Akun Shopee Saya Dibatasi Karena Terhubung dengan Akun Teman yang Memiliki Tunggakan SPaylater

Salam,

Saya sudah bertahun-tahun menjadi pengguna Shopee sebagai pembeli. Sebelumnya tidak ada masalah yang berarti selama menggunakan Shopee ini. Namun kali ini semenjak tanggal 25 Agustus 2022 saat saya mau checkout tiba-tiba muncul pop up ‘gagal (A02)’ yang dimana dikarenakan adanya tunggakan SPayLater yang belum dilunasi.

Gagal A02 saat checkout
Tidak bisa checkout karena ‘gagal A02’

Saya bingung karena selama ini saya tidak pernah mengaktifkan SPayLater saya, apalagi memakai. Saya pikir itu kesalahan teknis sampai kemarin tanggal 27 Agustus 2022 saya baru melihat email saya bahwa akun saya benar-benar dibatasi.

Spaylater saya belum saya aktifkan
Spaylater saya belum saya aktifkan

Setelah saya chat dengan CS Shopee ternyata akun saya terhubung dengan teman saya yang memiliki tunggakan SPayLater. Saya bingung bagaimana bisa tiba-tiba akun saya terhubung dengan akun tersebut.

Ya benar, saya kenal dengan pemilik tunggakan tersebut tapi rasanya sangat tidak etis untuk Shopee tiba-tiba membatasi akun saya secara sepihak begitu saja. Padahal sebelumnya saya sudah melampirkan kartu keluarga saya di formulir pengajuan pengaktifan akun dan jelas bahwa saya bukan satu kerabat dengan orang tersebut.

Kenapa Shopee jadikan saya sebagai korban hanya karena saya kenal dengan orang itu? Padahal jelas saya tidak punya tanggung jawab apapun dengan masalah hutang piutang orang tersebut. Jadi tidak mungkin dengan dilakukannya pembatasan akun saya akan terjadi pelunasan dari pihak saya.

Saya sudah komplain sebanyak 3 kali tetapi tetap saja Shopee hanya menanggapi dengan menyuruh saya untuk mengingatkan pemilik akun melunasi tagihannya. Semua balasan email yang saya terima sama semua, alias copy paste.

Kenapa Shopee memperlakukan konsumennya seenaknya seperti ini. Saya tidak pernah menyalahi aturan apapun juga merugikan siapapun. Orang lain yang menyalahi aturan kenapa saya juga yang terlibat terkena imbasnya? Apa ada bukti kalau saya benar terlibat dengan masalah orang tersebut seperti tanda pengenal atau tanda tangan saya?

CS Shopee hanya terus bilang akun saya akan diaktifkan kembali jika pemilik akun tersebut telah melunasi tagihannya padahal tidak ada S&K SPayLater tentang imbas dari akun orang lain yang telat bayar SPayLater dengan akun yang terhubung dengan akun siapapun.

Saya harap dengan ini Shopee bisa lebih bijak lagi karena ini bisa merugikan orang lain dan semoga tidak ada korban lainnya yang mengalami hal yang sama.

Sekian terima kasih. Semoga masalah ini dapat segera terselesaikan juga semoga bisa bermanfaat untuk pengguna lain yang mengalami masalah yang sama.

Neila Nurshifa
Kabupaten Bandung

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

34 komentar untuk “Akun Shopee Saya Dibatasi Karena Terhubung dengan Akun Teman yang Memiliki Tunggakan SPaylater

        • 30 Agustus 2022 - (08:11 WIB)
          Permalink

          Mungkin husnudzon aja mba nya masih diingatkan sama Allah biar tidak berhutang dan lebih mengutamakan belanja yg penting dengan bayar cash.

          1
          17
          • 30 Agustus 2022 - (08:27 WIB)
            Permalink

            Parah amat yah shopee…
            Sy sepakat dgn komen sebelumnya, mungkin ini jalan dari Allah agar mbak gak hutang PINJOL karena RIBA

            2
            10
          • 30 Agustus 2022 - (09:31 WIB)
            Permalink

            Saya penguna shope tapi baru tahu jga, klo msh sodara 1 kk dibatesin msh masuk akal lah ini teman loh…

      • 30 Agustus 2022 - (17:50 WIB)
        Permalink

        Jadi jika ada penunggak SpayL di kontak saya, itu jadi beban saya? Nggak salah tuuh????
        Untung saya nggak main Shopee

    • 29 Agustus 2022 - (19:59 WIB)
      Permalink

      Saya juga tidak tahu bagaimana tiba-tiba pihak Shopee berasumsi saya kenal / kerabat orang tersebut. Saya bahkan tidak pernah mengajukan pinjaman online manapun karena saya pribadi sendiri memang kurang tertarik dengan jasa kredit barang atau uang.

      • 30 Agustus 2022 - (13:27 WIB)
        Permalink

        Saya sendiri juga pernah di posisi anda dengan kasus yang sama seperti ini. Saya sudah coba ajukan berkali kali jawabannya tetap sama saja.

        Sampai Samapi akhirnya saya beralih ke e Comerce lain seperti Tokopedia dan tiba tiba selang beberapa bulan akun shopee saya sudah buka dan saya sudah terlanjur nyaman dengan e Comerce lain karena pernah di perlakukan seperti itu oleh pihak shopee.

        Saran saya anda sabar saja menunggu beberapa bulan dan coba e Comerce lain karena jika anda tidak bersalah maka akun anda depan atau lambat juga bakalan di buka dan menjadi hak anda untuk kembali menggunakan shopee atau mulai beralih dari shopee dan memilih e-commerce lokal seperti Tokopedia. BTW shopee itu bukan asli dari Indonesia ya…

    • 16 November 2022 - (07:24 WIB)
      Permalink

      Tidak berdasar. LUCU….

      Aturan dari mana seperti itu
      Konyol.
      Kami Tau Shopee punya kebijakan internal untuk pengguna. Tapi ya mbok yang logis.

      Dan asal jajaran shopee tau, aplikasi anda beroperasi di negara indonesia.
      Dan harus tunduk sama peraturan yang berlaku di indonesia

      ATURAN DARI MANA ITU :
      Yang punya tanggungan si A
      Yang di persulit Si B

      Sudah jelas2 beda identitas
      Beda orang – Beda Nik – Beda Alamat – Beda kepentingan dan Beda Urusan.

      Kepalah2 atasan2 shopee anda mengaku orang intelek orang berpendidikan – Tapi kebijakan anda
      Konyol – Lucu – Ngak masuk akal

      Laporkan Saja ke OJK
      Atau ke AFPI

      Agar di investigasi oknum2 dan aplikasi yang membuat aturan2 tidak masuk akal seperti.

      Viralkan

      #Shopee
      #Ojk
      #AFPI

  • 29 Agustus 2022 - (22:36 WIB)
    Permalink

    Kemungkinan orang tersebut menggunakan no.hp kamu dalam pengajuan pinjamannya Karna setahu saya pengajuan pinjaman itu harus mencantumkan no.hp salah 1 orang tua, lalu no.hp orang dekat. Dan kemungkinan no.hp kamu yg dicantumkan itu terdaftar di akun shopee kamu dan no.hp orang tersebut ada dikontak kamu. Maaf jika opini ini keliru

    7
    2
  • 30 Agustus 2022 - (07:27 WIB)
    Permalink

    Kok oon Shopee nya. Menolak customer yg bisa bayar dengan alasan org lain yg punya tunggakan. Double kill. Piutang usaha ga terbayar, prospek pembeli kabur. Paket combo untuk membuat usaha bangkrut dengan segera. Good job Shopee. ???

    21
    • 30 Agustus 2022 - (23:15 WIB)
      Permalink

      Lucu bgt,persis pinjol..seenaknya jadikan kita kontak darurat dsb tnp konfirmasi ke kita..pas ada mslh bayar dr ybs kita yg di repotkan.

  • 30 Agustus 2022 - (08:23 WIB)
    Permalink

    Oh, jadi maksudnya kaka suruh jadi DC nya shopee gituu, buat nagih atau suruh temen kk buat lunasin utangnya di shopee

  • 30 Agustus 2022 - (09:22 WIB)
    Permalink

    Dan terjadi lagi…
    Shopee lama2 jadi pinjol berkedok online marketplace, apalagi baru meluncurkan spinjam, nanti klo ada yg gagal bayar semua kontak yg punya akun shopee diblokir akunnya, good job shopee, semoga makin bangkrut ?

  • 30 Agustus 2022 - (10:17 WIB)
    Permalink

    Shopee sama saja dengan e commerce riba kalau begitu kejadiannya, jangan gunakan lagi Spay later…. Beli aja barang sesuai dengan kebutuhan… biar saja mati dengan sendirinya…..

  • 30 Agustus 2022 - (10:50 WIB)
    Permalink

    Trus gimana seandainya klo akun tsb buat jualan, dengan jumlah penjualan dan penilaian yang udah ribuan, masak akan dibatasi gara2 tunggakan teman/tetangga/dll yang tidak 1 KK sama kita? Mematikan rejeki seller donk

  • 30 Agustus 2022 - (12:25 WIB)
    Permalink

    duit utk bayar debt collector tidak ada, udah habis utk promosi & iklan2 di tivi. jd utk debt collector tinggal banned aja akun shopee temennya, biar temennya yg nagih ke orangnya. Lucu lucu lucuuu shopee ini. anyway, udah kesekian kalinya berita ini dimuat dgn tema yg sama. sepertinya penulis udah org ketiga. Sepertinya memang sudah SOP di shopee

  • 30 Agustus 2022 - (13:06 WIB)
    Permalink

    Shopee suruh bayarin utang Indonesia aja gimana? Kan berada di Indonesia dan masih kenal sama para pejabat pemerintahan juga.

    Shopee tambah lama tambah lebih gila dari DC pinjol ilegal.

  • 30 Agustus 2022 - (22:25 WIB)
    Permalink

    saya sih heran kok shopee menolak orng yg mau belanja. g masuk akal sebenarnya. saya harap shopee bisa melihat masalah ini dan menanganinya dengan cepat. soal ya ada pelanggan setia yg dirugikan.

  • 31 Agustus 2022 - (00:02 WIB)
    Permalink

    Kalau gw kasusnya lebih parah lagi, sodara gw pakai spaylater eh dia kena musibah meninggal dunia, gw bantu utk klarifikasi ke spaylater Krn apabila si peminjam udh meninggal dunia maka hutang piutang dianggap lunas, eh ini di tagih terus, gw suruh aja tagih ke kuburannya, malah pakai bahasa bahasa Al-Qur’an di bilang hutang harus di lunasi lah, lagian waktu sodara gw meninggal shopee ga jenguk sih kan ada sesi tanya jawab hutang piutang. Gw ancem balik aja lewat jalan OJK akhirnya ciut juga shopee, kasihan anak yatim sama janda di tagih mulu malah bunganya ga bisa di hangusin.

  • 12 Juni 2023 - (09:20 WIB)
    Permalink

    ternyata sudah ada sejak dulu. akun saya juga sama gak bisa checkOut gara gara temen kontak ada yang nunggak. masa iya sebelum kita add kontak kita tanya dulu “Ada tunggakan gak di E-Commerce?” Gile ajj….

    kagak mampu bayar DC bilang ajj. kasi keterangan jangan “terdeteksi memiliki tagihan” tapi “Anda diangkat Jadi DC Shopeepay” kan lebih keren 😀 😀 😀
    Kocak Kocak

    Ganti ke TOKOPEDIA ajj ya

 Apa Komentar Anda?

Ada 34 komentar sampai saat ini..

Akun Shopee Saya Dibatasi Karena Terhubung dengan Akun Teman yang Memi…

oleh Neila dibaca dalam: 2 menit
34