Pihak Three (3) Indonesia Tidak Bertanggung Jawab atas Kesalahan Informasi dan Tidak Mengembalikan Biaya yang Ditarik

Pada hari Minggu tanggal 6 Maret 2022, saya aktivasi paket KeepOn 200MB + Viu 1 hari Three (3) Indonesia, dengan metode pembayaran menggunakan e-wallet. Sebelum membeli, saya sudah melakukan pengecekan seluruh syarat dan ketentuan paket dan tertera pada aplikasi Bima+ bahwa paket tersebut TIDAK berlaku perpanjangan otomatis.

Permasalahan pertama muncul ketika paket sudah aktif, saya tidak dapat akses login Viu dikarenakan tidak pernah menerima SMS OTP dari pihak Viu ke nomor Tri saya tersebut.

Masalah ini saya adukan ke pihak Viu, dikarenakan error tersebut kemungkinan dari sistem mereka dan respons yang didapat sangat kooperatif dan sudah selesai. Namun 3 hari kemudian tepatnya 9 Maret 2022 saya tiba-tiba mendapatkan SMS yang intinya perpanjangan paket gagal dikarenakan pulsa yang tidak mencukupi

Mengetahui pulsa saya disedot tanpa sepengetahuan saya, maka saya ajukan komplain kepada pihak 3 Indonesia melalui media sosial Facebook. Namun tanggapan tidak sesuai dugaan, hingga terjadi beberapa kali perdebatan.

Mereka sempat menghubungi saya via telepon dan hasilnya, baik tim admin media sosial maupun operator telepon, menyalahkan saya karena saya membaca informasi yang tidak benar. Disebutkan jika dicek via website maka tertulis paket yang saya aktifkan berlaku perpanjangan. Akhirnya diminta menyerahkan bukti-bukti dan membuat laporan kembali ke email mereka di 3care@three.co.id dan mendapatkan nomor laporan Ref: 3113351.

Selang beberapa hari saya follow up kasus ini berkala, karena saya anggap sudah mulai di luar kewajaran untuk waktu penyelesaiannya dan tidak ada informasi dari yang bersangkutan. Namun dijawab selalu sedang dalam proses. Per tanggal 18 Maret 2022 saya follow up kembali dan kali ini saya tegaskan saya beri waktu hingga 25 Maret 2022, sebelum saya buat masalah ini publik, membuat surat pembaca di sini dan melaporkan masalah ke BPKN (Badan Perlindungan Konsumen Nasional). Karena saya merasa masalah ini dibiarkan begitu saja dan sebenarnya sederhana namun tidak dipedulikan.

Hingga per hari ini 26 Maret 2022 surat ini dibuat, dari pihak 3 Indonesia belum memberikan update progres masalah ini serta tidak ada kompensasi maupun ganti rugi atas masalah ini. Nominal mungkin kecil, tapi saya sudah terlanjur kesal dengan pelayanan dari 3 Indonesia. Respons yang seperti ini merugikan konsumen dan tidak mengakui kesalahan serta memperbaikinya sehingga saya akan terus mem-follow up masalah ini hingga mendapat ganti rugi dan kompensasi.

Tujuan surat ini dibuat juga untuk mengingatkan kepada rekan-rekan yang masih aktif menggunakan provider three (3) ini agar berhati-hati dalam mengaktifkan paket, dan juga jika bisa jangan simpan pulsa terlalu banyak. Karena jika terkena kasus seperti saya, uang Anda kemungkinan tidak akan kembali. Nominal kecil saja (tinggal refund) mereka tidak peduli, apalagi nominal besar.

Kesimpulan:

  • Informasi yang ditampilkan pada platform Bima+ untuk OS Android tidak benar.
  • Pihak 3 Indonesia TIDAK bertanggung jawab mengembalikan pulsa yang di-autodebit, dimana benefit-nya tidak dapat saya nikmati.
  • Awalnya saya hanya minta refund kerugian pulsa (ganti rugi). Namun saya ingin kompensasi juga, dimana kerugian yang saya alami adalah pulsa yang disedot berkala, langganan Viu, kerugian materi lainnya dan waktu dalam membuat komplain.

Akhir kata terima kasih untuk Media Konsumen yang memberikan kesempatan surat ini dibaca orang banyak dan para pembaca yang telah membaca tulisan saya ini. Khususnya pengguna kartu provider yang sama agar berhati-hati ke depannya.

Jeremiah Sutono
Jakarta Utara


Update (2 April 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tindak lanjut oleh pihak Tri Indonesia sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tri Indonesia:
[Total:2    Rata-Rata: 3.5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

9 komentar untuk “Pihak Three (3) Indonesia Tidak Bertanggung Jawab atas Kesalahan Informasi dan Tidak Mengembalikan Biaya yang Ditarik

    • 29 Maret 2022 - (13:48 WIB)
      Permalink

      Kan itu ada cara stop berlangganan kenapa tidak di ikuti saya telah mendaftar kartu provider three(3) selama 22 tahun dan tidak ada masalah satu pun di three(3) mohon bijak dalam menulis surat di media konsumen
      Terima kasih

      • 29 Maret 2022 - (14:24 WIB)
        Permalink

        Apakah dengan memberikan cara maka menunjukkan artinya seperti itu?
        Sedangkan ada kalimat statement yang lebih pasti. Perpanjangan otomatis TIDAK.

        Saya juga pelanggan lama dari pertama 3 Indonesia ada disini. Dan jika memang tertulis perpanjangan YA juga saya pasang reminder untuk stop sebelum diperpanjang. Pernah juga kelupaan dan ya memang salah saya. Tetapi ini sudah jelas ada kalimat pernyataan yang logikanya lebih kuat dibanding hanya menyertakan stop berlangganan. Terima kasih

  • 29 Maret 2022 - (12:26 WIB)
    Permalink

    di gambar pertama kan ada petunjuk cara utk stop berlangganan. penulisnya lalai dalam membaca (yang katanya sudah membaca)

  • 29 Maret 2022 - (13:52 WIB)
    Permalink

    Diketerangan ada cara stop perpanjangan paket tapi di atas perpanjang otomatis TIDAK kayanya Anda kena Jebmen, pelanggan dibuat lengah agar paket diperpanjang terus

  • 29 Maret 2022 - (14:02 WIB)
    Permalink

    Dari pihak tri kah? Jawabannya sama.
    Jelas disitu tulis perpanjangan otomatis TIDAK. Terus bawahnya ada cara stop perpanjangan yang tidak menjelaskan bahwa paket tersebut ada otomatis perpanjangan.

    Memang kalo ada caranya berarti paket tersebut PASTI ada perpanjangan otomatis?
    Dan ada kemungkinan juga pihak developer copas keterangan tersebut untuk semua paket sedangkan status perpanjangan tidak mungkin dicopas karena setiap paket berbeda.

    Baca yang jelas dulu sebelum komen permasalahannya

  • 29 Maret 2022 - (16:32 WIB)
    Permalink

    Aku juga sampai sekarang tidak bisa mengakses Bima+, OTP tak kunjung datang, katanya harus pakai jaringan 3 juga. Oke saya aktifkan kuota 1,5 GB untuk pancingan, beli di aplikasi uang digital, Tapi nggak masuk juga OTP nya. Jadi memakai internet dengan jaringan 3 tapi tak bisa buka Bima+ untuk cek dll. Ya sudahlah. Mungkin karena merger dengan Indosat maka bermasalah. Tapi saya baca di Google Play juga banyak bermasalah dengan kondisi permasalahan yang sama. Terakhir lihat ranting nya 2.3. Lebih banyak bintang satu.
    Ayolah 3,perbaiki system nya.

    • 29 Maret 2022 - (16:43 WIB)
      Permalink

      Halo pak, dihandphone ada dual sim?
      Jika ya, bisa dicoba nonaktifkan sim 1nya lagi lalu coba request kembali.
      Jika masih tidak bisa, coba restart dan coba lagi.
      Jika masih gagal berarti memang error.
      Silakan dicoba, Semoga berhasil

  • 1 April 2022 - (20:50 WIB)
    Permalink

    Kepada Yth Media Konsumen dan para Pembaca. Terima kasih telah diberikan kesempatan dengan dipublikasikannya surat ini. Dengan ini saya selaku penulis ingin menutup masalah ini karena per hari ini Jumat 1 April 2022 telah diberikan kompensasi dan permintaan maaf dari pihak 3 Indonesia berupa adjustment pulsa + ganti ruginya dimana nilainya jauh melebihi daripada kerugiannya. Surat lanjutan akan segera menyusul.

    Terima kasih kembali untuk semuanya dan tanggung jawab dari pihak 3 Indonesia

 Apa Komentar Anda mengenai Tri Indonesia?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Pihak Three (3) Indonesia Tidak Bertanggung Jawab atas Kesalahan Infor…

oleh Jeremiah dibaca dalam: 2 menit
9