Paket Hilang oleh J&T Cargo, Uang Ganti Rugi Belum Juga Cair

Kepada Yth. Pimpinan Manajemen J&T Cargo,

Saya mengalami kekecewaan terhadap ekspedisi J&T Cargo. Paket saya dengan nomor resi: 200055184938, yang dihilangkan sepihak oleh pihak J&T Cargo, tidak menemukan titik terang. Sudah hampir mau 3 bulan lamanya.

Pengiriman barang dari tanggal 07 Juli 2022, tapi sampai hari ini 16 September 2022, belum menemukan kejelasannya mengenai kapan proses klaim saya cair. Saya kirim paket barang dari outlet J&T Cargo Cianjur dipanas, dikirim ke Tasik. Namun dalam perjalanannya, paket yang sangat besar itu, dengan nilai barang sebesar Rp3.465000,- (tiga juga empat ratus enam puluh lima ribu) stuck atau tidak bergerak di gudang J&T Cargo Bandung.

Saya bertanya dan melakukan komplain terus menerus pihak J&T Cargo, dengan menghubungi mereka via telepon di nomor 02180661666 dan via WhatsApp di nomor +62 811 8106166. Mereka bilang sedang menelusuri paket tersebut, karena paket saya mengalami double resi, dengan melakukan investigasi dan pemantauan CCTV yang berlangsung lama sekitar 1 bulan.

Saya terus bertanya setiap harinya, dan akhirnya barang tersebut dinyatakan hilang. Kemudian saya dibantu oleh tim terkait J&T Cargo Cianjur untuk mengajukan proses klaim barang. Meskipun begitu, saya belum diberitahu berapa harga yang akan saya terima sebagai ganti rugi dari J&T Cargo sampai saat ini.

Setelah pengajuan, mereka bilang proses klaim memakan waktu 2-3 minggu setelah pengajuan. Namun tidak ada kejelasan dan kepastian kapan klaim asuransi dan ganti rugi barang saya selesai dan cair sampai hari ini. Padahal saya komplain WhatsApp dan via telepon setiap hari, dari cara baik-baik sampai kesal. Namun belum ada titik terang dan selalu disuruh menunggu, pasti jawabannya “Baik kak, perihal laporan saat ini sedang ditangani oleh tim kami mohon menunggu ya kak”.

Progress-nya sangat lamban, padahal barang tersebut adalah barang modal dagangan saya. Saya gelisah setiap hari, karena uang tersebut bagi saya tidak sedikit. Namun belum ada kejelasan dan kepastian dari pihak J&T Cargo mengenai tanggung jawabnya, karena telah menghilangkan barang saya. Hanya buang-buang waktu dan uang saja yang saya lakukan setiap hari untuk menanyakan progres klaim paket saya sampai mana. Karena terkadang telepon saya tidak diangkat sehingga pulsa saya terpotong, atau pihak CS mengecek resi saya yang memakan waktu sampai 5 menit lamanya.

Untuk saat ini saya pribadi merasa kecewa, kapok dan tidak mau lagi menggunakan jasa kirim ekspedisi J&T Cargo. Saya tetap berharap agar masalah saya dengan J&T Cargo yang sekarang ini, menjadi masalah saya yang pertama dan terakhir dengan J&T Cargo, serta dapat segera diselesaikan dengan solusi yang baik.

Risna Qurrotu A’ina
Tasikmalaya, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai J&T Cargo:
[Total:15    Rata-Rata: 1.8/5]
Tanggapan J&T Cargo atas Surat Ibu Risna Qurrotu A’ina

Jakarta, 30 September 2022 Kepada Yth. Ibu Risna Qurrotu A’ina Jawa Barat Perihal: Surat Tanggapan Keluhan Ibu Risna Qurrotu A’ina...
Baca Selengkapnya

14 komentar untuk “Paket Hilang oleh J&T Cargo, Uang Ganti Rugi Belum Juga Cair

  • 19 September 2022 - (13:18 WIB)
    Permalink

    blacklist aja ribet banget udah ketahuan hilang juga. gila bangt jnt kargo dikira nunggu enak

    • 19 September 2022 - (15:41 WIB)
      Permalink

      Enak sekali dong kalau cuma diblacklist aja. Nanti jadi banyak yg melamar kerja di J&T Cargo gimana? 🤣

    • 20 September 2022 - (12:56 WIB)
      Permalink

      betul sekali kak. semoga pihak terkait segera menyelsaikan masalahnya.

  • 20 September 2022 - (13:08 WIB)
    Permalink

    parah banget J&T Cargo gaada tanggung jawabnya. Jadi takut pake jasa kirim J&T Cargo.
    Gaakan pernah pakai jasa kirim itu ah, sekalian mau infoin ke keluarga juga.
    Semoga masalahnya cepat selesai.
    Terima kasih sudah lapor biar kita-kita berpikir dan tidak menggunakan jasa kirim J&T Cargo.

  • 20 September 2022 - (13:17 WIB)
    Permalink

    Semoga bisa tanggung jawab biar ga kena imbas ke orang lain. 3 bulan udah cukup lama bang. Bisa bisa konsumen lapor polisi kena pasal , biar lebih amanah lagi mending di selesaikan segera

  • 20 September 2022 - (14:15 WIB)
    Permalink

    Kayanya banyak bgt case kaya gini ya J&T? Itu modal loh.. mau nyari uang malah harus ngeluarin uang buat pulsa dan nelfonin terus kalian pasti ngabisin pulsa yg ga sedikit. Next jangan pake jasa kirim ini lagi kak! Semoga cepet selesai ya

    • 20 September 2022 - (18:41 WIB)
      Permalink

      iyaa ka sedihnya barang buat usaha tapi ilang.. semoga ada itikad baiknya dari pihak j&t cargo.

  • 20 September 2022 - (20:08 WIB)
    Permalink

    Parah bgt 3bln gaada progress, kalo terus – terusan kaya gini konsumen lama-lama bakal ilang semua deh!!! Semoga segera ada itikad baik dari j&t cargo nya kak

  • 21 September 2022 - (10:09 WIB)
    Permalink

    Wah ini sih nunggu viral dulu baru ditindak lajuti, dzolim loh beberapa teman saya mengalami hal yang sama, seharusnya jika tidak mampu berkomitmen TUTUP saja, jasa anda dibuka untuk mempermudah akses kebutuhan dan itu berbayar, bukan untuk mempersulit, uang 3jt ga sedikit bagi si konsumen, ayolah tanggung jawab!!!

  • 21 September 2022 - (19:16 WIB)
    Permalink

    Pelayanan yang SANGAT buruk, sangat disayangkan sekali ini sih BISA BANGET DILAPORIN atas tindakan kelalayan pihak J&T Kargo biar diperpanjang sekalian ke ranah hukum aja! (PERLINDUNGAN KONSUMEN)

    Yang berarti kita memiliki HAK untuk mendapatkan KOMPENSASI, ganti rugi / penggantian karena barang tersebut TIDAK SESUAI DENGAN PERJANJIAN sebelumnya!

    BERDASARKAN Pasal 1366 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHPer) dijelaskan bahwa :
    “Setiap orang bertanggung jawab, bukan hanya atas kerugian yang disebabkan perbuatan-perbuatan, melainkan juga atas kerugian yang disebabkan KELALAIAN atau KESEMBRONOANNYA.”

    WOY J&T KARGO LO LALAI DAN SEMBRONO JELAS DIKASUS INI!!!!!

    • 21 September 2022 - (19:47 WIB)
      Permalink

      makasih bgt ka sarannya sangat bermanfaat. mudah-mudahan pihak jnt segera ada kepastiannya karena sampai sekarang belum ada tanggapan dari pihak J&T

      • 22 September 2022 - (14:13 WIB)
        Permalink

        Dari laporan2 untuk J&T Cargo yg masuk di media konsumen. Total ada 13 kasus. 8 diantaranya kasus keterlambatan. 4 kasus kehilangan. Dan 1 kasus lain lain. Sejauh ini pihak J&T cargo baru memberi 3 konfirmasi masalah selesai dari 5 total tanggapan dengan kecepatan 3-6 hari. Untuk kasus kehilangan tidak terlihat ada pengawalan masalah, tidak ada solusi, tidak ada konfirmasi masalah selesai. Bahkan sanggahan pun tidak ada.

        Jadi untuk yang kebetulan membaca ini. Silakan menggunakan imajinasi masing masing apakah perusahaan satu ini layak dipakai.

        Buat kak Risna saran di atas boleh mulai dipertimbangkan.

  • 22 September 2022 - (18:35 WIB)
    Permalink

    UPDATE :
    Tanggal 22 September 2022 ada dana masuk dari J&T kargo dana ganti rugi. cuma yang disayangkan uang ganti ruginya hanya sebesar Rp. 2.000.000,- (dua juta rupiah) dari total barang saya Rp. 3.456000,- dengan alasan saya hanya memakai asuransi yang seharusnya 7000 paket saya cuma memakai asuransi 5000 ga habis pikir banget bisa hilang Rp. 1.500.000 gara gara itu, padahal pas pengiriman outlet pengirim tidak
    menjelaskan seperti itu! saat mengajukan proses klaim saya bilang di awal kalo tidak full saya minta barang saya kembali semua tapi pihak terkait bilang akan ganti full (bukti ada semua) udah uang melayang dan rugi Rp. 1.500.000 , rugi waktu, rugi uang. mantap J&T Kargo ini!

 Apa Komentar Anda mengenai J&T Cargo?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

Paket Hilang oleh J&T Cargo, Uang Ganti Rugi Belum Juga Cair

oleh Risna Aina dibaca dalam: 2 menit
14