Akun Shopee Dibobol Penipu, Ada Transaksi SPayLater Sebesar 8 Juta Rupiah yang Tidak Saya Ketahui

Saya Erni, salah satu konsumen pengguna aplikasi Shopee. Saya mau melaporkan dan menginformasikan, bahwa pada tanggal 21 April 2022, saya ditelepon oleh pihak yang mengaku sebagai “Shopee” atas nama Rangga dari Jakarta Pusat. Dia menyampaikan, bahwa dalam event Ramadhan saya adalah salah satu customer yang terpilih dan mendapatkan voucher sebesar Rp2 juta, serta selama 3 bulan tagihan Shopee SPayLater akan dibebaskan dari biaya.

Saya percaya, karena pihak penipu mengetahui dengan persis data dan akun Shopee saya. Bahkan dia mengetahui pemesanan barang terakhir saya. Selain itu sedang maraknya promo-promo dari Shopee sendiri di Ramadhan ini.

Selanjutnya pihak tersebut membobol akun saya, padahal saya tidak memberikan kode OTP apa pun. Kemudian akun saya tidak bisa dibuka apalagi melakukan transaksi apa pun. Di sini saya juga mengalami data-data di smartphone saya juga tidak bisa dibuka.

Keesokan hari di 22 April 2022, saya menghubungi CS Shopee untuk menangguhkan akun saya. Namun seminggu kemudian mencoba mengaktifkan kembali, ternyata ada limit pembayaran sebesar Rp8.629.499, yang saya tidak mengetahui transaksi tersebut.

Sampai sekarang, saya belum tahu kejelasan dari pihak Shopee bagaimana.

Erni Rodika
Kab. Tulang Bawang, Lampung

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai pengalaman ini:
[Total:200    Rata-Rata: 2.6/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

111 komentar untuk “Akun Shopee Dibobol Penipu, Ada Transaksi SPayLater Sebesar 8 Juta Rupiah yang Tidak Saya Ketahui

  • 6 Mei 2022 - (22:20 WIB)
    Permalink

    Gak, bukan penipu itu. Orang2 terdekat lu sendiri pasti pelakunya kalo lu bener2 bukan pelakunya terus pura2 gak tau.
    Coba lu inget2 lagi, ada gak temen atau siapa yg minjem hp lu, minjem ktp lu, proses begituan cuma cukup beberapa menit doang. Ati2, barang2 pribadi jangan sampe dikasih ke orang.

    • 11 Mei 2022 - (15:35 WIB)
      Permalink

      Baru kemaren mau lebaran ditelpon pihak yg mengatasnamakan shopee, katanya saya menang voucher 2 jt, saya ditanya2 atm, nomer rekening,..lah emangnya saya gampang ditipu , setau saya kalau shopee bner2 ngasih voucher pasti langsung masuk ke akun shopee kita, lagian kalaupun bener shoopee kan biasanha nggak ada nomer telponnya, adanya cuma lambanh shopee ada ctgnya

  • 6 Mei 2022 - (23:41 WIB)
    Permalink

    Ketika anda menanyakan knpa nama yg nelpon sama nama di kartu identitas beda, seharusnya dstu anda lgsg curiga dan memutuskan komunikasi dgn memblokir nmr tsbt. Tp knpa anda teruskan? Msh tergiur dgn iming2 hadiahnya?

  • 7 Mei 2022 - (00:08 WIB)
    Permalink

    DUHH KALIAN SADAR GAK SIH NOMOR TELPON PELAKU MASUK RESULTS HONGKONG 06 MEI 2022 “3705” PASANGAN KU “3805”

    • 7 Mei 2022 - (05:52 WIB)
      Permalink

      Saya juga pernah di telepon sm penipu yxng mengatas namakan dari shope dan menawarkan hadiah 2 jt saya tolak dan akhir nya tlp di tutup nya pengalaman saya penipu tau no tlp dan identitas saya dari kelalaian saya waktu barang itu sampai saya langsung memberikan ulasan foto yang masih ada alamat dan no tlp saya mohon berhati2.

  • 7 Mei 2022 - (02:21 WIB)
    Permalink

    Kalau dari cerita penulis, ini bisa saya simpulkan handphone penulis sudah terkena full hack dari si penipu. Kemungkinan yang paling besar itu dari click link yg diberikan oleh nomor HP yg tidak jelas. Begitu di click, maka semua data yang ada di HP sudah terambil oleh si penipu, termasuk semua contact dan data2 aplikasi.
    Lebih baik, segera ganti no HP, reset HP ke setelan pabrik, wa yang menggunakan no lama di hapus, ganti semua password apapun itu (password gmail, bank,dll) dan yang terakhir untuk kasus penipuannya sendiri bisa dilaporkan ke pihak yang berwajib.

  • 7 Mei 2022 - (04:48 WIB)
    Permalink

    Saya pernah ditipu sama oknum yg mengatasnamakan akulaku dan lazada paylater saya di hack.akun sdh ditutup permanen oleh pihak lazada namun pihak akulaku tidak mau tau dan meminta saya untuk tetap membayar tagihan tsb.
    Inilah bahayany akun yg ada paylater nya jika hp hilang atau dibobol resiko kita yg tanggung

  • 7 Mei 2022 - (06:39 WIB)
    Permalink

    Kalo menurut sy hp anda yg mudah diretas karena anda pernah melakukan root untuk menghapus aplikasi bawaan. Setau sy hp yg sudah diroot mudah diretas.. Dan juga pihak shopee biasanya tidak pernah menghubungi customernya melalui wa. Semoga kedepan anda bisa lebih berhati-hati lagi.

  • 7 Mei 2022 - (07:11 WIB)
    Permalink

    Saya kurang paham, ini penipuan atau pembobolan? Juga kalo upload bukti chat HARUSNYA dari awal sampe akhir, bukannya sepotong. Kalo hanya sepotong, kita juga gak bisa tahu mana yang penipuan atau pembobolan. Kalo memang dibobol apalagi tanpa perlu OTP, kayaknya Shopee perlu berbenah. Tapi kalo ini kena tipu, ya mohon maaf supaya jangan mudah tergiur promo 🙏

  • 7 Mei 2022 - (11:46 WIB)
    Permalink

    Rajin Rajinlah bersedekah ya mba karena sungguh bersedekah itu menghindarkan kita dari mara bahaya…

  • 7 Mei 2022 - (20:03 WIB)
    Permalink

    Semoga bisa dijadikan pelajaran buat para pembaca! Saran saya bagi pemilik akun shopee, silahkan lakukan aktivasi biometrik sidik jari dan pengenalan wajah untuk shopeepaylater, untuk meminimalisir terjadinya penipuan semacam ini. Dan jangan sekali-kali kalian aktifkan S-PINJAM.

  • 7 Mei 2022 - (20:52 WIB)
    Permalink

    Nama akun nya aja udah beda mba Shoope, asli nya kan shopee. Jadikan sebuah pelajaran aja mba..🙏 mudah2an diganti lebih sama Allah.. 🙏

  • 8 Mei 2022 - (05:25 WIB)
    Permalink

    Cerita sedikit
    Saya jga dlu pernah ditelp sma shopee…
    Tp bener2 dri pihak shopee… no telpnya depannya 14*** (saya lupa nomernya intinya depannya 14 tanpa ada 021)
    Mereka hanya survey ttg shopee tan, fitur2 shopee tanam, dan tanya2 kira2 supaya bagus ada saran ga ditambahin apa fitur2nya

    Cma semacam itu
    Saya di telp smpai 30 menit
    Dan 1 bulan kemudian saya dpet voucher belanja 100 rb 😁

    Pihak shopee ga akan minta OTP atau nyuruh kita klik link tertentu

  • 8 Mei 2022 - (08:37 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah kaya gituh namun saya gak pernah menanggapi malah saya pernah juga membuat pesanan di aplikasi shoppi saya pesan hp yg datang sabun colek trus saya laporin ke pihak shoppi dan alhamdulilah dana saya kembali lagi seutuh nya sampai sekarang saya masih menggunakan aplikasi shoppi.

  • 8 Mei 2022 - (09:47 WIB)
    Permalink

    Saya hanya menyampaikan ide dan pemikiran tanpa menuduh siap2…

    Diketahui
    Penipu tau nomor telfon, data alamat, nama pemilik dan riwayat transaksi terakhir

    Ditanyakan
    Darimana penipu tau semua itu

    Jawaban
    Menurut saya yang patut diduga penipunya adalah seller terakhir yang agan transaksi dengannya… Karena dengan itu dia tau semua data korban dan status transaksi terakhir…

    Disini saya tidak menuduh siapa2 karena saya tidak tahu seller mana pun yang melakukan transaksi terakhir… Silahkan korban bisa melapor ke kepolisian dengan menyampaikan juga pemikirannya… Kalo menurut saya sih seperti itu… Setidaknya sudah mengerucut ke salah seorang

  • 8 Mei 2022 - (16:44 WIB)
    Permalink

    Akibat tergiur iming2 hadiah, ckckck lama2 kalo dikumpulin kasusnya bisa dibikinin sinetron ini wkwkwkk…

  • 9 Mei 2022 - (12:34 WIB)
    Permalink

    udah 2022 msh ada aja yg kena tipu wkwkkw..
    jgn cuma handphonenya doang yg smart atuh..
    di shopee / aplikasi manapun kan bisa chatting dgn cs, atau telpon resmi cs, misal bca 1500888, dan lain sebagainya, masa iya percaya sm nomor yg ga jelas? please deh ah

    note: abis ini ada yg balas komen, ga punya empati lah, ga punya tata krama lah dan lain sebagainya

  • 11 Mei 2022 - (10:08 WIB)
    Permalink

    Kok namanya sama dengan penipu yang mengatas namakan Bank BRI dan klo telpon kelompoknya mereka mengatas namakan asuransi BRI, ada yg BSI. Dia sampai tau nomor rekening saya

  • 12 Mei 2022 - (12:24 WIB)
    Permalink

    Lihat riwayat transaksi, kalau belanja online di cek alamat penerima, kalau offline kan jelas ada nama merchant atau penjual, lapor polisi, pesan dari saya jangan mudah tergoda hadiah apalagi sampe memberi data pribadi seperti KTP, tgl lahir, nama ibu, apalagi kode OTP

  • 13 Mei 2022 - (05:02 WIB)
    Permalink

    Bantu jelasin & bantu info sedikit.
    Sistem keamanan shopee itu gk pake “encrypted data” jd gampang di bobol meskipun tanpa OTP ( lewat barcode cz langsung terhubung di baca sistem )

    Terus gmn cr penipu bs bobol nya ???
    Saat barcode anda kasih, sistem shopee langsung membaca seluruh detail data yg di save pada sistem shopee saat anda melakukan pendaftaran / registrasi awal ( dlm 1 folder tanpa kode ) ibarat anda akses folder di laptop yg di sembunyikan tp tidak di “gembok” , so di mesin pencarian tetap terbaca “isi” folder tersebut.
    Bisa di katakan anda kena skimming disini.

    Beda dgn Toko Ijo, dia pake dual verif untuk akses tiap folder per-data penjual / pembeli yg terdaftar pada MP tersebut.

    Kok saya bs tau ???
    Jawab : “Pengalaman jd White Hat buat sistem keamanan” 🙂

  • 16 Mei 2022 - (10:11 WIB)
    Permalink

    Salah pengguna y,. Bagaimanapun itu salah pengguna, sebagai pengguna anda croscek dl no tlpn yg menghubungi anda bkn lgsg percaya bgitu ja, berarti anda org yg gampang dipengaruhi jls itu salah anda. Sedangkan pihak shopee sendiri sepengalaman sy tdk pernah minta otp atau pin. By sistem sdh baik kok kl shope

  • 23 Mei 2022 - (16:27 WIB)
    Permalink

    Saya juga sama kak tgl 18 mei 22 kemaren saya kena tipu katanya saya mendapat 2jt cashback saya suruh download aplikasi akulaku, easycash, jago, kredivo, kredit pintar dan sudah memberikan foto ktp juga saya juga suruh ngisi shopepay 300rb katanya cairnya barengan sama yang 2jt setelah itu saya di kasi barkord suruh Sechan dan mengaktifkan Spaylater juga saya dapat limit 900rb habis itu saya di kasi barkord lagi dan suruh scan lagi alhasil saya ketipu dan saya segera lapor CS” akun yang saya suruh download tadi suruh pemblokiran akun permanen cuma shope aja yang di tangguhkan semua sudah terblokir….jadi tolong bagi pengalamannya itu gimana tanggungan yang 3 bulan di bayar atau di biarkan saja🙏 saya juga mau persiapa 7 bulanan juga setelah itu persiapan persalinan tolong bantuannya

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 111 komentar sampai saat ini..

Akun Shopee Dibobol Penipu, Ada Transaksi SPayLater Sebesar 8 Juta Rup…

oleh E3-15_Erni dibaca dalam: 1 menit
111