Pembatalan Pesanan di Blibli Tidak Berdasarkan Konfirmasi Persetujuan Penjual dan Pembeli

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada Media Konsumen yang telah memuat surat saya. Langsung saja ke inti permasalahannya:

Saya adalah Member Infinite Blibli. Pada tanggal 31 Mei 2022, saya melakukan order di Blibli dengan nomor pesanan: 12101576455, dengan item “Semen OPC Garuda” senilai 100 rupiah per produk. Entah ini terjadi karena salah harga atau memang barang promo dari seller-nya, sehingga saya melakukan 14 kali pesanan dengan nomor pesanan yang berbeda dan hari yang berbeda pula, dalam kurun waktu 31 Mei – 16 Juni 2022.

Selama itu pula transaksi yang saya lakukan tidak ada kejelasan baik akan dikirim atau tidak. Sehingga pada tanggal 23 Juni 2022, saya menanyakan seluruh pesanan tersebut ke CS Blibli sekitar pukul 17.00 WIB, yang terakhir dengan nomor case: CASEMGMT-1235857230.

Pada hari yang sama, yaitu tanggal 23 Juni 2022 sekitar pukul 18.59 saya mendapat WA dari Alvin yang mengaku sebagai CS Premium Blbli Care. Namun anehnya nomor laporan yang tertera di email dan yang disampaikan berbeda.

Tanpa adanya persetujuan baik dari saya sebagai pembeli maupun konfirmasi terhadap penjual, seluruh transaksi saya di atas dibatalkan oleh Saudara Alvin yang jelas belum tentu tahu kebenaran harga yang sebenarnya. Apakah harga tersebut memang tidak sesuai atau memang sebenarnya barang tersebut bagian dari strategi marketing dari penjual yaitu CV Surya Kencana.


CS Alvin juga memberikan screenshot TnC, dimana Blibli dapat membatalkan secara sepihak jika dirasa harga yang ditampilkan tidak sesuai baik itu harga promo maupun harga reguler.


Namun yang dia lakukan jelas menyalahi aturan dengan membatalkan transaksi sepihak, tanpa konfirmasi ke seller maupun buyer terlebih dahulu. Sebagai bukti bahwa harga yang terlihat seperti tidak normal adalah bukan dari kesalahan harga saja (bisa jadi strategi marketing oleh penjual).

Saya lampirkan beberapa bukti pembelian yang statusnya telah selesai, dengan harga yang mungkin CS Blibli akan bilang harga tidak sesuai.

Gambar tersebut hanya contoh sebagian kecil transaksi saya yang berhasil. Jika ini menyangkut “INTEGRITAS”, menurut saya Saudara Alvin yang mewakili Blibli sudah jelas menyalahi aturan yang ada dengan membatalkan transaksi customer, tanpa persetujuan customer maupun konfirmasi ke penjual terlebih dahulu.

Yang lebih menyakitkan lagi adalah, dari 14 transaksi yang saya lakukan, hanya diganti voucher kompensasi senilai 10 ribu rupiah, senilai 1 pcs saja. Padahal setahu saya, setiap ada pesanan yang di-cancel, sebagai customer akan mendapatkan Voucher Permintaan Maaf atas pesanan yang terbatalkan.

Berikut saya lampirkan contoh pesanan ter-cancel yang otomatis mendapat Voucher Permintaan Maaf.

Bahkan Saudara Alvin, memberikan pernyataan bahwa kesalahan harga yang tertera di produk adakalanya lolos audit untuk ditampilkan.


Dari seluruh uraian saya di atas, mohon pihak Blibli dapat menjawab pertanyaan saya berikut ini:

  1. Sesuai dengan TnC Blibli yang telah di-screenshot oleh saudara Alvin, Blibli memang memiliki wewenang untuk membatalkan transaksi secara mutlak. Namun apakah Blibli tidak mengkonfirmasi terlebih dahulu ke seller, terkait harga yang di tampilkan adalah harga salah atau harga promo?
  2. Jika harga yang ditampilkan adalah harga yang salah, bagaimana mungkin bisa lulus audit? Sehingga produk bisa dijual? Padahal setahu saya untuk lulus audit barang yang akan dijual saja membutuhkan waktu berhari-hari. Apakah SOP auditnya tidak dijalankan?
  3. Bagaimana bisa barang yang dipesan pada tanggal 31 Mei 2022 tidak ada kejelasan secara sistem hingga tanggal 23 Juni 2022? Sampai harus customer melakukan komplain terlebih dahulu hingga nomor pesanan tersebut diproses!
  4. Bagaimana bisa sistem Blibli tidak memiliki Due Date pemrosesan pesanan pada sisi seller, sehingga pesanan mengalami ketidakjelasan dan ketidakpastian.
  5. Lalu, apakah etis hanya memberikan Voucher Kompensasi hanya 1 pcs dari 14 transaksi yang saya lakukan? Padahal kesalahan ada dipihak Blibli dan Seller. Bukankah seharusnya juga mendapatkan Voucher Permintaan Maaf?

#PastiSANGATTIDAKPUASPastidiBlibli

Nova Sholikul Karim
Kota Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Blibli:
[Total:19    Rata-Rata: 1.8/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

108 komentar untuk “Pembatalan Pesanan di Blibli Tidak Berdasarkan Konfirmasi Persetujuan Penjual dan Pembeli

  • 25 Juni 2022 - (15:14 WIB)
    Permalink

    Kelihatannya memang salah harga, terbukti pesanan anda tidak diproses.
    Sebenarnya anda kan tidak ada ruginya, uang dikembalikan dan masih untung 10rb (voucher).

    15
    1
    • 25 Juni 2022 - (19:26 WIB)
      Permalink

      Jelas rugi waktu donk, tiap hari harus mantengin pesenan yang tidak ada kejelasannya.

      1
      33
      • 26 Juni 2022 - (19:45 WIB)
        Permalink

        Mas. Mbak. Gausah takut turun pamor.
        Ini buyernya yg salah.

        Jauh2 ke integritas, bugs, sistem, sdm. Dll.

        Empati aja dulu benerin.

        Buat mas penulis.

        Karma itu nyata lho mas.
        Just wait and see..

        Salam.

        4
        1
    • 26 Juni 2022 - (23:43 WIB)
      Permalink

      Sebenarnya dari surat anda sudah terjawab bahwa Blibli berhak memutuskan secara sepihak.
      Apa artinya sepihak? Kalo anda belum jelas, sepihak artinya menurut dia A ya A, ga perlu konfirmasi atau permisi sama pembeli maupun penjual. Dan apa itu berhak? Artinya memiliki hak atau wewenang untuk sesuatu yang dia bisa dapat atau berikan.

      Ok jika tidak mau bahas masalah nominal, saya tidak bahas. Tetapi jika anda masih ngotot, berarti anda memang tidak terima syarat dan ketentuan di Blibli, silakan jangan belanja disana lagi. Buat saya pribadi sudah sangat baik blibli memberikan kompensasi berupa voucher dimana nilainya hampir 10x lipat dari uang yang anda keluarkan (walaupun ujungnya direfund jadi secara total +Rp 10.000).

      Rugi waktu? Ya salah anda sendiri tidak konfirmasi dan memanfaatkan celah kesalahan yang ada sampai abusive 14x transaksi. Saya ga munafik kalo ada barang seperti itu saya coba beli, tapi kalo gagal yasudah namanya juga coba-coba. Atau jika seller minta maaf karena salah input harga saya juga dengan senang hati bantu batalkan order, tidak akan ngotot menyalahkan 1 pihak.

    • 27 Juni 2022 - (11:32 WIB)
      Permalink

      Evaluasi diri utk buyer.. disaat anda ingin membuka discuss di MK, dengan lebih dari 95 komentar yang menyatakan bahwa anda sebagai pembeli tidak berempati, dsb, seharusnya anda bisa mengambil kesimpulan bahwa pemikiran anda lah yg salah, bukan semakin mencari pembelaan sendiri, dengan menyalahkan alasan apapun anda berharap mendapatkan vc kompensasi 14x padahal blibli tidak wajib memberikan kompensasi, sy sering dibatalkan sistem krn seller tidak kirim barang hingga waktu yg ditentukan , normalnya org menanggapi bagaimana ? Ya sudah move on , cari barang di seller lain. Bukannya semakin menjadi-jadi. Anda ingin mengkritik sistem , sedangkan anda sendiri di kritik juga tidak mau. Semoga kejadian ini membuka pikiran anda , bahwa sebelum 1 jari anda menunjuk pada orang lain, ingat ada 4 jari yg menunjuk pada dirimu sendiri , intropeksi diri agar anda menjadi pribadi yg lebih baik dan menyenangkan.

  • 25 Juni 2022 - (17:40 WIB)
    Permalink

    Sudah jelas ada TnC
    “CS Alvin juga memberikan screenshot TnC, dimana Blibli dapat membatalkan secara sepihak jika dirasa harga yang ditampilkan tidak sesuai baik itu harga promo maupun harga reguler.”
    Ga usah kita nunggu konfirmasi kemana2 kita harusnya udah tau itu salah harga, masa semen 1 sak harga Rp 100?
    Ini mah pembeli ga jujur kali, seller salah harga malah mau dimanfaatkan….
    Saya pernah di toped ada harga barang 23jt tertulis cm 2,3jt, saya tau itu salah harga, saya chat ke seller kasih tau kesalahan harga tsb, bukannya maen asal pesen aja memanfaatkan kesalahan org….
    Malu lah, kok pake nulis beginian di MK, membuka aib sendiri yg mau cari untung dr kesalahan org

    27
    • 25 Juni 2022 - (19:25 WIB)
      Permalink

      ayo kak sini discuss bareng, brrti anda menangkap poin yang salah. yang bilang kesalahan orang itu siapa? Anda ya? COBA DIPIKIR !!!. bagaimana bisa barang yang salah harga, bisa di pesan hingga 14x pesanan dan dalam rentang waktu yang berbeda pula, sedangkan seller jg tidak membatalkan pesanan jika mereka tau itu salah. dsini juga seller bukan official store. jangan asal komen kalau blum tau betul. di baca baik” ya. klopun emang kesahan harga knp pula tdk ada due date di sistem sellernya? knp harus nunggu customer kompalin dlu? emang anda pikir kita gak rugi jg? uang tertahan tapi gak ada kejelasan atas barang yg dibeli? sebelum di ketik, dipikir dlu ya.

      2
      36
        • 26 Juni 2022 - (10:31 WIB)
          Permalink

          Sebenernya yang dipermasalahkan disini kan bukan tentang harganya kak, tapi proses yang ada. Knp jika transaksi yg ada tidak terproses begitu lama harus nunggu komplain dlu dr customer? knp sistemnya tdk memiliki due date pemrosesan pesanan? dr 14 trx yg saya lakukan knp cuma di ganti kompensasi 1 vc jika melakukan komplain? tetappi jika terbatalkan otomatis hanya mendaptkan 1 vc? Klo kita berpikir positif ini harusnya bisa menjadi bahan evaluasi untuk Blibli. kalau hanya untuk menghujat orang ya jelas namanya juga netizen.

          1
          19
          • 26 Juni 2022 - (14:54 WIB)
            Permalink

            Pembeli nya yg ga jujur
            Hrsnya di tanya ke seller nya bnr ga hrg segitu sngt murah
            Sy jg prnh jual hp di olx slh psg hrg yg ngechat minat bnyk bnget
            Jujur lbh baik jgn manfaatin kesalahan org

            10
          • 26 Juni 2022 - (18:20 WIB)
            Permalink

            Karena sepertinya anda itu pengincar produk harga ajaib di blibli dgn harapan pesanan akan dibatalkan dan mengantongi voucher2 tsb, terlihat dr cara anda order itu sengaja dipisah 1-1.

          • 26 Juni 2022 - (20:53 WIB)
            Permalink

            Setau gue ya mas. Penjual kalo membatalkan pesanan terlalu banyak. Itu menurunkan kualitas shop nya. Jd yg membatalkan pihak dr blibli. Maka dr itu bisa jd alesan kenapa pesanan situ ga diproses2. Gaada yg dirugikan jg kok mas. Uang dikembalikan + voucher jg malah untung toh. Dan uang yg udh kamu keluarkan jg totalnya ga sampe 10rb jg

      • 26 Juni 2022 - (06:45 WIB)
        Permalink

        **uang tertahan tapi gak ada kejelasan atas barang yg dibeli?**

        Berapa sih uang yang tertahan untuk beli semen seharga Rp. 100? Ditambah permbayaran dengan saldo blipay yang bisa jadi didapatkan dari cashback blibli nya juga.

        Ayo pake hati, gak kasihan apa sama orang dagang?

        19
        • 26 Juni 2022 - (10:33 WIB)
          Permalink

          Oh jelas, yg di permaslahkan disini kan sebenernya bukan harganya kak, tapi SOPnya di jalankan gak? bukankah seharusnya di konfirmasi dlu. Tujuan saya disini sebenernya bukan masalah harganya, tapi agar semua berjalan sesuai dengan SOPnya.

          1
          21
          • 26 Juni 2022 - (13:57 WIB)
            Permalink

            Gini yah.

            Ketika anda beli itu, seller baru sadar dia telah melakukan kesalahan. Lapor sang seller ke blibli supaya dibatalkan. Kenapa dia lapor ke blibli? Sebab kalau seller yang batalkan sendiri, seller bakal kena penalty.

            Pasti pertanyaan anda berikutnya adalah, kenapa bisa hingga14 kali orders? Ketika seller dan blibli lagi email-emailan, seperti pihak blibli minta penjelasan dan birokrasi sesuai SOP nya blibli, anda order terus tuh hingga 14 kali.

            Pasti dengan order 14 kali telah menghabiskan waktu anda yang berharga itu terbukti anda bales semua komentar disini.

            Kalau saya sih pengganguran, jadi waktu saya tidak berharga.

            10
      • 26 Juni 2022 - (09:15 WIB)
        Permalink

        Bisa jadi seller baru sadar ada kesalahan harga setelah anda transaksi dan mungkin di blibli ada prosedur yg harus ditempuh sama seller ke blibli utk membuktikan kesalahan harga dan meminta pembatalan….. Please deh, pakai LOGIKA… ADAKAH SEMEN 1 SAK HARGA Rp. 100???? Jangan MIKIR UNTUNGNYA ANDA AJA, COBA KALAU ANDA YANG DI POSISI SELLER, MAU GA KEJADIAN KAYA GINI?
        NGOTAK DIKIT YA!!

        12
        2
        • 26 Juni 2022 - (10:36 WIB)
          Permalink

          Kenapa tidak, brrti anda gak tau ada jg harga FS? klo seller sadar kenapa tdk dibatalkan? knp jg tdk di proses sebegitu lamanya? knp nunggu kita sebagai cs yang komplain. Ayok mas berpikir positif, klo gk naik ke MK kaya gini, mana mungkin mereka bisa berubah.

          20
          • 26 Juni 2022 - (14:56 WIB)
            Permalink

            Oom ini pembeli yg agak bodoh hrs nya seller ente chat bnr ga hrg semen 100 rupiah / sak
            Ente hidup di zaman batu

        • 26 Juni 2022 - (15:10 WIB)
          Permalink

          Yang mikir untung saja siapa? Ini bisnis boss, klo ada yg gk wajar masa kita mau diam saja? Klo gk di up kek gini, siapa yg bakal ngasih masukan ke mereka, bisa aja setelah kejadian ini jadi ada perbaikan, maklumlah netizen cuma bisa nethink aja

          11
          • 26 Juni 2022 - (15:20 WIB)
            Permalink

            Kalau anda ga mikir untung sendiri, harusnya saat liat harga yg janggal, anda chat seller, bukannya malah sengaja beli sampe 14x transaksi, dan saat sdh dijelasin cs blibli bahwa blibli bisa membatalkan transaksi sepihak karena dirasa janggal, harusnya anda langsung paham, bukan koar2 cari pembenaran. Anda mikir ga kalau ga dibatalkan sepihak oleh blibli seller bakalan rugi? Trus seller akan komplain ke blibli karena merasa blibli kurang melindungi mitranya?
            Gu0bl0k dan e90 kalau dijadiin satu ya kaya anda ini

          • 26 Juni 2022 - (18:52 WIB)
            Permalink

            Kadang keserakahan membuat orang jadi menjijikan…

          • 27 Juni 2022 - (15:36 WIB)
            Permalink

            “klo ada yg gk wajar masa kita mau diam saja”, tapi kakak nya kan juga sadar kalo semen 1 sak harga 100 itu ga wajar. knp kakak ga kasi masukan dlu ke seller nya sblm abuse transaksi berkali2?

    • 26 Juni 2022 - (07:11 WIB)
      Permalink

      Saya heran kenapa MK bisa meloloskan laporan seperti ini. Sudah jelas seperti yang ditulis Jeka, bahwa blibli memiliki TnC bahwa mereka dapat secara muthlak membatalkan transaksi jika ditemukan ketidaksesuaian harga. Pembeli ini sepertinya hanya ingin memanfaatkan kesalahan orang lain, pokoknya maunya barang murah. Dari 14 transaksi, discreenshot ditunjukkan 1 transaksi hanya 1 item (Rp. 100), lalu komplain soal dana tertahan. Sebegitunya kah anda mempermasalahkan Rp. 100? Jika sisa 13 transaksi sama2 juga Rp. 100, maka dugaan saya anda hanya menghabiskan total Rp. 1.400 dan masih dapat voucher Rp. 10.000. Tidak hanya blibli, kadang shopee dan tokopedia juga masih bisa kelolosan memfilter foto produk yang tidak sesuai persyaratan, padahal link tersebut sudah pernah ada transaksi. Maklum, yang filter bukan orang tapi bot, yang juga punya keterbatasan. Lakukan transaksi yang wajar2 saja deh. Enggak ada salahnya cari promo, tapi kalau memang ketahuan pihak blibli dan dinyatakan harga tidak sesuai, ya terima saja. Tidak perlu drama seperti ini hanya untuk mempermasalahkan Rp. 100 di salah satu transaksi nya yang toh juga dikembalikan dan masih dapat voucher

      13
      • 26 Juni 2022 - (09:17 WIB)
        Permalink

        100×14 bro, totalnya CUMA Rp. 1.400….. Yang begini dia bilang udit ketahan tanpa kejelasan, sedangkan dia sendiri beritikad ga baik mau cari untung sepihak atas kesalahan seller yang salah input harga….. Dah gitu masih berasa bener….. SUNGGUH EMPATI PENULIS UDAH GA ADA!!!

        13
        2
      • 26 Juni 2022 - (10:40 WIB)
        Permalink

        Anda membandingkan sesuatu yang bukan apple to apple, sisi seller toped, shopee dan blibli udah jelas sangat beda, Anda mau pasang harga berapa pun di Tokped dan Shopee pasti lolos kok karena tdk ada sistem Auditnya, klo di Blibli harus nunggu berhari” agar produk bisa tayang. 1 lagi, klo memang gk naik kaya gini, apakah mereka akan berbenah? Bahkan saya mebuktikan bagaimana kelemahan sistem mereka dari sisi SDM kok.

        1
        16
        • 26 Juni 2022 - (10:52 WIB)
          Permalink

          Apple to apple? Maaf ya, anda berusaha untuk menggunakan bahasa yang keren tapi sayangnya enggak masuk. Blibli, tokopedia dan shopee sama2 platform jual beli sehingga pembandingnya sepadan. Di shopee tidak bisa seenaknya upload, ada pemeriksaan bot sebelum produk lolos di upload, kadang bisa butuh waktu 1 hari. Di tokopedia tidak bisa seenaknya ubah2 harga walaupun promo, karena produk pasti akan di take down jika ada perubahan harga signifikan dengan alasan manipulasi harga.

          Kelemahan sistem ya tinggal buat komplain saja, enggak usah permasalahkan Rp. 1.400 dan bilang rugi waktu, padahal sudah diberikan voucher Rp. 10.000 secara cuma2. 1 lagi anda sudah tahu kalau kelemahan sistem tapi anda juga memanfaatkan / abuse sistemnya. Sudah tahu salah, tetap saja dilakukan, ketika entah penjualnya sadar atau sistemnya mendeteksi, waktu dibatalkan langsung marah2. Top deh

          8
          1
          • 26 Juni 2022 - (11:02 WIB)
            Permalink

            Jelas berbeda, itu knp saya permasalahkan. saya tau klo mereka semua platform jual beli, tapi disisi seller app jelas sangat bebrbeda, di tokopedia mau psang harga berapapun pasti terupload, meskipun konsekuensinya adalah tokonya moderasi. Apakh diblibli seperti itu? tidak.

            14
          • 26 Juni 2022 - (11:10 WIB)
            Permalink

            1 LAGI, saya tidak permasalahkan harga sama sekali. yang saya pertanyakan adalah alurnya. apakah Blibli sudah konfirmasi ke seller atau tidak? apakah seller menerima punishment atau tidak? dan yang kedua adalah, perbedaan kompensasi saat pesanan dibatalkan dan terbatalkan. ini sebenernya yang ingin saya ketahui.

            19
        • 27 Juni 2022 - (14:35 WIB)
          Permalink

          Ud salah sok pinter yah gini nih. Terlalu gengsi untuk menerima kesalahan sendiri padahal apa susahnya menerima kesalahan. Toh juga situ ga di rugikan. Ga usah pake embel-embel di rugikan waktu. Logika aja si di pake. Waktu anda membuat postingan di MK, membalas dan membaca comment orang-orang disini aja ud lebih lama terbuang waktu sia2. Intinya anda hanya ingin mencari celah kesalahan di sistem dan di seller. Situ juga ga ada niatan untuk menghubungi seller terlebih dahulu menanyakan harga yg ga masuk akal di barang tersebut. Hal sepele anda buat jadi heboh jadi keliatan kapasitas anda sebagai buyer blom siap. Pake acara ngomongin TnC segala ribet amat hidup anda.

    • 26 Juni 2022 - (10:41 WIB)
      Permalink

      saya gk permasalahin harganya sih mas, saya hanya ingin memperbaiki alurnya saja. Saya hanya ingin discuss dengan mereka aja.

      10
      • 26 Juni 2022 - (15:12 WIB)
        Permalink

        disini terlihat jelas ya, niat anda bukan untuk discuss. tapi memanfaatkan kesempatan. kalau niat anda agar blibli memperbaiki diri, cukup berikan masukan secara sopan,bukan dengan gaya arogan seperti ini. anda mau diberikan berapa voucher biar puas? 14?

        • 26 Juni 2022 - (17:34 WIB)
          Permalink

          Loh memang standarnya 14 kok, tolong bedakan vc kompensasi dan vc permintaan maaf. Sebelum di ketik di cari tau dlu bu

          11
          • 27 Juni 2022 - (12:47 WIB)
            Permalink

            akhirnya ketahuan juga, emang anda sebenernya nuntun vocuver sebanyak 14.

  • 26 Juni 2022 - (09:38 WIB)
    Permalink

    buset dah, ada aja orang kayak gini, berani nulis di mk lagi, urat malunya udah putus kayaknya.

    14
  • 26 Juni 2022 - (09:44 WIB)
    Permalink

    Ini keknya abis beli semen promo, manggil tukangnya buat pasang semen juga pakai aplikasi online dg kode promo๐Ÿ˜ƒ

    12
  • 26 Juni 2022 - (09:45 WIB)
    Permalink

    Cm bs tertawa lihat ke kekonyolan penulis. Anda kesal dan sampe ngadu kesini karena kesempatan tuk dpt semen bersak-sak tp dgn harga 100 rp/sak tdk terwujud ya?

    12
    • 26 Juni 2022 - (10:42 WIB)
      Permalink

      poinnya gk nangkep ya? klo cuma masalah semen bisa beli kok. Bukan masalah harganya kak, prosedurnya itu loh.

      16
      • 26 Juni 2022 - (11:31 WIB)
        Permalink

        Anda yakin seller belum dikonfirmasi sama blibli? Tau dari mana?
        Jangan2 malah seller yg minta blibli utk batalkan, karena malas debat sm org kaya anda

        12
        • 26 Juni 2022 - (11:46 WIB)
          Permalink

          hahah, CS aja gk bisa jawab mas udah konfirmasi atau belum? makanya saya sampe post disini.

          12
          • 26 Juni 2022 - (13:33 WIB)
            Permalink

            Walau ga dikonfirmasi ke seller, kan anda sendiri bilang CS blibli sudah kasih TnC yang menyatakan blibli bisa membatalkan sepihak jika dirasa harga yang ditampilkan tidak sesuai baik itu harga promo maupun harga reguler.
            YANG ANDA GA MENGERTI DARI TERMS AND CONDITIONS YANG DI-SS SM CS APA SIH? EGO ANDA, NAFSU SERAKAH ANDA YANG BUAT ANDA GA MENGERTI JUGA….

          • 26 Juni 2022 - (15:02 WIB)
            Permalink

            1 kata aja anda sbg pembeli kurang waras otak anda

        • 26 Juni 2022 - (15:12 WIB)
          Permalink

          Tau drmana anda bilang harga gk sesuai klo gk di konfirmasi terlebih dahulu? Ayo discuss kak

      • 26 Juni 2022 - (17:17 WIB)
        Permalink

        Anda ga mempersoalkan harga? Wkwkwkwkwk, Come on, org bodoh pun akan berpikiran kalau anda emg kecewa tdk dpt semen 14 sak dgn harga 100 perak/sak, makanya anda beli sampai 14 kali.

        • 26 Juni 2022 - (17:36 WIB)
          Permalink

          Bisa baca kan apa yg jdi pertanyaan dan concern saya? Apakah saya ingin barangnya? Tentu tidak.

          • 26 Juni 2022 - (23:36 WIB)
            Permalink

            Tidak ingin barangnya tp transaksi sampai 14x. Kalau cm sekali or dua kali mgkn sy akan paham, lah ini 14 kali. Terlalu serakah anda jadinya gini.

    • 26 Juni 2022 - (17:02 WIB)
      Permalink

      Saya juga mau om kalau harganya segitu hehe,,,tapi kayanya berat di ongkir mending langsung ke toko bangunan aja hehe walapun mahal tapi ongkir gratis

    • 26 Juni 2022 - (20:42 WIB)
      Permalink

      Semua aplikasi jual beli ada kelebihan dan kelemahannya… Jadi tidak serta Merta Qt liat alurnya sesuai dengan keinginan Qt. Sama kalo anda juga seller. Tiap seller berbeda praturannya, ada yg berani meberkan garansi ada yg tidak itu sama halnya anda blng, biar aplikasi jual beli tapi bukan Apple to Apple. Sama seperti anda blng brarti kalo membandingkan tiap seller juga bukan Apple to Apple kena sistemnya berbeda.
      Blibli ada TNC kalo ngga suka dengan TNC nya JGN PAKE APLIKASINYA. SIMPLE

  • 26 Juni 2022 - (12:46 WIB)
    Permalink

    Dengan pembatalan transaksi tersebut pihak Blibli sebenarnya merasa sangat kasihan sama Anda. Andaikan transaksi tetap diproses, Anda harus membayarkan biaya ongkir kurang lebih Rp.500,000 Per-saknya (karena berat per-saknya sekitar 50kg) ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚โœŒ๏ธ

    • 26 Juni 2022 - (15:13 WIB)
      Permalink

      Oh tdk, yg saya sesalkan sebenernya bukan itu kok, cuma mau tau alurny aja

    • 26 Juni 2022 - (21:29 WIB)
      Permalink

      Kasihan juga sellernya, sampai tutup sementara garaยฒ semen rp 100/sak.
      Gara2 semen 100 perak, jadi download blibli ๐Ÿ˜€

  • 26 Juni 2022 - (13:07 WIB)
    Permalink

    Udah untung banyak sih dari 1400 dapet vocer 10rb.
    Gpp terima aja udah, ikhlaskan. Dulu ditokped aja aku kudu beli asuransi ‘stok pasti ada’ jd klo dibatalin dapet vocer 15rb, pdhl cuma beli kongbap 70rb. Ternyata beneran dibatalin krn stok habis. 5hari dapet vocer 15rb.
    Sudah ga usah dibuat pusing masalah 1400 perak aja. Dibilang SOP lah TnC lah, pihak BliBli yg buat, jd mreka yg punya wewenang. Lgpula sdh ada niatan baik diberi vocer 10rb.๐Ÿ˜Š

    • 26 Juni 2022 - (13:35 WIB)
      Permalink

      Buyernya serakah om, makanya masih ngotot kudu dapet lebih, padahal TnC dari blibli sudah di-SS sm cs nya yang menyatakan blibli bisa membatalkan secara sepihak jika dirasa harga yang ditampilkan tidak sesuai baik itu harga promo maupun harga reguler, apalagi yg jadi masalah sama si penulis ini??!!

      • 26 Juni 2022 - (14:51 WIB)
        Permalink

        Buyer seperti Ini jenis / Tipikal manusia memanfaafkan situasi dan kondisi Apapupun demi keuntungan dia. Egois tingkat tinggi. Yang penting dia untung… Orang lain rugi gpp.. Mana mau tau dia… Hahaha maklumin aja.. Kalau bisa komplain ke dunia juga akan dia lakukan.

        • 26 Juni 2022 - (18:15 WIB)
          Permalink

          Tau gak ini tipe orang yang seperti ini : pembeli yang dapat kembaliannya diganti permen/kurang Rp 100, terus marah-marah bilangnya kerjanya penjual ga professional, tapi giliran dapat kembalian kebanyakan Rp 50.000, bilangnya rezeki, salah yang jual ngasih uang kembalian kebanyakan, terus diembat deh duitnya kagak dibalikin wkwkw

      • 26 Juni 2022 - (14:53 WIB)
        Permalink

        Kalau miskin kita bisa maklumin.. Kalau buat beras atau minyak goreng mungkin kita bisa maklumin. Ini beli semen..berarti ga miskin miskin banget. Masih kurang kaya kali… Hahaha mungkin dengan membeli semen 100 rupiah bisa membuat dia jadi milyuner hahaha

    • 26 Juni 2022 - (15:17 WIB)
      Permalink

      Iya nih kak, andai saja sistem mereka punya due date pemrosesan pesenan jg gk bakal kaya gini, sampe harus komplain dlu

      • 27 Juni 2022 - (02:56 WIB)
        Permalink

        Ni TS uda ngerasa paling bner sendiri , semua komen dia ud jelas di dislike dan uda dijelasin dengan jelas di TC blibli padahal masi juga ngotot gila gila..
        Ini contoh model orang yg ke indomart blanja 50rb trs dimintain kembalian 100 buat donasi bisa ngadu nya sampe gubernur ni calon.
        Jauhkan hambaa dari model org kaya gini ya ollohhh ๐Ÿ™๐Ÿ™

    • 26 Juni 2022 - (20:36 WIB)
      Permalink

      Tak bisa ber Word-Word.. ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ
      Unik ya buyer satu ini..๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

  • 26 Juni 2022 - (14:04 WIB)
    Permalink

    Cerewet banget ya buyer kayak gini. Anda kalau jd seller pasti anda jg gak mau kirim kalau ada kesalahan. Maklumin aja kalau ada salah dan jauh banget semen 100 perak. Seller gak mau batalin mungkin sj ada penalty jd nunggu batal by sistem. Masing2 platfrom beda2 aturan

      • 26 Juni 2022 - (19:09 WIB)
        Permalink

        Oo ok anda seller rupanya. Coba pasang harga 100 perak buat barang harga 50rb kasih link di sini nanti kita order 14x ya…!! Kira2 diproses gak yaa???? Logika dan kelapangan hati dipakailah dikit. Sy kalau lihat harga gak wajar di blibli jg sy chat dl sama sellernya. Kadang jg suka di cancel sama sellernya dan dapat vocer. Malah sy seneng di cancel di blibli dapat vocer. Ini dikasih 1 ya trimakasih lah

        • 26 Juni 2022 - (23:31 WIB)
          Permalink

          Mungkin maksudnya mau blibli minta maap ke dia 14x dan dapat voucher 14 x…
          ๐Ÿ’โ€โ™‚๏ธ

  • 26 Juni 2022 - (14:45 WIB)
    Permalink

    Udahlah boss. Anda bikin malu saja… Kalau memang salah seller atau blibli. Intinya iklaskan saja. Demi semen 100 perak anda sampai menghancurkan brand orang. Semoga anda diberikan kekayaaan agar tidak bikin malu lagi dengan sifat seperti ini.

    • 26 Juni 2022 - (15:15 WIB)
      Permalink

      Gk ada yg menghancurkan, saya gk permasalahkan harganya kok, tapi kan ada konsekuensinya, termasuk apa yg saya tulis disini

      12
      • 26 Juni 2022 - (19:00 WIB)
        Permalink

        Kalau 1-2 org yg menghujat / menegur anda, lakukan lah argumen.. tapi kalau semua sudah tidak setuju argumen anda, intropeksi jangan ngeyel

      • 26 Juni 2022 - (23:28 WIB)
        Permalink

        Kasihan hidup anda… Demi semen 100 perak sampai fight mati matian… Pantes anda ga bisa jadi milyuner… Hilangkanlah sifat seperti ini.. Jadi manusia yang lebih toleransi dan tidak menghabiskan waktu untuk hal tidak penting.

  • 26 Juni 2022 - (16:22 WIB)
    Permalink

    wih bahaya jg ya anda jd buyer, kalo seller lalai salah input harga main checkout2 aja bukan nanya dulu. harusnya blibli ga perlu kasih voucher sm buyer macem anda, lagian ngotak lah semen ko 100perak, kalo promo flash sale langsung di halaman khusus ya bisa jadi memang segitu harganya dan pasti ada batas pembelian jg klo promo resmi, skrg bukan promo bukan apa main checkout 14x, aji mumpung giliran ga diproses dan harus sampe komplain ke cs merasa paling terzolimi. ihhh jauh2 buyer kaya anda ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ keliatan ******nya lu hahahhahha

  • 26 Juni 2022 - (17:32 WIB)
    Permalink

    @Nova
    Mas, sepertinya ini penjual niatnya itu produk mau dijadikan draft nya dia dulu. Tp ga sengaja keposting. Banyak kejadian kek gt.
    Sebaiknya pada saat itu seyogyanya mas cek dulu chat ke penjual “apa ini harganya bener 100 perak?”
    Pasti lah kaget penjualnya itu ketika si mas langsung order.
    Kena serangan jantung 14x diorder seharga 100 perak ๐Ÿ˜‚

    • 26 Juni 2022 - (18:16 WIB)
      Permalink

      Sungguh lucu sekali anda. Semoga anda Rabu terus. Otak anda dapat kecoa gratis. Dan ketek anda ada di surga sebelah. :v

      Gpp. Lanjutkan. Haknya dikejar terus. Siapa tahu nyokap, bokap, adek, kakak, kenalan kompleks, temen sekolah, kuliahan dan medsos ga sengaja nongkrong di sini dan bilang , “wah mamase sekarang dah kaya pengacara terkenal ya ngototnya.”

      • 27 Juni 2022 - (00:59 WIB)
        Permalink

        Udah2 percuma debat sama yg posting
        Ujung2nya debat kusir….
        Yg waras ngalah
        Dikasi tahu ngeyel
        Kl ga suka Blibli tinggal uninstall beres
        Wkwkwk

    • 27 Juni 2022 - (02:57 WIB)
      Permalink

      Percuma , modelan bgini pala batu gabakal dengerin org karna dia ud ngerasa bner dluan bukan minta pendapat.

  • 26 Juni 2022 - (18:55 WIB)
    Permalink

    kalau ga terima TnC dari pihak blibli ya gausa pake blibli, apa sebelumnya g membaca TnC nya wkwk

    • 26 Juni 2022 - (21:07 WIB)
      Permalink

      herman gue…masih ada ya orang parah ngeyel kek gini. situ tau T& C kan???
      wkwkwk…

    • 26 Juni 2022 - (21:13 WIB)
      Permalink

      Bagi kakak penulis yang baik hati.

      Saya akan coba menjabarkan “alur” yang mungkin kakak ingin pahami.

      Kesatu disini kakak walau berkali kali mengatakan bahwa kakak tidak mempermasalahkan produk yang dipesan namun berkat keinginan kakak untuk mendapatkan harga tidak normal di salah satu produk yang didaftarkan akhirnya kakak memutuskan untuk tetap memesan juga walau pun sudah menyadari bahwa harga tersebut sangat tidak wajar bukan? (Mungkin harapan nya bisa mendapatkan super bargain)

      Jadi saya pikir kurang tepat dan kurang jujur apabila produk nya tidak dipermasalahkan karena awalnya keinginan mendapatkan produk tersebut yang jadi kendala nya.

      Kedua, pesanan kakak dibatalkan oleh pihak ketiga ecommerce dikarenakan harga yang tidak wajar dan relevan. Mengapa? Kembali ke poin kesatu tertulis bahwa kakak juga memahami kalau harga yang dimaksud sangat tidak wajar.
      Kakak kan sangat pintar dan pasti sudah menyadari hal tersebut.
      Secara logikanya jual produk baik dengan harga yang tidak wajar, kan mencurigakan sekaligus menggiurkan dan kembali kakak juga cukup pintar untuk menyadari hal tersebut.

      Ketiga, poin mengenai voucher, saya pikir sudah cukup baik walaupun tidak sesuai dengan standard kesempurnaan kakak. Dikarenakan secara nilai sudah melampau total belanja kakak, dan mengenai rugi waktu dan sebagainya, sebenarnya tidak juga. Mengapa? Mungkin itu pertanyaan nya, ya sebenarnya kembali lagi ke poin nomor satu.
      Kakak yang mungkin memiliki harapan untuk mendapatkan produk dengan harga super deal diawal cerita mengakibatkan rentetan kendala yang sekarang sedang kakak alami.

      Jadi, bisa dikatakan bahwa kakak tidak rugi waktu karena sedari awal kakak sudah memahami resiko dan akibat yang terjadi dikarenakan tindakan kakak sendiri. Kakak kan sudah cukup pintar, makanya saya yakin kakak pasti memahami dengan baik.

      Akhir kata, saya pikir demikian alurnya.
      Sekarang kembali ke kakak? Apa yang kakak inginkan sebenarnya?
      Saya pribadi tidak percaya bahwa kakak hanya sekedar diskusi alur kerja saja.
      Sebab pada akhirnya tujuan nya mungkin kakak yang oportunis ini ingin mencari safe loophole di system yang tidak sempurna ini.

      Demikian penjabaran saya.
      Semoga bermanfaat bagi kakak dan kendalanya bisa cepat selesai ya.

  • 26 Juni 2022 - (22:37 WIB)
    Permalink

    Yaelah bos ente daritadi bahas masalah alur alur dan alur .
    Tapi akhir2 bahas dapet voucher kok cuman 1 dari 14x transaksi yg dibatalkan .
    Disini keliatan banget klo ente pengen dapet 14 voucher dari transaksi yg dibatalkan .
    Gampang saja untuk pihak blibli kasih ente 14 voucher dengan nominal Rp. 100 juga bisa .

  • 27 Juni 2022 - (00:47 WIB)
    Permalink

    Bos lu sih org paling dibenci di dunia online shop.
    Kebtulan saya seller. Blibli itu ada kesalahan dimana ketika copas harga itu 3 digit belakang tidak ikut berbeda dengan marketplace lain. Jadi mau copas 100,000 malah keinput 100

    Ini fix kesalahan input harga dan anda memanfaatkan terus koar2.

  • 27 Juni 2022 - (01:16 WIB)
    Permalink

    Obatnya diminum belum KK
    Kasihan Masi muda udah gila….

    Moderator media konsumen
    Kasus kayak gini BS lolos padahal yg posting pasien RSJ yg LG kabur
    Wkwkwkwkwk

  • 27 Juni 2022 - (01:25 WIB)
    Permalink

    Sebaiknya kl punya temen spt TS
    Jgn di temenin
    Malu2in
    Punya masalah receh koar2 nya Ampe satu Indonesia
    Dikasi tau biar sadar
    Malah gilanya ga ketulungan
    Wkwkwkwkwk

 Apa Komentar Anda mengenai Blibli?

Ada 108 komentar sampai saat ini..

Pembatalan Pesanan di Blibli Tidak Berdasarkan Konfirmasi Persetujuan โ€ฆ

oleh Mamase Nova dibaca dalam: 2 menit
108