Kartu Kredit BCA Sudah Diblokir, 2 Bulan Kemudian Ada Pemakaian yang Tidak Diketahui, Tanpa Verifikasi OTP

Kepada Yth. HaloBCA.

Saya sebagai pemegang kartu kredit BCA, merasa dirugikan. Karena kartu yang sudah saya blokir dan tidak bisa terpakai, tiba-tiba ditagih transaksi yang bukan transaksi saya, dan bahkan tanpa permintaan OTP. Berikut ini kronologinya:

Pada bulan Maret 2022, saya menghubungi HaloBCA dan menyatakan ingin menutup kartu kredit BCA saya. Dari pihak HaloBCA menyatakan penutupan kartu akan dihubungi oleh tim tersendiri.

Setelah dihubungi, saya menyatakan ingin menutup kartu, karena iuran tahunan yang tergolong mahal untuk limit yang sangat kecil yang didapat. Saya pun langsung membayar LUNAS tagihan sesuai instruksi HaloBCA untuk menutup kartu.
Bukti pelunasan untuk menutup rekening

Pada bulan itu juga, semua aplikasi yang berlangganan, seperti Google Workspace dan Microsoft One Drive saya yang terhubung dengan kartu itu, pembayarannya ditolak (berarti sudah terblokir).
bukti kartu sudah terblokir.
Bahkan saya sempat mau coba pakai untuk promo diskon makan, dan memang kartu sudah declined. Setelah itu kartu sudah saya potong dan hancurkan.

Namun tiba-tiba pada bulan Juni 2022 ini saya mendapat email dari BCA, ada tagihan senilai Rp2,6 juta. Padahal saya tahunya kartu sudah diblokir dan pemakaian tanpa minta OTP (dipakai bulan Mei 2022)
transaksi tanpa OTP
Setelah saya hubungi HaloBCA kembali, saya malah dibilang harus tetap membayar tagihan tersebut, karena BCA hanya sebagai pihak pembiayaan.

Berikut “PERNYATAAN” dari HaloBCA yang menurut saya konyol dan tidak relevan:

  1. Kartu tersebut terblokir sementara dan aktif kembali. Atas izin siapa ya? Saya tidak pernah setuju untuk mengaktifkan kartu lagi. Bahkan BCA tidak pernah menginformasikan/menanyakan. Memangnya pihak BCA boleh dengan sepihak menghidupkan kartu nasabah tanpa sepengetahuan nasabah??
  2. Transaksi merupakan Auto Renewal. Memang betul saya pernah transaksi di website tersebut tahun 2021, tapi bukan LANGGANAN dan nominalnya Rp130 ribu dan Rp30 ribu pada tahun 2021, bukan Rp2,6 juta.
    Jawaban Halo BCA

Saya lampirkan dokumen pendukung, seperti bukti Google saya yang terhubung dengan kartu tersebut sudah tidak bisa dipakai/ditolak. Dengan segala kerendahan hati, yang saya pertanyakan adalah 2 hal: Kenapa kartu yang diblokir bisa aktif kembali?? Transaksi nominal segitu apakah bisa tanpa OTP??

Jawaban HaloBCA malah berbelit-belit, seakan-akan bukan tanggung jawab dari pihak BCA. Apalagi perihal kartu yang sudah ditutup, kok bisa aktif kembali?

Terima kasih.

Yoel Wongso
Kota Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kartu Kredit BCA:
[Total:46    Rata-Rata: 1.9/5]
Tanggapan BCA atas Surat Bapak Yoel Wongso

Menanggapi keluhan Bapak Yoel Wongso di Redaksi Media Konsumen tanggal 19 Juni 2022 dengan judul “Kartu Kredit BCA Sudah Diblokir,...
Baca Selengkapnya

37 komentar untuk “Kartu Kredit BCA Sudah Diblokir, 2 Bulan Kemudian Ada Pemakaian yang Tidak Diketahui, Tanpa Verifikasi OTP

  • 19 Juni 2022 - (09:50 WIB)
    Permalink

    Saya belum pernah pakai kartu kredit, tapi untuk sekelas bank BCA apakah tidak ada email informasi terkait penutupan kartu kredit Tersebut? Seperti terima kasih sudah menggunakan kartu kredit ……

    • 19 Juni 2022 - (12:18 WIB)
      Permalink

      Iya gan, saya masih awam dan juga baru tau…disini saya gak tahu harus kejar surat penutupan kartu kredit.

      Saya pikir karna transaksi yang auto renewal yang terhubung dengan kartukredit sudah tidak bisa dipakai jadi sudah diblokir.

    • 19 Juni 2022 - (12:29 WIB)
      Permalink

      Jujur saya awam soal ini. Dan baru tau dari bpk/ibu yang disini.

      Kesalahan saya tidak meminta email penutupan kartu, jujur saya ga tau harus mengejar pesan atas penutupan kartunya ..

      Tapi yang saya heran, kenapa kalo emang tidak diblokir kartunya saya tidak bisa pakai ya ? Dan kenapa pembayaran yang terhubung dengan kartu tersebut gagal ??

    • 21 Juni 2022 - (11:47 WIB)
      Permalink

      Ga ada gan. Penutupan kartu kredit ga ada email pemberitahuan. Saya tutup CC BNI, saya hanya diberi nomor pelaporan. Harus cek ke call center untuk cek status penutupan.

      Dan ini PP artinya paypal emang biasanya ga perlu otp. Aneh juga tembus walau kartu uda ditutup. Komplain ke BCA tuh.

    • 19 Juni 2022 - (12:20 WIB)
      Permalink

      Saya kerja setiap hari gan.

      Dan memang untuk pemblokiran seharusnya bisa lewat telpon saja kok.

      Cuma ini kendalanya kayanya karna bagian telemarketing emang sengaja nahan2 agar ga ditutup.

    • 20 Juni 2022 - (18:44 WIB)
      Permalink

      Gue byk kartu bca…pernh kjadian transaksi tanpe otp…lsg gue laporin krn emg ga mrasa transaksi…kartu lsg ditutup…dan diganti pke yg baru…bhkn sampe saat ini udh srg nutup2in kartu bca yg menurut gue kurang berguna jd tgl 2 krtu aj bca card sm bli2 master…tp stiap nutup kartu slalu dpet email penutupan kartu yg ga pernh gue hapus…jd klo kjadian kya gitu gue bs dong bkar kantor bca klo maksa gue harus byar…

  • 19 Juni 2022 - (10:23 WIB)
    Permalink

    Wah gk aman nich BCA.. Kalo gk pake otp y biasanya pake cvv itu security nya.. Kalo web luar pernah belanja sih gk pake otp, tapi koq bs tau y cvv kecuali usernya ato data telah bocor.. D m-banking BCA ada status kartunya juga kan.. Seharusnya bca meng investigasi koq bs terjadi pengaktifan tanpa sepengetahuan user

    5
    3
  • 19 Juni 2022 - (11:32 WIB)
    Permalink

    Masalah klasik sebenar nya,
    Kartu yang di tutup seharus nya, mendapat SURAT PENTUPAN KARTU. BCA biasa nya menerbitkan SURAT tersebut 14 hari kerja sejak kartu di tutup.
    Next nya sebagai pembelajaran, KARTU bank lain yang di tutup (JIKA ADA) maka anda harus kejar surat penutupan kartu / account tersebut.

    INGAT….. !!! BCA bank yang rajin melaporkan SLIK di OJK. dan terkenal galak, sebab anda telat sehari akan dapat COLLECT 2 ( hanya 1 HARI…. !! ).
    Kalo anda tidak percaya silakan req SLIK OJK. pasti sudah COLLECT 2. dan kalo dapat nilai 2, jangan harap dapat melakukan transaksi di pembiayaan manapun.

    TUTUP KARTU = WAJIB DAPAT SURAT PENUTUPAN

    8
    1
    • 19 Juni 2022 - (11:49 WIB)
      Permalink

      Wiih beneran tuh Pak.. Lgsgs col 2, padahal limitnya jg kecil.. Dulu ngapainjuga ajuin kalo limit cuman segitu.. Ntarr malah gk bs KPR dll

      1
      2
      • 19 Juni 2022 - (15:38 WIB)
        Permalink

        Kata siapa ngga bisa kpr? Btn bisa2 aja kok pernah ada riwayat kol.5 asal sudah ditutup dan tunjukan surat keterangan pelunasan/ penutupan, beres.
        Lain soal kalo masih ada tunggakan kredit macet dan ngga ditutup ya emang ngga bisa lhaaa..

    • 19 Juni 2022 - (12:23 WIB)
      Permalink

      Iya gan, saya masih awam dan juga baru tau…disini saya gak tahu harus kejar surat penutupan kartu kredit.

      Saya pikir karna transaksi yang auto renewal yang terhubung dengan kartukredit sudah tidak bisa dipakai jadi sudah diblokir..

      Untuk perihal pembayaran saya statusmya lancar kok

      Dan pas saya bilang mau tutup, diminta untuk lunasi langsung saya bayar.

      Dan saya dihubungi oleh halobca perihal penutupan kartu, dan saya sudah mengiyakan.
      Selang berapa hari semua transaksi yang auto renewal dengan kartu tersebut sudah tidak bisa dipakai, jadi saya pikir sudah ditutup.
      (Ada lampiran foto yang saya kirimkan)

  • 19 Juni 2022 - (12:01 WIB)
    Permalink

    Kartu diblokir sementara tidak otomatis menjadi tutup. Coba lihat lagi klausulnya, apakah ada yang menyatakan kalau pembukaan blokir sementara harus lewat pembicaraan dengan nasabah.

    Recurring – tidak dibuthkan OTP, jadi judulnya misleading.

    Untuk TS dan teman2 yang lain, ketika mau ditutup harus tegas dan minta surat keterangan lunas. Kalau sudah begini jadi ribet.

    • 19 Juni 2022 - (12:57 WIB)
      Permalink

      Maaf mau tanya bpk/ibu.
      Kalau memang tidak terblokir/ditutup oleh bank.

      Kenapa auto renewal bulanan saya yang link ke kartu tersebut ditolak (Google Workspace, Onedrive, Dll) seakan kartu sudah tidak aktif.

      Padahal status pembayaran lancar & tagihan sudah lunas ?

      • 19 Juni 2022 - (13:28 WIB)
        Permalink

        Mestinya pertanyaan yang TS lemparkan di komen ditanyakan ke CS, kalau ditanya disini suka misleading. Beda bank, beda kebijakan.

        Sudah pernah bertanya ke Bank kapan pembukaan blokir terjadi?
        Setelah itu, silakan diurut deh kejadiannya.

        Pernah dapat informasi dari yang bank sudah ganti nama (A** ke D**) melalui Call Centernya beberapa tahun yang lalu bahwa automatic debet tetap berhasil walaupun kartu diblokir (baca: bukan ditutup).

        Itu beberapa tahun yang lalu, gak tahu kalau sekarang. Bisa klarifikasi sih.

        • 19 Juni 2022 - (17:58 WIB)
          Permalink

          ribet amat bca ya ternyata..!!!! bank mandiri atau bri kartu kredit begitu mau blokir tgl telp selesai..ga pernh tu ngalamin yang gt2 …bs2 nya ad yang miss…lucu aja

          • 20 Juni 2022 - (19:00 WIB)
            Permalink

            Sama aja bang, pengalaman Pakai CC bank M*, sudah ditutup dan sudah dapat email notifikasi tutup kartu tiba2 ditelpon ditawarin promo2.
            Lalu ketika saya sampaikan bahwa CC nya sudah saya tutup telemarketingnya nginfo ngeyel kartu masih aktif, emang pada gak bisa dipercaya tuh mereka.
            Hidup lebih nyaman tanpa CC sekarang

  • 19 Juni 2022 - (12:30 WIB)
    Permalink

    Penutupan CC biasanya bisa lewat halo bca. Kenapa hanya blokir. Jika diblokir itu SOPnya ada penerbitan kartu baru. Kalau subcribe biasanya tanpa OTP. Kalau sperti masalah diatas haruanya menghubungi pihak merchant/providernya

    • 19 Juni 2022 - (12:51 WIB)
      Permalink

      Masalahnya saya tidak merasa berlangganan.

      Saya pernah membeli barang si web tsb (tapi bukan langganan).

      HaloBCA juga bilang seperti itu.
      Tapi bukti yang dikirim adalah Tahun 2021 kemarin & nominal 130rb.

      Sedangkan ini yang tersebit adalah 2.6jt

      • 19 Juni 2022 - (12:54 WIB)
        Permalink

        Maaf, memang saya minta untuk ditutup bukan diblokir.

        Blokir yang saya maksud adalah, setelah minta penutupan kartu, transaksi yang auto renewal (Seperti Google Workspace, Onedrive, dll) yang terhubung pembayaran bulanannya dengan kartu tsb sudah tidak bisa diperbarui, jadi saya pikir kartu sudah ditutup

      • 19 Juni 2022 - (18:03 WIB)
        Permalink

        Di web yg dimaksud spertinya membership. Jd bukan beli putus. Dan mungkin waktu itu masih promo dan pilih annual membership. Jd kalau gak dicancel maka membership bakal diperbaharui dan didebet deh.

        • 19 Juni 2022 - (19:36 WIB)
          Permalink

          Yess.. anggep aja seperti itu gan.

          Tapi kenapa kartunya saat itu saya gak bisa pakai ? Dan Auto Renewal Cloud, Google Workspace, Onedrive, dll (Yang terhubung pembayarannya dengan kartu itu semua sudah tidak bisa auto renewal, seperti yang saya lampirkan di gambar diatas, Apps berlangganan saya ditolak semua, dan dari web yang saya tidak tau kok malah bisa?)

      • 19 Juni 2022 - (18:03 WIB)
        Permalink

        Semangat gan/TS.yang artinya blokir ya blokir ..supaya setelah diblokir kartunya tidak bisa digunakan untuk transaksi makanya layanannya 24 jam.klau msh mw ngajuin ini itu apalg dateng ke bank ya klau sibuk mana sempat..ada2 smpe miss dll. sy klau blokir kartu cc cmn tlp doang selesai..ga ad ini itu..

        • 19 Juni 2022 - (19:46 WIB)
          Permalink

          Betul .. seharusnya dari haloBCA saja sudah bisa.

          Dan saya heran setelah saya minta untuk ditutup, kartu saya itu tidak bisa terpakai loh..

          Sempat saya mau coba pakai saat ada promo makanan ada disc dengan cc BCA, dan itu declined (Pembayaran Lancar & Bahkan sudah lunas).

          Dan yang paling menguatkan, seperti yang saya lampirkan dalam gambar diatas. Pembayaran saya yang harusnya auto renewal dari kartu tersebut ditolak (Onedrive, Googleworkspace).
          Diemail oleh google “not able yo charge your account because the bank reported the account was closed”

          Kok sekarang bisa tiba2 informasinya kartu saya aktif.

  • 19 Juni 2022 - (13:01 WIB)
    Permalink

    Terlepas dari masalah dari BCA nya ya, coba cek disitus yang buat belanja tahun kemarin. Baca klausul pembeliannya, terms and conditions nya. Takutnya ada auto upgrade atau auto membership apalah disitu yang kita ga tahu. Teman saya pernah kejadian begitu, dia beli sih cuma 300an ribu. Tapi setelah dia baca² email dari situsnya, tiap bulan bakal kena biaya lagi yang di auto debet. Panik dong, jadi dilaporin lah kartu itu hilang ke pihak bank, dapat kartu baru yang otomatis ga bisa auto debet. FYI, it’s an adult site subscription 🤭

    • 19 Juni 2022 - (19:44 WIB)
      Permalink

      Oke, Anggep aja seperti itu pak/bu 🙏

      Tapi yang saya pertanyaan adalah setelah saya minta untuk ditutup, kartu saya itu tidak bisa terpakai loh..

      Sempat saya mau coba pakai saat ada promo makanan ada disc dengan cc BCA, dan itu declined (Pembayaran Lancar & Bahkan sudah lunas).

      Dan yang paling menguatkan, seperti yang saya lampirkan dalam gambar diatas. Pembayaran saya yang harusnya auto renewal dari kartu tersebut ditolak (Onedrive, Googleworkspace).
      Diemail oleh google “not able yo charge your account because the bank reported the account was closed”

      • 19 Juni 2022 - (20:09 WIB)
        Permalink

        Brarti diblokir sementara saja, 3 bulan ya sepertinya. Kenapa ga langsung aja telpon CS Halo BCA minta rekaman pembicaraan waktu minta tutup ? Bisa jadi tim penutupan kartu yang teledor ga secepatnya ditutup dan diinfokan ke Anda. Yang pasti transaksinya sah memang, yang jadi masalah kenapa masih bisa autodebet kalau masih proses penutupan. Miskomunikasi atau apa untuk lebih jelasnya ya bisa hub lagi Halo BCA

      • 20 Juni 2022 - (11:00 WIB)
        Permalink

        kl melihat pernyataan anda pernah mencoba utk pakai kartunya krn ada diskon, maka yg bs saya simpulkan anda waktu itu belum minta penutupan kartu kreditnya.kl anda memang sudah minta utk tutup kartu maka anda gak akan coba utk pakai kartunya itu. saran saya minta rekaman pembicaraan pd saat anda hub layanan callcenter bca utk minta penutupan kartunya.biar jelas ini yg lalai anda atau bca nya

  • 20 Juni 2022 - (05:17 WIB)
    Permalink

    BCA memang gitu. Tapi gak hanya BCA semua bank rata2 susah kalau mau nutup kartu kredit. Cara gampangnya adalah cek melalui mBCA di bagian kartu kredit. Kalau beneran ditutup biasanya tidak akan muncul lagi. Tapi kalau masih muncul berarti kartu nya tidak benar-benar ditutup.

  • 20 Juni 2022 - (09:31 WIB)
    Permalink

    Itu kayaknya transaksi Paypal deh, apakah kartu BCA Anda terhubung ke Paypal? Logikanya sih kalau sudah diblokir ya tidak bisa dipakai lagi buat transaksi, tapi memang statusnya belum ditutup, tagihan masih bisa berjalan dan berjalan. Jadi pembelajaran, sekelas BCA aja begini, huehehehe …

  • 20 Juni 2022 - (10:54 WIB)
    Permalink

    coba masnya inget2 waktu itu instruksinya minta penutupan kartu atau cuman minta kartu diblokir?
    kl instruksinya minta penutupan kartu, misalnya pd saat itu ga lsg ditutup krn biasanya akan ada tim retention yg hub nasabah utk memastikan apakah tetap mau ditutup atau tidak jadi tutup dgn ditawari loyalti program.
    misalnya saat itu instruksinya penutupan kartu dan dr tim retention pun ga berhasl konfirmasi, maka kartu kreditnya akan ditutup permanen.
    kl misalnya saya pernah intstuksikan tutup kartu lalu ternyata kartunya ga ditutup dan ada pemakaian baru, saya lsg minta cek bukti pembiacaraan waktu saya hub layanan callcenternya. biar ketawan apakah saya yang lalai atau bank yg lalai sehingga transaksi tsb bisa terjadi

  • 21 Juni 2022 - (16:30 WIB)
    Permalink

    Saya pengguna KK BCA juga, dulu pernah kasus ada transaksi tidak dikenal kayak gini, langsung lapor ke Halo BCA, kemudian disuruh buat surat pernyataan kalau itu benar bukan transaksi kita dan saat yg sama CS jg menyarankan untuk proses penutupan kartu tersebut dan diganti dengan kartu baru karena dikhawatirkan data kartu tersebut sudah diketahui orang lain, selang beberapa hari dapat email kalau transaksi tersebut sudah dibatalkan dan kemudian dapat kartu baru.

    Untuk penutupan kartu baru 2 minggu lalu saya mengajukan penutupan salah satu kartu, sama jg telp ke halo BCA proses 3 hari langsung dapat email kok kalo kartu berhasil ditutup. Memang kalo cuma blokir saja tidak ada email, dan bisa dilakukan sendiri dari m-BCA.

  • 21 Juni 2022 - (19:19 WIB)
    Permalink

    Pengalaman sya nutup CC bank BUMN, mereka belum mau langsung tutup kalau CC kita masih terhubung dengan langganan pembayaran apapun. Mereka akan cek riwayat tagihan jd kalau kedapatan ada langganan pembayaran pasti hanya ditutup sementara (blokir sementara) s.d tagihan bulan depan kl memang sudah tdak ada tagihan lg baru akan permanently closed. Mungkin kasus Anda begitu juga. Sejak itu sya tidak pernah pakai CC untuk langganan pembayaran (autopay) apapun apalagi layanan/merchant dari luar negeri.

  • 24 Juni 2022 - (08:55 WIB)
    Permalink

    Saya lihat sudah ada tanggapan tapi gak jelas alias basa-basi formalitas dari BCA.
    Jadi bagaimana, tagihan Anda tetap harus dibayar atau bisa dihapuskan karena kartu sudah diblokir?

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit BCA?

Ada 37 komentar sampai saat ini..

Kartu Kredit BCA Sudah Diblokir, 2 Bulan Kemudian Ada Pemakaian yang T…

oleh Yoel dibaca dalam: 1 menit
37