Masalah Pengembalian DP Akulaku

Melalui surat ini, saya ingin memberikan informasi terkait pengembalian DP dari transaksi yang saya lakukan menggunakan Akulaku. Saya menulis surat di sini, karena saya sudah coba live chat dengan agen Akulaku dan menghubungi call center Akulaku, tapi tidak ada jawaban yang bisa membantu.

Saya transaksi di merchant Bukalapak, pembayaran menggunakan Akulaku. Saya mengajukan pembatalan transaksi. karena satu dan lain hal. Proses pembayaran itu mewajibkan saya membayar DP senilai Rp681.400, menggunakan VA BCA. DP saya sampai saat ini tertahan di Frozen Balance Akulaku, dengan alasan saya masih ada tagihan di Akulaku.

Saya sudah membayar secara rutin setiap bulan untuk tagihan saya, bahkan saya kemarin membayar sebelum tanggal jatuh tempo. Solusi dari CS live chat adalah saya harus melunasi seluruh total tagihan saya (bukan tagihan per bulan yang di situ dikenakan bunga juga oleh pihak Akulaku).

Tagihan saya bulan Maret ini Rp485,500, sedangkan dana yang ditahan Akulaku Rp681.400, yang dibayarkan menggunakan sisa terakhir uang yang saya miliki. Jika dengan kondisi seperti ini, untuk apa Akulaku menyediakan fitur bayar nanti (paylater)? Jika untuk pengembalian uang DP (yang merupakan hak nasabah), syaratnya harus melunasi seluruh tagihan (bukan tagihan per bulan).

Mohon bantuan penyelesaian tersebut. Karena menurut saya Akulaku tidak berhak menahan uang tersebut. Silakan ditahan, jika saya per bulan ada keterlambatan pembayaran. Namun selama ini saya selalu membayar tagihan tepat waktu di tanggal 25 setiap bulannya. Saya lampirkan juga bukti pembayaran saya di bulan Februari 2022.

Zaki Muhammad
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Akulaku Indonesia:
[Total:21    Rata-Rata: 1.4/5]
Tanggapan Akulaku Indonesia terhadap surat Bapak Zaki Muhammad

Jakarta, 9 Maret 2022 Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Bapak Zaki...
Baca Selengkapnya

6 komentar untuk “Masalah Pengembalian DP Akulaku

  • 2 Maret 2022 - (00:23 WIB)
    Permalink

    Utang lagi dana ditahan buat ngelunasin cicilan lah Krn blm bayar sampe berbunga tu cicilan,

    Nabung lah hai sob jika mau beli sesuatu jgn utang,

    • 2 Maret 2022 - (02:04 WIB)
      Permalink

      Sebagai orang yang memiliki usaha di bidang jual beli, saya pribadi kurang setuju dengan pernyataan agan
      Terkadang ada orang yang membeli dengan paylater bukan berarti dia gak mampu membeli secara cash, tetapi kelompok Usaha Kecil yang membeli barang dengan paylater, biasanya memiliki tujuan agar modalnya bisa diputar dan mendapatkan keuntungan. Dia bayar 400rb secara cash, sementara jika modalnya dia putar selama 1 bulan, dia sudah menghasilkan 400rb lainnya.
      Jadi tidak semua orang sama ya bung

    • 22 Juli 2022 - (04:17 WIB)
      Permalink

      Yaa itu emg jadi resiko kalo kita pakai jasa pinjol, paylater, bahkan kredit bank aja gk bisa adil seperti yg nasabah harapkan..
      Karna emg saat kita setuju dengan kontrak mereka, kita bener2 setuju dengan apapun peraturan yg mereka buat, mau itu sebelum hutang, saat hutang, bahkan setelah ngutang..
      Klo mau punya hak penuh dengan yg kita bayar dsb, yaa jng ambil resiko berhutang..
      Jd bukan perkara muter duit nya..
      Tp saat kita deal mau pakai pinjol, paylater, kredit, cicilan dsb, kita harus tau resiko nya jg..

  • 22 Juli 2022 - (05:05 WIB)
    Permalink

    ya udeh bang konfirmasi aja ke akulaku itu frozen balance nya buat bayar tagihan bulan berikutnya . semoga direalisasikan

 Apa Komentar Anda mengenai Akulaku Indonesia?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Masalah Pengembalian DP Akulaku

oleh Zaki Muhammad dibaca dalam: 1 menit
6