Buruknya Sistem Komplain Akulaku, Merugikan Pembeli

Dear CS Akulaku, CEO, atau siapa pun yang harus bertanggung jawab.

Saya sungguh kecewa dengan cara penanganan CS Akulaku, Mohon dibantu perhatiannya mengenai semua penanganan CS yang tidak profesional! Karena saya ada pemesanan yang diterima tidak sesuai dengan paket yang dipesan. Untuk kronologinya sebagai berikut :

  • 21 Mei 2022: Saya pesan produk headset Bluetooth Bando JBL E55BT Headphone Wireless Original.
  • 22 Mei 2022: Paket diterima, tapi tidak sesuai dengan pesanan, karena yang tiba berupa headset merk Tacco. Kemudian saya ajukan refund di aplikasi Akulaku.
  • 23 Mei 2022: Penjual menolak pembatalan refund dengan alasan bahwa karena saya sudah memberikan rating jelek. Sedangkan di aplikasi diarahkan untuk mengisi rating kalau paket yang diterima tidak sesuai.
  • 24 Mei 2022: Saya komplain via call ke CS Akulaku bahwa refund saya ditolak oleh penjual. Namun saya disuruh menunggu 2×24 jam dan menghubungi CS Akulaku lagi.

Selama periode itu saya ada kegiatan pada akhir bulan, sehingga belum sempat untuk menghubungi ke CS Akulaku. Baru pada tanggal 07 Juni 2022 saya menghubungi CS Akulaku untuk mengetahui update proses refund dananya. Namun CS menyalahkan saya yang tidak menghubungi ke Akulaku, sehingga dibuatkan laporan baru lagi dan disuruh menunggu lagi 5×24 jam.

Lagi dan lagi yang mengecewakan dari penanganan CS Akulaku ialah:

  1. Sejak awal komplain tidak ada tim resolver yang memberikan update ke pelanggan.
  2. Solving case yang bertele-tele.
  3. Tidak adanya improvement dari komplain yang existing.
  4. CS yang based on template saat berbicara dengan pelanggan, karena tidak solutif untuk update yang sudah diharapkan oleh pelanggan.

Saya sudah cukup bersabar dengan pelayanan Anda tapi tidak ada perubahan sama sekali. Kalian meremehkan komplain yang masuk dan menyebabkan kerugian disisi pelanggan. Saya tunggu itikad baik kalian untuk menghubungi ke kontak saya yang terdaftar dengan nomor pesanan: 202205210546220521488 dengan nama toko ONE STORE!

Terima kasih.

Isna Mardiana
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Akulaku terhadap Surat Saudari Isna Mardiana

Jakarta, 15 Juni 2022 Kepada Yth Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Saudari Isna...
Baca Selengkapnya

18 komentar untuk “Buruknya Sistem Komplain Akulaku, Merugikan Pembeli

    • 15 Juni 2022 - (09:41 WIB)
      Permalink

      Hi CS Akulaku,

      aku tidak aktif twitter kalo memang ingin mengetahui kendala silahkan cek histori komplain dengan nomor pemesanan yang tertera. Minimal sekali hubungi saya ke kontak yang terdaftar, jangan sampai kalian bergerak kalo di repeat complain terus.

      Terima kasih

    • 15 Juni 2022 - (09:54 WIB)
      Permalink

      Hi Kak Wisnu,

      Akupun bingung harus gimana lagi. Pelanggan sudah dirugikan oleh seller ditambah rugi lagi oleh prosedur yang berlaku di Akulaku. Bahkan disarankan oleh Akulaku untuk meminta nota pengembalian ke seller sedangkan seller info tidak pernah memberikan nota itu padahal itu salah satu dokumen yang harus dilampirkan saat retur paket ke Gedung Akulaku. Dari Seller tidak membantu hanya mencari keuntungan sendiri dan dari Akulaku tidak ada solutif sebagai MP.

    • 15 Juni 2022 - (09:51 WIB)
      Permalink

      Hi Kak Dhan,

      Untuk hal ini disebut apalagi ya yak, ternyata paketnya kosong terus dikirim paket lain sedangkan tidak ada konfirmasi apapun ke aku sehingga aku berfikir tidak mau rugi sekali dan yang dirugikan pelanggan. Selain itu, untuk paket retur tetap pelanggan yang menanggung ongkirnya. Padahal aku sudah rugi immaterial juga dan harus mengurus semua sendiri juga. Dengan case ini tidak habis fikir dengan prosedur yang berlaku di Akulaku. Cukup dijadikan pelajaran dan sudah cukup saya saja yang menjadi korbannya.

    • 15 Juni 2022 - (09:56 WIB)
      Permalink

      Hi Kak Esa,

      Apakah MP yang under OJK ternyata bukan jaminan juga ya kalau sudah banyak korban seperti ini. Apakah perlu adanya petisi pemboikotan untuk MP ini dan Apakah perlu ditindaklanjuti sampai ke somasi ??

    • 15 Juni 2022 - (14:37 WIB)
      Permalink

      Hi Kak Riszels,

      Semoga gak ada lagi yang mengalami hal yang sama ya. Cukup dijadikan ini pelajaran buat semuanya

  • 15 Juni 2022 - (11:43 WIB)
    Permalink

    Liat harga headset nya yg cuma 175rb, saya yakin itu cuma headset Tacco yg disablon merk JBL, alias JBL palsu….

    • 15 Juni 2022 - (14:37 WIB)
      Permalink

      Hi Kak Jeka,

      Akusih ga mau berharap banyak sebaiknya transaksi elektronik di MP yang memang sudah terjamin untuk after sales nya.

  • 15 Juni 2022 - (14:02 WIB)
    Permalink

    mending pesan di toped atau yg lain, jgn pesan barang di dalam app AKULAKU.
    kendalanya luarbiasa.

    • 15 Juni 2022 - (14:21 WIB)
      Permalink

      Hi Kak Eidos,

      Saran yang baik Kak, karena sudah cukup kecewa dan sangat dirugikan

  • 15 Juni 2022 - (14:25 WIB)
    Permalink

    Sebenarnya Akulaku ini apa sih, semacam marketplace seperti Toopedia, Shopee, dll itu kah? Kok banyak sekali komplainan tapi masih ada juga yang pake, apalagi ada masalah penagihan cicilan Paylater.

    • 15 Juni 2022 - (14:34 WIB)
      Permalink

      Hi Kak,

      Bisa aku bantu jawab yaa. Dari pertanyaan kakak bisa dikatakan berupa platform kredit digital , mengenai penggunaan terkadang orang belum paham karena belum pernah mengalami hal yang sama. Dengan adanya hal ini semoga bisa menjadi pembelajaran bagi semua pihak ya

  • 15 Juni 2022 - (14:35 WIB)
    Permalink

    Hi Kak,

    Bisa aku bantu jawab yaa. Dari pertanyaan kakak bisa dikatakan berupa platform kredit digital , mengenai penggunaan terkadang orang belum paham karena belum pernah mengalami hal yang sama. Dengan adanya hal ini semoga bisa menjadi pembelajaran bagi semua pihak ya

 Apa Komentar Anda mengenai Akulaku Indonesia?

Ada 18 komentar sampai saat ini..

Buruknya Sistem Komplain Akulaku, Merugikan Pembeli

oleh Isna Mardiana dibaca dalam: 1 menit
18