Akun Shopee Dibobol Penipu, Ada Transaksi SPayLater Sebesar 8 Juta Rupiah yang Tidak Saya Ketahui

Saya Erni, salah satu konsumen pengguna aplikasi Shopee. Saya mau melaporkan dan menginformasikan, bahwa pada tanggal 21 April 2022, saya ditelepon oleh pihak yang mengaku sebagai “Shopee” atas nama Rangga dari Jakarta Pusat. Dia menyampaikan, bahwa dalam event Ramadhan saya adalah salah satu customer yang terpilih dan mendapatkan voucher sebesar Rp2 juta, serta selama 3 bulan tagihan Shopee SPayLater akan dibebaskan dari biaya.

Saya percaya, karena pihak penipu mengetahui dengan persis data dan akun Shopee saya. Bahkan dia mengetahui pemesanan barang terakhir saya. Selain itu sedang maraknya promo-promo dari Shopee sendiri di Ramadhan ini.

Selanjutnya pihak tersebut membobol akun saya, padahal saya tidak memberikan kode OTP apa pun. Kemudian akun saya tidak bisa dibuka apalagi melakukan transaksi apa pun. Di sini saya juga mengalami data-data di smartphone saya juga tidak bisa dibuka.

Keesokan hari di 22 April 2022, saya menghubungi CS Shopee untuk menangguhkan akun saya. Namun seminggu kemudian mencoba mengaktifkan kembali, ternyata ada limit pembayaran sebesar Rp8.629.499, yang saya tidak mengetahui transaksi tersebut.

Sampai sekarang, saya belum tahu kejelasan dari pihak Shopee bagaimana.

Erni Rodika
Kab. Tulang Bawang, Lampung

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai pengalaman ini:
[Total:198    Rata-Rata: 2.6/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

107 komentar untuk “Akun Shopee Dibobol Penipu, Ada Transaksi SPayLater Sebesar 8 Juta Rupiah yang Tidak Saya Ketahui

  • 6 Mei 2022 - (09:36 WIB)
    Permalink

    Yang saya kecewakan pihak shoope yang tidak memberikan kejelasan apapun terkait masalah ini, kecewa dengan sistem keamanan shoope yang mudah diakses

    15
    27
    • 6 Mei 2022 - (13:43 WIB)
      Permalink

      Jika keamanan shopee mudah diakses, penipu tidak perlu menghubungi anda/korban terlebih dahulu, dan malah sebaliknya saya kecewa dengan anda yang sistem kemanan logika anda mudah di akses penipu, semoga masalahnya cepat selesai.

      67
      15
    • 6 Mei 2022 - (16:52 WIB)
      Permalink

      Hampir mirip seperti saya, bedanya uang penjualan saya habis digondol. Dan? Jelas shopee lepas tanggung jawab. Hanya menjawab akan lebih memperbaiki keamanan . Anehnya pin kan hanya kita yg taw, koq bisa jebol, dan apa gunanya verifikasi otp, ga ada kiriman otp sama sekali. Lemah keamanannya.

      25
      9
      • 6 Mei 2022 - (18:02 WIB)
        Permalink

        Itu kesalahan anda sendiri, setahu saya nomor shopee Indonesia itu +62 biasanya memberikan notifikasi diskon produk yang anda inginkan baik di keranjang/ yg pernah ada lihat. System android itu terbuka jadi gampang mengakses baik ketika klik link atau setelah install aplikasi.

        9
        6
        • 8 Mei 2022 - (08:39 WIB)
          Permalink

          Kesalahan sendiri gimana. Jelas Shopee teledor hingga data pelanggan dapat Di akses Oleh pihak ke Tiga. . jangan asal.monyong Saja mas

          10
          5
        • 8 Mei 2022 - (10:39 WIB)
          Permalink

          Anda sendiri kok bisa percaya dengan telpon dari nomor telpon aneh …modus tersebut udah lama dijalankan oleh para bedebah penipu saya juga hampir percaya yang menghubungi via WhatsApp akun bisnisnya tapi pas saya googling itu penipuan…mana ada ujuk2 ngasih discount sampai ratusan ribu apalagi jutaan…palingan kalau pun ngasih discount paling banyak 50.000 itu pun berjubel syarat …hee…makanya hati2 juga…dan sekarang marak penipuan di akun2 palsu di Instagram jualan baju hati2 juga akun Instagram palsu biasanya banyak follower tapi likenya sedikit trus kolom komentar dinonaktifkan..

          11
          1
      • 7 Mei 2022 - (22:00 WIB)
        Permalink

        untuk shopee kalau data tidak diberikan kepada penipu akunnya aman2 aja kok dan ga bakal dibobol. saya juga pernah ngalamin dihubungi pihak mengatasnamakan shopee, bahkan data yang diberikan sama sekali dengan alamat pada pesanan yang saya beli, tapi saya masih berfikir jernih, tidak mungkin Shopee memberikan iming2 hadiah cuma gitu aja prosesnya. pemenang itu cuma diumumkan di aplikasi Shopee, bukan dari telepon mengatasnmakan Shopee. kita aja selaku pengguna yg harusnya cerdas. cuma diimingi hadiah langsung percaya dan tergiur gitu aja, harusnya sih mikir dulu. apa gunanya ada cs di Shopee kan bisa tanya benar apa ngga nya itu chat/telpon dari Shopee. budayakan lah bertanya terlebih dahulu. ini ngga, dikasihin data-data ikutin apa instruksi penipu ujung2nya kerugian dana diri sendiri gamau disalahkan.

        17
        2
        • 7 Mei 2022 - (22:04 WIB)
          Permalink

          apalagi kalau disuruh transfer pake barcode di Shopeepay. itu mah bakal ga balik tuh saldo dan akun bisa kebobolan soalnya ada kejadian teman saya yang begitu. masih aja ada yang percaya sama iming2 hadiah gitu, disuruh bayar shopeepay, diminta ktp sama foto selfi ktp sama pihak yang mengatasnamakan Shopee, minta kode otp yg di terima di sms, semua diturutin apa mau penipu. syukur tu ktp ngga dipake buat pinjol aplikasi lain. beuh kalau di pake, ga ngerti lah pusing bayar tagihannya ketar ketir

          2
          2
          • 12 Mei 2022 - (06:00 WIB)
            Permalink

            Yang sabar ya.. aku juga pernah ngalamin di aplikasi akulaku sampe saya di blacklist sama OJK karena saya tidak mau bayar untuk tagihan yang tidak pernah saya mengajukan pinjaman. Setahun berlalu nama saya sudah bersih lagi. Sekarang saya bisa pake SPayLater awalnya kan gak bisa.

      • 12 Mei 2022 - (19:01 WIB)
        Permalink

        Mangkanya sy juga pernah ngalamin menggunakan paylater tertentu suda sy bayr tapi nongol lg tagihan yg sm dengan no kontrak yg sm tapi sy ag ambil pusing percuma minta bantuan cs.ga bakl ada sokusi akhirnya sy bayr tapi setelah itu gakan lg sy gunakn paylatr lg kapok

      • 11 Mei 2022 - (13:35 WIB)
        Permalink

        Kalau yakin kesalahan Shopee 100% dan punya bukti kuat, tuntut aja di pengadilan. Kalau berharap Shopee minta maaf dan mengembalikan kerugian ada jadi 0, jawabannya tidak mungkin.

    • 6 Mei 2022 - (18:42 WIB)
      Permalink

      Mba liat list blnjanya aja,.ada baju coba klik belnja dri toko mana,.lalu dm tokonya mnta trnsksi trsbt dikirim ke alamat mana? kl mbaknya mau bisa lngsung dtg ke alamt pngiriman brg2 yg sdh dbeli,.bawa polisi

      32
      • 11 Mei 2022 - (02:24 WIB)
        Permalink

        Operator mp tuh banyak.(manusia ada yg baik bnyak juga yg jahat) Jadi mungkin ada oknum operator yang bermain/kerja sama dengan penipu. Operator membocorkan data tentang pemilik akun contoh transaksi terakhir pemilik akun. , tinggal si penipu yg berusaha menyakinkan korban dengan iming2. Tentu ini harus di laporkan ke pihak berwajib tingkat polres atau polda. Pasti sangat mudah di telusuri oleh pihak cybercrime. Semoga cepat beres

        • 15 Mei 2022 - (20:04 WIB)
          Permalink

          Makanya saya wanti2 ga mau upgrade akun shopee ke premium, banyak penipunya, bisa jd orang dalem ini yg bocorin data,
          Istri saya akunya premium
          Sering bgt di tlp ngaku2 dr shopee, sedangkan saya, tdk premium, g pernah di tlp dari shopee,

    • 6 Mei 2022 - (23:41 WIB)
      Permalink

      Maaf komentar ini di luar konteks bacaan namun ada hal yang ingin saya sampaikan.

      Tidak perlu berkomentar dengan “isi daging” meskipun komentar anda sangatlah benar apabila penyampaiannya menyalah-nyalahkan pihak yang tertipu, wahai pembaca Media Konsumen.

      Saya mendapati beberapa komentar yang menyudutkan penulis dan mengatakan “sudah jelas, sudah jelas, sudah jelas”. Orang yang sudah tertipu tidak akan sampai tertipu apabila dia sudah jelas mengetahui hal tersebut. Tolong jadilah manusia yang memiliki empati, semua orang memiliki pengalaman sejati-nya masing masing dan saya rasa tidak sampailah perlu menggurui dengan sikap superior seperti itu.
      Apalagi sampai memberikan ucapan selamat telah menjadi korban penipuan. Seperti itukah kualitas anda menjadi manusia dalam berinteraksi di dunia maya? Manusia barbar?

      Sungguh sangat disayangkan sikap-sikap yang kalian tunjukkan tersebut. Tolong perbaiki sikap dan tata krama sebelum berkomentar, agar ekosistem di sini menjadi komunitas yang suportif dan ramah dibaca dengan kepala dingin.

      Salam,

      116
      4
      • 7 Mei 2022 - (12:44 WIB)
        Permalink

        Empati tentunya berempati kak. Namun tidak serta merta bisa langsung menyalahkan sistem. Dan mengatakan pihak perusahaan lepas tanggung jawab. Padahal itu kesalahan dari pihak TS sendiri. Sebagai pengguna juga harus lebih cerdas. Orang lain tidak akan bisa mengakses akun kita jika kita tidak memberikan otp ataupun password bahkan pin dari akun kita.

        8
        6
        • 7 Mei 2022 - (13:43 WIB)
          Permalink

          Iya anda benar, namun apa yang anda sampaikan seyogyanya dapat diberitahukan (oleh masyarakat komunitas MK) kepada TS dengan nada komentar yang positif dan suportif, alih-alih negatif dan destruktif.

          Tolong pahami konteks bacaan, perbedaan perkara satu dan lainnya hingga bertata-krama dalam berkomentar. Dengan demikian kita dapat bersosialisasi dengan rukun di dunia maya.

          16
          1
    • 7 Mei 2022 - (07:10 WIB)
      Permalink

      Sy pernah juga dihubungi pihak yang mengaku shopee, kebetulan sy sedang B.A.B hahaha
      Sy mnt waktu sbntar untuk tutup telepon, tapi aneh kenapa saya di blokir oleh si penipu karena saya mengirimkan video ketika sedang B.A.B wkwkwkwk

      12
      1
    • 7 Mei 2022 - (11:53 WIB)
      Permalink

      Bersedekah ya mbak karena sedekah itu melindungi diri kita dr mara bahaya dan perbuatan buruk orang lain…

      3
      7
    • 7 Mei 2022 - (14:56 WIB)
      Permalink

      Buat laporan ke ke polisi an bagian UU ITE dengan bawa bukti seperti screenshot, email dll, kalau ada tagihan dr Shopee liatin surat laporan, kalau ada tindakan tdk menyenangkan dr pihak Shopee bisa buat laporan ke kepolisian ( saya ngalamin kejadian yg sama dgn salah satu on-line Shop )

    • 7 Mei 2022 - (17:09 WIB)
      Permalink

      Saya hampit aja ketipu, kasusnya sm seperti ini, katanya dpt jadiah 2jt, sy dihubungi via wa, nomor wa jg mirip², nah dia kirim kode otp ke sms no. Sy trus dia minta kode otp itu, sy lansung inget jgn pernah ksh kode otp ke siapapun, akhirnya sy bilang ke org tsb tunggu sebentar ya sy tanya ke cs shopee dulu apakah benar sy dpt hadiah eh dia langsung tutup callnya, ternyata pintu akun kita akan kebuka pas kita ksh kode otpnya, so hati² jgn pernah ksh kode otp bahkan sampai ke pihak shopee sekalipun

    • 7 Mei 2022 - (18:51 WIB)
      Permalink

      9 april 2021 akun shopee saya dibobol saya kena 4,9 juta,dan shopee diam saja gada tanggapan.

      4
      1
    • 7 Mei 2022 - (20:49 WIB)
      Permalink

      Sama sy juga pernah alami ga ngasih kode OTP tp kena bobol.. Dikuras habis spay hingga tak ada sisa.. Dia tau juga transaksi terakhir..kemungkinan mereka bermarkas dan berklompotan dibeberapa MP.. Setelah sy telusuri sendiri Menggunakan bank Nob*.. Sy sudah lapor polis* tp percuma ga ditanggapin katanya bs lewat web ttg ciber crime tp ga ada tindakan..

    • 7 Mei 2022 - (22:39 WIB)
      Permalink

      1. Untuk kasus penipuan ibu sebaiknya lapor ke pihak kepolisian setelah itu lapor ke shopee juga dengan melampirkan surat laporan dari kepolisian
      2. Untuk tidak ada tindak lanjut penanganan dari shopee terutama tidak ada kejelasan membatalkan kreditnya, ibu silahkan coba lapor OJK

    • 8 Mei 2022 - (08:37 WIB)
      Permalink

      Semoga uang nya kembali kak Amiin, Walau saya pesimis. Shopee IstILahnya brengsek bila Ada pembeli Yang mempunyai masalah bantu GA Bantu achirnya Di cuekkin Saya keluarga Dan kawan kawan Sudah mengharamkan untuk jadi pelanggan Di shopee

    • 11 Mei 2022 - (23:26 WIB)
      Permalink

      Sudah jelas Anda yang salah, malah menyalahkan pihak lain, salahkan lah diri sendiri, Kenapa bisa bodoh seperti ini. Makanya jadi orang yang cerdas, gunakan akal dan logika. Biar tidak mudah tertipu oleh pihak manapun. Dan untuk dananya anggap aja Anda sedang bersedekah.

    • 12 Mei 2022 - (06:09 WIB)
      Permalink

      Saya juga pernah mba,,
      Awalnya saya hendak bayar tagihan lewat Alfamart tapi karena sistem error’ akhirnya ke pending. Nah karena saya tidak mau telat akhirnya saya nyari nomer CSFB, eh akhirnya dapet akun CS odong2, kode password saya kena bajak melalui OTP yg saya kirim karena tadinya saya percaya. Udah gitu dia belanja di akulaku pake akun saya. Nah sebelan kemudian para preman maki maki saya dan mau datang ke rumah tapi mereka gak Dateng tuh. Singkat cerita setahun berlalu nama saya sudah bersih dari OJK Alhamdulillah. Ya saya di blacklist karena tidak mau melunasi tagihan karena yg pinjam bukan saya.

    • 13 Mei 2022 - (05:26 WIB)
      Permalink

      Saya kasian & ingin sekali membantu. Tp itu nanti melanggar “protokol” sistem MP tersebut soal nya & resiko nya kembali ke saya.
      Saran saya, cb ke bagian cyber crime, bawa bukti + ceritakan kronologi dr awal.

      Meskipun pake no. LN atau Private Number, imei gk bs bohong hahaha + titik online riwayat panggilan “ID Caller / IP Provider” bs di lacak dr mn panggilan tersebut ( yg berwenang ngecek pihak provider + cyber crime ).

      Semoga membantu.

  • 6 Mei 2022 - (10:52 WIB)
    Permalink

    Nomernya +1 (USA) sudah jelas mencurigakan. Nama ID, KTP beda tambah mencurigakan.
    Semoga masalahnya bisa selesai, kalau yang dulu diganti voucher oleh shopee.

    19
    1
  • 6 Mei 2022 - (11:15 WIB)
    Permalink

    Semoga cepat terselesaikan kasusnya. sepengetahuan saya kalau login yang ada payletter di perangkat baru bukanya pakai verifikasi wajah ya dan transaksi pakai pin atau sidik jari yg kita daftarkan di hp. wah penipu bener2 makin canggih juga.

    12
    2
    • 7 Mei 2022 - (20:51 WIB)
      Permalink

      Bedanya buka berkedok hadiah tp konfirmasi kl jasa pengiriman yg kupilih gak tersedia didaerah tsb

      1
      1
  • 6 Mei 2022 - (12:49 WIB)
    Permalink

    Selamat mba anda korban penipuan kesekian kalinya dengan iming iming hadiah. Selamat sekali lagi.
    Jelas kode telpon Indonesia +62, Jelas CS Shopee tidak melakukan konfirmasi hadiah lewat WhatsApp pribadi, Jelas saat ini tidak ada program bagi bagi hadiah sebesar 2jt, Jelas tidak mungkin cs kasih data ktp/kartu id miliknya. mudah sekali anda di tipu mba.

    Kebanyakan yg kena tipu itu, ulah sendiri mengikuti, mengarahi, ini itu kemauan penipu. Selamat sekali lagi.

    Semoga shopee adil dalam hal ini, shopee juga engga mau rugi kehilangan 8jtan sekali kebobol.

    Semoga ada iktikad baik dari shopee:)

    25
    25
    • 7 Mei 2022 - (19:56 WIB)
      Permalink

      Yg perlu digaris bawahi adalah penipu tahu data-data dan riwayat pembelian si korban. Darimana penipu mendapatkan data2 itu????
      Tidak semua orang sepintar anda bosss… tapi sepandai-pandainya tupai melompat akhirnya akan jatuh juga. jangan suka mengolok-olok atau membully korban penipuan, jika itu anda lakukan, suatu saat nanti pasti anda akan mengalami hal yg sama. Ucapan dan komentar anda sangat menyakiti perasaan korban. Dan suatu saat nanti pasti anda akan merasakan apa yg dirasakan oleh korban.

      21
    • 7 Mei 2022 - (21:58 WIB)
      Permalink

      Udah jelas kena musibah masih aja di salahkan, bahaya orang kek gini kalo di masyarakat awokwok
      Ntar ada rumah kebakar karena arus pendek malah bacot “salah sendiri, sudah tau arus pendek itu bisa bikin konslet dan terbakar” atau ada orang kena begal “udah tau di jalanan itu sepi masih aja lewat sana” 🥴

  • 6 Mei 2022 - (13:23 WIB)
    Permalink

    Nah lho…. Jelas sekali itu penipuan… Saya pakai shopee pay leter, sepengetahuan saya, shopee tidak pernah menelpon melalui wa, paling hanya memberikan kode otp,.. Itu pun dengan akun resmi centang biru…
    Tidak di ragukan lagi… PENIPUAN…

    15
    2
    • 6 Mei 2022 - (13:37 WIB)
      Permalink

      Mungkin kalo smartphone nya bisa ngomong bisa ngasih tau kalo yg pakai nya belum smart, sangat di sayangkan sekali kejadian ini karena pasti ada yg anda berikan ke penipu itu sehingga dia bisa mengakses akun shopee anda karena keamanan shopee sudah bagus dan jika mudah di bobol maka penipu tidak perlu menghubungi anda terlebih dahulu, jadi kesimpulannya ini murni ada kesalahan dari anda, semoga menjadi pelajaran untuk semuanya dan ada titik terang dalam masalah anda.

      18
      5
    • 11 Mei 2022 - (19:09 WIB)
      Permalink

      Sebenernya sya juga mengalami hal ini taun kamarin, hampir mirip kasus nya seperti ini. Kenapa pelaku bisa tau data shopie kita, setau saya karna sy udh lapor ke polres. mereka menggunakan aplikasi seperti team viewer di hp kita tanpa sepengetahuan kita, mungkin anda pernah instal aplikasi pinjol ilegal atau klik link yg ga jelas, nah dari sana biasanya mereka pasang aplikasinya. Kalau anda coba ingat ingat pas kejadian telpon hp anda terasa berat atau lemot internet kan, dan pas saat telpon pelaku suruh masuk terus ke aplikasi shopie

  • 6 Mei 2022 - (13:34 WIB)
    Permalink

    Lain kali kalo dapet telpon sms atau chat menang ini itu dari nomer selain dari wakaka land (+62) mending nda usah diladeni

    5
    3
  • 6 Mei 2022 - (13:42 WIB)
    Permalink

    Ya sebenernya sih salah dari konsumen juga, karena asal memberikan data diri.
    Kalo bisa foto ktpnya di blur sebagian juga, takutnya di sini ada yang memanfaatkan untuk hal yang buruk.ingat loh dngan modal ktp kita, bisa mendapatkan pinjaman.
    Nnti malah kita yg kena lagi.
    Mengingatkan juga hati hati jangan mudah memberikan data diri secara online apapun alasannya,karena bisa dipakai untuk kejahatan.
    Saya berdoa semoga masalahnya terselesaikan.
    Semoga kedepannya tidak terjadi seperti hal ini ya

    9
    1
    • 6 Mei 2022 - (13:45 WIB)
      Permalink

      Saran bisa ditampung, tapi itu KTP pelaku, yang memberikan dan saya baru sadar kalo namanya berbeda dengan yang disebut. Saya juga sedang memproses semoga kedepannya tidak terjadi terhadap orang lain juga

      8
      1
      • 8 Mei 2022 - (01:34 WIB)
        Permalink

        Kalo menurut saya, ini menurut saya pribadi loh yah……..

        Si penipu bisa jadi mantan pegawai atau si penipu bisa jadi kerjasama dengan “orang dalam” Atau bisa jadi data diri kita tak di enkripsi oleh pihak MP sebesar Shopee sehingga siapapun yang kerja didalam sana bisa mengakses daftar pelanggan Shopee.

        Ini pendapat saya pribadi loh yah, sebab apa? Sebab saya pikir bagaimana mungkin para penipu ini bisa tau data diri serta daftar barang yang kita beli di Shopee jika tidak ada informasi dari dalam?

        Saya ikut merasakan apa yang Anda rasakan saat ini, 8 juta itu uang yang sangat banyak setidaknya bagi saya…….. Jika benar anda tidak membagikan OTP lantas bagaimana caranya dia belanjakan barang2 tersebut pakai limit Spaylater anda? Saya sudah memikirkan hal ini sejak lama sampai akhirnya saya buang dan uninstall apk Shopee, hingga mereka mengirim email pemberitahuan ke saya bahwa akun saya akan di nonaktifkan untuk selamanya karena tidak pernah aktif dan saya sangat senang sekali saat itu.

        Sebelum uninstall, saya hapus data, hapus cache di apk nya lalu uninstall, bahkan sisa-sisa sampah apk nya yang masih ada di file manager hape saya hapus semua…….

        Semoga ada jalan keluar terbaik bagi anda

  • 6 Mei 2022 - (14:07 WIB)
    Permalink

    Sejak ditawari hadiah sebenarnya pakai logika saja.
    “Apa yg membuat saya berhak mendapatkan hadiah itu?”
    “Atas dasar apa shopee mau ngasih saya voucher sebesar itu?”

    Anda merasa gak ngasih otp.
    Yakin?
    Ngerasa klik link2 yg dia berikan gak?
    Kalo masih jawab tidak, lalu untuk apa pelaku repot2 menelpon Anda?

    Kadang heran masih banyak saja yg percaya bahwa uang bisa didapatkan dengan gratis.

    23
    1
    • 6 Mei 2022 - (16:45 WIB)
      Permalink

      Bener banget. Saya juga pernah dihubungi persis seperti ini, dibilang menang cashback 2jt. Respon saya simple, ga perlu minta2 data/verifikasi, jika memang benar, lsg aja trf ke shopeepay saya. Kalo mesti minta data, ga usah mas, sumbangkan aja buat amal. Kesel kali orgnya ya, lsg diputus call nya 😂

      20
    • 8 Mei 2022 - (01:41 WIB)
      Permalink

      Saya pake akulaku, sering dapat barang maupun voucher gratisan.

      Bahkan saya masih sering gunakan akulaku, terakhir ada flash sale Infinix zero 5G dengan bunga 0% lalu saya klik beli, cicil 12x dan itu beneran tanpa DP dan tidak kena bunga sama sekali.

      Hanya saja saya ngga pernah tuh di telpon sama pihak MP soal hadiah atau apapun, terakhir ada pihak Telkomsel (saya pake kartu Hallo) telpon saya di Whatsapp mengatakan kalo saya pemenang hadiah undian poin Telkomsel, saya cuma jawab; maaf Pak saya sedang sibuk, saya pekerja lapangan jadi ngga bisa ngobrol saat ini.

      Langsung ditutup telpon nya, karena saya tau mereka ini penipu sebab kode nomornya sama seperti TS ini +1 😅

      Males ladenin penipu, mending kerja

  • 6 Mei 2022 - (14:10 WIB)
    Permalink

    Menurut saya ini murni kesalahan mbak, paling shopee jawab seadanya klopun ga dibayar mbak yg jelek bi checkingnya.

    • 8 Mei 2022 - (01:43 WIB)
      Permalink

      Lalu menurut anda para penipu ini tau data diri korban nya dari mana? Para penipu ini bisa tau daftar barang yang kita beli serta alamat kita dan nomor telpon kita dari mana?

    • 13 Mei 2022 - (09:24 WIB)
      Permalink

      Saya malah tidak bisa tutup akun online shop tsb akhirnya demi keamanan saya tutup rekening bank saya yg pernah saya daftarkan toko online itu. Kapok

  • 6 Mei 2022 - (14:34 WIB)
    Permalink

    Dan bulan ramadhan ini juga akun saya sama seperti mba. Jumlah saldo saya yang ludess 17jt…

    4
    2
    • 6 Mei 2022 - (14:55 WIB)
      Permalink

      Ketika di iming-iming dapat hadiah kenapa ya otak mendadak menjadi konslet hilang akal sehatnya dan kecerdasan ikut down

      15
      1
  • 6 Mei 2022 - (14:54 WIB)
    Permalink

    biasanya kalo saya menerima telpon dari nomor asing, sikap waspada saya muncul bu. Dan kalo si penelepon sudah bergelagat mau menipu, langsung saya maki dia, begitu dimaki, dia tutup telponnya. Nah loh kapok.
    Bagi saya, saya mmg harus memakinya krn agar dia berpikir ulang utk melakukan kejahatannya di lain waktu

    8
    3
  • 6 Mei 2022 - (15:12 WIB)
    Permalink

    Sangat disayangkan musibah ini menimpa pemulis, namun jika di lihat dari kasusnya memang (ma’af) murni kelalaian penulis, tetapi apa yang bisa dilakukan peristiwa tak terduga ini sudah terjadi.

    Mungkin penulis bisa mencoba menghubungi kembali pihak Shopee dan meminta sedikit kebijaksanaan atas musibah yang menimpa penulis berkaitan penyalahguna’an limit S’PayLater oleh pihak yang tidak bertanggung jawab (apabila memang memungkinkan dan disetujui oleh pihak Shopee ya)

    Semoga dapat penyelesaian yang nyaman untuk keduabelah pihak. Dan lain kali lebih berhati hati lagi dengan iming iming hadian dan lain sebagainya

    10
  • 6 Mei 2022 - (17:21 WIB)
    Permalink

    Di akulaku juga banyak oknum penipunya yg mengatasnamakan akulaku…kalau bukan orang dalam gak mungkin dia tau segalanya apa yg sdh dibeli dari akulaku….

    6
    4
  • 6 Mei 2022 - (17:53 WIB)
    Permalink

    Iya itu nomor penipu +1 431 ****.

    Berdasarkan pengalaman pribadi. Kalau ujung-ujung nya minta OTP. Berarti fix dia penipu. Yang saya heran. Mereka tuh bisa tau loh, detail banget. Berarti kan ada oknum di balik itu semua. Harus dibenahi lagi sih.

    Btw, itu dia pesen apaan? Siapa tau ninggalin jejak… Alamat or something

      • 7 Mei 2022 - (20:22 WIB)
        Permalink

        Pengalaman saya kemarin 1 hari sebelum hari raya, tepatnya tanggal 01 Mei 2022 juga ditelp oleh pihak yang mengatasnamakan shopee & beliau bilang untuk membuka akun shopee saya karena saya mendapat reward berupa spaylater 1.000.000 & yg1.000.000 akan ditransfer, tetapi Alhamdulillah saya masih terselamatkan karena mendengar suara adzan yang berarti sebagai umat Islam waktunya berbuka puasa & ketika saya bilang telp nanti saja karena sebagai umat Islam waktunya buka puasa tetapi si penelepon malah marah & menyudahi telponnya.

        2
        1
  • 6 Mei 2022 - (18:23 WIB)
    Permalink

    Aduh.. ngeri amat..
    Dulu saya jg pernah di iming²i hadiah jutaan yg katanya dr shoope (Via WA), Saya SS kemudian saya tanya langsung ke shopee via LiveChat, dan mereka bilang itu Bukan Shopee (Penipuan), dan jangan pernah Klik Link apapun yg diberikan oleh si penipu.

    Dan setau saya setiap penggunaan Pylatter menggunakan Pin/Sidik jari. Kode OTP jg di kirim ke hp, kl ga kekirim berarti penipu itu udh ganti nomor tlp anda di shopee?
    Harusnya kan kalau ada perubahan Data pasti ada notif via Email/sms. Jd semua pst ada history nya.
    Tp kok ini langsung ngelost ya? Kebobol langsung? Atau memang si penulis yg kurang teliti kah? 🤔 hmm.. Smoga permasalahan ini lekas menemukan titik terang dan terselesaikan dng baik.

  • 6 Mei 2022 - (18:27 WIB)
    Permalink

    Modus lama kalau emang ada voucher pemberitahuan nya langsung dari aplikasi voucher pun mungkin cuma gratis ongkir minimal belanja nol rupiah dan cassbeck sekian % setelah belanja sekian JT gak mungkin lewat wa dll

  • 6 Mei 2022 - (18:37 WIB)
    Permalink

    Kak untuk pemesanan pulsa perdana Indosat dan XL seharga 7jt tersebut apakah dibeli di 1 toko yang sama? Kalau iya coba kakak lacak tokonya dari riwayat pemesanan, apakah ratingnya bagus? dan apakah tokonya baru-baru aja dibuat atau sudah lama? Dan untuk pesanan kartu perdana Indosatnya apakah alamat pengirimnya ke rumah kakak atau ke rumah orang lain?
    Bukan maksud apa-apa, tapi mungkin saja toko tersebut ada hubungannya dengan pelaku. Bisa saja pelaku yg membuat toko tersebut supaya bisa mencairkan saldo paylater kakak jadi uang.
    Kalau memang toko tersebut mencurigakan, kakak bisa minta surat ke kepolisian untuk dikasih ke Shopee supaya Shopee mau memberikan biodata dari pemilik toko tersebut dan kemudian bisa diproses di kepolisian.
    Semoga membantu kak dan semoga cepat selesai masalahnya.

    16
    • 6 Mei 2022 - (18:46 WIB)
      Permalink

      Setuju dan sepikikiran malahan sedikit yakin klo toko tersebut milik si penipu. Kenapa?
      Klo dia nipu trus beli kartu perdana, lamaaaa banget itu kartu buat jadi duit. Jadi 99% itu toko pasti punya penipu. Kedua alamat kirim juga bisa dilacak karena itu juga hampir bisa dipastikan alamat komplotan nya. Sayangnya expedisi tidak pernah meminta verifikasi identitas ketika kita mau kirim barang.

    • 6 Mei 2022 - (21:30 WIB)
      Permalink

      Saya juga setuju. Komen yang baik yang seperti ini, kasih saran dan bukan sekedar menyalahkan dan menjatuhkan penulis.

    • 7 Mei 2022 - (14:00 WIB)
      Permalink

      SAYA HERAN DENGAN MASYARAKAT INDONESIA..TERUTAMA IBU GAMPANG BANGET SI IMINGIN-IMINGIN HADIAH.TERUS ISI DATA NUNJUKIN DATA..TPI SETAU SAYA PELAKU KLO GA ADA KODE OTP PELAKU TIDAK AKAN BISA MASUK KECUALI PELAKU ORANG DALEM.UNTUK SEMUA SARAN SAYA .MENDING MATIKAN AKUN SHOPELAYTER KARNA PELAKU KEJAHATAN TIDAK MENGENAL KATA KASIAN.DAN ITU SALAH SATU RIBA JUGA..BELI BARANG PAKE UTANG TPI KLO TELAT DI DENDA

    • 8 Mei 2022 - (01:51 WIB)
      Permalink

      Harusnya bisa dilacak asalkan regulasi serta hukum di negara kita ini di jalankan dengan benar, masalahnya kita hidup di Indonesiah……. Dimana semua warganya sudah pakai E-KTP namun ketika ingin urus BPJS atau yang lainnya masih juga di minta fotocopy KTP nya 🤣🤣🤣🤣🤣

      Negaraku ruaaaar biasa, satu masalah belum selesai dan belum ditemukan solusi sudah mau minta warga nya pakai E-MONEY 😅

      Saya ngga benci sama pemerintah Indonesiah cuma lucu aja, kenapa bangsa kita nih latah nya luar biasa?!?

  • 6 Mei 2022 - (18:39 WIB)
    Permalink

    Turut prihatin ya mba. Semoga jadi pembelajaran untuk kedepannya dari pengalaman sendiri dan pengalaman orang lain. Jangan mudah tergiur oleh iming² yang belum jelas biasakan verifikasi ke akun resmi yang memberikan iming² tersebut. Kenali bahasa dan cara² penipu dalam meminta data kita.
    Baru dua hari kebelakang saya juga dapat WA yang mengatakan saya dapat voucher cashback 2 juta dari bukalapak, tapi katanya voucher nya harus diaktifkan dan akan dikirim otp dari bukalapaknya langsung, ketika saya jawab bahwa nomor HP yg ada di bukalapak sudah tidak aktif l, kemudian dia menawarkan kirim lewat transfer tapi rekening harus sudah mbanking, saya bilang nomor HPnya sama yg dibukalapak sudah ga aktif, dia malah nanya akun lain biasa belanja dimana saya bilang di Shopee dia bilang ya udah kirim lewat Shopeepay. Disini saya senyum aza sambil meladenin penipu tersebut, ada beberapa hal yg tidak masuk diakal.
    1. Voucher cashback akan langsung ada di bagian voucher baik di BL maupun di Shopee, dan hanya bisa digunakan ketika ketika kita belanja. Jadi dari sini juga sudah ketauan boongnya.
    2. Minta transfer tapi harus punya mbanking padahal kan transfer ya transfer aza kalo emang beneran, lagian saya dapetnya voucher cashback masa jadi transfer.
    3. Ini lebih absurd lagi dia bilang dari buka lapak tapi katanya bisa kirim hadiahnya pake Shopeepay kan ngakak jadinya.

  • 6 Mei 2022 - (18:52 WIB)
    Permalink

    Sama seperti istri saya waktu dibobol akun Toped waktu masih kerjasama dgn ovo. Ditelp oleh org yg mengaku dari ovo dan menawarkan aktivasi ovo pay later. Sebenarnya kami sudah tau itu penipuan dan kebetulan saat itu saya sedang duduk disebelah istri jadi saya tau kronologinya dgn pasti. Kami sempat memberinya pelajaran dgn memperlama percakapan telp tsb agar biayanya jadi mahal. Oknum tsb mengatakan akan mengirimkan kode OTP utk aktivasi dan saya persilahkan. Lalu masuklah OTP tsb tetapi saya bohong dgn bilang tdk ada sms apapun. Dan setelah itu malah masuk notifikasi bahwa ada penggunaan ovopoint di toped istri utk membeli pulsa sampai 1.3jt yg tdk kami lakukan.
    Sampai saat ini saya masih bingung bagaimana itu bisa terjadi.
    Jadi bagi pembaca yg bilang “pasti penulis yg tertipu dgn mudahnya memberikan OTP” harus mengalaminya sendiri agar bisa percaya bahwa kasus pembobolan itu semakin mudahnya dgn data2 kita yg kita percayakan ke pihak ketiga (krtu kredit, marketplace, dll) disalahgunakan oleh tim internal mereka sendiri

  • 6 Mei 2022 - (21:06 WIB)
    Permalink

    Shopee jg spaylaternya jg besar besar dan tidak bisa di nonaktifkan atau di turunkan limitnya.. ini lah yg menjadi sasaran empuk para penipu.. mereka akan sekeras mungkin dengan cara apapun untuk bisa menguras spaylater atau spinjam milik pengguna Shopee.. letak sumbernya di situ ..

  • 6 Mei 2022 - (21:29 WIB)
    Permalink

    Pertanyaannya bagaimana penipu masuk ke akun korban, sedangkan akun shopee yg memiliki spaylater ketika login ke perangkat baru wajib masukin password/otp ditambah verifikasi wajah, kalau masih bisa dibobol juga berarti sistem keamanan shopee yg lemah atau ada celah.

    5
    2
      • 7 Mei 2022 - (14:21 WIB)
        Permalink

        Versi desktop harus verifikasi lewat link yg dikirim shopee, jadi harus di klik link yg dikirim shopee lewat email atau sms kalau gak di klik gak akan bisa log in. Dan transaksi spaylater pun harus pakai pin.

          • 8 Mei 2022 - (01:32 WIB)
            Permalink

            Saya ngomong berdasarkan pengalaman saya, saya punya akun shopee beserta spaylater yg sdh terverifikasi ktp dan jangan samakan ketika anda login dengan ketika saya log in paham.

  • 6 Mei 2022 - (21:35 WIB)
    Permalink

    Qqkqkwk say sering di wa pp gambar shppe selamat anda mendapat hadiah 2 juta dari shopee hadiah nya mau langsung di masuk kan ke akun shopee atau mau dpakai belnja bu.. saya jawab makash klu mmng dpt langsunh aja kirim ke shope.. kalau tidak ya sudah trimaksh langsunh blokir haha

    • 8 Mei 2022 - (00:58 WIB)
      Permalink

      Dan informasi tersebut kemungkinan besar diberi oleh korban, link nya d klik, pinnya diberi

      1
      1
  • 6 Mei 2022 - (22:11 WIB)
    Permalink

    Lebih baik datang langsung ke kantor/cabang shoopee terdekat.. konfirmasi dan klarifikasi.. jangan lupa juga untuk melaporkan ke pihak kepolisian.
    Btw itu ada belanja barang coba di cek alamat pengirimannya.. apakah k 1 tempat atw beda2 alamat?

    • 8 Mei 2022 - (01:56 WIB)
      Permalink

      Boleh di coba seh tapi kalo menurut saya si penipu mah juga udah prepare, itu pasti toko fiktif mereka sendiri atau toko fiktif gerombolan mereka juga dan mereka kuras isi Spaylater dengan cara gestun, ngga mungkinlah belanja barang sebanyak itu, besar resikonya untuk di lacak.

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 107 komentar sampai saat ini..

Akun Shopee Dibobol Penipu, Ada Transaksi SPayLater Sebesar 8 Juta Rup…

oleh E3-15_Erni dibaca dalam: 1 menit
107