Klaim Ongkir Pengembalian Barang Tokopedia, Hampir 2 Bulan Belum Juga Diterima

Tanggal 20 Februari 2022, saya membeli barang melalui Tokopedia dari Toko Angels Watch, nomor invoice: INV/20220220/MPL/2062237433. Saat barang sampai dan saya cek, ternyata baterai kancing yang saya pesan merk “Sony asli”, tetapi yang dikirim merk “muRata” (setengah harga).

Saat itu juga saya komplain ke penjual, dan membuat komplain. Komplain diterima dan akhirnya sepakat, dengan syarat saya mengembalikan barang tersebut. Kemudian saya mengisi form klaim ongkir Tokopedia, sesuai prosedurnya.

Tanggal 26 Februari 2022, saya menggunakan layanan J&T (nomor resi: JD0166397034) seharga Rp25.200, untuk mengirimkan ke alamat penjual. Selang beberapa hari penjual telah menerima produknya dan saya juga langsung terima pengembalian dana barang dari Tokopedia ke saya.

Sekarang yang menjadi masalah adalah biaya klaim ongkir yang telah dijanjikan Tokopedia. Bahwa saya akan terima pencairan dana pada tanggal 9 Maret 2022, tapi sampai hari ini 21 April 2022, saya belum juga menerima dananya. Saya juga pernah menanyakan ke Tokopedia Care melalui CS-nya, tetapi tidak menyelesaikan masalah.

Johnny
Tanjungpinang, Kepulauan Riau

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

12 komentar untuk “Klaim Ongkir Pengembalian Barang Tokopedia, Hampir 2 Bulan Belum Juga Diterima

  • 26 April 2022 - (14:38 WIB)
    Permalink

    Situ masih mending 25rb an.
    Sy 60rb ga dibalikin..

    Gak iklas sih ntar ada itung2annya di akhir nanti lumayan. .

    • 27 April 2022 - (06:37 WIB)
      Permalink

      Iya betul sekali, manajemennya tidak jaga reputasi sendiri.
      sebenarnya dari prosedur tokopedia sudah jelas 101% berpihak diri sendiri.
      Saya pernah kena kasus yang sama di Shopee barangnya penyot tetapi penyelesaiannya cukup di bawa ke J&T prosesnya sangat gampang pembeli sama sekali tidak keluar biaya sepersen pun juga ?? ??.

      • 27 April 2022 - (11:15 WIB)
        Permalink

        Kenapa ga pake fasilitas pickup Anteraja yg disediakan oleh Tokopedia..? brg dijemput kurir dan tidak kena biaya sama sekali.. praktis dan mudah..
        Setau saya penggantian ongkir dikembalikan ke Saldo Refund Tokopedia atau jika Anda menggunakan pembayaran OVO/GOPAY/Kartu Kredit akan dikembalikan ke sana maximal 2×24 jam setelah pesanan dinyatakan selesai.

    • 27 April 2022 - (10:56 WIB)
      Permalink

      Emang di tokped ada yg namanya klaim ongkir utk retur barang ya? setau saya yg ada itu ongkirnya digratiskan tetapi dgn syarat hanya bs memakai expedisi yg telah ditentukan utk pengiriman barang retur itu tp itu adanya jg di ecomerce lain bkn di tokped. Selain itu yg saya tau jg klo ongkir utk retur barang itu memang yg menanggung itu si customernya dan tdk ada yg namanya penggantian baik itu dr pihak penjualnya maupun dr pihak ecomerce nya makanya bnyk customer yg males utk meretur barang apalagi klo yg harganya murah dan lbh memilih utk mengikhlaskannya, selain karena rugi hrs bayar ongkir lg jg karena ribet urusannya (hrs mengepak dan pergi ke agen expedisi utk mengirimkan).

      • 27 April 2022 - (11:23 WIB)
        Permalink

        Fasilitas “Klaim ongkir” itu jika tidak ada mungkin toped sekarang bisa ketinggalan lebih jauh lagi mengingat Shopee klaim ongkir jauh lebih mudah & gampang sekali.
        Tetapi fasilitas “klaim ongkir” toped itu harus nyata merupakan kesalahan Penjual dan disetujui oleh kedua pihak baru bisa dilaksanakan.

  • 27 April 2022 - (11:39 WIB)
    Permalink

    Haizz… Pokoknya Sistem pengembalian Toped itu memang harus disempurnakan lagi untuk kedepannya. Kalah jauh dengan sistem pengembalian Shopee yang semua jelas, teratur, praktis, dan sederhana. Gampang banget ??
    Tetapi terus terang pengembalian dana barang (bukan dana ongkir) toped sangat cepat juga ??

    • 27 April 2022 - (12:02 WIB)
      Permalink

      saya baru tahu ada fasilitas klaim ongkir di tokped ?

      saya pernah retur barang di tokped…
      cuman refund uang saja ke saldo Tokped,
      saya ikhlaskan biaya ongkir 27rb yg penting duit pembelian kembali full

      eh ternyata
      tokped ngasih voucher belanja sebesar 50rb jg

  • 27 April 2022 - (12:02 WIB)
    Permalink

    salah nih gan, mending jgn lewat komplain, tp lewat pribadi sama tokonya, minta mereka kirim dana penggantian ongkir.
    ya kecuali ekpedisi yang diutamakan toped, gk bakal ada penggantian ongkir balik.
    apalagi j&t

  • 27 April 2022 - (12:04 WIB)
    Permalink

    Tapi ane retur langsung di balikin ongkir nya..
    Dulu waktu daftar tokped pake verifikasi ktp .. jadi langsung cair .. gak perlu verifikasi lagi

  • 28 April 2022 - (07:19 WIB)
    Permalink

    Guys, semalam telah dapat telpon dari Toped bahwa uang ongkir sudah masuk ke Saldo Refund (jadi pengembalian dana barang ke Kartu kredit saya tetapi pengembalian Ongkir ke Saldo refund rupanya?) pada 21 maret (tetap telat hampir 2 minggu sesuai perjanjiannya 2x24jam) itu pun 5 hari setelah saya komplain ke CS-nya.
    Tetapi bagaimana pun yang penting Hak konsumen telah terpenuhi itu saja mau saya & terima kasih atas perhatian teman-teman diatas.
    Semoga sistem pengembalian “klaim Ongkir” toped
    Bisa lebih praktis, sederhana & gampang lagi dari e-commerce sebelah biar memudahkan konsumen.

    Sekian & terima kasih semuanya ??

  • 28 April 2022 - (07:39 WIB)
    Permalink

    Hampir lupa yang terpenting dari semua proses ini adalah “MediaKonsumen” yang telah menyediakan Platform buat konsumen untuk menkomplain ketidakadilan di lapangan jika tidak konsumen hanya bisa telan sendiri ketidakadilan itu.

    Terima kasih banyak MediaKonsumen ??

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia Care?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

Klaim Ongkir Pengembalian Barang Tokopedia, Hampir 2 Bulan Belum Juga …

oleh Johnny dibaca dalam: 1 menit
12