Kecewa dengan Sistem Refund tiket.com

Saya pertama kali menggunakan aplikasi tiket.com, untuk pembelian tiket pesawat terbang dari Bandara Silangit menuju Bandara SOETTA. Namun karena ada alasan pribadi, saya memutuskan untuk membatalkan tiket dan memilih menu refund.

Sebelum saya memutuskan membatalkan tiket saya, saya terlebih dahulu mencari informasi mengenai kebijakan refund di tiket.com. Saya pun membuka link https://m.tiket.com/info/flight-refund. Di sana tertera kemudahan refund yang diberikan oleh tiket.com. Namun sayangnya tidak secara gamblang menyebutkan regulasi yang sebenarnya.

Ketika saya melakukan proses refund, tidak tertera jumlah uang yang akan saya terima. Di aplikasi tiket.com hanya disebutkan potongan biaya admin dan tenggat waktu pengembalian dana. Saat saya cek, ternyata refund yang saya dapatkan hanya Rp288 ribu, dari harga tiket Rp1.458.000.

Saya kaget dan menyesal membeli tiket di aplikasi tiket.com, karena tidak dengan jujur mendeskripsikan sistem refund yang mereka terapkan. Harusnya ketika saya melakukan proses refund, ada penjelasan terlebih dahulu.

“Kami cek sebelumnya pengajuan refund dilakukan pada tanggal 19 April 2022 08:43 dan untuk pemberangkatan kakak pada pukul 12:05, 19 Apr 2022 sehingga regulasi pengembalian kakak hanya mendapatkan 10% dikarenakan pengajuan kakak di 4 jam sampai dengan no show dan mendekati jam pemberangkatan.”

ini adalah jawaban dari CS tiket.com. Yang saya permasalahan adalah ketidakterbukaan tiket.com mengenai kebijakan refund.

Ruth Samantha
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai tiket.com:
[Total:2    Rata-Rata: 1.5/5]
Tanggapan tiket.com atas Surat Sobat Tiket Ruth

Halo sobat tiket, Sehubungan dengan surat pembaca di Media Konsumen tanggal 24 April 2022 yang ditulis atas nama sobat tiket...
Baca Selengkapnya

2 komentar untuk “Kecewa dengan Sistem Refund tiket.com

  • 25 April 2022 - (01:31 WIB)
    Permalink

    Seharusnya sebelum memesan tiket sebaiknya cari tahu informasi kebijakan Refund, tetapi dalam waktu kurang dari 4 jam keberangkatan baru anda membatalkan perjalanan dan memastikan pengajuan Refund.
    Di tiket com memang tidak dijelaskan secara gamblang, hanya ringkasan prosedur. Yang mana ini anda anggap ketidakterbukaan tiket com. Alasannya sangat jelas, tiap maskapai punya kebijakan berbeda, baik penerbangan lokal maupun lintas negara. Di mana-mana travel agent seperti tiket com dan penumpang harus mematuhinya.
    Untuk itu karena anda pemegang tiket Lion Air seharusnya cek ke situs resminya. Karena travel agent tetap harus merujuk ke aturan dan kebijakan maskapai. Kalau saya cek di situs resminya terdapat informasi begini :
    Untuk tiket Batik Air, pengajuan Refund
    dalam waktu kurang 4 jam, sebelum keberangkatan, Biaya pembatalan sebesar 90% dari harga dasar per-kupon.
    Seharusnya anda hanya berhak 10%. Tapi angka itu bukan sepuluh persen ya?
    Untuk jelasnya bisa lihat link ini.
    https://www.lionair.co.id/syarat-ketentuan

 Apa Komentar Anda mengenai tiket.com?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Sistem Refund tiket.com

oleh Ruth dibaca dalam: 1 menit
2