Komplain Barang Rusak Setelah Konfirmasi Pesanan Diterima

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih untuk pihak Media Konsumen, yang telah menerbitkan keluhan surat saya secara terbuka ini. Saya adalah pengguna Shopee, sudah sering saya belanja di sana. Berbagai masalah juga telah saya alami, meski begitu, semua selalu terselesaikan dengan baik oleh para seller di sana.

Namun kali ini berbeda dan sungguh ini adalah pengalaman yang tidak mengenakkan sama sekali. Oh iya saya adalah konsumen Shopee, dengan nama  akun saya linakaher9*. Melalui surat ini saya harap pihak terkait, seperti admin dan juga seller Shopee terkait, bisa membantu mengatasi kendala saya.

Hari Jumat tanggal 2 September 2022 kemarin, saya telah terima paket saya, yaitu Lint Remover Jing Ao Ja 768 (mesin cukur serat kain pakaian) dari salah satu star seller Shopee: Tokodiawilis, dengan nomor pesanan 220829****WK9Y. Namun sebelum mencoba terlebih dulu, saya terpencet tombol klaim terima. Ya auto saya tak bisa kontak untuk mengajukan pengembalian.

Saya coba saya dulu produknya, karena saya kira akan nyala nanti lampunya dan berfungsi dengan baik, tapi zonk. Sudah berapa kali dan sudah sejam lebih saya biarkan di colokan listrik, tetap tidak dapat digunakan. Akhirnya saya coba untuk buat laporan kasus ke pihak Shopee. Namun ketika saya tambahkan bukti videonya selalu dikatakan tidak kurang dari 60 detik durasinya.

Lalu saya rekam lagi sesuai durasinya, tapi lagi-lagi gagal, karena ukurannya hanya 30 MB saja yang bisa videonya. Saya bingung, sudah berkali-kali coba rekam bukti selalu tertolak dengan alasan yang berbelit. Sampai memori saya full gara-gara rekam video terus, yang niatnya untuk saya jadikan bukti.

Hingga akhirnya saya diarahkan untuk chat sama penjualnya, untuk meminta pertukaran produk. Namun selalu saja penjual berbelit juga dan slow respond sekali. Padahal saya menanyakan secara baik-baik, minta solusinya ini bagaimana. Saya juga sudah kirim video lewat chat, tapi penjual sengaja membuat saya dilema.

Saya punya video pertama dari awal buka paket hingga mencoba dan ternyata tidak berfungsi. Videonya berdurasi 3 menit lebih dan itu tidak bisa dikirim lewat penilaian produk, atau untuk bukti rusak di laporan kasus. Juga tak bisa masuk dalam chat dengan si penjual, selalu diminta durasi 100 detik lebih saja.

Sampai sekarang, saya masih menunggu dan berharap respons baiknya. Saya kecewa dan memutuskan untuk menulis surat ini di Media Konsumen. Saya berharap hal ini dapat diteruskan ke pihak terkait dan kendala ini teratasi dengan ada itikad baiknya dari penjual.

Sekian dan terima kasih.

Karlina
Palangka Raya, Kalimantan Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Belanja online di Shopee:
[Total:37    Rata-Rata: 2.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

15 komentar untuk “Komplain Barang Rusak Setelah Konfirmasi Pesanan Diterima

  • 7 September 2022 - (12:02 WIB)
    Permalink

    Klo mau komplain jangan di review penjual jadi males ngeladenin. Upload videonya ke YouTube kirim linknya ke seller

    15
  • 7 September 2022 - (12:24 WIB)
    Permalink

    Untuk bukti video unboxing yang diminta pihak marketplace SoPuih, maksimal ukurannya 30 MB. Jika tim resolusi minta durasinya minimal 1 menit (60 detik) anda bisa gunakan aplikasi untuk menurunkan resolusi atau kualitas video. Untuk PC bisa gunakan aplikasi video editing gratisan. Untuk android coba cari di Play Store aplikasi untuk menurunkan ukuran file dengan search keyword “reduce video size”.

    Video unboxing asli bisa anda unggah ke YouTube dan cukup cantumkan link YouTube ke tim resolusi.

  • 7 September 2022 - (16:54 WIB)
    Permalink

    Kebiasaan buyer di Indonesia ya seperti penulis ini. mencoba saja belum tp udah konfirmasi penerimaan barang. Giliran barang ga bisa dipake, komplain sana sini, minta tukar dgn yg baru. Padahal tenggat waktu utk konfirmasi itu sekitar 1-2 hari sejak barang diterima. Bisa divideokan dulu unboxing, barang rusak akan terekam semua, baru komplain disertakan dgn bukti video. Jika buyer sudah mengklik konfirmasi penerimaan barang, artinya buyer menerima apapun kondisi barang yg dibeli.
    Macam2 buyer itu, ada yang kasi bintang 5 dgn ulasan: “Barang sudah sampe, tp belum dicoba”, “Bintang 1: Kurir lama kirimnya” , “Kurir ga sopan”, “Barang nyasar sama kurir”, dll
    Tolonglah kalo kasi ulasan itu yg bermanfaat buat calon buyer lainnya

    18
    1
    • 7 September 2022 - (17:23 WIB)
      Permalink

      Saya sudah menulis surat ini dan saya kirim ketika tanggal 3 jumat sep 2022 kemarin ketika saya telah coba berdiskusi pada penjualnya dari saat saya coba barangnya tusak dan si penjual slowrespon tidak membalas chat saya, begitu sangat lama sekali… Setelah di tunggu 24 jam respon nya berbelit dan saya pun berikan komen di penilaian produk karena tidak dapat berdiskusi sama penjualnya sebab penjual tidak berniat berikan solusinya… Sekali lagi sudah dari tanggal 3 kemarin saya tulis ini surat ya, karna mungkin baru di setujui artikelnya baru terbit sekarang padahal saya sudah kirim surat dari 5harian sama hari ini terbitlah majalah ini… Dan untuk anda terimakasih buat sarannya.

      Dan terimakasih untuk MediaKonsumen. Telah meloloskan surat ini.

      1
      3
  • 7 September 2022 - (17:25 WIB)
    Permalink

    Ketika tanggal 3 sabtu sep 2022 kemarin itu maksud saya.

    1
    1
    • 8 September 2022 - (00:10 WIB)
      Permalink

      Sdh ikhlaskan sj, cm 100rb ini. Itupun karena salah anda jg sdh klik tombol terima.

      5
      2
  • 7 September 2022 - (21:50 WIB)
    Permalink

    Kalau sudah ke klik konfirmasi, ya susah sih ya untuk klaim. Kembali ke sellernya kalau gitu. Dia setuju apa tidaknya.

  • 7 September 2022 - (23:32 WIB)
    Permalink

    Disini tetap kamu yang posisi salah dong.
    Kalau kamu sudah klik terima pesanan, itu tandanya kamu sudah terima apapun kondisi barangnya, dan kamu sudah paham akan resiko tersebut.
    Kalau semua pembeli diperbolehkan komplain dan retur setelah barang di klik terima ya penjual bisa rugi semua dong.
    Yang terima barang bagus pun akan ikutan komplain setelah dia pakai lalu kemudian rusak. Nggak fair untuk penjualnya. Saya pun kalau jadi penjualnya nggak akan terima komplain setelah pesanan di klik terima. Kalau pun ada garansi, langsung hubungi merek / service centernya saja.

  • 8 September 2022 - (11:48 WIB)
    Permalink

    Tak sengaja klik Terima pesanan.
    Ada ada aja nih buyer.
    Klik pesanan diterima butuh dua kali klik untuk konfirmasi melepas dana ke seller.
    Apa mungkin dua kali klik di bilang tak sengaja, jadi mikir keras.

  • 8 September 2022 - (23:35 WIB)
    Permalink

    Kan udah di sebutkan di ketentuan, kalau konsumen udah mengklik konfirmasi pesanan di terima. Barang di tidak dapat di tukar atau di kembalikan. Batas waktunya tiga hari. Kamu bukan anak kecil harus menerima konsekwesi apa yang kita lakukan. Anggap aja kecelakaan.

  • 9 September 2022 - (11:19 WIB)
    Permalink

    MK makin lama kok makin gini ya, banyak yg ngadu disini….dia yg salah ,dia yg komplain di MK….haduuh….., kecelakaan ” tidak sengaja pencet tombol pesanan diterima”

  • 10 September 2022 - (19:12 WIB)
    Permalink

    Udh di klik trima mau gmna lg ksh rating bintang 1 aja anggap ini sbg pelajaran berharga buat pembeli

 Apa Komentar Anda mengenai Belanja online di Shopee?

Ada 15 komentar sampai saat ini..

Komplain Barang Rusak Setelah Konfirmasi Pesanan Diterima

oleh KarlinaistriHerman dibaca dalam: 2 menit
15