Ajukan Pindah Alamat Tidak Ada Tindak Lanjut, Lalu Ajukan Pemutusan Didenda 1 Juta dan Perangkat Diambil Tapi Tagihan Jalan Terus

Saya mengajukan pindah perangkat Indihome nomor pelanggan 0121101248693 atas nama Wiwit Andrian tanggal 09 Februari 2022 ke call center 147 karena saya pindah tempat tinggal. Informasi dari call center 147 untuk proses pindah alamat saya harus melunasi tagihan berjalan baru bisa diproses.

Pada tanggal 10 Februari 2022 saya bayar tagihan bulan berjalan sebesar Rp379.500 dan saya telpon kembali ke 147 dan proses pindah alamat saya diproses. Akan tetapi tidak ada tindak lanjut lagi dari pihak Indihomenya. Tiap hari saya habiskan pulsa untuk menelpon call center 147 untuk menanyakan tindak lanjut proses pindah alamat saya.

bukti bayar indihome Feb 2022

Setelah kurang lebih hampir seminggu tidak ada tindak lanjut saya memutuskan untuk berhenti langganan Indihome karena saya merasa dirugikan tidak bisa menggunakan internet tetapi tagihan jalan terus. Informasi dari call center 147 saya harus bayar tagihan bulan Februari 2022 sebesar kurang lebih 200 ribuan dan denda 1 juta.

Saya mau bayar tagihan Februari yang 200 ribuan itu tetapi saya tidak mau bayar denda 1 juta nya karena saya merasa ingin melanjutkan langganan Indihome tetapi proses pindah perangkat di alamat baru yang tidak ada tindak lanjutnya. Dan informasi dari call center denda Rp1 juta saya akan dihapuskan dan hanya bayar tagihan bulan berjalan saja. Ketika saya mau bayar tagihan bulan berjalan ternyata tagihan saya sekitar satu juta dua ratus ribuan. Saya keberatan untuk membayar tagihan sebesar itu.

Pada akhirnya ada teknisi yang menghubungi saya, bahkan ada 3 teknisi sekaligus yang menghubungi saya, tetapi bukan untuk pasang perangkat melainkan untuk ambil perangkat. Perangkat saya diambil tanggal 20 Februari 2022 dan sampai saat ini saya tidak menggunakan lagi internet Indihome. Tetapi tagihannya berjalan terus untuk bulan Maret 2022 dan April 2022 saya selalu ditagih oleh Indihome untuk layanan internet yang tidak saya gunakan.

berita acara pengambilan perangkat indihome

Saya berdoa di bulan puasa ini dan mohon kepada Indihome atau Telkom ada solusi atas permasalahan saya ini, yaitu denda 1 jutanya saya mohon dihapuskan dan tagihan yang berjalan terus atas layanan internet yang tidak saya gunakan terasa berat buat saya.

Terima kasih saya ucapkan atas perhatiannya

Wiwit Andrian
Jakarta Timur


Update (19 April 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas penyelesaian masalah oleh pihak Telkom IndiHome sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Telkom Indihome:
[Total:273    Rata-Rata: 1.7/5]
Konfirmasi dari Telkom terkait Pemberitaan “Ajukan Pindah Alamat Tidak Ada Tindak Lanjut, Lalu Ajukan Keputusan Didenda 1 Juta dan Perangkat Diambil Tapi Tagihan Jalan Terus”

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com, Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat keluhan pembaca Bapak Wiwit pada tanggal 14 April...
Baca Selengkapnya

37 komentar untuk “Ajukan Pindah Alamat Tidak Ada Tindak Lanjut, Lalu Ajukan Pemutusan Didenda 1 Juta dan Perangkat Diambil Tapi Tagihan Jalan Terus

  • 14 April 2022 - (15:37 WIB)
    Permalink

    Perusahaan bumn terngaco kedua di indonesia ya ini .
    Untung sy ga mau ditawari layanan ini karena bnyk opsi ISP lain.
    Apa2 denda apa2 denda. Gimana mo berkah tu perusahaan. Payah dan jempol terbalik

    34
    16
    • 15 April 2022 - (08:04 WIB)
      Permalink

      Indihome memang gitu mas. Mau Menang sendri. Anda terlalu jujur mas e. Abaiin aja masalah denda. Bodo amat. Klo masih butuh akses internet dan adanya cuma di sekitar lokasi cuma indihome. Daftar baru aja. Pake nama istri ato sodara. Itu ndak ada pengaruh apa2. Sekedar saran. Ikut prihatin bacanya.

      11
      2
      • 16 April 2022 - (13:19 WIB)
        Permalink

        Abaikan aja gak usah dibayar, selagi benar gk usah takut, jangan mau didzolimin ntar malah kebablasan

        • 18 April 2022 - (15:12 WIB)
          Permalink

          Saya jug dulunya berlangganan indihome. Sudah bebas denda karena susah setahun. Eh tagihan masih aja berjalan. Padahal sudah saya bayar yang terakhir. Emang gitu. Ga tahu koordinasinya dengan pusat yg ga bener. Atau akal akalannya mereka ajatagihan ini. Kapok sah

      • 19 April 2022 - (20:54 WIB)
        Permalink

        udah belasan tahun pake indihome dari yg awalnya speedy yg masih konek ke kabel telpon rumah . memang penyakit telkom ya ini . tahun lalu gw ada trouble yg ujungnya gw harus googling dan benerin sendiri . gw udah berkali kali bilang speed gw lancar tapi ping gw jumping . dari CS maupun TEKNISI gak ada yg paham ucapan gw . suru restart modem lah, ganti kabel segala macem lah . teknisi mampir kesini cuma ganti setting wifi utk set max user . gak pengaruh apa apa . udah gw test ping depan dia masih gede ping nya . RTO berderet . satupun ga ada yg paham . yg anehnya teknisi itu , masa ga paham antara speed dan ping . konyol

    • 21 April 2022 - (23:00 WIB)
      Permalink

      Emang gitu, saya kmren minta pindah alamat bilangnya teknisinya datang sore, tpi kenyataannya gak ada yg datang smpe sebulan lbih trs lucunya dia yg gak datang2 buat pasang ehh tpi tagihan ttp ada. Pdhl akses wifinya aja gak ada tpi tagihannya ttp ada. Akhir minta putus akses aja, kena denda dah wkwkwkwkwk

  • 14 April 2022 - (20:07 WIB)
    Permalink

    PELANGGAN akan dikenakan Denda Pengakhiran sebesar Rp 1.000.000,- sesuai dengan ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan, apabila: (i) PELANGGAN memutuskan untuk berhenti berlangganan Layanan IndiHome; atau (ii) Kontrak Berlangganan berakhir karena kesalahan PELANGGAN, dalam waktu 12 (dua belas) bulan pertama setelah

    1
    7
    • 14 April 2022 - (20:09 WIB)
      Permalink

      Pasal ini ya yang dipakai, berarti kalau kita berhenti berlanggan kena denda 1 jt? Wah baru tahu saya, padahal sdh lama berlangganan indihome

    • 15 April 2022 - (01:28 WIB)
      Permalink

      Giliran denda aja gerecep.. permintaan cust awalnya kan pindah, ga d gubris.. lagian kan penghentian berlangganannya juga kan biar cepet pasang lagi d tempat yg baru..
      Tagihan tetep berjalan tapi perangkat sudah d cabut juga sangat mengecewakan sekali.
      Jadi kwatir nih lama2.. meskipun sudah bertahun2 tapi klo selalu dengar keluhan kaya gini jadi takut juga.. takut ribet kbdepannya.

      6
      1
      • 15 April 2022 - (07:47 WIB)
        Permalink

        𝙂𝙠 𝙪𝙨𝙖𝙝 𝙗𝙖𝙮𝙖𝙧 𝙖𝙗𝙖𝙞𝙠𝙖𝙣 𝙖𝙟𝙖 𝙠𝙡 𝙙𝙞𝙩𝙖𝙜𝙞𝙝 𝙗𝙤𝙙𝙤 𝙖𝙢𝙖𝙩.

        4
        2
      • 15 April 2022 - (08:41 WIB)
        Permalink

        Persyaratan pemasangan seharusnya disampaikan ke pelanggan apa saja hak dan kewajiban pelanggan dan Indihome. Sehingga konsumen tidak dirugikan. Indihome hrs transparan dan profesional.

        4
        2
      • 22 April 2022 - (09:21 WIB)
        Permalink

        Ga usah repot. Solusinya ga usah di bayar. Ganti ke operator lain. Saya aja gitu. Ngurus pindah udah ribet sama dokumen dan prosedur. Pengerjaannya ga jelas. Ujungnya menuntut macam. Parah operator yg 1 ini.

    • 15 April 2022 - (03:51 WIB)
      Permalink

      Emang klo gak bayar denda kenapa ya? Dipenjara kah?
      Klo pelayanan buruk, pegawai telkom ada yg dipenjara gak ya??

      6
      1
    • 15 April 2022 - (07:49 WIB)
      Permalink

      𝘽𝙡𝙤𝙠𝙞𝙧 𝙨𝙢𝙬 𝙮𝙜 𝙗𝙚𝙧𝙨𝙖𝙣𝙜𝙠𝙪𝙩𝙖𝙣 𝙙𝙣𝙜𝙣 𝙩𝙚𝙡𝙠𝙤𝙢

      1
      1
      • 15 April 2022 - (16:31 WIB)
        Permalink

        Cara paling bijak dan elegan berurusan dgn indihome adalah, jika kita sdh melakukan sesuai prosedur dan tdk ditanggapi, ABAIKAN SEMUA TAGIHAN, TLP, ANCAMAN INDIHOME. MAU AMBIL ALAT, KITA CABUT DAN TARUH DIHALAMAN LUAR DEKAT PAGAR, BIAR MRK GAK PERLU MASUK DLM RMH DAN BUAT KOTOR RMH KITA SAJA. SELESAI. JGN PERNAH LG BERLANGGANAN INDIHOME KRN MEMANG PELAYANANNYA SANGAT2 MEMALUKAN DAN MENJIJIKKAN JUGA MEMUAKKAN. Mereka itu spt perusahaan gak tahu diri dan selalu perlakukan pelanggan spt budak tagihan saja.

        13
  • 15 April 2022 - (03:46 WIB)
    Permalink

    Sya juga sudah pindah alamat,, karna kelamaan,, sya putus yg lama, pasang baru.
    Tpi yg lama masih aja ditagih abodemen 36rb.. tiap bulan ditagih,, pdahal dah sya bilang sudah putus,, gak jelas kan indihome?

    Pdahal dah bertahunan langganan, masih aja telp2 nagih,, pdahal sya dah blg yg lama dah putus, sya dah pasang nomer baru,, sya dah pindah. Masih aja ada tagihan,,

    Sampe entah brpa kali sya ajukan pemutusan, katanya dah di proses, tpi masih aja belum diputus,, apa2 an itu,,

    4
    1
  • 15 April 2022 - (03:50 WIB)
    Permalink

    Saran sya, ke telkom aja,, bilang di putus,, karna pindah dan mau pasang baru,, klo masih dikenakan denda, gausa bayar. Ancamannya apa klo gak bayar? Dipenjara? Tanya bgtu,, klo cm dia blg, di blacklist, ya silakan. Lalu kembalikan alatnya, bayar tagihan terakhir. Klo bs minta kembali uang jaminan di awal yg pertama daftar itu.

    Nti masnya bs pasang lagi dgn nomer tlp dan email baru.
    Sya kmren nyesal isi data pake nomer asli sya,, klo tau bakal ribet, sya pake nomer tlp baru aja. Sama email lain,, dah diputus, nagih terus tiap bulan gak jelas..

  • 15 April 2022 - (07:22 WIB)
    Permalink

    Saran saya langsung datang ke plaza telkom indihome jangan melalui telpon. Krn tagihan di proses by sistem.
    Kalau ga di benahi, nama anda bakal merah di semua sistem plat merah itu.
    Saya juga pernah di tahun 2019 padahal sdh memutus internet dng datang langsung ke plaza telkom dan menyerahkan semua perangkatnya, dapat surat pemutusan tapi slm 3 bulan tetap dapat panggilan telepon untuk nagih indihome. Sdh saya jelaskan di tlpn kalau saya sdh memutus indihome. Disampaikan kalau di sistem ada tunggakan tagihan 1 juta lebih. Saya langsung ke plaza telkom lagi dan tunjukan surat pemutusan yg lalu. Baru setelah itu tagihan 1juta di hapus krn kesalahan by sistem. Lalu tahun ini saya mau pasang indihome lagi krn pindah rumah, eh ga bisa krn katanya nama saya di blokir. Saya urus ke plaza indihome katanya ada tagihan yg blm di bayar. Pdhl jelas2 saya sudah putus dr beberapa tahun lalu. Saya di minta surat pemutusan yg tahun 2019. Ya sudah hilang lah! Pokoknya saya ga mau tau, saya sudah lunasi semua itu. Cek history nya. Saya tunjukkan bukti transfer pelunasan sbsr 112rb. Stlh di croscek , yg tagihan internet indihome sudah di perbaiki, namun ternyata ada tagihan telepon yg menunggak 2 bulan tidak ikut terputus saat putus indihome. Kenapa ga dari awal telepon ikut diputus ! Saya malah ga tau kalau ada sambungan telepon. Daripada ribut akhirnya saya bayar tagihan + denda itu sebesar 90rb. Karena kesal, saya putuskan tidak pakai indihome lagi. Saya beralih ke orbit, lebih hemat dan ga ribet.

  • 15 April 2022 - (07:33 WIB)
    Permalink

    Sebetulnya aturan nya sudah jelas indihome kalo berhenti berlangganan kurang dari 1 tahun dikenakan denda 1 juta. Meskipun ada permintaan pindah alamat dan ternyata pindah alamat gak bisa di proses kemudian pelanggan pengajuan berhenti berlangganan tetep denda dikenakan karena berlangganan kurang dari 1 tahun

    1
    3
  • 15 April 2022 - (07:45 WIB)
    Permalink

    Saya berlangganan IndiHome juga kalau belum 1 tahun terus berhenti memang benar akan dikenakan denda baru jalan 9 bulan ini masih 3 bulan lagi kalau mau berhenti biar ngak kena denda soalnya di tempat tinggal saya di kelurahan bambu apus kec pamulang tangerang selatan ngak ada yang lain 😭 tapi lumayan membantu pas WFH si dari pada pake kuota HP boros

  • 15 April 2022 - (10:19 WIB)
    Permalink

    Saya jg baru pasang tp provider lain,,, indihome jadi pilihan terakhir aja ketika semua provider ga bisa pasang…. Wkwkwkwk,,, tp alhamdulilah ada provider laen yg masih bisa cover..

  • 15 April 2022 - (10:56 WIB)
    Permalink

    sama dengan yg saya alami, beda cuma waktu itu blm ada denda sejuta. pindah rumah sdh minta berkali2 ke 147 untuk pindah alamat omongnya cuma akan dibantu proses doang. sampe disamperin ke plaza telkom yg dekat alamat baru saya. setelah dicek katanya tidak ada laporan saya mengenai pemindahan alamat. Top juara bobroknya emang indihome. Permintaan pelanggan sdh ke 147 tidak dibuatin laporan. padahal saya melapornya sampe 3x.

  • 15 April 2022 - (11:06 WIB)
    Permalink

    Harusnya ke plasa telkom/kantor telkom terdekat. Kalau telpon ke 147 biasanya statusnya jadi nggak jelas gitu. Btw udah pernah nyoba ke plasa telkom blum. Tapi taik emang. Ngambil perangkat nya cepet bener.

  • 15 April 2022 - (13:08 WIB)
    Permalink

    Klo ada ISP lain.. ISP lain aja. jangan pernah indihome lg. kecuali terpaksa sekali. dulu ajukan putusan perlu surat kuasa pemilik runah karena ngontrak. putus internet saja tidal bisa, harus putus nomor telepon juga. mau turun speed tidak bisa, harus di ancam putus langganan baru bisa. terlalu bnyk bertele ketika pelanggan ada permintaan. tapi soap denda ga pake basa basi.

  • 15 April 2022 - (13:40 WIB)
    Permalink

    Sblum trpasang pastinya anda telah S7 dgn praturan/syarat yg d tentukan oleh Indihome bahkan prcakapan anda d rekam. Mengajukan pindah lokasi sama dgn pasang baru.jika pindah alamat mgkin alamat baru blum trcover / jaringan penuh. Saran sy jika d pindah tangankan itu lebih ringan.

  • 15 April 2022 - (13:44 WIB)
    Permalink

    Kalo bisnis monopoli, mereka akan semena” memberi aturan karena pilihannya ya cuma itu yang terjangkau wilayah.

  • 15 April 2022 - (19:19 WIB)
    Permalink

    Menterinya siapa sih????
    Mesti menterinya pengusaha jadi tahunya untung.
    Provider lain sekarang banyak lho, yg lebih bagus pelayanannya, tagihan dg speed yg sama lebih murah.
    Pengalaman saya di jogja menggunakan GMedia bagus, pelayanan ok, 30 mbps bayar 100 rb-an. Bukan promosi dan nggak ada endorse lho. Saya pasang unt kebutuhan sekolah anak di UGM.
    Indihome merasa masih tanppa kompetitor kayaknya. Biasa penyakit plat merah.
    Jam 9 datang, ngopi dulu, jam 10 kerja sambil bales chat WA, jam 11 siap2 makan siang, jam 12 maksi dateng lagi jam 2 siang, sambil agak ngantuk kekenyangan. Jam 3 siap2 pulang.
    Jreng jreng ….

    • 18 April 2022 - (08:22 WIB)
      Permalink

      semua ISP sama kok,
      ada denda jika dalam jangka waktu tertulis di perjanjian belum tercapai.

      makanya, sebelum ttd perjanjian apapun itu, baca syarat dan ketentuan yang berlaku.

      jangan nganggap enteng syarat, ketentuan dan perjanjiannya.

      skarang giliran di denda pada teriak2 dzolim.

  • 15 April 2022 - (20:09 WIB)
    Permalink

    Pakai indihome 6 tahun aman² saja. Jmn dulu lum ada deposit n denda, pasang datang ke plasa telkom. 3 jam langsung aktif. Tahun ke 5 diupgrade speed gratis,dari 30mbps ke 50mbps. Gangguan LOS juga cuma 2X selama 6thn, teknisi hitungan jam udah nyampe rmh. Bukan buzzer. Bukan promosi loh ya, fakta saja.
    Hampir smua keluhan soal indihome akibat ketidaktahuan saja. Kalau dibilangin alasannya cuma orang awam,mana tahu aturan gitu ? Sejak kapan orang awam ga boleh pinter ? Informasi apapun ada di dlm genggaman, pergunakanlah walau orang awam.

    3
    1
  • 19 April 2022 - (02:52 WIB)
    Permalink

    coba pihak Telkom indihome kasih jawaban apa kagak tuh? kagak jelas banget kasian kan cust nya , aduh saya jadi deg2an ,mana udah pake indihome lama, ada x 3 tahunan

 Apa Komentar Anda mengenai Telkom Indihome?

Ada 37 komentar sampai saat ini..

Ajukan Pindah Alamat Tidak Ada Tindak Lanjut, Lalu Ajukan Pemutusan Di…

oleh Wiwit Andrian dibaca dalam: 1 menit
37