Akun Shopee Diblokir karena Terindikasi Melakukan Penyalahgunaan Proses Pengajuan Pengembalian Barang dan Dana

Pada hari Kamis 9 Juni 2022, saya membuka aplikasi Shopee untuk mengecek penjualan di toko saya. Namun tiba-tiba akun saya ter-logout. Saya mencoba log-in kembali, tetapi terdapat notifikasi ” Gagal Log-in (F02): Akun sedang di tinjau karena alasan keamanan atau karena ada aktivitas yang melanggar peraturan komunikasi Shopee.”.

Akhirnya saya mengajukan banding mengapa akun Shopee saya dibatasi dan tidak bisa log in. Lalu Shopee meminta data bukti screenshot kendala dan lampiran foto KTP.

Pada keesokan harinya tanggal 10 Juni 2022, ada informasi bahwasanya saya harus menunggu 30 hari ke depan, terhitung dari tanggal 9 Juni 2022 setelah saya mengajukan banding, karena dalam pemantauan dan analisa Shopee mengapa akun saya bisa diblokir/dibatasi.

Tanggal 20 Juni 2022 akhirnya akun saya bisa log-in kembali. Namun Akun Shopee Seller saya tidak bisa digunakan, karna dihapus/diblokir. Akhirnya saya follow up kembali via email ke Shopee meminta kejelasan detail kesalahan apa sampai akun jualan saya tidak bisa di gunakan lagi/diblokir. Balasan Shopee, tetap harus menunggu 30 hari ke depan terhitung dari tanggal 9 Juni 2022.

Setelah menunggu 30 hari, tanggal 21 Juli 2022, saya mendapatkan email kembali dari Shopee dengan informasi bahwa akun saya terindikasi melakukan penyalahgunaan proses pengajuan pengembalian barang dan dana.

Bukankah pada proses pengembalian barang dan dana ada pihak penjual dan Shopee sebagai pengambil keputusan terakhir? Di sana ada kesepakatan antara penjual dan pembeli. Apabila tidak terjadi kesepakatan, ada pihak Shopee sebagai penentu keputusan akhir yang mutlak. Lalu penyalahgunaannya dari mana?

Proses pengembalian barang dan dana yang saya lakukan pun sudah sesuai dengan kebijakan yang telah di atur oleh Shopee. Berikut saya lampirkan screenshot proses pengajuan pengembalian barang dan dana terakhir di akun saya.

Saya mohon keadilan dan meminta pihak Shopee untuk mengaktifkan kembali akun jualan saya yang terblokir supaya bisa berjualan kembali. Terima kasih Media Konsumen dan pihak Shopee.

Ahmad Lutfi Falahuddin
Kab. Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Jualan online di Shopee:
[Total:63    Rata-Rata: 2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

24 komentar untuk “Akun Shopee Diblokir karena Terindikasi Melakukan Penyalahgunaan Proses Pengajuan Pengembalian Barang dan Dana

  • 26 Juli 2022 - (15:59 WIB)
    Permalink

    Sangat disayangkan sih kakak akhirnya berimbas ke toko kakak.

    Dari pengalaman ini pentingnya video unboxing dari paket belum dibuka tanpa terpotong, sebagai penjual juga suatu saat kakak akan mengalami hal yang sama menghadapi pembeli yang mengajukan pengembalian barang/dana.

    Hal ini bentuk proteksi marketplace terhadap seller sehingga perlu berhati-hati pada saat mengajukan pengembalian barang/dana harus didukung bukti yang valid.

    • 26 Juli 2022 - (16:13 WIB)
      Permalink

      Sudah semua saya lakukan ka sesuai prosedur & arahan dari shopee
      Seperti video unboxing tanpa terpotong ( di videokan jga resi & di perlihatkan jga dari semua sisi )
      Video detail bagian cacat barangnya dimana
      Foto detail barang cacat nya di bagian mana
      Foto resi barang tersebut

      Sudah semua saya lampirkan

      Heran sama shopee penyalahgunaannya dari mana, semua sudah saya lakukan sesuai dengan prosedur yg telah di tulis oleh shopee.

      Efeknya malah saya yg di rugikan akun toko tempat saya cari rezeki malah di blokir 🙁

      3
      2
      • 26 Juli 2022 - (16:22 WIB)
        Permalink

        Apakah video unboxing tidak terpotong sampai terlihat barang cacatnya? atau video barang cacatnya berdiri sendiri?

        • 26 Juli 2022 - (16:27 WIB)
          Permalink

          Tidak ka, video barang yg cacat di videokan secara terpisah.
          Tapi itu sudah jelas kan keputusannya di menangkan oleh seller, bukan oleh saya. Masa iya karna video unboxing yg di ambil secara terpisah efeknya akun saya jadi di blokir, toh saya pengajuanpun sudah jujur apa adanya. Saya blow up di media konsumen pun karna saya merasa sangat di rugikan oleh shopee

          3
          3
          • 31 Juli 2022 - (13:08 WIB)
            Permalink

            trus solusinya bagimanaa..kok sama kayak tulisan saya…kak berbagi pengalaman yuks tolong add saya ya 087700531653

        • 26 Juli 2022 - (16:27 WIB)
          Permalink

          Sebagai saran saat membuat video unboxing langsung diperiksa apakah barang lengkap dan berfungsi dengan baik, termasuk ujicoba apabila barang berbentuk elektronik atau sejenisnya. Video ini tidak boleh terputus agar supaya valid.

          Bila video terpisah/terputus agak susah sih kakak bukannya tidak mempercayai kakak hanya saja bukti video tanpa terputus satu-satunya cara agar komplain kita diyakini kebenarannya.

          Hal tersebut untuk kenyamanan bersama seller dan buyer apalagi kakak sebagai seller suatu saat akan mengalami hal tersebut.

          1
          1
          • 26 Juli 2022 - (16:34 WIB)
            Permalink

            Sebagai saran juga jangan ajukan pengembalian barang/dana bila kita tidak memiliki bukti tersebut dikarenakan kita dianggap melakukan pengajuan yang tidak benar dan pada akhirnya berimbas di pemblokiran akun.

            Sebagai pengalaman saja kakak, mudah-mudahan pengajuan pembukaan blokir toko kakak bisa diapprove marketplace.

            3
            1
      • 27 Juli 2022 - (12:27 WIB)
        Permalink

        Saran akun jualan mending bedai. Ma akun beli. Supaya ga saling teekait kalo ada masalah

  • 26 Juli 2022 - (18:19 WIB)
    Permalink

    kendala saat ini dalam penanganan tim Shopee, mohon team shopee agar bisa secepatnya membuka kembali akun saya yg di blokir supaya saya bisa kembali berjualan.

    • 27 Juli 2022 - (09:00 WIB)
      Permalink

      jangan pernah beli barang pakai akun jualan. Toh, jika kamu selaku seller menemui kasus ini, pasti meminta video unboxing full tanpa terputus.

  • 27 Juli 2022 - (09:10 WIB)
    Permalink

    Ente jgn memperkeruh masalah, toh org saya juga gatau bakal kaya begini. Di sini posisi barang bukan cuma 1 pcs, jadi saya hanya video unboxing saja dan mengeluarkan barang yg ada di isi paket. Di situ ada banding antara seller buyer & shopee, di atas jga udh di jelas banding di menangkan oleh seller. Jadi ada keputusan akhir dari shopee, apa iya permasalahannya sampai di blokir akun nya ? Saya blow up di sini karna merasa tidak di adili oleh shopee

  • 27 Juli 2022 - (09:19 WIB)
    Permalink

    Videonya harus pas unboxing barang dikeluarkan dari kardus kiriman nah kalo udah keluar divideoin ya ga terima selulernya.sapa tahu jatuh trs rusak trs difoto

  • 27 Juli 2022 - (09:43 WIB)
    Permalink

    Wah kacau banget shopee mutus rezeki org kalo kaya begini jadi gabisa jualan karna akun nya di blokir

  • 27 Juli 2022 - (14:25 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah akun shopee jualan saya skarang bisa kembali di gunakan per hari ini tanggal 27 Juli 2022.
    Terimakasih media konsumen sudah membantu proses pemulihan akun saya yang terblokir, terimakasih juga kepada Team SHOPEE yang sudah merespon baik sehingga akun saya bisa di gunakan kembali 🫶🏻🫶🏻🙏🏻

  • 27 Juli 2022 - (15:38 WIB)
    Permalink

    astaga cuma uang 25rb minta refund.. bukti video terpisah lagi..

    dan sepertinya seller report pembeli, akhirnya terblokir..

    sebagai seller harusnya sdh tau dong syarat unboxing seperti apa,, buat pelajaran kita semua sih..

    2
    1
  • 27 Juli 2022 - (16:39 WIB)
    Permalink

    Nah kan ud aktif lagi, tarik semua dana yg nyangkut. Tutup toko di sopi, pindah ke marketplace lain

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan online di Shopee?

Ada 24 komentar sampai saat ini..

Akun Shopee Diblokir karena Terindikasi Melakukan Penyalahgunaan Prose…

oleh Ahmad dibaca dalam: 1 menit
24