Kiriman Bermasalah, Pegawai SiCepat Tangani Komplain Gunakan Kata Sapaan “Ente – Ane, Lu – Gue”

Saya mendapat pesanan via Tokopedia. Awalnya pembeli menggunakan jasa kirim GoSend Sameday, tapi karena cuaca hujan tak kunjung berhenti dan tidak ada kurir GoSend yang mau pick up, akhirnya saya menghubungi customer via telepon dan dia mengganti kurir menjadi SiCepat Best.

Lalu saya mengirim paket tersebut ke gerai SiCepat drop point Tanah Sereal. Sebelum menyerahkan paket, saya juga bertanya kepada pegawai SiCepat, bagaimana cara mengganti kurir. Dia hanya menjawab pilih ganti kurir, ya sudah saya mengikuti dan akhirnya saya menyerahkan paket tersebut dengan nomor resi: 001668474113.

Dari awal saya sudah kecewa sebenarnya. Saya menyerahkan paket dari pagi hari dan saat saya tracking tidak terlacak, baru bisa dilacak malam hari. Di situ tertera baru di-input pukul 17.00.

Saat pengiriman juga awalnya saya sudah komplain dari pukul 11 siang, karena tertera paket sudah dibawa SiGesit, tapi tak kunjung sampai. Jawaban pihak SiCepat hanya sedang dalam pengiriman. Saya bertanya berkali-kali kepada CS SiCepat, tetapi jawabannya tetap sama. Hingga akhirnya pembeli saya melakukan komplain tidak terima barang, baru pihak SiCepat memberi keterangan bad address.

Harusnya sajak awal saya komplain, langsung diberi tanggapan. Bukan setelah pembeli saya komplain, baru membeli tanggapan. Di situ saya sudah kecewa. Saat retur paket, saya disuruh ambil ke gerai dengan alasan tidak ada kurir. Loh ini kan ekspedisi, masa tidak ada kurir? Akhirnya saya mengalah dan mengambil paket retur tersebut

Saat awal menerima, saya sudah curiga karena paket di bagian bawah sudah ada sobekan dan hanya diisolasi untuk menutup sobekan, yang seperti bekas dibuka paketnya. Akhirnya saya memutuskan untuk melakukan unboxing langsung di situ, dengan menyuruh pegawai SiCepat mengambil video saat saya melakukan unboxing.

Saat awal membuka, segel dus sudah tidak ada. Saat saya mengecek isi dalamnya, plastik yang membungkus unit tersebut hilang. Lalu saya bilang ke pegawainya, dia cuma berkata plastiknya doang yang gak ada. Masalahnya adalah mengapa plastiknya? Berarti paket saya sudah dibuka dong, sedangkan ini retur karena bad address, yang mana buyer tidak menerima paket.

Pegawai SiCepat berkata disuruh coba jajal dulu fungsinya di rumah/toko, jika rusak disuruh ajukan komplain. Saat saya sampai rumah langsung, saya cek fungsinya dan sudah tidak berfungsi dengan semestinya. Saya mengajukan komplain ke SiCepat dan mendapat nomor laporan: WA-1362172. Katanya akan ada tim yang menghubungi maksimal 2×24 jam

Hingga hampir melewati waktu tersebut, belum ada yang menghubungi dan saya menanyakan kembali ke pihak SiCepat. Selang berapa lama ada pegawai SiCepat yang menghubungi saya dan saya terkejut, karena sejak awal cara chat customer menggunakan kata ente/ane, saya masih diamkan. Namun saya mulai kesal, karena cara berkata dia malah berkata gue/lu ke customer, bahkan seperti merendahkan dengan berkata mengajak ketemu di warkop, dia yang bayar.

Saya kesal dan bertanya di mana attitude melayani customer? Namun dia malah marah-marah ke saya. Apakah SOP SiCepat dalam menanggapi komplain memang seperti ini?

Panji Putra Rumangsa
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan SiCepat Ekspres atas Surat Bapak Panji Putra Rumangsa

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Panji Putra Rumangsa pada tanggal 7 April 2022 yang berjudul “Kiriman Bermasalah, Pegawai SiCepat...
Baca Selengkapnya

113 komentar untuk “Kiriman Bermasalah, Pegawai SiCepat Tangani Komplain Gunakan Kata Sapaan “Ente – Ane, Lu – Gue”

  • 8 April 2022 - (15:49 WIB)
    Permalink

    Terima kasih untuk media konsumen yang telah menerbitkan artikel saya sehingga membantu penyelesaian dalam masalah yang saya hadapi.
    Terima kasih juga untuk bapak ardi selaku area coordinator sicepat yang langsung tanggap dengan menghubungi saya dan memberikan penjelasan serta melakukan permintaan maaf akibat kelalaian pegawai tersebut.
    Untuk saat ini masalah mengenai pegawai tersebut telah terselesaikan dan pihak si cepat telah memberikan tindakan tegas terhadap pegawai tersebut dengan melakukan pemutusan hubungan kerja dan pak ardi telah mengirimkan bukti karyawan yang bersangkutan telah menerima tindakan tegas.
    Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih kepada pihak media konsumen dan juga bapak ardi yang telah meluangkan waktunya untuk membantu menyelesaikan masalah tersebut.

    1
    0
    • 8 April 2022 - (16:16 WIB)
      Permalink

      Anda termasuk sabar pak.. Klo sy diposisi bapak, mungkin sudah ngamuk ngamuk ke gerai sicepat.. Dan sudah cukup lama sy tidak pernah mau pakai sicepat sebagai kurir ketika berbelanja.. Sudah kapok soalnya..

      • 8 April 2022 - (18:38 WIB)
        Permalink

        Saya sudah mencoba sabar pak tapi ketika saya merasa direndahkan dengan perkataan “ketemu diwarkop ,nanti dibeliin kopi”
        Disitu saya merasa dihina dan hak saya sebagai konsumen sudah tidak ada ,
        Setelah complain ke si cepat tanggapan yg saya dapat tidak puas baru saya memutuskan untuk menulis artikel ini,
        Alhamdulillah masalah terselesaikan dan pegawai tersebut telah mendapat tindakan tegas dari pihak si cepat , si cepat pun telah mengirimkan bukti

    • 11 April 2022 - (11:45 WIB)
      Permalink

      APAPUN YANG KEMUDIAN YERJADI TIDAK BISA MENGHILANGKAN JEJAK KEBURUKAN SEBELUMNYA . PERUSAHAAN JNI JELAS BURUK SEKALJ MANAJEMEN NYA APALAGI SEGI REKRUTMEN PEGAWAJ. JADI MENURUT SAYA KORBAN KEKECEWAAN PERLU MEMBERITAHUKAN JUGA KE LEMBAGA KONSUMEN. KENAPA? KARENA SAAT INI SEDANG BERLIMBA PEMBUATAN PERUSAHAAN LOGISTIK. PEMERINTAH PERLU MEMBUAT ATURAN DAN MEWASPADAI BERBAGAI KERUGIAN RAKYAT. SALAAAM

  • 8 April 2022 - (20:33 WIB)
    Permalink

    Emang ****** lah CS kaya gitu ? ane tau perasaan ente om.

    Karena ane juga seller di fb, pake kurir sicepat (dan sialnya, the one and only sicepat ?).

    Kadang ada paket bermasalah mirip2 kaya punya ente (paket retur indikasi udah dibongkar).

    Tapi so far CS gerai sicepat dekat rumah ane fine fine aja. Malah kadang ane ngomel2, doi tetep sabar ?

  • 9 April 2022 - (02:21 WIB)
    Permalink

    Tahun lalu juga barang gue ilang di kurir si cepat.
    Beli sepatu dengan nominal 400rb dan untungnya beli di tokped pake asuransi jadi diganti full.
    Kalo saat ini liat case seperti ini mungkin jadi ragu pake si cepat takut barang di bobol ?

  • 9 April 2022 - (15:09 WIB)
    Permalink

    Bagaimana bisa menjadi perusahaan yang besar dan profesional, jika jajaran pegawainya aja tidak memahami cara berkomunikasi yang patut dan benar dlm hal handling costumer

  • 9 April 2022 - (16:02 WIB)
    Permalink

    Karyawan bisa bicara ane ente sekelas si cepat?? Aduh… Customer-care apaan nih, kaleng kaleng hahaha

  • 12 April 2022 - (06:25 WIB)
    Permalink

    Jiahhhhh gitu deh mknya gw jg kapok mikih SiCepat.

    Brp x tuh milih mrk, eh di keterangan di Toped dilanjutkan AnterAja di tengah proses pengiriman tnp ada penjelasan.

    Dudul!

    Udahlah, milih JNE/J&T/Lion Parcel aja.
    Bkn promo gw, ya.

  • 13 April 2022 - (08:46 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah alami. Paket dikirim dengan alasan alamat salah. Padahal label marketplace yg tertera sudah jelas. Dan pemesan bilang sudah hampir tiap hari belanja. Barang di kembalikan dalam keadaan rusak. Kami komplain ke si cepat alasannya barang tidak masuk kategori yg dilindungi asuransi. Di jasa kurir lain pernah kejadian rusak kami di ganti penuh. Memang parah yg 1 ini

  • 12 September 2022 - (11:50 WIB)
    Permalink

    Memang saya perhatikan akhir akhir ini jika paket melalui jasa sigesit atau sicepat express, selalu bermasalah pengirimannya. Waktu pengiriman yg seharusnya paket sdh sampai atau sdh diterima tetapi paket masih dalam perjalanan atau pengiriman. Saya cek di history pengiriman paket tidak ada pergerakan pengiriman & dari pihak sicepat express tidak ada konfirmasi. Saya coba hubungipun tidak bisa. Jadi saya curiga, kemungkinan jasa sicepat express ini ada pengurangan karyawan tetapi memaksakan utk menerima jasa pengiriman barang yang luas. Sehingga saya & konsumen yg lain merasakan sekali efeknya, yg barang telat ataupun tidak sampai sampai dll. Yg merasakan kerugian kita sebagai konsumen yg mungkin membutuhkan barang itu secepat mungkin atau sesuai estimasi diterima barang tsb. Tolong pihak manajemen sicepat express jika kalian ingin dinilai baik oleh konsumen, sdh seharusnya kalian memberikan service yg baik & memuaskan, Terima kasih.

 Apa Komentar Anda mengenai SiCepat Ekspres?

Ada 113 komentar sampai saat ini..

Kiriman Bermasalah, Pegawai SiCepat Tangani Komplain Gunakan Kata Sapa…

oleh Panji dibaca dalam: 2 menit
113