Uang Reversal Gagal Transfer via DANA Belum Kembali Hingga 2 Bulan Lebih

E-wallet DANA merupakan salah satu dompet digital yang sudah besar dan memiliki banyak pengguna. Saya sendiri merupakan salah satu pengguna setia dari dompet digital DANA. Saya sering melakukan transaksi hingga puluhan juta di sini. Namun ada salah satu kasus yang membuat saya sangat kecewa dengan cara DANA menyelesaikan masalah yang hingga berlarut-larut.

Ini adalah salah satu bukti bahwa saya pengguna setia dari dompet digital DANA:

Transaksi besar.
Transaksi hingga 60 juta++

Saya sangat mengeluhkan pelayanan dari e-wallet DANA. Pada tanggal 10 April 2022, saya melakukan transfer kepada akun DANA milik teman saya, menggunakan e wallet DANA yang sudah terhubung dengan Debit Online dari Bank BRI sebesar Rp1.150.000. Ternyata setelah melakukan transfer, akun DANA milik teman saya limit sudah melakukan transaksi Rp20 juta/bulan.

Biasanya, jika kita melakukan transfer dan akun yang dituju limit, saldo DANA akan di-pending hanya 1 jam, setelah itu akan kembali ke akun DANA/rekening bank kita.

Akan tetapi dalam kasus saya ini, tidak demikian. Saldo saya hilang entah ke mana selama hampir 2 bulan lebih. Saya sudah melakukan komplain via pusat resolusi yang ada di aplikasi DANA. Namun kasus belum selesai, komplain saya sudah dinyatakan beres. *Foto terlampir

Case dinyatakan selesai secara sepihak oleh Dana.
Kasus dinyatakan selesai secara sepihak oleh Dana.

Setelah itu saya melakukan komplain via email, dan jawabannya sangat tidak memuaskan. Bahkan dari pihak DANA mengklaim sudah mengembalikan uang tersebut ke rekening saya dan menyuruh saya datang ke cabang Bank BRI.

Setelah saya datang ke Bank BRI, ternyata tidak ada uang kembali ke rekening saya dari e wallet DANA. Bank BRI tidak bisa berbuat apa-apa, karena hanya menunggu transferan kembali/reversal dari dompet digital DANA.

Klaim Pihak DANA
Sedangkan belum ada uang masuk kembali ke rekening saya selama hampir 2 bulan lebih.

Lucunya, saya baca komentar Instagram dan Twitter Official DANA banyak komplain dari user DANA yang belum terselesaikan. Lebih parahnya lagi, dijawab menggunakan autotext, dan saya juga sama mengalami hal tersebut.

Menelepon CS dan email untuk follow up, jawaban dari pihak DANA hanya sedang menyelidiki lebih lanjut terkait kasus ini dan tidak tahu sampai kapan masalahnya selesai. Whattt??? 2 bulan lebih masalah ini belum menemukan titik terang.

Jawaban email terakhir.
Di sini jelas sangat parah, DANA 2 Bulan tidak ada kemajuan dalam menangani kasus ini, dan tidak bisa memberikan kepastian jawaban kapan masalah ini selesai.

Saya bingung dengan Slogan dari DANA yang mengatakan #BebasDrama, akan tetapi untuk case seperti ini saja yang nominalnya tidak terlalu besar, saya dilempar lempar terus tanpa ada kejelasan yang pasti kapan uang saya akan kembali. Tolong kembalikan uang saya, itu saja.

Terima kasih.

Ridho Rahmatullah
Kab. Lebak, Banten


Update (20 Juni 2022): Surat pembaca di atas juga mendapat tanggapan dari pihak DANA sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai DANA:
[Total:5    Rata-Rata: 2/5]
Tanggapan PT Bank Rakyat Indonesia atas Surat Bapak Ridho Rahmatullah

Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Sebelumnya kami sampaikan terima kasih atas kesediaan Bapak Ridho Rahmatullah menjadi nasabah...
Baca Selengkapnya

3 komentar untuk “Uang Reversal Gagal Transfer via DANA Belum Kembali Hingga 2 Bulan Lebih

  • 19 Juni 2022 - (22:44 WIB)
    Permalink

    om, kalo bisa kejar juga pihak BRI-nya.

    semua transaksi debit online (menggunakan nomor mastercard/visa), itu ada sistem sanggahan transaksi.

    jd kalo misalnya om tidak menerima apa yang harusnya diteirma, bank bisa komplain ke merchant (dalam hal ini ke DANA), dan minta resolusinya duit balik.

    saya pake jago/permata/dbs, disediakan proses sanggahan transaksi. memang butuh waktu 14 hari ya, tapi duit akan balik.

    tapi sayangnya udah lebih dari 30 hari ya. harusnya waktu gak terima saldo itu, langsung lapor ke BRI minta trx di sanggah

    • 20 Juni 2022 - (11:23 WIB)
      Permalink

      Alhamdulilah, barusan uang kembali setelah perjalanan panjang selama 2 bulan lebih.

      Saya cecer ke bank dan dana nya.

 Apa Komentar Anda mengenai DANA?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Uang Reversal Gagal Transfer via DANA Belum Kembali Hingga 2 Bulan Leb…

oleh Ridho Rahmatullah dibaca dalam: 2 menit
3