Ada Apa dengan Verifikasi Bank BSI?

Saya meminta bantuan kepada Media Konsumen, selama ini semua kasus yang saya alami dapat diselesaikan dengan cepat, setelah ditayangkan Media Konsumen. Surat ini ditulis hanya sebagai saran yang mungkin mewakili bagi nasabah lainnya.

Saya salah satu nasabah Bank BRI Syariah (BRIS), yang sekarang menjadi Bank Syariah Indonesia (BSI), lebih dari sepuluh tahun. Di sini saya juga nasabah dari BRI dan Bank Mandiri. Ketika penggantian device atau ada peningkatan sistem operasi dari vendor perangkat yang saya gunakan, Bank BRI dan Bank Mandiri aktivasi ulang bisa dengan sangat mudah, masukan data yang diminta kemudian SMS verifikasi OTP dikirim via SMS. Verifikasi selesai dan itu sangat mudah sekali.

Lain cerita dengan BSI. Setelah terjadi merger, verifikasi harus melalui call center atau datang langsung ke cabang BSI terdekat. Update terkini yang saya terima dari BSI, per tanggal 25 Juli 2022, verifikasi BSI Mobile yang tadinya harus menghubungi call center/ke kantor cabang, sekarang cukup dengan selfie.

Namun apa yang terjadi coba? Berulang verifikasi dan berulang input kode OTP, verifikasi gagal terus, dengan keterangan data wajah atau posisi selfie tidak sempurna. Ujung-ujungnya, saya diharuskan datang ke Cabang BSI dengan membawa peralatan yang harus dibawa selengkap-lengkapnya.

Mungkin, tujuan BSI melakukan hal tersebut demi melindungi nasabah dari tindak kejahatan. Namun pertanyaannya, kenapa bank besar lain memberikan kemudahan yang jauh lebih baik dari BSI? Menurut saya pribadi, BSI hanya membuat ribet nasabah dengan alasan yang kadang kurang rasional.

Veri Fauzan
Sukabumi, Jawa Barat


Update (2 September 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi bahwa masalah sudah selesai dengan mendatangi kantor cabang BSI sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai BSI Mobile:
[Total:56    Rata-Rata: 3.4/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

44 komentar untuk “Ada Apa dengan Verifikasi Bank BSI?

    • 30 Agustus 2022 - (15:18 WIB)
      Permalink

      Sejauh ini alhamdulillah BSI Mobile saya tidak bermasalah. Dari awal buka rek sampai daftar BSI Mobile lancar. Bahkan saat Sandi terblokir setelah hubungi Call Center dikirim Kode Aktivasi alhamdulillah berhasil. Memang kadang suka ngak bisa diakses. Mungkin sedang maintenance di pusatnya. Saran saya kalau ngak bisa diakses mendingan ditunggu saja sampai benar2 bisa dan dipastikan juga jaringan yang terkoneksi lancar. Jangan sampai hapus aplikasi. Karena kalau hapus aplikasi sudah pasti aktivasi ulang. Lain hal kalau ganti HP. Kalau ngikutin prosedur pasti bisa kok. Ngak usah panik juga masih ada alternatif lain. Kalo bisa kita juga punya cadangan rek Bank lain. Contoh saya juga punya BCA dan jg BNI jadi kalau BSI Mobile sedang ngak bisa diakses kan kita punya BCA Mobile dan BNI Mobile. Yang namanya sistem ngak ada yang 100% sempurna pasti ada celah dan kekurangannya. Jadi, kalau saya pribadi ngak mau ambil pusing. Salam damai.

    • 8 September 2022 - (10:23 WIB)
      Permalink

      saya mengalami hal yg sama saat install ulang BSI Mobile karna ada penambahan Nomor Rekening….. dah seperti orang Gila di suruh Mangap2, Kedip2, Geleng2 dan Senyum2 gak bisa juga…. sudah restat HP juga gak bisa juga… akhirnya saya pulang karna sdh laparrr..

      System aktivasi yg membagongkan saya rasa… kok lebih mudah yg lama. CS di Kantor Unit/Canbang pun belum bs kasi solusi…. hadeeehhhhh

  • 29 Agustus 2022 - (18:16 WIB)
    Permalink

    Seharusnya pihak Bank berterimakasih pada Nasabah seperti ini, koreksi untuk semua layanan yang menjadi kenyamanan Nasabah.

    • 30 Agustus 2022 - (17:02 WIB)
      Permalink

      Kalau buka rekening baru kaga ribet, Bang.
      Kendala yang dialami beliau ini nasabah lama BRI Syariah yang melakukan migrasi ke BSI.

      • 8 September 2022 - (10:10 WIB)
        Permalink

        Saya buka rek baru sebagai tambahan dari rek yg ada… nah Aplikasi Mobilenya di suruh unistal dan install ulang agar nmor rek yg baru bisa terdata di Mobile… saya lakukan dan minta registrasi dan verifikasi ulang… disitulah masalahnya harus pakai face detector disuruhnya kiya mangap2 geleng2 kedip2 dan senyum2….. sudah beberpa x dicoba kayak orang gila dibikinnya gak bisa juga…. CS pun gak tau masalahnya dimana… akhirnya saya pun pulang karna sdh laparrr…

        System yang membagongkan…

  • 29 Agustus 2022 - (18:20 WIB)
    Permalink

    Pas merger dari BRIS ke BSI, saya sudah tinggalkan BSI. Keselnya itu, pas saya tinggal di luar kota, ganti HP. Verifikasi ke Call Center pertanyaanya bertele-tele. terus minta ke Cabang BSI, tidak bisa diproses karena buku tabungan ada di kampung. Ya udah lah, betah banget pake BCA sekarang. No Ribet Ribet

    2
    1
  • 29 Agustus 2022 - (18:38 WIB)
    Permalink

    Update sy gampang koq by system juga.. Mungkin krn sy migrasi dr BSM bukan BRIsyariah krn setahu sy campuran dr 3 Bank jadi berubah database, BSI sat set lagian jarang ngantri kalo k cabang..

    • 29 Agustus 2022 - (18:44 WIB)
      Permalink

      Saya juga tidak ada masalah sebelumya, tapi saat ganti device atau upgrade sistem operasi. Maka aplikasi meminta verifikasi, nah verifikasi sekarang menggunakan sistem Selfie, di coba secara berulang, gagal terus. Padahal sudah menggunakan aplikasi versi terbaru.
      Ujung-ujungnya disuruh datang ke Cabang

    • 30 Agustus 2022 - (14:09 WIB)
      Permalink

      Sy jg dr BSM bang,tp kasusnya sama,verifikasi terbaru mentok d verifikasi wajah,ujung2nya harus ke kantor cabang bawa kode verifikasi. Ribet. Padahal dl verifikasi ulang lebih mudah,tinggal siapkan pulsa.aman.

      1
      1
  • 30 Agustus 2022 - (11:55 WIB)
    Permalink

    Sebagian besar yang sdh migrasi, lancar² aja , termasuk saya, bahkan sya sdh ganti hp yangvlv ke -3 kalinya, lancar² aja…mudah.

    • 30 Agustus 2022 - (14:12 WIB)
      Permalink

      Dl lancar bang,sekarang agak ribet. Terakhir sekitar 2 atau 3 hari kemarin sy coba krn habis reset hape. Ternyata mentok d verif8kasi wajah. Persis seperti info dr nasabah d atas.

  • 30 Agustus 2022 - (17:04 WIB)
    Permalink

    Kemarin saya di minta tolong ama ttngga membayar uang pendaftaran kuliah mahasiswa baru melalui mobile bank BSI. Ttapi sy tidak mempunyai rekening dan mobile banking BSI. Karena hari itu terakhir pembayaran. Terpaksa sy download dan buka rekening secara online. Dan ternyata cukup mudah verivikasi terakhir harus video call. Alhamdulillah lancar dan berhasil. Gak ada kendala dan tampilannya sangat bagus fitur2nya. Struk pembayaran jg bagus. Kartu ATMnya tnggl dismbil di cabang Mantap BSI.

    • 2 September 2022 - (16:59 WIB)
      Permalink

      Ini komplainnya bukan buka rekening Pak, tapi ganti HP

      Sama persis saya juga begitu errornya, artinya sampai aplikasi versi terakhir di play store kendala ini masih ada

  • 30 Agustus 2022 - (21:06 WIB)
    Permalink

    Sama seperti yang saya alami, verifikasi pakai hp iphone selalu mentok di sms verifikasi dan diminta untuk menghubungi call center.
    Tapi setelah menelpon call center tetep aja gagal dan harus datang ke kcu.
    Kebayang gak sih buang buang waktu sama pulsa cuma buat hasil yg sia-sia.
    Anehnya giliran saya coba pakai hp android malah bisa.
    Sistem BSI kayanya perlu dibenahi.

  • 31 Agustus 2022 - (06:25 WIB)
    Permalink

    selfie bila gagal terus, bukan semakin canggih malah menguras waktu nasabah yg gagal terus.
    Datang ke kantor cabangnya juga tetap suruh selfie berpuluh kali tetap gagal, pindah kantor cabang yg lain sama suruh selfie tetap gagal terus,,
    waduh parah amat BSi sekarang.
    Apa pimpinanannya tdk ada keinginan untuk membenahi yg lebih mudah

    • 2 September 2022 - (16:41 WIB)
      Permalink

      Pengalamanya persis banget, dan pada akhirnya setelah datang ke kantor Cabang, disuruh Selfie di depan CS-nya, nunggu beberapa saat setelah Gagal dengan memberikan kode reservasi, validasi dan aktivasi baru bisa

  • 31 Agustus 2022 - (12:22 WIB)
    Permalink

    Sepertinya bawaan dari BSM masalah verifikasi ini. Sy dapat masalah otp sampe verifikasi ini dari zaman BSM.. bahkan Mba kasirnya sampe bingung sendiri.. sampe sekarang belum bisa login karena kode otp nya kaga pernah nyampe2…

    Btw, banyak bat buzzer BSI di mari ya. Dibayar berapa sekali komentar? Boleh nih daftar klo ada info

  • 31 Agustus 2022 - (22:38 WIB)
    Permalink

    SAYA PERNAH MENGALAMI YG ANDA RASAKAN.
    PULSA KESEDOT BANYAK GARA2 TLP CS, DITANYAIN PANJANG LEBAR CUMA DIKASIH KODE OTP YG CUMA BERTAHAN 5 MENIT. NGIRIM TELAT DAN GAK KEBACA. TLP LAGI, KYK GITU LG.
    SAMPAI APLIKASI SAYA UNINSTALL, SAYA KASIH RATING 1 DI PLAYSTORE

    TAPI…

    SETELAH SAYA MEMBACA KELUHAN ANDA, ISENG2 SAYA INSTALL LG TGL 31 AGUSTUS 2022. AKTIVASI SDH GAK RIBET LG.
    ISI NMR HP, NIK, TTL, NMR REKENING, PLUS VERIFIKASI WAJAH.

    VERIFIKASI WAJAH YG AGAK RIBET, 2X GAGAL.
    LALU APLIKASI SAYA CLEAR CACHE,
    ISI NO.HP, NIK, TTL, NMR REKENING, DAN VERIFIKASI WAJAH,
    DAN BERHASIL.

    SILAHKAN DICOBA.

    • 20 September 2022 - (00:51 WIB)
      Permalink

      SAYA MENGALAMI HAL YANG SAMA.
      RENCANA MAU DI TUTUP AJA REKENINGNYA, PADAHAL SUDAH 10 TAHUN JADI NASABAH BRI SYARIAH, MENJADI BSI JADI SEMAKIN RIBET, NGAPAIN ADA SELFIE KAYAK ORANG GILA

  • 1 September 2022 - (14:33 WIB)
    Permalink

    Terimakasih untuk penulis.
    Unek-unek ini sy rasakan sendiri.
    Kemarin Xiaomi saya dapat Update MIUI dan Android, dari Android 11 ke Android 12.
    Setelah selesai melakukan Update, aktivitas aplikasi lainnya normal seperti biasa.
    Pas buka aplikasi BSI, minta verifikasi ulang aplikasi dengan langkah yang berbeda dari sebelumnya.
    Biasa nunggu kode OTP via SMS, setelah input kode OTP, dipenghujung verifikasi disuruh selfie, berulang kali selfie GAGAL terus. Dan kita disuruh datang ke KCP.
    Apakah ini kemudahan dan keamanan ?

  • 1 September 2022 - (14:37 WIB)
    Permalink

    Setelah Merger jadi ribet dan menyebalkan
    semoga segera cepat di benahi.
    kesel, sy juga mengalami hal yang sama.
    Belum datang ke cabang karena masih diluar kota

  • 3 September 2022 - (09:04 WIB)
    Permalink

    He…he… saya juga mengalaminya juga….cuman bagi saya hal ini sih gak terlalu mengagetkan ….Pada Umumnya ya Bank Syariah sejak 2000-an smp sekarang peningkatan layanan dan sistemnya belum signifikan…..CUMAN KARENA SAYA IKUT GERAKAN EKONOMI SYARIAH DAN ANTIRIBAWI….YA MAU GAK MAU HARUS GUNAKAN BANK SYARIAH….SUPAYA BISA MENANGGULANGI DAN MEMINIMALISIR EKONOMI RIBAWI

  • 3 September 2022 - (20:17 WIB)
    Permalink

    Ternyata bukan cuma saya, saya baru ganti HP seminggu yang lalu, aktivasi di hp baru mentok di verifikasi wajah, chat cs, jawaban standar, cek jaringan, pastikan cahaya terang, kalo masih gagal silahkan datang ke KCP, 😂
    Hampir setiap hari saya coba terus, hasilnya sama aja, karena kesibukan belum bisa ke kantor, saya yakin ngga ada yg berhasil, apalagi pas suruh selfie “shake head” puyeng tuh kepala udah geleng kanan kiri atas bawah, ngga berhasil wkwkw, pasti pada ngalamin, sampai skrg tgl 3/sep/2022 jam 8:13pm belum bisa berhasil dengan verifikasi selfienya, buat yang penasaran, silahkan dicoba saja,
    Untuk TS yang membuka thread ini, seharusnya masalah jangan ditandai sudah selesai, kalo datang ke bank, itu belum bisa dianggap masalah verifikasi selfienya selesai.
    Silahkan bagaimana tanggapan dari bank BSI terkait masalah ini.

    • 4 September 2022 - (16:08 WIB)
      Permalink

      ane jg sama “verifikasi anda blm berhasil” dikasih kode reservasi disuruh ke kacab 😁

  • 8 September 2022 - (18:24 WIB)
    Permalink

    Inilah yang ku rasakan sekarang.
    Kayak orang yang kurang kerjaan, selfie buka buka mulut dan geleng-geleng kepala.
    Ini sih bukan kemudahan tapi menyusahkan.

    Si penulis seharusnya jangan close masalah, Karena mendatangi kantor cabang bukan solusi.

    Sudah seminggu saya selfie gagal

  • 8 September 2022 - (23:13 WIB)
    Permalink

    Saya salah satunya.
    Kemaren ganti hp, pas mo verifikasi wajah gagal terus. Lapor ke BSI, sarannya dah dilakukan semua, tapi gagal terus. Ribet dan sampe sekarang masih seperti ini terus

  • 18 September 2022 - (09:51 WIB)
    Permalink

    Kecewa berat sama BSI mobile ini, sistem verifikasinya gajelas, seakan akan emang dibuat sengaja gagal biar datengin KCP. Cobalah berbenah ngaca dari sistem mbanking lain kaya ilivin mandiri yg gampang bgt aktivasi ulangnya…ga usah dibikin seperti orang gila kedip sana sini geleng geleng senyum ga jelas kalo ujung ujungnya digagalin juga.

  • 20 September 2022 - (00:42 WIB)
    Permalink

    Sumpaaaaah kecewa banget dengan BSI.
    Awal September saya ganti HP, formulir di aplikasi sudah di isi semuanya, mulai dari Nomor KTP, Nomor rekening, nomor HP aktif. Setelah input semuanya, diakhir proses disuruh selfie.
    Di ulang-ulang kayak orang gila, senyum, mangap dan geleng-geleng kepala, tapi proses verifikasi gagal dan dikasih nomor reservasi disuruh datang ke Kantor Cabang.
    Datang ke kantor cabang dengan menunjukan kode reservasi dan proses selesai.
    Nah, kejadian tanggal 10 September, HP saya ganti lagi. Verifikasi lagi.
    Lagi dan lagi, selfie saya gagal lagi dan sekarang mangkrang sudah sepuluh hari lebih tidak bisa, dan ujungnya harus datang ke kantor cabang.;

    Ini gimana siiiiiih BSI?

 Apa Komentar Anda mengenai BSI Mobile?

Ada 44 komentar sampai saat ini..

Ada Apa dengan Verifikasi Bank BSI?

oleh Fauzan Veri dibaca dalam: 1 menit
44