Shopee Menahan Kelebihan Dana Ongkir dari Pembeli Tanpa Alasan yang Jelas

Terima kasih kepada media konsumen atas dimuatnya keluhan kami.

Tanggal 6 April 2022 customer RO kami melakukan pembelian produk sebesar 3.712.250, – (Harga jual 2.990.250 + Ongkir 726.000) menggunakan ShopeePay. No ID Pesanan 220406TV9XUFJK.

Sesuai kesepakatan, Buyer tidak dibebankan Ongkir melainkan kami yang subsidi. Hitungannya terlampir Garuda Miles rute CGK-SIN Business Class 22.500 x 135 + Tax 660.900 = 3.698.300 (Nilai yang mendekati). Tentunya setelah confirmed kami kirim eTicket via kurir juga.

Dikarenakan kami sedang berada di luar kota sehingga mengirim dari kota yang berbeda. Kurir otomatis memilih J&T economy. Pihak ekspedisi mengatakan J&T economy tidak tersedia di kota ini (UPG). Maka kami konfirmasi ke Shopee terkait kendala ini.

CS Shopee mengatakan silahkan mengirim secara manual. Kami ikuti instruksi CS Shopee mengirim secara manual dengan No Resi yang berbeda menggunakan J&T Reguler dengan biaya 46.000.

Setelah confirmed pesanan diterima maka yang masuk ke Saldo Seller hanya Rp. 2.990.250. Kami komplain dan hanya pengembalian 46.000. Sisanya mereka tahan tanpa alasan yang jelas.

Jika Shopee punya itikad baik maka kembalikan ke Buyer karena memang Shopee tidak punya HAK atas Kelebihan Ongkir yang dibayarkan Buyer. Kami meminta agar Kelebihan Dana Ongkir ini kembalikan saja ke Buyer kami karena Shopee tidak punya itikad baik ke Seller.

Buyer komplain atas permintaan kami dan meminta kelebihan dana ongkir ini tapi Shopee malah menyuruh Buyer konfirmasi ke Seller, untuk apa? Sudah jelas mereka yang TAHAN tapi menuduh Seller yang mengambil Kelebihan Dana Ongkir padahal ini memang HAK Seller karena harga jual kami jadikan satu.

Hingga detik ini Shopee tetap ngotot menahan Kelebihan Dana Ongkir ini tanpa alasan yang jelas. Customer kami ini sudah bertransaksi lebih dari 4X dan semuanya aman.

Terlampir history chat antara Shopee dan Buyer adalah pembodohan dan sangat jelas kebohongan SDM mereka ini. Rupanya nama besar tidak menjamin bahwa mereka Professional dan bertindak ceroboh merampas HAK penggunanya.

Terima kasih.

Friska Melinda
Kab. Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:1    Rata-Rata: 5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

 Apa Komentar Anda?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Shopee Menahan Kelebihan Dana Ongkir dari Pembeli Tanpa Alasan yang Je…

oleh Friska Melinda dibaca dalam: 1 menit
0