Kebohongan Official Shop “Dua Hari Jakarta” di Tokopedia

Saya ada pembelian produk Mi Band 6 sebanyak 2 pcs, pada tanggal 28 April 2022, dari official shop “Dua Hari Jakarta” di Tokopedia dengan menggunakan promo Bank Mandiri. Pengiriman menggunakan ekspedisi kurir Anteraja.

Info pelacakan sistem, tanggal 28, 29 paket belum siap di-pick up, tanggal 30 April toko tutup, tanggal 1 Mei toko meminta membatalkan pick up. Tanggal 4 toko buka kembali.

Mulai dari tanggal 3 sampai 8 Mei 2022, setiap harinya saya reminder untuk pengiriman. Toko terus berdalih bahwa paket sudah di-pick up kurir sejak tanggal 30. Saya tunggu hingga tanggal 8 Mei 2022, barang belum saya terima, Saya minta bukti pengiriman tanda terima resi/foto kirim barang, tapi tidak diberikan.

Saya kroscek ke pihak ekspedisi Anteraja apakah benar paket sudah diterima oleh kurir, jawabannya tidak. Di sistem Anteraja, sudah di-cancel sejak tanggal 1 Mei 2022. Kemudian saya konfirmasi ke toko perihal ini. Namun toko berdalih tetap sudah dikirim. Saya mencari bukti kembali konfirmasi Anteraja Jakarta, dan pihak Anteraja Jakarta konfirmasi via telepon yang saya rekam, menyatakan bahwa tidak ada paket yang diterima.

Jadi toko mulai dari tanggal 3 berbohong setiap harinya menyatakan bahwa paket sudah dibawa kurir. Hingga kini tidak ada itikad baik pihak toko mengirimkan barang orderan saya. Padahal stok ready ada 527 stok produk. Statement chat pihak toko *semua pesanan yang masuk pasti kami proses dan kirim* itu bohong.

Saya keberatan jika transaksi gagal/dibatalkan, dikarenakan voucher potongan Bank Mandirinya hilang. Melalui surat pembaca ini, saya menyatakan bahwa official shop Dua Hari Jakarta Tokopedia tidak saya rekomendasikan. Untuk pembelian produk di semua online shop, terutama di Tokopedia, hal kecil saja tidak dapat melayani dengan baik dan benar.

Alexander Natamihardja
Salatiga, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Official Shop Dua Hari Jakarta di Tokopedia:
[Total:191    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

17 komentar untuk “Kebohongan Official Shop “Dua Hari Jakarta” di Tokopedia

  • 11 Mei 2022 - (10:49 WIB)
    Permalink

    Sekelas official store begitu ya pelayanannya. Padahal selama ini selalu memuaskan meskipun dari segi harga selalu di atas rata2. Buat tokopedia, tolong lebih selektif lagi official storenya, kalo perlu kenakan penalty yg berat bila official store mengecewakan pembeli, apalagi sampai berbohong. Reputasi official store bisa menurun akibat hal2 seperti ini

    16
    1
    • 13 Mei 2022 - (02:02 WIB)
      Permalink

      Karena belanja pake voucher diskon terus barang ngga dikirim itu alesan yang ngga tepat, soalnya penjual ngga akan tau kita pake diskon atau ngga dan dia juga tetep nerima full dana penjualan pas pembeli klik pesanan di terima, kecuali voucher diskon bikinan toko itu sendiri baru ada potongan sesuai voucher yang dibikin.

  • 11 Mei 2022 - (16:20 WIB)
    Permalink

    Ya benar tuh karena ada vocernya jadi malas dikirim. Takutnya cuma sama poin reputasi tokopedia, gak mikir reputasi meraka dimata konsumen.

    2
    2
  • 11 Mei 2022 - (17:04 WIB)
    Permalink

    Kenapa gk kirim complain dulu.. Kalau pesanan bermasalah.. Pasti dikasih jalan keluar yg kemungkinan besar uang dikembalikan.. Tanggal2 mepet libur lebaran, pas crowded nya Kirim2 paket, pasti ada aja masalah kek gini..

    5
    3
  • 11 Mei 2022 - (17:38 WIB)
    Permalink

    Official store itu gak sama dg toko biasa. Mereka kebanyakan tdk memproses barang/pesanan pada hari sabtu, minggu dan libur nasional. Beda dg toko biasa gak knal hari libur ttp proses pesanan. Akan ttp mereka sdh mencantumkan nomor resi kirim walaupun itu belum valid. Tanda untuk meyakinkan pembeli bahwa brng sudah siap di pickbup kurir. Pada hal selama hari libur itu toko tutup.

    4
    1
  • 11 Mei 2022 - (19:04 WIB)
    Permalink

    Mungkin jadi pembelajaran si pembeli karena sekelas official store sabtu-minggu bahkan hari libur nasional seperti lebaran itu tidak ada pengiriman, saya sebagai seller juga begitu. Hanya menerima pemesanan dan tidak ada pengiriman, tetap di infokan ke pembeli dengan alasan di tokopedia pengirimanya hanya sampai jumat, alhamdulillah sih pembelinya mengerti

  • 11 Mei 2022 - (20:53 WIB)
    Permalink

    Dan ini baru kejadian, saya membeli produk di “official store” proses sih cepat giliran kirim lama, ini sudah 3 hari status masih diproses, kalah sama yang bukan status “official”

    kesimpulan: Status “official” hanya status tidak menjamin, harga lebih mahal karena kena persenan marketplace yang lebih tinggi, pengiriman pun lelet. cuma menang status doang, produk kan sama dari pabrik merk tersebut biarpun yang jual bukan official sama aja produknya.

    ini sudah kesekian kali mengetes belanja di status “official” hasilnya tertera diatas.

  • 11 Mei 2022 - (21:09 WIB)
    Permalink

    Official store saat ini menjadi aneh menurutku. Dulu official store itu ditujukan untuk produsen, misal samsung official, xiaomi official, canon official dll. Tp saat ini tiap toko bisa mengajukan menjadi official store. Misal saya punya toko “Sempak”, karena penjualan saya sangat tingi, luar biasa, bisa mengajukan menjadi official store, nah nanti tokonya menjadi ” Sempak Official”.

    Nah di kasus ini dua hari jakarta itu ya cuma toko biasa, cuma reputasinya sudah tinggi, 3 berlian, bisa diajukan menjadi official store.

    • 11 Mei 2022 - (23:36 WIB)
      Permalink

      Bener. Harusnya distributor resmi/pemegang merk yg bisa bikin Official store. Kalau seller lain maksimal Power Merchant.

  • 12 Mei 2022 - (03:11 WIB)
    Permalink

    Wah sama kmrin tgl 9 jam 6 sore beli hp di toped jg
    Katanya stok ready baru datang banyak,begitu selesai bayar lsg di proses,besoknya tgl 10 jam 5 sore belum jg keluar resi tpi bilangnya tinggal nunggu update, org request pu saja belum kok nunggu update hhh, saya ajukan pembatalan di tolak tpi barang nggak dikirim, ngeselin memang klo pas nemu seller abal2,akhirnya saya komplen ke tokopedia care tgl 11 jam 6 sore baru dibatalkan oleh seller krn di tlp pihak tokopedia,oiya pas siang nya saya lihat orderan varian hp yg saya order sudah di hapus sama seller yg katanya ready banyak jdi kosong kan aneh 🤣
    Nama tokonya di toped Bang Beno, yg mau jahilin silahkan sellernya asli ngeselin banget,klo gx ada barang tinggal bilang apa adanya tpi malah banyak gaya, belagu banget 🤣 di diskusi katanya barang nya di cek dulu disuruh sabar sok imut bhs nya ketika didiskusi,klo dalam chat ampun dah bhs nya, penjual apaan ngecek barang 2 hari lebih

  • 12 Mei 2022 - (10:41 WIB)
    Permalink

    Power Merchant Pro tetap ok ya.!

    Toko perusahaan lambat dan toko perorangan cepat.

  • 12 Mei 2022 - (12:08 WIB)
    Permalink

    saya pernah diposisi ini, bedanya waktu itu saya penjual. paket benar” sudah dipick up kurir namun ternyata tidak di scan. sorenya dihari yg sama kurir lain datang untuk ambil paket. saya bilang sudah diambil tadi oleh kurir lain. ekspedisi ini memang kurir pick upnya ganti” orangnya, kita tidak bisa request pick up ke kurir langganan karena siapa kurirnya ditentukan oleh sistem. paket dicuri oleh orang yg mempick up. entah ia benar” kurir atau bukan yg bikin saya heran kenapa dia tau ada paket pick up dan nama ekspedisinya pun sama, krn toko saya bukan toko yg laris jadi belum tentu tiap hari ada pick up dan nama ekspedisipun ada banyak namun dia bisa tau di hari yg sama dan nama ekspedisinya. yg jelas sekarang saya lebih suka kirim ke kantor langsung saja. meskipun ekspedisi anteraja tidak ada pilihan kirim ke agent dan harus pick up namun tetap saya antar ke agen. trauma saya

  • 14 Mei 2022 - (00:17 WIB)
    Permalink

    Sangat mungkin seller gak salah, malah kurirnya yang nakal.

    Saya pernah kejadian, request pickup tapi gak diambil sampai malam. Pas tengah malam status kurir menjadi barang belum siap dipacking oleh toko, padahal gak ada kurir yang mampir. Sampai besoknya di update lagi status yang sama, mau tidak mau saya komplain ke CS toped bahwa kurir tidak datang namun sembarangan update status, entah malas atau apa.

    Logikanya apa untungnya seller berbohong, memang bisa dapat uangnya customer? Lagipula kalau bukan voucher toko, seller tetap menerima full, jadi yang menuduh seller malas kirim barang diskon asal jeplak.

 Apa Komentar Anda mengenai Official Shop Dua Hari Jakarta di Tokopedia?

Ada 17 komentar sampai saat ini..

Kebohongan Official Shop “Dua Hari Jakarta” di Tokopedia

oleh Alex dibaca dalam: 1 menit
17