggapi oleh CS yang ramah dan sesuai dengan apa yang ditanyakan. Namun ini (24 jam sih katanya help di aplikasi), sama sekali tidak membantu dan dijawab dengan bot.

Di sini saya hanya butuh kejelasan karena apa akun saya sampai bisa dibatasi/diblokir untuk bisa pakai promo cashback. Namun tidak ada jawaban yang membantu. Sampai saya usahakan tanya via telepon, tapi sama aja kayak nanya sama bot, padahal ada biaya telepon yang saya keluarkan loh.

Mungkin ke depannya bisa diperbaiki lagi untuk pelayanan CS Gojeknya. Minimal jawaban CS sesuai dengan kendala yang customer tanyakan. Semoga lebih baik ke depannya dalam sisi apa pun.

Untuk sementara, solusi saya tidak pakai aplikasi Gojek dulu, masih ada hijau lain yang lebih responsif. Jika ke depannya ada kendala, si orange juga bagus. Saya posting ini semoga yang lain jika mendapatkan kasus seperti saya jadi tahu, “Oh respons Gojek memang seperti itu, jadi gak perlu capek nanya berulang yang jawabannya pasti sama” (gak ada solusinya, mau gak mau harus terima) dan semoga gak ada yang kena ya.

Wuri Pratiwi
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Gojek:
[Total:148    Rata-Rata: 2.5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

7 komentar untuk “Gojek Membatasi Akun Tanpa Penjelasan yang Jelas, CS Tidak Membantu Saat Ditanya

  • 16 Februari 2022 - (00:36 WIB)
    Permalink

    Ini namanya akun “sakit” . Jadi udah gabisa pakai promo cashback / diskon dari voucher apapun itu.
    Saya kemarin bisa sembuh akunnya meski udah sakit dari 2 tahun lalu.
    Caranya boleh diikuti:
    – Masukin kode GOJEKINAJA di menu promo.
    – Spam terus sampai nanti ada chat dari Jeklin (bot Gojek)
    – Nah bot akan konfirmasi “akun kamu terdeteksi penyalahgunaan blablablabla” tinggal klik buka blokir sendiri.
    – Kalau berhasil, voucher dan akunnya akan normal lagi.

    Kemarin saya work sih pakai cara ini, dapat dari komunitas juga. Sekarang akun yang dulunya ga dapat voucher apa-apa jadi normal lagi. Tapi, tergantung hoki-hokian ya, karena ada juga yang udah akunnya diblokir permanen sama Gojek, tetap gabisa kebuka pakai cara diatas.

    3
    2
  • 16 Februari 2022 - (20:47 WIB)
    Permalink

    Jangankan kalian sebagai akun pengguna kami sebagai akun mitra saja tidak direspon dengan baik. CS fathner kurang professional, entah bagaimana cara me-interview mereka (costumer service) bisa²nya dapat pegawai bagai bot.

  • 17 Februari 2022 - (07:14 WIB)
    Permalink

    Hahaha sama… Pny pengalaman buruk jg dengan CS gojek… Layak sih jd bintang 1… Habis” in utk tlp ajh bolak balik tlp CS email chatting jawaban nya tetap sama dan tdk ada solisi cepat…

  • 17 Februari 2022 - (08:33 WIB)
    Permalink

    Sama dengan pengalamannya kak Wuri Pratiwi, tiket saya udhblebih dari 9 bulan belum terselesaikan, DM IG cuma read, Email balasnya robot semua, ditelpon juga robot malah suara mas2 yg baru bangun padahal udh siang, DM di Twitter juga read doang. Bukannya ga kebaca, tapi kebaca sama mereka namun ga mau respon. Jika ada solusi boleh diinfo juga ya. Makasih

    • 17 Februari 2022 - (11:18 WIB)
      Permalink

      Sama, hari minggu kemarin dompet gopay saya juga tiba2 diblokir katanya sih ada aktivitas yang mencurigakan, padahal saya rasa saya masih tidak melakukan hal yg tidak wajar, sudah 4 hari saya kirim email,laporan lewat gojek mengajukan banding jawabanya juga sama itu2 aja,saya suruh jelasin apa yg d anggap mencurigakan tidak ada penjelasan,masih saja bot yg balas email dan laporan saya. Memang sangat2 mengecewakan respon cs nya, rasanya bener2 pengen berkata kasar sama gojek.

 Apa Komentar Anda mengenai Gojek?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

Gojek Membatasi Akun Tanpa Penjelasan yang Jelas, CS Tidak Membantu Sa…

oleh wuri dibaca dalam: 2 menit
7