Penanganan Pengiriman Shopee Express Tertunda Berhari-hari

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada Media Konsumen yang telah memuat surat saya. Perkenalkan saya customer Shopee yang melakukan pembelian suatu barang di Shopee dan pengiriman di-handle langsung oleh Shopee Express (nomor resi pengiriman: SPXID021681515976), karena barang berasal dari Shopee Mall (bukan dari penjual yang bergabung di Shopee).

Saya melakukan pembelian barang dan menyelesaikan pembayaran, pada tanggal 16 Juni 2022 pukul 12:56. Namun dari pihak Shopee Mall baru mengirim barang pada tanggal 17 Juni 2022 pukul 10:47. Sesuai dengan yang tertera di aplikasi, estimasi barang diterima pada tanggal 23 Juni 2022, sehingga saya sabar menunggu. Namun sampai sekarang barang masih belum saya terima di tempat.

Saya menunggu pengiriman barang dan selalu saya cek dari aplikasi Shopee sampai mana barang saya. Sesuai keterangan aplikasi, pada tanggal 20 Juni 2022 pukul 10:43, barang sudah sampai di gudang Shopee Express Hub Guntur. Namun pada tanggal yang sama pukul 12:19, ter-update kembali diterima di gudang Shopee Express hub Guntur. Besoknya tanggal 21 Juni 2022 pukul 08:33, kembali ter-update barang sampai di gudang Shopee Express hub Guntur.

Besoknya lagi pada tanggal 22 Juni 2022 pukul 09:08, ter-update lagi barang sampai di gudang Shopee Express hub Guntur. Setelah itu baru pada tanggal 22 Juni 2022 pukul 09:26, status pengiriman di aplikasi Shopee berubah menjadi “paket sedang dibawa kurir menuju ke lokasimu”.

Namun pada tanggal 22 Juni 2022 pukul 15:23 status pengiriman berganti “Percobaan pengiriman paket gagal cuaca buruk”. Padahal di hari itu tidak ada cuaca buruk yang sampai membuat kurir tidak dapat mengirimkan paket. Apakah kurir juga tidak mempunyai nomor telefpn saya yang harusnya tercantum di paket untuk dapat menghubungi saya?

Kemudian masih pada tanggal yang sama 22 Juni 2022 pukul 21:28, status pengiriman kembali ke barang sampai di gudang Shopee Express hub Guntur dan baru pada tanggal 24 Juni 2022 pukul 09:34 itu status berganti kembali “paket sedang dibawa kurir menuju ke lokasimu”. Namun paket masih belum saya terima hingga saya menulis surat ini, yaitu pada tanggal 25 Juni 2022 pukul 19:42

Saya sudah berusaha mencoba menghubungi pihak Shopee, karena untuk komplain pengiriman Shopee Express itu lewat Shopee. Namun jawaban dari mereka hanya untuk menunggu saja. Mereka bilang sudah membuat laporan ke tim khusus mereka entah apa namanya, tapi tidak ada tindak lanjut selama 2 hari.

Saya mencoba membuat pelaporan kembali kemarin. Namun jawaban masih sama kalau sedang ditangani oleh tim khusus dan dalam prioritas dan akan mendapat update informasi, yang sampai sekarang saya tidak mendapat update informasi apa pun. Saya juga sempat meminta untuk dihubungi telepon oleh tim Shopee dalam waktu 1 jam dan oleh customer service bilang akan dihubungi karena sudah disampaikan ke tim khusus. Namun sudah lebih dari 1×24 jam tidak ada yang mencoba menghubungi sama sekali.

Saya mempertanyakan kenapa pengiriman oleh Shopee Express yang dipegang oleh Shopee sendiri, dimana merupakan salah satu e-commerce terbesar di Indonesia, pelayanannya seperti ini? Dari segi pengiriman maupun dari segi customer service-nya.

Zakaria Rizky Purnama
Kota Demak, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee Express:
[Total:51    Rata-Rata: 1.5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

12 komentar untuk “Penanganan Pengiriman Shopee Express Tertunda Berhari-hari

  • 26 Juni 2022 - (23:18 WIB)
    Permalink

    Pdhl tahun2 kmrin shopee banyak “bakar” Duit tuk bayar artes2 dalam acaranya yg entah bawa pengaruh banyak atau tdk. Kesuksesan benar bisa buat org terlena.

    1
    3
    • 27 Juni 2022 - (06:37 WIB)
      Permalink

      Betul, saya rasa tak begitu pengaruh mereka bakar2 duit kayak gtu.. Mending dialihkan buat nambah voucher gratis ongkir pengguna kan jadi tambah senang pengguna makai shopee.. Dari pada sekarang udah ongkir dinaikin voucher juga gk nutup banyak..

      2
      1
      • 27 Juni 2022 - (08:53 WIB)
        Permalink

        Ternyata ga cm saya aja yg mengalami hal ini. Ujung2nya seller dirugikan krn customer malah marah ke seller. Padahal seller kaga tau apa apa. Hasilnya : bintang jelek buat seller. Atau diretur . 100% rugi di seller. Shopee express ya santai santai aja..

  • 27 Juni 2022 - (00:28 WIB)
    Permalink

    karena driver2 shopee lebih memilih mengambil orderan food daripada express, karena awal perekrutan banyak yg memilih mendaftar jadi driver shopee food ketimbang jadi driver shopee express. express tidak banyak peminatnya, jadi orderan express dipaksakan masuk ke driver shopee food.

    3
    1
  • 27 Juni 2022 - (06:33 WIB)
    Permalink

    Ia mbak/mas, sya juga merasakan hal yang sama..
    Sya co di 4 toko shopee yg berbeda,pengiriman 2 menggunakan shopee express, jnt sama sicepat,pengiriman medan-padang, yg jnt sudah sampai dari kemaren sedangkan 3 lagi masih di pengiriman line haul medan atau apalah namanya.. Wkwkw cuma bisa sabar doang..

    1
    1
  • 27 Juni 2022 - (06:53 WIB)
    Permalink

    Sama bro gua barang gua juga stuck heran dah dengan Shoppe ini
    Barang gua sudah lewat dari estimasi

    1
    1
  • 27 Juni 2022 - (08:28 WIB)
    Permalink

    Sama gue juga. Tapi lebih lama udah seminggu gak dikirim kirim sama ekpedisi Shopee express

  • 27 Juni 2022 - (09:20 WIB)
    Permalink

    Sepertinya banyak orang kurang update dan dengan tenang belanja di shopee.. padahal sebagian besar keluhan konsumen e-commerce itu ya shopee.. termasuk penjual.. shopee udah mau bangkrut lg PHK besar2an.. biarpun katanya indonesia ga terpengaruh kata shopee indonesia, tp masa iya shopee induk kena problem cabang indonesia santai aja? Komen shopee indonesia ga lebih dari lips service untuk menjaga kepercayaan konsumen, HINDARI SHOPEE

  • 27 Juni 2022 - (22:33 WIB)
    Permalink

    Untuk kendala pengiriman sudah selesai dan barang sudah diterima setelah tim media shopee menghubungi saya. Melihat dari komentar banyak yg mengalami hal sama, semoga untuk pengiriman bisa lebih baik kedepannya. Terima kasih

    1
    1
  • 30 Juni 2022 - (05:43 WIB)
    Permalink

    Persis dengan case nya saya ini, cuma kalo case saya sampe hari ini tgl 30 juni ga ada kemajuan

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee Express?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

Penanganan Pengiriman Shopee Express Tertunda Berhari-hari

oleh Zakaria dibaca dalam: 2 menit
12