Tagihan BRI Ceria Sudah Lunas, Tetapi Tetap Muncul Tunggakan Setiap Bulan Sampai Tagihan Membengkak

Dear BRI Ceria,

Saya memohon sekali, untuk laporan saya dengan nomor pengaduan: 37962864, ditindaklanjuti. Laporan tersebut sudah dibuat sejak November 2021 tahun lalu. Artinya selama ini tidak pernah ada progress dari pihak BRI maupun dari pihak BRI Ceria.

Berawal ketika saya membeli mesin cuci di Tokopedia pada tanggal 17 Mei 2021 dengan payment menggunakan BRI Ceria. Namun ternyata transaksi saya di-cancel oleh seller Tokopedia, karena barang kosong. Limit BRI Ceria saya pun kembali.

Kemudian saya cari lagi seller lain di Tokopedia dan beli lagi mesin cuci, masih menggunakan payment dengan BRI Ceria pada tanggal 21 Mei 2021. Transaksi berhasil, sampai dengan barang datang.

Untuk tagihan bulan Juni 2021 sesuai dengan jumlah tagihan, yaitu sebesar Rp546.921. Namun saya kaget, untuk tagihan bulan Juli 2021 jumlah tagihan menjadi Rp943.501. Dimana tagihan tersebut gabungan antara tagihan saya Rp546.921 + tagihan dengan nominal Rp396.580 (tagihan yang sudah di-refund atau sudah tidak berlaku).

Masalah tersebut sudah saya laporkan ke BRI Ceria. Namun sampai bulan Agustus 2021 belum juga ada tindaklanjut mengenai masalah ini. Saya malah dihubungi terus oleh debt collector Bank BRI Ceria untuk membayar tagihan tersebut. Akhirnya saya pun membayar tagihan sebesar Rp943.501 setiap bulannya selama 2 bulan ,yaitu antara periode Juli 2021 sampai dengan Agustus 2021.

Singkat cerita, pengaduan di atas sudah saya publikasi melalui situs mediakonsumen.com pada bulan September 2021 dan alhamdulillah banyak mendapat respons dari banyak orang dan juga direspons oleh pihak BRI Ceria. Tidak lama setelah pengaduan itu di buat melalui mediakonsumen.com, laporan saya ditindaklanjuti dan dana saya kembali sebesar Rp600.000 ke rekening BRI saya.


Namun masalah yang sama terjadi kembali, yaitu tagihan bulan November 2021 sampai dengan tagihan bulan Desember 2021, tidak sesuai jumlah tagihan yang ada. Yaitu sebesar Rp943.501, yang seharusnya hanya sebesar Rp546.921, kenapa masalah ini terulang kembali pihak BRI Ceria?

Untuk masalah ini saya sudah follow up setiap hari dengan menghubungi Bank BRI via telepon CS maupun via aplikasi Telegram. Namun jawabannya selalu sama “Laporan masih diproses, mohon menunggu, laporan ibu sudah diprioritaskan”.

Saya sebagai konsumen merasa sangat dirugikan sekali terkait masalah ini. Saya juga bingung harus melaporkan ke mana lagi agar masalah saya ini cepat selesai dan diproses.

Tolong pihak BRI Ceria segera menyelesaikan masalah ini dengan mengembalikan biaya kerugian saya, menghilangkan transaksi yang sebelumnya sudah dibatalkan (nomor 077001000237449) dan saya sudah tidak ada lagi cicilan di Bank BRI Ceria.

Terima kasih.

Risa Sahfita
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai BRI Ceria:
[Total:23    Rata-Rata: 1.6/5]
Tanggapan PT Bank Rakyat Indonesia atas Surat Ibu Risa Sahfita

Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Sebelumnya kami sampaikan terima kasih atas kesediaan Ibu Risa Sahfita menjadi nasabah...
Baca Selengkapnya

11 komentar untuk “Tagihan BRI Ceria Sudah Lunas, Tetapi Tetap Muncul Tunggakan Setiap Bulan Sampai Tagihan Membengkak

  • 20 Mei 2022 - (08:38 WIB)
    Permalink

    Itu orang yg kasih makan anak bininya
    Dari hasil tipu tipu riba
    Dan para mafia minyak goreng
    Buzer piaraan yg ketangkap kejaksaan
    Kelak matinya langsung di lempar
    Ke Neraka lapis paling bawah min

    3
    1
    • 21 Mei 2022 - (11:59 WIB)
      Permalink

      BRI ceria kenapa jadi ga jelas gini ya,saya juga sudah ke autodebet dari bulan maret ,tapi tidak masuk ke pembayaran cicilan saya , malahan makin tambah aja tagihan nya ,sudah datang langsung ke BRI ,pihak bri tidak bisa memberikan solusi,karna laporan cmn bisa melalui CS online, laporan lewat email pun sudah ,suruh tunggu 20 hari kerja ,ini sudah lebih dr 20 hari kerja ,tapi blm ada jawaban juga dr bri ceria ,,,dan masih tetap harus menunggu ,sampai tagihan bertambah terus.

      • 4 Juni 2022 - (19:34 WIB)
        Permalink

        Sama saya juga, tagihan sudah selesau untuk bulan mei muncul tagihan bulan berikutnya sampai minus jadinya rekening saya. Kenapa jadi gk jelas gini

  • 20 Mei 2022 - (15:01 WIB)
    Permalink

    Ceria memang lebih murah bunga daripada paylater lainnya tapi sistem pembayaran yang auto debet yang terkadang jadwal tidak teratur menyebabkan gagal bayar saldo direkening sudah tidak ada, contoh istri 2 bulan lalu didebet tanggal 20, nah 1 bulan yang lalu ditanggal 28, seharusnya kalau bisa membayar tagihannya sama seperti paylater sistem transfer virtual akun jangan auto debet

  • 20 Mei 2022 - (16:43 WIB)
    Permalink

    Ah.. pegawainya aja itu makan gaji buta masa masalah udah lewat tahun masih ada2 ae.. harus ada pemutihan itu udah ga bener..

  • 20 Mei 2022 - (18:09 WIB)
    Permalink

    Sepertinya memang harus ada perbaikan sistem. Masak sekelas BRI kalah ama e-commerce… Jika masalah berlarut larut, emang harus DIVIRALKAN, biar penanganannya jadi prioritas!!! Padahal dari segi bunga pinjaman BRI CERIA cukup ringan, bisa jadi pilihan utama dr paylater2 pesaing. Untuk Debt colectornya apa cara menagihnya sekasar DC pinjol Bu? Semoga saja tidak.

  • 21 Mei 2022 - (03:02 WIB)
    Permalink

    😬 Enak zaman-q too🙏 enak zaman dulu waktu kridit masih manual blom online ,jadi kalo gagal yaa gagal tagihan tidak tumpang tindih😷

  • 3 Juni 2022 - (16:34 WIB)
    Permalink

    Saldo tabungan BRI saya di debit 2 kali oleh BRI ceria. Sudah telp call BRI ceria dan datang ke cabang. Sudah 9 hari hasilnya nihil. BRI melayani setulus hati 🤔

  • 4 Juni 2022 - (19:37 WIB)
    Permalink

    Bri ceria ini kenapa tagihan sudah terbayarkan untuk bulan sebelumnya, muncul pendebetan bulan berikutnya mengakibatkan saldo rekening saya minus. Saya gak akan bayar sebelum ada klarifikasi dari bri. Mending saya tutup rekening bri saya. Terima kasih

 Apa Komentar Anda mengenai BRI Ceria?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Tagihan BRI Ceria Sudah Lunas, Tetapi Tetap Muncul Tunggakan Setiap Bu…

oleh Risa Sahfita dibaca dalam: 2 menit
11