“Request Refund” di Traveloka Selama 2 Tahun Belum Dibayarkan

Saya Bayu Susanto, adalah pelanggan Traveloka. Pada hari Kamis 06 Februari 2020, saya melakukan pembelian tiket pesawat internasional dengan rute Jakarta – Manila – Jakarta, untuk penerbangan tanggal 23 Mei – 28 Mei 2020, dengan maskapai Filipina Cebu Pacific. Saya sudah mentransfer sejumlah dana sebesar Rp2.997.448 ke Rekening BCA atas nama PT. Trinusa Travelindo ( Traveloka).

Seiring berjalannya waktu, sekitar bulan Maret situasi wabah (pandemi) Covid-19 mulai booming, otomatis untuk penerbangan ke luar negeri ditutup sampai dengan batas waktu yang tidak bisa diputuskan. Untuk itu saya memutuskan untuk request refund ke pihak Traveloka.

Setelah beberapa hari, saya mendapat informasi dari Traveloka bahwa tiket saya tidak bisa di-refund in cash, tapi diganti dengan travel voucher dengan masa aktif sampai dengan 2 tahun. Saya menolaknya, karena waktu itu belum pasti tahu kapan mulai dibuka penerbangan lagi ke luar negeri, salah satunya Filipina.

Saya tetap aktif menghubungi dan follow up proses refund saya ke pihak Traveloka. Sampai saya juga follow up langsung ke pihak airline. Namun belum ada jawaban yang pasti, karena mereka tetap menawarkan sistem travel fund. Sebenarnya sudah ada konfirmasi dari customer service Traveloka, bahwa tiket saya bisa di-refund cash. Saya follow up lagi, ternyata dari pihak Traveloka menyampaikan bahwa tiket tidak bisa di-refund in cash, karena Traveloka mengikuti peraturan airline dan tidak bisa mengubah sistem dari airline.

Saya masih tetap follow up selama 2 tahun lebih dan saya juga sudah dapat informasi via email dari pihak maskapai Cebu Pacific, bahwa tiket bisa di-refund in cash. Kemudian saya forward email dari pihak maskapai ke pihak Traveloka. Namun sampai sekarang uang saya belum di-transfer dan masih under process.

Saya mohon untuk pihak Traveloka untuk mengembalikan uang saya, karena untuk saat ini lebih penting uang saya bisa balik. Saya sudah lama menjadi pelanggan Traveloka, jangan sampai hanya karena sistem yang sebenarnya bisa diproses oleh pihak Traveloka menjadi kelihatan birokrasi dan berputar putar tidak jelas.

Terima kasih.

Bayu Susanto
Klaten, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Traveloka:
[Total:20    Rata-Rata: 1.5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

24 komentar untuk ““Request Refund” di Traveloka Selama 2 Tahun Belum Dibayarkan

  • 30 Juli 2022 - (19:23 WIB)
    Permalink

    Hah? Masih ada saja sisa bangkai pembatalan penerbangan yang belum di refund.
    Saya juga mengalami pembatalan perjalanan ke Malaysia, Maret-April 2020, tapi saya beli langsung ke Maskapai (Air Asia), tawaran Kredit Akun saya terima, jadi sampai sekarang masih di kredit akun, dan sudah diperpanjang masa berlakunya sampai April 2023. Itu pun bisa digunakan memotong dana untuk Pembelian tiket rute yang lain.
    Mungkin lebih baik gaskeun dulu ke CebuPacific, mengingat sudah ada komunikasi ke sana. Tanyakan di sana status cash refund anda. Banyak kejadian, Maskapai sudah refund tapi biro travel nya yang cuek.

    • 30 Juli 2022 - (20:58 WIB)
      Permalink

      Saya sudah mencoba komunikasi selama 2 tahun lebih pak . Memang ada penawaran travel voucher tapi saya tidak setuju karena setelah bulan Maret 2020 mulai booming Kasus COVID 19. Akhirnya sekitar bulan februari 2022 saya mendapat email dari maskapai untuk memproses refund dan saya follow up lagi dengan Traveloka tapi Jawaban nya selalu menunggu konfirmasi dari airlines padahal dari email sudah jelas pihak maskapai memberikan autorisasi untuk proses refund lewat agen ( Traveloka.id) berarti sudah jelas pihak Traveloka yg sengaja mempersulit proses refund in cash

      • 31 Juli 2022 - (07:16 WIB)
        Permalink

        Sama juga pak, saya juga mengalami hal yang sama, padahal saat itu pihak traveloka yang membatalkan penerbangannya, dan mengirimkan sms pembatalannya ke saya. Namun sampai saat ini tidak ada kejelasan mengenai refund nya, dan dana saya yang tertahan lebih besar.

        • 31 Juli 2022 - (07:29 WIB)
          Permalink

          Coba chat langsung dengan customer servicenya pak di aplikasi Traveloka. Screenshot semua bukti percakapan. konfirmasi juga ke airline apakah benar ada pembatalan sepihak atau mungkin dari airline sudah refund dana tapi pihak traveloka coba di konfirmasi.

      • 2 Agustus 2022 - (23:00 WIB)
        Permalink

        Banyak kejadian begitu. Uang refund sudah dikembalikan oleh maskapai ke travel agent. Tapi yang ada dipingpong sana sini. Prinsip saya, ke mana saya menyetor pembayaran di situ saya tuntut refund. Begitu pun kalau bermasalah pada hotel saya telp travel agent untuk membereskan. Dia macam-macam saya bilang, “Duit gue transfer di rekening perusahaan loe!”

  • 31 Juli 2022 - (00:46 WIB)
    Permalink

    Sama, Sy juga refund traveloka bulan 12/2021
    Tapi jawabnya traveloka menunggu confirmasi Dari maskapai.

    • 31 Juli 2022 - (07:30 WIB)
      Permalink

      Kita kejar terus sampai dapat .. buat surat pembaca di sini saja pak. Saya juga sudah kirim kan link nya ke customer servise Traveloka. Sampai sekarang juga belum ada tanggapan dari pihak Traveloka.

    • 3 Agustus 2022 - (10:19 WIB)
      Permalink

      Di follow up Terus saja pak .. karena kalau kita tidak aktif menanyakan, mereka tidak ada konfirmasi sama sekali.

  • 31 Juli 2022 - (07:26 WIB)
    Permalink

    Kalau kebijakan refund dari maskapainya hanya ada opsi berupa travel voucher untuk tiket yang dibeli lewat pihak ke 3 (OTA), harusnya terima aja. Gak bisa ngeyel minta refund cash. OTA hanya bisa mengikuti kebijakan maskapai. Apalagi kalau maskapai low cost dan gak beli langsung lewat web maskapai. Itu voucher yang menerbitkan maskapainya, bukan voucher terbitan si agen.
    Aku juga mengalami 2 tiket maskapai full service tahun 2020 di-refund dalam bentuk voucher dari maskapainya melalui 2 OTA yang berbeda. Pada akhirnya voucher dari maskapai aku pakai untuk beli tiket lagi di tahun 2020 akhir & 2021.

    • 31 Juli 2022 - (07:35 WIB)
      Permalink

      Mohon maaf bukan masalah travel voucher tapi masalah situasi nya dulu masih booming Kasus COVID 19. Otomatis kita tidak bisa tahu kapan berakhirnya. Sampai dengan expired pun baru di buka penerbangan internasional ke Filipina. Jadi memang dari pihak maskapai sudah menawarkan dan memberikan autorisasi ke customer untuk memproses refund cash tapi pihak traveloka selalu menyampaikan informasi bahwa tidak bisa di refund in cash. Saya follow up Selama 2 tahun.

    • 2 Agustus 2022 - (23:35 WIB)
      Permalink

      Sekilas komentar kamu seperti org Traveloka yang menyudutkan penulis yang mengatakan jangan ngeyel meminta Refund Cash padahal dari maskapai sudah menyatakan bisa Refund Cash. Jika benar kamu org Traveloka sebutkan Nama lengkap kamu. Lihat “case” Refund aku di MK ini dan komentari. Jangan asal ngomong kamu. Kamu tidak berhak menghakimi karena kamu tidak punya kapasitas dan complain ditujukan bukan untuk kamu, jadi diam saja lebih baik jika tidak merugikan kamu. Memang SOP Traveloka kerja hanya untuk BERBOHONG. Aku punya Buktinya dan setelah terbit di MK Traveloka PANIK lalu segera mengembalikan Dana Refund aku yg mereka tahan karena aku di posisi yang benar dibuktikan dgn statement pihak maskapai.

      • 3 Agustus 2022 - (10:17 WIB)
        Permalink

        Memang kalo misal nya belum mengalami Langsung memang gampang banget menilai nya pak. Saya sudah menunggu 2 tahun lebih.apalagi saat Pandemi ini uang 3 juta Sangat besar sekali. Gaji 1 bulan lebih.

  • 31 Juli 2022 - (09:03 WIB)
    Permalink

    Sudah tak sampaikan Alasan yg jelas karena covid 19 menggila banget waktu itu bang cuman dari pihak maskapai memang sempat menyampaikan bahwa tidak ada pembatalan penerbangan. Tapi kan di negara kita tidak memberikan ijin untuk keluar negeri kecuali tenaga medis untuk keperluan kesehatan. Dari pihak Traveloka juga mengikuti peraturan maskapai dan tidak ada wewenang untuk mengubah tapi logika nya untuk alasan keselamatan penumpang dan Force majeure ( bencana) itu Harus nya bisa di refund dong tapi sampai saat ini uang saya tidak
    di kembali kan.

  • 2 Agustus 2022 - (07:06 WIB)
    Permalink

    Traveloka lagi -,-‘
    Saya juga kecewa berat refund Traveloka yang buruk.
    Banyak sekali juga yang complain masalah refund di Traveloka.
    Kenapa halaman media konsumen juga dipenuhi iklan Traveloka ya.

    • 3 Agustus 2022 - (10:21 WIB)
      Permalink

      Memang banyak sekali yg komplain juga dengan Traveloka pak .. ternyata bukan saya saja. Iya juga ya kok ada iklan traveloka di sini

    • 2 Agustus 2022 - (10:17 WIB)
      Permalink

      Iya betul sekali sudah 2 tahun lebih dan jawaban nya berputar-putar tidak jelas dengan alasan Pengecekan lah , sedang di koordinasi kan dengan team refund lah. Dan akhirnya masih sama seperti itu berulang-ulang. Saya masih simpan semua percakapan lewat live Chat di aplikasi dan Lewat email juga. Ternyata banyak yg komplain juga ke traveloka soal kebijakan refund yg sengaja di persulit. Sangat mengecewakan sekali dan tidak profesional.

        • 3 Agustus 2022 - (00:35 WIB)
          Permalink

          Hmm….lagi2 traveloka …emang jasa 1 ini masalah …utk penulis semoga segera selesai permasalahannya

          • 3 Agustus 2022 - (10:25 WIB)
            Permalink

            Terima kasih pak .. sebelum nya juga lancar lancar saja tapi sejak pandemi kok jadi gak jelas gini. Toko sebelah kayak nya Lebih bagus service nya

        • 3 Agustus 2022 - (10:24 WIB)
          Permalink

          Di up kan terus di sini pak biar jadi pembelajaran bahwa tidak semua customer itu bisa di bodohin dengan statement yg berulang ulang.

    • 3 Agustus 2022 - (10:23 WIB)
      Permalink

      Betul sekali pak… Sangat mengecewakan sekali sudah 2 tahun lebih saya terus menanyakan tapi alasan nya selalu masih dal am pengecekan dengan maskapai. Kan aneh

 Apa Komentar Anda mengenai Traveloka?

Ada 24 komentar sampai saat ini..

“Request Refund” di Traveloka Selama 2 Tahun Belum Dibayar…

oleh Bayu dibaca dalam: 1 menit
24