Penipuan Mengatasnamakan Kredivo

Pada hari Jumat tanggal 29 Juli 2022, saya mengalami penipuan yang mengatasnamakan platform Kredivo. Kejadian ini diawali ketika aplikasi Kredivo meminta untuk di-update, pada malam harinya tanggal 28 Juli 2022. Kemudian saya update, tetapi mengalami proses yang lama, bahkan hingga pagi hari.

Lalu ada option yang mengarahkan pada email Kredivo dengan judul update program Kredivo. Saya pun melaporkan keluhan atas apa yang saya alami. Setelah itu, ada 3 nomor yang mengatasnamakan Kredivo yang menghubungi saya melalui WhatsApp.

Saking bingungnya, hanya 1 nomor yang saya tanggapi, dengan pikiran yang positif. Kemudian saya diarahkan pada website kredivomu.zyrosite.com. Dari situ saya diarahkan untuk mengisi nama, telepon dan PIN.

Singkat cerita, siang harinya sekitar pukul 1, ada email masuk yang menerangkan telah terjadi transaksi melalui Tokopedia dengan pembayaran Kredivo saya. Saya shock, ternyata saya ditipu. Kenapa bisa terjadi, padahal saya mengeluhkan via email awalnya? Apakah email Kredivo bermasalah atau bagaimana saya kurang mengerti.

Lalu saya menghubungi CS Kredivo dan saya laporkan kejadian ini. Saya diminta menunggu 5 sampai 7 hari ke depan, dengan nasib yang menggantung, karena saya dibebankan tagihan total kurang lebih Rp10 juta. Ya Allah, sejahat itukah, sedangkan saya tidak pernah berhutang sebesar itu.

Mohon agar Kredivo bisa membantu segera mungkin untuk solusinya, karena jujur saya tidak mampu dan mau membayar apa yang sebenarnya bukan menjadi tanggungan saya.

Latif Sufi Alhamdan
Depok, Jawa Barat


Update (19 Agustus 2022): Surat pembaca di atas, kembali mendapat tanggapan dari pihak Kredivo sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Kredivo atas Surat Bapak Latifsufi Al Hamdan

Terima kasih atas informasi yang Bapak Latifsufi Al Hamdan sampaikan di website MediaKonsumen.com pada tanggal 7 Agustus 2022 pada kolom...
Baca Selengkapnya

49 komentar untuk “Penipuan Mengatasnamakan Kredivo

  • 7 Agustus 2022 - (10:33 WIB)
    Permalink

    Bagi orang awam yang membaca, bila ada yang telepon ngaku mereka dari suatu perusahaan, atau apalah, disuruh buka web, lihat web nya secara teliti, offical web link bakal ada icon “gembok” yang terkunci, jika tidak ada ada gemboknya tidak secara terkunci, atau icon nya berbentuk “warning” maka itu bukan official web link dan itu adalah penipuan

    17
    1
    • 7 Agustus 2022 - (16:35 WIB)
      Permalink

      Lah itu form app ada gemboknya, google form juga ada gemboknya. Intinya kalau disuruh login diluar aplikasi kredivonya jangan mau ngisi. Sabar aja tunggu sampe bisa buka aplikasinya.

      • 8 Agustus 2022 - (10:13 WIB)
        Permalink

        silakan baca linknya terlebih dahulu, my.forms.app adalah website gratis untuk semua orang membuat forum, itu sama dengan Google Forum, makanya ada icon gembok, tidak ada masalah untuk menggunakan website tersebut

    • 12 Agustus 2022 - (08:05 WIB)
      Permalink

      harusnya bisa dilacak, colek pawangnya
      spill @kominfo, @cyberpolri, @ojk, @google.co.id

  • 7 Agustus 2022 - (12:15 WIB)
    Permalink

    “Kemudian saya update, tetapi mengalami proses yang lama, bahkan hingga pagi hari. Lalu ada option yang mengarahkan pada email Kredivo dengan judul update program Kredivo.”

    Jika memang anda install aplikasi Kredivo dari Google Play Store, Segera cek ponsel anda, kemungkinan besar ada malware yang melakukan exploit pada beberapa aplikasi keuangan. Jika aplikasi Kredivo anda install DI LUAR Google Play Store, itu resiko besar yang menjadi konsekuensi anda.

    “Saking bingungnya, hanya 1 nomor yang saya tanggapi, dengan pikiran yang positif. Kemudian saya diarahkan pada website kredivomu.zyrosite.com. Dari situ saya diarahkan untuk mengisi nama, telepon dan PIN.”

    Jika anda awam dengan teknologi informasi, ada baiknya ada orang lain yang paham untuk mendampingi. Alamat web tersebut di atas jelas-jelas penyesatan. Jika anda menyudutkan atau menyalahkan pihak Kredivo, secara hukum posisi anda lemah.

    Ada hikmah di balik kasus ini, yaitu jangan pernah menuruti permintaan update dari aplikasi bersangkutan. Lakukan cek ke toko resmi (Google Play Store) jika memang ada update. Jika ada, lakukan hanya dari sana.

    10
      • 10 Agustus 2022 - (06:03 WIB)
        Permalink

        Ada kebocoran data dikredivooknumnya mainin data nasabah. Pasti kredivo bakal sembunyiin fakta ini.
        Say jadi sadar kredivo ga jauh beda sama pinjol abal2

    • 12 Agustus 2022 - (08:16 WIB)
      Permalink

      setuju dengan anda, hanya saja korban memberikan pin dll karena penggiringan opini palsu yang dilakukan penipu untuk ‘menjebak’ korbannya. menurut hemat saya para penipu yang secara sah ataupun tidak terlibat dalam ‘mengendalikan’ aplikasi diplaystore harusnya bisa dilacak.

  • 7 Agustus 2022 - (15:13 WIB)
    Permalink

    Itu anda mengisi form log in palsu dari link kredivo palsu. Anda sdh memberikan username, pin dan otp. Itu sih susah untuk dibantu sama kredivo. Karna prosesnya benar anda yg salah soalnya. Makanya hati2 kalau disuruh isi macam2 di portal website.

  • 7 Agustus 2022 - (15:36 WIB)
    Permalink

    Padahal kredivo udah sering bilang “WASPADA PENIPUAN, KREDIVO TIDAK AKAN PERNAH MEMINTA PIN/PASSWORD/OTP ANDA, JANGAN BERIKAN KEDAPA SIAPAPUN”

    Bahkan hampir setiap instansi sampe bank semua begitu. Contoh di BRI, sy pernah tanya “mba klo ada yg ngaku BRI lalu minta pin/pasword gmn?” Dijawab sama CS nya “pihak BRI tidak akan pernah meminta pin/password/otp anda, bahkan klo ada yg ngaku direktur utama BRI lalu minta pin/password/otp jangan dikasih. Karena itu adalah kerahasiaan dafa finansial anda”

    Yah tp itu di dunia tertib administrasi.. Di dunia nyata masih ada aja yg tertipu seperti ini. Semoga cepet selesai masalahnya lah ya.. Amin

    • 8 Agustus 2022 - (09:29 WIB)
      Permalink

      Aamiin….
      Trimakasih pak doanya, semua berawal saya mèngirim email kepihak kredivo. Bukan tiba2 ada telp. Segitunya saya masih disalahkan.
      Kecewa sekali saya dgn pihak kredivo

      2
      2
  • 7 Agustus 2022 - (17:26 WIB)
    Permalink

    Terus masalah nya apakah ts harus ganti yang tidak dia lakukan?
    Kalo ganti jangan sembarang an serahkan jati diri pada yang ngaku2 kredivio ?

  • 7 Agustus 2022 - (17:46 WIB)
    Permalink

    Apakah kredivo tidak bisa membantu melacak / koordinasi dgn market place tempat penipu itu belanja (Data transaksi)?Dari sini bisa kelacak kemana alamat barang yang di beli tersebut dikirimkan.Dengan bukti data transaksi tsb mungkin bisa jadi bahan laporan ke pihak yang berwajib.Salah satu kelemahan kredivo di market place itu menurut adalah kurangnya pertanyaan PIN / Finger Print setelah kode OTP dikirimkan.Jadi bagi kita kita yg Nomer HP nya terinstal aplikasi Kredivo dan Marketplace sangat rawan penyalahgunaan.

    • 7 Agustus 2022 - (18:58 WIB)
      Permalink

      Kayaknya enggak bisa soalnya gateway pembayaranya beda, jadi tokopedia tidak berhak menyimpan data pembayaran kecuali disimpan pihak ke3 (midtrans contohnya yang bekerja sama) kredivo hanya menerima informasi kategori barangnya saja untuk laporan ojk

  • 7 Agustus 2022 - (22:51 WIB)
    Permalink

    awalnya email kemana ga dijelasin, ko bisa sih sampai tiba2 ada yang wa 3 nomor

    • 8 Agustus 2022 - (09:05 WIB)
      Permalink

      Awalnya kirim email ke hall@kredivo.com, berawal dari itu. Sesaat kemudian bnyk yg menelepon, atas nama kredivo dan coba buat membantu menangani masalah tsebut. Saya bfikir positif saja diawal, krn awalnya saya mengirim email keluhan krn kredivo tdk bisa diakses. Kecuali tiba2 ad telp tanpa saya melakukan apa2, baru saya bisa mencerna itu penipuan. Dasar awalnya itu

      • 11 Agustus 2022 - (12:50 WIB)
        Permalink

        Pertanyaan mendasar, dapat email itu darimana? Kalau klik dari aplikasi pasti yg akan muncul adalah email support@kredivo.com karena hanya itu yg tertera diaplikasi. “Kesalahan” anda yg kedua, tidak cermat membaca link yg diberikan, padahal jelas dari yg anda sampaikan diatas, link itu adalah link palsu bukan link resmi kredivo. Yg ketiga, jika saya cermati lampiran skrinsut anda, ada yg anda tutup tutupi, karena tdk utuh anda menampilkan skrinsut kronologi dari awal. Mungkin karena anda sebenarnya menyadari bahwa memang ini adalah kecerobohan anda, maka anda tdk sampaikan kronologi secara utuh.

        • 11 Agustus 2022 - (13:08 WIB)
          Permalink

          Maaf pak, untungnya saya bohong itu apa pak? Masya allah…..
          Untungnya saya apa coba….
          Ya allah….saya sudah jelaskan detail dari awal, bpk ini kenapa terkesan menyalahkan saya, saya bukan seorang kriminal pak…ya allah…mudah sekali menjudge orang.
          Coba mau yang mana lagi yang harus saya screenshoot…saya kasih pak. Apa ada judulnya orang ketipu yang disalahkan korban bgtukah? Korban disalahkan bgtukah, masya allah…pernah tertipu tdk? Maksudnya biar paham dan tau rasanya, untungnya ga ad sama sekali pak.

          • 23 Agustus 2022 - (13:42 WIB)
            Permalink

            Saya tidak menuduh atau mengatakan anda berbohong, saya hanya menyampaikan pendapat bahwa ini terjadi lebih dominan disebabkan karena kecerobohan anda. Tp anda bersikeras bahwa apa yg anda alami adalah kesalahan dari kredivo tanpa mengintrospeksi diri bahwa sebenarnya lebih dominan disebabkan karena kecerobohan anda.

          • 23 Agustus 2022 - (13:44 WIB)
            Permalink

            Anda sdh pernah ngalami kehilangan uang lebih dari 50 JT karena kecerobohan anda? Saya sudah. Dan itu saya jadikan pelajaran untuk lebih teliti dan berhati-hati lagi.

          • 4 September 2022 - (18:00 WIB)
            Permalink

            Sy jg bertanya2. Darimana anda dpt email kredivo yg spti itu.

  • 8 Agustus 2022 - (01:16 WIB)
    Permalink

    itu web kredivo.zyrosite.com aja udah mencurigakan (bagi yang udah tau) apalagi sampai isi form di website tsb itu brrti ngasih user n password buat login ke real akun kredivo nya.

    yang sabar. semoga dapet jalan..

    • 8 Agustus 2022 - (09:07 WIB)
      Permalink

      Ya bagi yg sudah tau, bagi saya yg ga tau, kan ga ngerti juga dunia penipuan online bgini. Kredivo bisanya menyalahkan saja. Tnpa mau dilihat awal mulanya. Taunya karna konsumen karna konsumen. Kacau kredivo

  • 8 Agustus 2022 - (07:23 WIB)
    Permalink

    Sebenernya pengen nyalahin ts karna kesalahannya, tapi ini gak pure kesalahan ts saja sebagai newbie. Ini juga ada kesalahan dari pihak kredivo.
    Ts mengeluhkan perihal update via email, namun tetiba ada japri via WhatsApp dan mengaku kredivo. Dari sini jelas ada orang dalam yang penipu. Lain halnya jika berkeluh kesahnya via medsos seperti Twitter.

    Note : tulisan ini berlaku jika ts menceritakan real fakta yaaa

    3
    1
    • 8 Agustus 2022 - (08:54 WIB)
      Permalink

      Dan tambah bertanya di foto link login kredivo nya adalah support.kredivo.com, setahu saya adalah kredivo.id.

      Menurut kesalahan berawal dari alamat email yang salah, lalu diarahkan ke website yang salah juga. Saya rasa gk mungkin kredivo melepas (mengratiskan) kerugian ini ke TS.

    • 8 Agustus 2022 - (08:55 WIB)
      Permalink

      Sepertinya itu yg minta update bukan dari kredivo. Tp email random yg dikirim oleh penipu dan kebetulan sih TS punya akun kredivo dan dia klik link yg ada di email. Kalau update kan harus dari aplikasi bukan dari email

      • 8 Agustus 2022 - (09:37 WIB)
        Permalink

        Betul sekali, krn tidak bisa update dan akses, loading terus dari malam harinya hingga pagi hari ditanggal 29 itu. Maka saya coba kirim email keluhan tsebut. Eh malah kena tipu sama pihak yg ngaku kredivo. Kredivo juga ga mau disalahkan lagi, nyesek sekali kalo bgini. Kecewa berat

    • 8 Agustus 2022 - (09:33 WIB)
      Permalink

      Itu masalahnya….
      Awalnya kirim email kekredivo dan mengeluhkan karna akses tidak bisa dan meminta update yg ga kunjung2 bisa. Tiba2 masuklah tlp yg mengatasnamakan kredivo, sebagai konsumen saya bfikir memang it dr kredivo krn dasar saya adalah berawal dari saya kirim email ke kredivo. Mana saya tau ini penipuan, ditambah lagi mengisi link tautan dgn background kredivo, y a saya percayalah jadinya. Kecuali tiba2 ada tlp dr org yg mwngaku kredivo. Baru saya ga percaya. Lah ini gmn ceritanya.

  • 8 Agustus 2022 - (11:54 WIB)
    Permalink

    Email pertama itu merupakan email palsu yg mengarahkan ke phising. Masalahnya, kenapa bisa tau emailnya TS?? Soceng atau ada breach??

    • 8 Agustus 2022 - (12:07 WIB)
      Permalink

      Saya mana ngerti pak, email tersebut juga saya taunya pas keadaan akun kredivo ga bsa akses dan minta update, disitu ada option mengarah keemail tsbt.

        • 11 Agustus 2022 - (13:20 WIB)
          Permalink

          Dari aplikasi awalnya, tdk bisa diakses, loading terus…. lalu saya ke playstore bukalah aplikasi kredivonya, disitu ada keterangan minta update, itu pun sama loading trus tdk ad progress akses internet aman ga ad masalah, krn aplikasi lain bisa dibuka. Disitu ada option yang mengarahkan ke email kredivo. Lihat screen shot email ditanggal 29 itu. Berawal dari situlah maka banyak tlp masuk.

          • 12 September 2022 - (22:11 WIB)
            Permalink

            Lalu solusinya gimana?? Apa tetap harus bayar walau ada surat dari polisi atau gmn??

          • 13 September 2022 - (07:59 WIB)
            Permalink

            Solusinya saya memilih melaporkan kepihak kepolisian untuk diBAP kan, dan minta perlindungan kpihak berwajib, saya lebih baik memperjuangkan hak saya yang disalahgunakan org yg tidak bertanggung jawab, daripada harus membayar yang memang benar2 bukan saya dan saya pun sangat2 tertipu, saya kecewa berat tidak ada keberpihalkan kredivo kpd konsumen, padahal kredivo sangat diuntungkan dgn adanya konsumen, konsumenpun sangat terbantu dgn adanya kredivo, tapi kalo sudah ada kasus begini, padahal 1x 24 jam sdah saya laporkan kekredivo, malah cuci tangan, iya paham itu sistem, tapi sistem itu sendiri buatan manusia yang pada hakikatnya bisa diantisipasi kalo benar2 mau berpihak pada konsumen.

          • 13 September 2022 - (14:28 WIB)
            Permalink

            Dan sekarang sudah lewat dari 28 agustus apa ada pihak kredivo tlpon untuk bayar dan kolektor yg menagih kah,?

          • 13 September 2022 - (15:00 WIB)
            Permalink

            Iya sudah mulai dtlp dan nada suara cs menagihnya sudah mulai meninggi, sengaja saya rekam setiap pembicaraan.

  • 8 Agustus 2022 - (13:14 WIB)
    Permalink

    Udah sering banget lihat korban penipuan kayak gini.
    Jadi curiga kalo ada oknum yg bermain.

    Harus lebih hati” lagi. Biarpun nanya solusi ke cs resmi.

  • 8 Agustus 2022 - (17:46 WIB)
    Permalink

    “…Saya bfikir positif saja diawal …..”

    Nah, kalau yg begini sih alamat bakal jadi sasaran empuk penipu..dan terbukti berhasil

    Ubah mindset anda kedepan, jgn pernah berfikir positif begitu ada hal hal yg diluar kebiasaan untuk urusan dengan lembaga keuangan apapun!
    Kecurigaan dan Waspada selalu no.1

  • 9 Agustus 2022 - (01:41 WIB)
    Permalink

    Waduh, terlalu lemah posisinya mas. Semoga gerombolan penipu pinjol ini cepat terbongkar.

  • 9 Agustus 2022 - (06:21 WIB)
    Permalink

    Dari bentuk web nya udh kelihatan penipuan.. kalaupun ada oknum di Kredivo, tetaplah jngn memberi pin/password kepada siapa pun.. Karena mereka juga manusia, gk semua baik

    3
    1
  • 11 Agustus 2022 - (12:54 WIB)
    Permalink

    Patut disadari bahwa memang banyak pengguna medsos dan aplikasi lainnya yg masih minim literasi, tidak berhati-hati hingga banyak dari masyarakat kita yg terkena kasus penipuan semacam ini.

  • 11 Agustus 2022 - (21:21 WIB)
    Permalink

    Kok mau disuruh ngisi Nama, Nomor Telp, dan PIN?

    Emangnya belum pernah denger pernyataan jgn pernah memberi PIN ke orang lain?

    Di negara majupun orang yang gaptek emang jadi sasaran empuk, itu lah salah satu yg dimanfaatkan orang India.

    Penipuan menjadi bisnis yang menggiurkan, solusinya harus mempelajari hal baru dalam dunia internet (dan ini tidak mudah bagi orang-orang yg sudah tua atau gaptek) atau kembali ke cara tradisional.

  • 4 September 2022 - (16:29 WIB)
    Permalink

    Kalau melihat kronologi bapak smengirim email ke customer service dari situ mulai penipu beraksi berarti server email kredivo yang tidak aman yang bisa dibaca pihak lain atau ada pihak tidak bertanggung jawab di kredivo

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 49 komentar sampai saat ini..

Penipuan Mengatasnamakan Kredivo

oleh latif dibaca dalam: 1 menit
49