Kupon Cashback SEKUTU (SEbar KUmpul UnTUng) Tokopedia Dibatalkan Sepihak

Kepada para pemangku kepentingan di Tokopedia,

Saya sungguh kecewa dengan Tokopedia Care Prioritas kalian. Saya selaku member Diamond di Tokopedia, mendapatkan kupon SEKUTU dengan total kupon Rp3,9 juta, yang didapatkan dengan cara menyebarkan link ke teman-teman.

Kupon tersebut sudah saya terima, terdiri dari beberapa kupon yang hanya dapat digunakan pada kategori tertentu/pembayaran tertentu. Masalah yang saya terima yaitu saat menggunakan kupon Cashback 5% hingga Rp500 ribu khusus metode pembayaran GoPay.

Saya melakukan pembelanjaan sejumlah Rp9.599.000 yaitu berupa Samsung Galaxy M53 2 unit, dengan cashback yang seharusnya saya dapatkan Rp479.900. Berikut adalah bukti screenshot setelah saya melakukan pembayaran.

Namun setelah pesanan sampai dan saya selesaikan pesanan, saya mendapatkan email dari Tokopedia bahwa cashback dibatalkan.


Lalu saya tanyakan ke Tokopedia Care, katanya karena melanggar S&K huruf M nomor 9. Bunyinya begini:

“Tokopedia berhak, tanpa pemberitahuan sebelumnya, melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan termasuk namun tidak terbatas pada menarik subsidi atau cashback, membatalkan benefit Rewards, pencabutan Promo, membatalkan transaksi, menahan dana, menurunkan reputasi toko, menutup toko atau akun, serta hal-hal lainnya jika ditemukan adanya manipulasi, penggunaan resi yang tidak valid pada mayoritas transaksi, manipulasi berat barang pada deskripsi produk (aktual berat barang dan berat barang pada deskripsi Produk harus sesuai), pelanggaran maupun pemanfaatan Promo untuk keuntungan pribadi Pengguna, maupun indikasi kecurangan atau pelanggaran pelanggaran Syarat dan Ketentuan Tokopedia dan ketentuan hukum yang berlaku di wilayah negara Indonesia.”

Pertanyaan saya, di mana letak kesalahan saya? Saya punya bukti dan bisa dicek kebenarannya.

  1. Tidak ada manipulasi. Saya menggunakan Kupon Cashback 5% dengan pembayaran GoPay HANYA pada 1 akun saya tersebut. Akun GoPay Plus saya juga hanya 1, tidak ada yang lain. Karena GoPay Plus hanya bisa dimiliki oleh 1 akun, 1 NIK. Mengapa demikian? Karena pembelanjaan saya senilai Rp9.599.000 hanya bisa dibayar menggunakan akun GoPay Plus. Akun GoPay reguler tidak bisa menampung uang sebanyak itu. Silakan dicek, saya bisa buktikan.
  2. Resi valid, barang sampai ke tempat saya dengan selamat. Bukti semua ada.
  3. Berat barang pada deskripsi produk sudah sesuai, silakan tanyakan pada seller. Saya bisa buktikan pakai timbangan berat Samsung Galaxy M53 sejumlah 2 unit di bawah 1 Kg, karena tidak ada charger.
  4. Pemanfaatan promo untuk keuntungan pribadi? Apakah Tokopedia memberikan kupon cashback tujuannya bukan untuk keuntungan pribadi? Lalu keuntungan siapa? Orang lain? Jelas saya menggunakan kupon cashback untuk mendapatkan keuntungan, apalagi butuh effort untuk mengisi saldo GoPay dahulu.

Saya sudah jelaskan pada Tokopedia Care, tapi tulisannya begitu-begitu saja, seperti bicara sama robot bodoh. Saya menantang secara terbuka pihak Tokopedia untuk berterus terang, jika saya yang salah, saya siap dipermalukan. Namun jika kalian yang salah, tolong kalian mawas diri, harusnya malu.

Jangan seenaknya dan semena-mena. Kalian berada di negara hukum, jangan bikin aturan untuk menjebak dan membodohi customer dengan kupon palsu kalian. Saya pun tidak akan tertarik membeli barang tersebut kalau tidak ada Kupon Cashback.

Saya tunggu klarifikasi dari Tokopedia. Terima kasih atas perlakuannya.

Abrahamson
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

36 komentar untuk “Kupon Cashback SEKUTU (SEbar KUmpul UnTUng) Tokopedia Dibatalkan Sepihak

  • 13 Agustus 2022 - (11:21 WIB)
    Permalink

    Terlalu sering cashback dibatalkan oleh perusahaan online ,mending beli offline bnyk kok yg ngasih cashback jelas dan langsung lagi,kayak eraphone hingga 500 ribu,jadi gak beli kucing dalam karung dan tidak berharap,offline itu nyata bukan kayak online khayalan yg terlalu ditunggu

    5
    8
    • 16 Agustus 2022 - (09:09 WIB)
      Permalink

      cashback marketplace itu nyata, tergantung kita sebagai customer bisa manfaatkan dengan baik/tidak

  • 13 Agustus 2022 - (15:01 WIB)
    Permalink

    Jika (1) anda bisa membuktikan tidak punya afiliasi dengan penjual; (2) merasa keberatan kehilangan uang “hadiah” setengah juta; (3) yakin ada pelanggaran hukum atas keputusan marketplace, maka anda berhak melakukan gugatan hukum. Saya asumsikan demikian karena pernyataan anda sendiri:

    “Saya menantang secara terbuka pihak Tokopedia untuk berterus terang, jika saya yang salah, saya siap dipermalukan. Namun jika kalian yang salah, tolong kalian mawas diri, harusnya malu. Jangan seenaknya dan semena-mena. Kalian berada di negara hukum, jangan bikin aturan untuk menjebak dan membodohi customer dengan kupon palsu kalian.”

    Pihak marketplace tidak akan membuka data mereka kecuali atas dasar penyelidikan polisi atau perintah pengadilan.

    Jika anda nggak mau ribet dengan urusan hukum, anda harus siap dengan penyelesaian yang tidak menguntungkan di pihak anda, misalnya dengan penggantian berupa voucher yang nominalnya lebih kecil dari “hadiah” yang seharusnya anda dapatkan.

    8
    1
    • 15 Agustus 2022 - (09:57 WIB)
      Permalink

      Iya betul, setiap ada yang dianggap pelanggaran tokopedia tidak pernah menjelaskan secara rinci bagian mana yang kita langgar, dulu saya member diamond tapi semenjak bulan juni 2022 saya sudah minta akun dan hal hal yang berhubungan dengan akun saya untuk dihapus di tokopedia, sudah benar benar kecewa dengan pelayanannya dalam hal pembatalan cashback

  • 13 Agustus 2022 - (18:27 WIB)
    Permalink

    Sama seperti akun saya kemarin.
    Kupon cashback Sekutu di Tokopedia dibatalkan, alasannya pun sama poin M no 9.
    Tapi anehnya nih anehnya ya.
    Kupon yang lain bisa lancar dan cair.
    Dari mulai:
    – Kupon GOPAYAUG (Cashback 20% maks 20 ribu)
    – Kupon kebut belanja (Cashback 90% maks 30 ribu)
    – Kupon ultah (Cashback 10% maks 130 ribu)

    Semuanya cair loh ke akun saya, hanya yang Sekutu itu yang nggak. Udah 2 bulan kek gitu. Kayaknya emang Tokopedia sengaja ga mau kasih cashback besar, biar keuangannya nggak boncos. Sekarang saya beralih belanja ke Shopee dan Blibli. Cashbacknya gak pake gacha random alias faktor hoki. ?

    7
    1
    • 14 Agustus 2022 - (12:21 WIB)
      Permalink

      Emg.. kacau nih kalo emg ga mau kasih atau perubahan sepihaj hrs nya ga usah aja buat itu kupon2 gt. Orang uda dpt malah dibatalin. Kn nipu ya ckckck

    • 16 Agustus 2022 - (09:14 WIB)
      Permalink

      nah itu dia, kupon sekutu saya yang lain juga berhasil digunakan. ini bukan masalah, jika komplain kita ditanggapi tokopedia. tapi masalahnya mereka tetap ngotot kita yang salah, kurang ajar banget.

    • 16 Agustus 2022 - (09:16 WIB)
      Permalink

      kalau seribu per transaksi sih menurut saya masih bisa ada toleransi, selama beli barang yang mahal ya. kalau belanja harga puluhan ribu lalu kena admin lagi, mengecewakan memang

    • 14 Agustus 2022 - (06:11 WIB)
      Permalink

      Saya juga pernah padahal saya daftar sebagai pengguna baru. Transaksi saya dibatalkan sepihak oleh Tokopedia padahal cashbacknya lumayan kecil. Memeng kurang ngerti lagi apa maksud Tokopedia itu apa

      6
      1
    • 16 Agustus 2022 - (09:18 WIB)
      Permalink

      masalahnya di shopee untuk seller yang berjualan elektronik/gadget, jumlahnya terbatas dan harga pasarannya lebih mahal dari tokopedia. kalau untuk produk2 wanita / rumah tangga, shopee memang murah

  • 14 Agustus 2022 - (06:27 WIB)
    Permalink

    Memang Tokopediacare cara menjawabnya robot banget, muter2, itu2 aja tdk menyelesaikan masalah. Apa tidak bisa menjawab dgn bahasa yang jelas dan lugas? Sy juga member diamond, klo ada problem seperti dijawab oleh robot.

    • 16 Agustus 2022 - (09:23 WIB)
      Permalink

      iya, aneh sekali kan? padahal tokopedia ultah ke-13, marketplace no.1 di Indo, tapi pelayanan CS nya jauh dari memuaskan. layanan telepon aja tidak ada.

  • 14 Agustus 2022 - (07:15 WIB)
    Permalink

    Iya tokopedia sering membatalkan cashback tanpa alasan yg jelas. Kemarin sy bayartagihan listrik pake kode promo ceriatagihan dg metode bayar paylater CERIA. Namun pada proses akhir memasukan kode OTP terhenti karena jaringan bermasalah. Karena sdh menunggu lama akhirnya sya menekan tombol back kembali dari awal namun saat memasukankembali kode promo tersebut dinyatakan anda telah melampaui batas pemakaian kupon. Padahal saya belum selesai transaksi.

  • 14 Agustus 2022 - (08:06 WIB)
    Permalink

    Ini yg komentar pada beloon atau gmn sih? Jelas Tokopedia itu nomer 1 e-commerce terbesar di Indonesia..ada data nya, dan sistem mereka jauh lebih baik dan aman+fair dibandingkan e-commerce lain..

    Kalau soal cashback atau transaksi tidak sesuai/melanggar..itu jelas karena sistem mereka mendeteksi ada nya kecurangan..
    Dgn tingkat presisi hanpir 95%..

    Mungkin agan TS terdeteksi karena tdk sengaja pernah 1 wifi dgn penjual..
    Atau barang yg dikirim tidak sesuai (misal beli hp tp isi nya bukan hp), biasanya kurir yg meriksa ngasih informasi ke Tokopedia beneran barang nya hp atau akal²an penjual atau pembeli (bkn mksd menuduh, tp hny ksih informasi)..

    Tapi kalau pembeli memang benar tidak melakukan kesalah/kecurangan..tenang saja..
    Tokopedia care pasti ngefollow up masalah pembeli seputar cashback yg dibatalkan..
    Tinggal sabar menunggu aja..

    Kalau soal cashback lbh jelas dan bagus Tokopedia karena bisa 100% dipakai, beda sama shopee yg cashback poin nya gk bisa dipakai 100%..? dan yg bilang shopee lbh baik, anda sales shopee yah..? akwkaka

    Setau saya sih cashback terbaik ad di Tokopedia..
    Diskon potongan terbaik ada dilazada (tp kudu ngumpulin kupon nya 7 hari)..
    Shopee terbaiknya dy bisa jual barang dr luar negri ke negara kita..

    2
    8
    • 14 Agustus 2022 - (18:41 WIB)
      Permalink

      Anda belum merasakan nikmatnya cashback Blibli.
      Masuk ke saldo blipay, bisa full 100% dipakai, dari hasil cashback bisa dapat cashback lagi. Kebanyakan panen kupon Tokopedia yang paling gede cuma 5% sih. Coba lah main ke Blibli, apalagi kemarin waktu event ultah. Belanja 5 juta potongan 750 ribu full, toped event ultahnya bulan ini bisa begitu? Boro-boro dah. Malah kejutan ultahnya kena biaya jasa aplikasi 1000 perak. Hahahahaha. ?

      • 16 Agustus 2022 - (09:50 WIB)
        Permalink

        kebetulan saya member infinite juga di blibli, dan memang untuk promo tertentu, blibli juga yang terbaik. plus CS nya terbaik pelayanannya, bukan robot bodoh kayak di tokped.

    • 16 Agustus 2022 - (09:48 WIB)
      Permalink

      Anda pakai tokopedia sejak kapan? dibanding 5-10 th lalu, tokopedia sekarang makin jauh berkurang cashbacknya.
      Kan saya tulis di atas, kalau bisa membuktikan saya melanggar, silahkan tokopedia buka-bukaan data.
      saya punya video unboxing barang + foto, kalau disangka itu barang tidak sesuai.
      1 wifi dengan penjual? saya aja ga kenal dan ga tau lokasi penjual dimana.
      95% presisi kata Anda? haha.. saya sudah pernah 2x dikembalikan cashbacknya karena tokopedia yang salah, tapi tetap aja CS nya kaya robot jawabnya.
      Mereka boleh marketplace no.1, umur udah 13 th, tapi CS nya sampah. Ranking terbawah urusan pelayanan customer.

  • 14 Agustus 2022 - (15:24 WIB)
    Permalink

    Akun toped saya juga pernah mengalami hal serupa, yg saya tahu mungkin cashback bisa gagal bisa jadi karena nama pembeli dan penjual mirip atau sama, akun pembayaran, alamat, no telp nya pernah dipakai di akun lain yg transaksi juga di toko itu, pernah 1 wifi dengan toko itu, 1 wifi dengan akun lain yg transaksi juga dengan di toko yg sama, manipulasi berat, manipulasi harga.

    Tapi yg saya sayang kan adalah sistem Toped kalau sudah ada indikasi seperti itu di awal, harus nya ada notif warning ke pembeli untuk tidak melanjutkan pembelian nya, karena akan mengakibatkan akun di banned atau dihapus karena ada indikasi kecurangan

    Saya saat itu sudah pernah mengajukan saran perbaikan untuk sistem toped buat warning tersebut sebelum barang di bayar, jadi ga akan ada duit nyangkut atau potensi cashback hangus. Tapi belum dibikin juga sepertinya ya.

    Saya tahu hal diatas karena saya sering belanja di toped dan ada seller yg cerita kalau dia pernah di maki-maki konsumen karena ga dapet cashback toped yg penyebabnya nama seller dan pembeli sama, seller pun juga dapat pengurangan poin.

    • 14 Agustus 2022 - (16:36 WIB)
      Permalink

      Gak bakal dibuat sistem kaya gitu karna tujuan CB itu utk menjebak, kalo menurut sy TS punya akun lain atau pernah pake wifi yg punya akun toped juga entah keluarga/sdr atau pernah isi pulsa orang/bayar PLN

      • 16 Agustus 2022 - (09:31 WIB)
        Permalink

        saya memang punya akun lain, dan tokped tidak melarang 1 orang punya akun lebih dari 1. Yang masalah adalah jika kupon cashback dipakai lebih dari 1 akun, itu jelas dilarang. Sedangkan saya hanya menggunakan akun tsb untuk menggunakan kupon cashback 5% khusus pembayaran gopay dengan 1 nomor. Kupon tsb tidak dapat saya gunakan di akun yang lain, karena akun gopay plus yang terhubung ke akun saya hanya ada 1.

    • 16 Agustus 2022 - (09:33 WIB)
      Permalink

      dulu pernah ada warning setau saya, saat mau melakukan pembayaran. kalau pakai kupon cashback yang sama pada akun yang lain, tokopedia munculin warning sudah pernah digunakan.

  • 15 Agustus 2022 - (09:04 WIB)
    Permalink

    Sudah sering terjadi, apakah hal ini akan membuat Tokopedia mengubah SOP atau aturan jawab Tokopedia Care?
    Dengan jawaban ambigu tidak to the point

  • 15 Agustus 2022 - (15:56 WIB)
    Permalink

    tokopedia di bulan ulang tahunnya malah jadi kemunduran dan kesedihan bagi para penggunanya. bagaimana tidak. pertama, kena biaya jasa aplikasi Rp 1.000 setiap checkout dengan metode pembayaran apapun. sebuah kado yg pahit. Kedua, panen telur semua minimal pembelian naik drastis dari yang Rp 50.000 menjadi Rp 150.000, kado yang ga kalah pahitnya. Mending tokopedia gausah ultah2an lah, bikin pusing aja. Daripada uangnya habis utk promosi di TV-TV nasional, mending balikin tokped seperti bulan Juli 2022 lalu saja. Sungguh memprihatinkan marketplace kebanggaan Indonesia, buatan Indonesia, namun masih menarik retribusi Rp 1.000 setiap checkout, berbeda banget sama si oren, meski asing tapi ga sampe segitunya.

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia?

Ada 36 komentar sampai saat ini..

Kupon Cashback SEKUTU (SEbar KUmpul UnTUng) Tokopedia Dibatalkan Sepih…

oleh Abrahamson dibaca dalam: 2 menit
36