Mengecewakan! Belum Pakai Sebulan Tokopedia Secara Sepihak Sudah Mencabut Promo Cashback

Saya Marini, saya baru dalam menggunakan Tokopedia belum sebulan. jujur saya tertarik sekali menggunakan apk tsb untuk sarana belanja saya sehari-hari terutama akibat iklan di TV dan advices teman-teman. Benefit dan bebas ongkir juga ada pada apk ini, tidak beda begitu jauh dari Apk lain.

Pagi ini saya dikejutkan oleh pesan admin secara sepihak entah darimana asal asalnya “Promo apapun” ditarik dari akun saya oleh Tokopedia. Saya dikatakan melanggar pada Point M no 9, di mana Tokopedia berhak, tanpa pemberitahuan sebelumnya, melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan termasuk namun tidak terbatas pada menarik subsidi atau cashback, membatalkan benefit.

Agak lucu, saya ini belum sebulan pakai Tokopedia baru segelintir transaksi diberbagai toko. Pengguna baru, lalu saya tanya ke bagian CS autobotnya apa duduk persoalan seperti diatas jawabanya seperti itu-itu saja. Gak usah panjang lebar, makin kecewa nantinya.

  1. Saya itu ingin tahu proesdur mana yang sudah saya salah lakukan?
  2. Sebagai penyedia promo apakah iya ketika pakai untuk belanja disalahkan?
  3. Saya sebelum menulis ini saya pastikan akun saya 1 dan pengguna promo atau tidak pakai promo dalam belanja cuma 1. (Saya minta Tokopedia menelusuri hal ini saya bisa pertanggungjawabkan dalam hal di atas).
  4. Kecurigaan mana yang ditaruhkan kepada saya. Mereka gak bisa jawab. Cuma itu-itu saja. Tidak ada spesifikasi transaksi saya di dalam kota untuk pemakaian cashback yang berarti atau mungkin dalam kota bisa dikatakan tidak menggunakan cashback jika belanja bisa di cek.
  5. Dengan berat hati saya menulis ini di sini terpaksa karena tidak ada akses tempat saya mengadu ke sini selain Merchant Tokopedia sendiri kesannya tertutup sampai ini apalagi menerima komplain-komplain semacam ini. Tapi iklan dan promo mereka bisa akses dan gembar-gembor.

Satu kata kecewa dan dicurangi bhkan bisa menuduh yang gak berguna kaya gini bikin mengarahkan saya ke opini yang tidak bisa dipertanggungjawabkan oleh mereka.

Terlebih mereka menjawab selalu simple dan menyuruh saya belanja lagi di apk mereka dengan tanpa benefit. Aneh dan agak lucu bagi saya, saat apk merchant lain berlomba memanjakan konsumen dengan jaminan terbaiknya saat menggunaka benefit-benefit dengan SK yang terukur.

Saya jujur, tanpa Tokopedia pun masih bisa dengan yang lain. Cuma saya mau tanyakan ke mereka kesalahan saya dimana? Jawabnya pasal tsb. Pasal tsb sudah saya baca, sudah saya memahami. Saya jamin saya pengguna yang baik yang memang ingin militan tadinya dengan kemudahan belanja dan benefit Tokopedia. Tetapi saya sekarang diberi pelanggaran yang menurut saya sama saja keterlaluan cara sepihak mereka.

Demikian informasi surat terbuka ini saya tulis apa adanya dan bisa dipertanggung jawabkan.

Terima kasih juga untuk Media Konsumen yang menyediakan menuangkan aspirasi dan keluhan kami sebagai customer indonesia yang setia kepada pembaca dan pengembangan pengalaman ini.

Regards,

Marini
Palembang

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:23    Rata-Rata: 2.7/5]

36 komentar untuk “Mengecewakan! Belum Pakai Sebulan Tokopedia Secara Sepihak Sudah Mencabut Promo Cashback

    • 28 April 2022 - (18:01 WIB)
      Permalink

      Udah di cek tapi yg jawab ga beda jauh sama saja ga ada kejelasan titik terangnya dimana ? Ini saya ga bs capture saja hasil chat lanjutan terakhir CS tokopedia dan saya… kl bisa saya tunjukin.. cm dijawab malahan kesalahannya dibesar2kan secara komprehensif salah semua.. kan ga bener ini.. orang tanya apa dijawab apa sama kalian .. Saya msh bertanya2 apakah chatbot atau bnr2 manusia ny yg jawab ini semua.. kl mmg personal.. knp tanggapan ini seakan ga ketemu… lalu merugikan pengguna sepihak..

    • 28 April 2022 - (20:20 WIB)
      Permalink

      Hallo @tokopediacare… pertanyaan2 saya belum teepenuhi di chatbox aplikasi terkait sejak tadi pagi.. Mohon dijawab via admin bernama Aura dan tim anda… Saya akan publikasi lagi atas jawaban2 baik yg berarti nantinya maupun blm jelas… hanya sebatas itu2 saja mutar2 …

  • 28 April 2022 - (16:25 WIB)
    Permalink

    Sebelumnya saya izinkan mengenalkan diri saya sebagai pengguna pembeli di akun tokopedia yg usia akun belum 1 bulan ( 4 April 2022 ). Saya sudah lebih dari 30x transkasi ke berbagai seller berbeda. Saya sendiri member Gold saat ini.

    Tanggal terakhir saya transaksi itu di tanggal 26 April 2022. Perlu diketahui saya memiliki usaha supplier Suku cadang mobil sampai saat ini sudah lbh dr tahun 2015 di Palembang. Saya menerima setiap orderan2 besar maupun kecil ( nominal ) hampir setiap harinya dari berbagai WS wilayah sumbagsel.. Saya belum pernah pakai Tokopedia sebelumnya, sejauh ini saya mmg sering pakai B*******k.

    Hari ini dikejutkan pagi2 sekali baru mau transaksi ternyata sdh ga bisa muat promo benefit yg tertera d kupon yg ditawarkan sebelumnya. Padahal saya ada permintaan customer. Saya dinyatakan melanggar SK Point M no 9. Penarikan Cashback atas tindakan2 yg mereka maksud.

    Saya ini baru belum 1 bulan, sudah tidak mengenakan oleh sepihak Tokopedia semena2 memberikan sanksi tanpa klarifikasi di pengaduan chatbox muter2 dijawabnya seola2 tidak menemukan persoalan ny. Gampang dan mudah saja seharus ny point kesalahan yg di limpahkan kpd sy sbg pengguna kan belum lama harusnya mudah di tracking dan diopenlah langgaran tsb. Sampai detik ini saya menulis media jam 15.32 belum ada jawabnya.. sejak pagi pukul 09.05 sy tnykan CS Tokopedia. Byk produk yg saya belanja di berbagai toko bukan hanya suku cadang namun meliputi tas, brg2 hp, popok, susu anak, pulsa2 dan makanan di berbagai merchant seller Tokopdia.

    Ada beberapa tampilan berikut bukti percakapan saya dan CS :

    Saya malas sebenernya open begini tapi saya lihat byk kendala di sana saat membaca2 temen2 yg seperti saya. Saya memahami jika ada byk oknum di luaran sana mengatasnamakan kendala ini sbg keluhan. Tapi saya di sini mau pastikan Saya pengguna tunggal, jelas bisa dipertanggung jawabkan atas ini jg tidak ada anak saya bermain tokopedia ataupun keluarga saya di alamat/ tempat tinggal yg sama yg sy tinggalin di alamat terkait sampai hari ini begitu jg payment2, jika memang ada saya legowo dianulir.. tetapi sampai dicabutnya CB benefit hak saya itu sudah diluar batas sanksi terlalu dini ini dg dalil ketentuan robot/ adm SK Tokopedia mereka. Jujur sy msh belum bgtu jelas karna kesalahan saya belum ditemukan juga sampai saat ini bahkan justru sayalah jk di compare atas ini semua agak aneh dan mencurigakan thd promo2 kupon smp bepuluh2 setiap hari terpampang yg blm ttu sy gunakan setiap hari bhkan tidak pernah ada yg dipakai. Hati2 temen2 jelas seperti jebakan.. Aplg opengguna baru yg seperti sy ini.

    Pertanyaannya :

    1. Apakah saya murni pengguna tunggal tidak bisa menggunakan promo2 tsb ? Jika mmg ada pelanggaran dlm point tsb yg mana ? Toh mereka dpt keuntungan bukan dari setiap transaksi apapun.. artinya saya beli real bayar apalagi beresiko brg mahal dan diluar kota. Saya tidak pernah ada urusan dg seller nyari duit dari promo.. terlalu buang waktu dan nekat kesannya jika uang tak dikembalikan.

    2. Jika terdapat akun bermasalah.. masalah ny dmn ? Wong saya belum 1 bulan sdh begini pake tokopedia. Semua itu bisa ditracking sama mereka gampang dlm hal melek teknologi. Tapi blm ada jawaban

    3. Saya melihat juga byk korban seperti saya ini yg selalu diarahkan memakai benefit atas hak pelanggan pembeli selalu di anulir pada akhirnya ada kesalahan byk sistem ( kecuali manipulasi biasanya tokopedia bisa membuktikanlah harusnya itu kl ini tidak cm by sistem eror )

    4. Jawaban yg bukan solutif menurut hemat saya diputer2 dan itu2 saja.. atas sambil menunggu mencari2 kesalahan saya tidak atau belum juga bs diklarifikasi ditemukan adanya indikasi. ( foto bukti chat )

    5. Saya menggunakan merchant ini tidak membiayai thd 1 orang lain pun untuk pembayaran apa pun.. semua transaksi digital atas nama saya.. jika memang ada saya legowo semua di anulir keuntungan merchant..

    Demikian informasi ini saya sampaikan..
    Ada mungkin sebelum keluhan ini dibuat sudah saya laporkan mungkin blm akurat surat terbuka saa sebelumnya bbrp jam yg lalu saya terbitkan ke tim MK.

    Trima kasih juga atas Sarana MK ini bs kita berbagi di sini.. menuangkan temoat dmn aspirasi dan keluhan tidak bs tertuju kepada Tokopedia yg sulit di askes pengguna tentunya sampai saat ini.

    Salam hangat

    Marini

    3
    8
    • 29 April 2022 - (07:02 WIB)
      Permalink

      Saya sangat bingung dengan statement seperti yang dibilang pak Marini

      Seolah dia dijebak, diperangkap oleh Tokopedia

      Semua tolong pake logika ya baca ini,

      1. Saya pakai tokped bertahun tahun tanpa masalah, pakai promo2 jg, kalau yang sebulan pakai sudah di blokir penggunaan promo, you’re doing something wrong
      2. Buat apa tokped “menjebak” anda sih, untung nya mereka apa? Seolah2 cm buat menzolimi jadi nya, karena kalau mereka tidak dirugikan, promo ya jalan kok

      Mereka ya tahu kalau promo anda di cabut anda tidak akan transaksaksi lg d tokped, mereka tidak berharap anda transaksi tanpa promo sih bener nya, mereka yang rugi ujung nya

      Jelas ada yang anda lakukan melanggar aturan, kalau saya baca komen dan kata2 anda, betul orang2 anda indikasi gestun

      3. Tokped promo itu sudah ada alokasi biaya nya, yang juga terbagi ke beberapa pihak, ada promo2 yang dibebankan ke seller, kalau anda tahu cara kerja sebuah bisnis gimana, anda paham

      Menghilangkan promo yang anda miliki, itu tidak menguntungkan Tokopedia, karena ujungnya alokasi promo itu ya habis kok, mereka itu ada budgetnya sudahan, mereka tidak “menghemat” apa2 dengan “menjebak” anda

  • 28 April 2022 - (18:29 WIB)
    Permalink

    Beli brg apa?terus dpt promo cash back gopay koin brp banyak?sampai ts kesal sekali..hidup simple ecomerce uda banyak bgt. Klo kecewa pindah k abcd banyak

    6
    3
    • 28 April 2022 - (18:51 WIB)
      Permalink

      Mau banyak mau sedikit itu hak pengguna… Mau saya apk apa saja itu hak saya juga… Anda kenapa sewot ?? Anda baca ga keseluruhan .. Kl ga tau duduk persoalan jgn ikut2an.. ga nyelesain masalah juga tanggapan anda. Yg saya perjuangkan skr ini hak saya sbg opengguna terhadap transaksi di merchant dg promo yg telah disediakan.. Justru saya itu sudah kena jebakan batman di tokopedia kaya nama kamu..

      1
      16
      • 29 April 2022 - (23:05 WIB)
        Permalink

        Ya berarti akun anda di buat jual beli sesuatu yg gak wajar atau bisa di bilang jor2an pake kupon jga bisa, ada kemiripan alamat dngn pengguna yg lain jga bisa, mau bilang gw gak tau persoalan? Ngakak, gw punya 1 akun diamond (cuma butuh 1-2 bulan) tapi jga ke banned pdhal akun tunggal karena terlalu jor2an pake promo alhasil buat lagi (mendekati diamond) dan di banned lagi trs buat lagi sampai hampir diamond lagi gitu trs meski pake 1 akun doang, sedangkan akun kakak gw dr 2014 – awal 2022 belum pernah ke banned tapi bulan lalu gw nitip beli HP pake promo di akun kakak gw Alhasil bulan depan nya langsung ke banned, intinya terlalu jor2an pake promo, beli ke toko kenalan jga bisa di banned

  • 28 April 2022 - (20:37 WIB)
    Permalink

    Biasanya kasus seperti ini karena:
    – ada kesamaan device, pernah login akun tokopedia lain di device yang sama.
    – ada kesamaan alamat
    – ada kesamaan pembayaran, menggunakan rekening/ovo/gopay/dll yg sama di lebih 1 akun
    – IP (internet protokol) yang sama lebih dari 1 akun atau menggunakan jaringan WIFI yang sama
    – No HP pernah didaftarkan akun lain, kasus ini pernah terjadi pada nomer yang sudah hangus dan dijual lagi oleh operator.
    – dan kesamaan2 lain

    Memang berat sebelah karena pihak toped tidak memberitahu secara detail pelanggarannya yang mana. Semoga ada jawaban dari pihak toped.
    Kalau tidak ada jawaban, paling hanya bisa buat akun baru atau tidak usah pakai toped pindah ecomm yang lain.

    13
    • 28 April 2022 - (20:51 WIB)
      Permalink

      Bukan kesamaan identitas/metode pembayaran, poin nya beda. Ini lebih berat pelanggarannya.

      • 28 April 2022 - (21:25 WIB)
        Permalink

        Berat tidak berat tetap ada titik berat dalam menjatuhkan sanksi harus jelas.. apalagi pengguna dipihak apk yg sama..

        Sejak awal orang tertarik dg tokopedia pertama yg dilihat adalah promo CB yg mereka tawarkan scr umum.. Dlm transaksi apapun sllu ada kupon2 terkait.. Maka dari itu setelah kejadian saya ini.. saya berharap temen2 aware akan penawaran2 tsb.. Kl mmg fiktif saya sudah tawarkan beberapa point di chatbox.. Hal yg mn bermslh dan saya mengajak tuk open di publik.. tapi jawaban ga jelas.. muter2. Ga juga gitu kan jawab ke saya..

  • 28 April 2022 - (20:46 WIB)
    Permalink

    Pelanggarannya sepertinya berat, dan bukan karena kesamaan identitas ya kalau dari keterangan CS nya. Mohon maaf hanya si penulis yang tahu kenapa. Entah gestun atau pemburu cashback ya hanya situ yang tahu. Ga nuduh penulis seperti ini, tapi ada sindikat yang saling kenal antara pembeli dan penjual dan hanya mencari cashback. Semoga tidak itu dan hanya kesalahan sistem saja.
    Saya sendiri pengguna sudah belasan tahun tidak ada masalah, belanja tahun kemarin juga 1500X ( buat usaha ) fine² aja.

    • 28 April 2022 - (20:56 WIB)
      Permalink

      Kalau kasus pengusaha resto dulu di GrabFood juga dapat cashback ya, bnyk muncul resto fiktif yang ngejar cashback saja. Ada yg resto berupa mobil pinggir jalan dan menjual kopi instan sachetan seharga 50K. Yang beli ya keluarga dia sendiri. Sejak dihapus cashback ya udah ga ada lagi resto gitu.

      3
      1
      • 28 April 2022 - (21:20 WIB)
        Permalink

        Kalo ini saya ga komen.. bkn dalam ranah yg sudah saya bahas di sini sejak awal… trims

    • 28 April 2022 - (21:16 WIB)
      Permalink

      Sejujurnya .. kalaupun saya kenal sm seller atau kerjasama..yg anda beli itu transaksi ny pakai uang.. lagipula hal seperti ini bisa anda cek di Palembang tidak ada seperti di jakarta yg memiliki prediksi tren tinggi transaksi fiktif. Di Palembang justru u suku cadang masih kiblatnya ambil di Jakarta/ di luar kota. Jadi seandainya jika saya kerjasama katakanlah sewaktu2 uang saya tak kembali oleh hanya karna duit promo segini.. Saya mau mengadu kmn? Justru itu rescan dan perbuatan nekat.. pikiran jernih tdk seperti itu.. saya sampaikan di publik bhwasanya yg d maksud tokopedia pembelian saya kepda salah satu seller di Jakarta. Karna itulah transaksi trkhir saya.. sebelum mereka mengatakan SK.

    • 28 April 2022 - (21:20 WIB)
      Permalink

      Sewaktu2 bisa saja terjadi karna mmg ada Simin2 lainnya di luar sana mengatakan demikian hal ny… tetapi pada akhir ny byk juga menjadi korban system.. cenderung ke sana jika mengacu pada CB promo.

  • 28 April 2022 - (21:10 WIB)
    Permalink

    Mlm.. saya sebut ya IP device / ponsel baru dan jamin saya rasa u ini pihak tokopedia sdh mengetahui sejak awal pendaftaran/ regis.

    2. Alamat tunggal seperti sdh yg sy bahas td ( minta d cek sm pihak tokopedia malahan )

    3. Wifi ga pakai.. yg saya pakai dlm transaksi merupakan pakai Telkomsel paket data.

    4. Begitu jg no Hp nomor atas nama dan identitas ( KTP, apk, payment ) saya punya pribadi sendiri ( saya rasa pihak tokopedia jg mengetahui sejak awal opendaftaran/ regis )

    5. Sampai saat ini sepertinya bukan kesamaan2 atas langgaran yg dilimohkan tokped kepada saya.. namun promo yg saya pakai mereka anggap saya melanggar.. ( sayang sekali saya tdk bisa ref capture foto2 transaksi dan chatbox trkhir sy kepada pihka tokped.

    Sejujurnya saya sudah lowest point feeling sm nih apk Tokopedia … Byk yg saya temui trutama kendala2 semacam ini umum korban ny. Bahkan setiap saat bukan setiap hari.. Sayangnya Pihak mereka enggan sejak awal berdiri smp skr menerima masukan2 baik dari pengguna. Hanya dibalas sebatas chatbot/ autobot mereka.

    Di sisi lain cara saya berpikir seharusnya tokopedia ini sendirilah yg Fraud baik system/ human ny.. mereka harus menyadari setiap transaksi dimana pun mereka telah mendapat fee setidak ny rata2 1.25-1,5% dr toko merchant reguler dan Pro dari hasil jual ketika pembeli berharap CB di sisi lain yg telah di sediakan.. terkadang harus kandas atas nama SK TOKOPEDIA yg mereka buat sendiri mereka langgar sendiri kepada pengguna dlm hal penyediaan promo kpd awam. Iklan dan penawaran bs ga salah2 kdg bs berpuluh2 kupon terpampang.. baru sy menyadari.. itu semua adalah semu.. ga bs d pastikan CB ny.

    Saya pastikan pengguna baru dan real user… Seharusnya tokopedia sebesar itu memahami kendala2 ini kenapa terus ada bagi mereka Real User and Real Transaction.

    1
    6
  • 28 April 2022 - (23:56 WIB)
    Permalink

    Dari sini sj anda menjawab dgn berbelat belit ttg pelanggaran yg anda lakukan. Pengejar cashback itu biasanya transaksi paket2 fiktif. Sebaiknya anda lbh banyak belajar dari yg sdh2 ttg gmna dptkan cashback besar tanpa ketahuan kalau anda curang.

    6
    1
    • 29 April 2022 - (00:47 WIB)
      Permalink

      Wkwkwk ini jangan2 orang tokopedia… Ga tau jgn byk ngoceh bro.. sudah mau jelasin jg gmn harus sperti itu… Main Cashback sm paket2 fiktif ini bukan jakarta … Lu pasti sering main ginian karna ga di Sumsel… Maka ny wajar otak oemikiran lu sdh ke sana duluan.. kalau aku beli2 oaket fiktif begitu di jakarta.. Sumbang duit nganggur.. Parah dah lu…

      1
      11
      • 29 April 2022 - (09:33 WIB)
        Permalink

        Jelaslah sy tau, sy berhubungan lgsg dgn seller2 yg melakukan transaksi bodong dgn paket alamat2 fiktif dan isinya jg fiktif. Cari duit yg halal bung apapun agama anda biar berkah.

    • 29 April 2022 - (06:45 WIB)
      Permalink

      Dari komen penulis aja udah keliatan, paham betul seluk beluk cashback chaser. Padahal baru sebulan gabung 🤭

  • 29 April 2022 - (00:03 WIB)
    Permalink

    Coba di open ke sini transaksi2 nya, yg terlihat jelas nama toko, jenis barang dan nilai transaksi nya. Dr sana akan terlihat ada kejanggalan atau tidak, jika memang harga produk jauh melebihi harga pasaran, ya sudah jelas ada maen…

    • 29 April 2022 - (00:50 WIB)
      Permalink

      Daritadi sudah saya katakan di sini tidak bs Open capture.. di komenan ini bro.. kl sdh bisa aku sdh drtd open semua… dari chit chat sm Tokopedia CS ny sesudah berita ini dirilis…

    • 29 April 2022 - (00:51 WIB)
      Permalink

      Ini tadi sudah dikonfirmasi sama CS tokopedia barusan… Persoalan sudah selesai… Bisa seperti biasa lagi Akun saya.. Trims …

  • 29 April 2022 - (06:44 WIB)
    Permalink

    Ya sudah kalo sudah selesai, yuk dibuat surat klarifikasi di MK. Sekalian screenshoot pembelian2 kemarin dan cashback2 nya di upload. Gimana? Berani engga?

  • 29 April 2022 - (07:26 WIB)
    Permalink

    Udh bertransaksi lbh dr 30x koq msh menganggap sebagai pengguna baru, pengguna baru bagi Tokped itu adalah pengguna yg sama sekali blm pernah bertransaksi di Tokped, rata2 promo di Tokped yg ada embel2 khusus utk pengguna baru itu hanya bs digunakan oleh pengguna yg blm pernah sekalipun melakukan transaksi atau dgn kata lain hanya bs utk transaksi pertama.

    2
    1
    • 29 April 2022 - (09:53 WIB)
      Permalink

      Baca yang bener, ini pengguna baru, hampir sebulan tapi sudah melakukan transaksi 30x dan sudah naik pangkat jadi level Gold. Kupon promo Gold sudah beda lagi dengan yang silver. Nah kupon2 nya hilang semua karena dianggap melanggar S&K nya Tokopedia.

      • 30 April 2022 - (00:44 WIB)
        Permalink

        Walaupun pengguna baru, ga jg kali pak belanja sampe mau 30x kalo bkn tuk ngejar cashback.

  • 29 April 2022 - (09:57 WIB)
    Permalink

    Sabar, tidak ada system yang sempurna. Sepertinya kemungkinan anda kena false alarm AI nya Tokopedia. Syukur kalau akun nya dikembalikan lagi. Saya dulu pernah mengalami hal serupa karena saya pernah titip bayar pakai VA BCA dari akun saudara yang sudah pernah dipakai untuk bayar2 Tokopedia sehingga dikira fraud. Untungnya sudah bisa dipulihkan.

  • 29 April 2022 - (12:18 WIB)
    Permalink

    Coba dijelaskan, cashback itu anda pakai untuk beli apa, syarat cashback nya apa saja, bukti SS voucher cashback, pembayaran via apa, ada error gk saat pembayaran..
    Biasanya cashback hangus/batal kalau ada error/batal saat pembayaran.. Sistem aplikasi gk ada yg sempurna, kalau ada error yaudh pindah ada ke olshop lain masih bnyk yg lain..
    Hal kek gini termasuk sepele harusnya gk perlu masuk Media konsumen.com
    Kek bocil ngebet bngt harus diturutin, ngambek kalau gk keturutan

    2
    1
  • 29 April 2022 - (23:37 WIB)
    Permalink

    Saya heran. Kenapa TS sampai harus marah2. Padahal diatas TS menyebut bisa transaksi di platform lain. Saya pikir dalam hal ini tokopedia tidak akan membuka alasannya. Karena ini akan bisa jadi celah untuk mengakali sistemnya tokopedia. Sederhananya, kalau TS tidak puas dengan layanan tokopedia, silakan menggunakan platform lain. Tidak layak hanya urusan seperti ini sampai masuk MK. Mengutip kalimat dari TS, bisa transaksi menggunakan platform lain.

    1
    1

 Apa Komentar Anda?

Ada 36 komentar sampai saat ini..

Mengecewakan! Belum Pakai Sebulan Tokopedia Secara Sepihak Sudah Menca…

oleh Marini Sutanto dibaca dalam: 2 menit
36