Transaksi Transfer DANA Gagal, Uang Tidak Jelas ke Mana

Saya melakukan transaksi transfer antar bank melalui aplikasi DANA, pada tanggal 21 Juni 2022 pukul 10.40. Transaksi tersebut dari rekening Bank Mandiri saya ke rekening Bank BTPN sebagai tujuan transfer. Namun sampai hari ini, 22 Juni 2022, tidak ada saldo masuk ke rekening BTPN.

Tanggal 22 Juni 2022 sekitar pukul 18.45, saya mendapat telepon dari pihak DANA yang mengkonfirmasi bahwa transaksi gagal dan saya diberikan dokumen pendukung untuk melaporkan kejadian ini kepada pihak Bank Mandiri.

Saya kemudian menelepon Mandiri Care 14000 perihal ini dan seperti yang saya duga,
pihak Bank Mandiri mengembalikan kasus ini kepada pihak DANA, karena saya melakukan transaksi di aplikasi DANA bukan di aplikasi Livin by Mandiri.

Saya bingung harus meminta pertanggungjawaban ke mana, karena dari pihak DANA menurut saya seakan lepas tangan. Seharusnya yang mem-follow-up ke Bank Mandiri adalah pihak DANA, bukan saya.

Saya ingin kejelasan akan kasus ini, memang bukan uang yang besar, tapi saya cukup kecewa dengan pelayanan dari pihak DANA.

Elisabeth Pertiwi
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

13 komentar untuk “Transaksi Transfer DANA Gagal, Uang Tidak Jelas ke Mana

  • 24 Juni 2022 - (09:05 WIB)
    Permalink

    Haduh, saya sdh prnh dan sdh tdk pakai dana lagi.
    Saya melapor ke OJK dan mnrt mereka Dana tdk d bwh OJK. Mulai detik itu saya tdk pakai dana lagi

    • 28 Oktober 2022 - (15:14 WIB)
      Permalink

      Sama mas, saya tiga hari belakangan isi saldo dana 50.000 rupiah lewat outlet konter pulsa, transaksi sukses tetapi saldo dana saya tidak bertambah. Saya sudah konfirmasi kepihak dana tetapi sampai sekarang tidak ada balasan dari pihak dana. Saya benar benar kecewa sama dana dan untuk selanjutnya kapok isi saldo dana.
      Saya hapus saja aplikasinya…

  • 24 Juni 2022 - (15:27 WIB)
    Permalink

    Masih ada aja yg mau ngirit sedikit tapi ujung2nya masalah, transfer antar bank pakai apps Dana supaya bebas biaya transfer, padahal sekarang ada bifast yg biaya transfer cuma Rp. 2.500,-…….

    • 24 Juni 2022 - (15:30 WIB)
      Permalink

      BIFAST gak semua bank sudah bergabung. setau saya utk saat ini ke BTPN masih harus via RTOL (6500). ya alternatifnya pake aplikasi DANA, flip, dll

      • 24 Juni 2022 - (15:48 WIB)
        Permalink

        Kalaupun belum bisa, mendingan pakai RTOL deh….. Dah banyak keluhan di MK yg menggunakan Dana utk transfer antar bank…..

  • 24 Juni 2022 - (15:32 WIB)
    Permalink

    bu, SOP pengembalian dana untuk trx debit/kredit online (yg pake mastercard/visa) itu 14 hari. semua bank spt itu.

    kalo dalam 14 hari blm balik, coba hubungi pihak mandiri, minta transaksi tsb untuk disanggah.. di teken aja terus, harusnya bisa disanggah..

    jgn sampe lebih dari 30 hari ya bu, biasanya kalo udah lama bank gak mau bantu

  • 29 Juni 2022 - (20:02 WIB)
    Permalink

    BI fast biaya admin 2500 rupiah, untuk transfer antar bank. Cuman sampai saat ini baru 11 bank yang berpartisipasi. Kalo mau gratis transfer antar bank bisa pakai Flip.

  • 1 Juli 2022 - (05:01 WIB)
    Permalink

    aku pernah gagal transfer via dana 2 jt karena aku nggak tahu harus bgmn jd aku diamin aja aku pikir bukan rizqiku kl rezqiku pasti balik alhamdulillah 10 hari balik itu duit

  • 2 Juli 2022 - (08:43 WIB)
    Permalink

    Jangan terlalu irit, transfer antar bank kan cuma Rp6500, tapi mau irit, akhirnya bermasalah, jgn tergiur sama aplikasi yg menawarkan transfer ke semua bank tanpa admin atau murah.

    • 2 Juli 2022 - (09:19 WIB)
      Permalink

      Kalau bisa lebih murah dari 6.500 atau bahkan 2.500 (BI Fast) kenapa tidak?

      Saya pengguna aktif salah satu aplikasi transfer antar bank yang memberikan biaya admin mulai dari gratis hingga maksimal 2.500 dan lumayan bisa menghemat sekitar 300.000 an per bulan (dalam setahun terakhir ini saya sudah menghemat 3.579.300)

      Kembali ke permasalahan yang dihadapi penulis yang jika dilihat dari penjelasan dari pihak DANA adalah dana dari penulis tidak sampai ke mereka sehingga sudah benar jika penulis diminta untuk meminta konfirmasi ke pihak Bank Mandiri (outputnya adalah bukti transfer dan mutasi rekening penulis yang digunakan untuk transfer ke DANA)

      Jika sudah ada bukti dari bank mandiri yang menyatakan transfer ke DANA benar berhasil, bukti itu bisa dikirimkan ke DANA untuk melanjutkan proses transfer ke penerima (BTPN) atau proses refund

      Sebagai informasi, saya juga pernah mengalami kejadian serupa di aplikasi transfer yang saya gunakan yaitu dana saya (BRI) tidak berhasil dikirim ke penerima (MANDIRI) dikarenakan rekening penerima ternyata sudah tidak aktif

      Dikarenakan saya tidak berhasil mendapatkan info rekening penerima yang baru sehingga saya memilih opsi pengembalian dana (refund) dengan melampirkan bukti transfer saya ke rekening aplikasi dan dalam waktu kurang dari 24 jam dana saya sudah kembali

      Semoga masalah yang dihadapi penulis segera selesai

      • 2 Juli 2022 - (09:49 WIB)
        Permalink

        Tambahan :

        Jika transfer yang dilakukan penulis ke pihak DANA ternyata memang benar tidak berhasil dan saldo rekening penulis terpotong ya proses selanjutnya silakan lanjut dengan pihak Bank Mandiri ?

 Apa Komentar Anda mengenai DANA?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

Transaksi Transfer DANA Gagal, Uang Tidak Jelas ke Mana

oleh Elisabeth dibaca dalam: 1 menit
13