Waspada Phishing dengan Modus Perubahan Tarif Baru Transaksi Bank BRI!

Pada tanggal 19 September 2022 pukul 14:41, saya mendapat pesan WhatsApp mengatasnamakan BRI, tentang perubahan tarif baru untuk transaksi. Saya mengikuti instruksi untuk mengisi form dari link yang diberikan.

Namun saya mengalami kejanggalan saat saya melihat format contoh SMS, tampak seperti pesan berisi kode OTP untuk masuk ke aplikasi BRImo. Setelah saya cek kembali, alamat website tersebut tampak bukan milik BRI. Lalu saya mencari informasi mengenai hal ini, dan mendapati bahwa ini adalah modus penipuan.

Sampai saat ini akun saya masih aman. Namun saat saya mencoba untuk mengubah PIN dan password BRImo, tidak ada SMS masuk untuk OTP. Sepertinya ini adalah bentuk pencegahan dari BRI. Tapi kalau bisa, saya ingin mengganti PIN dan password BRImo agar merasa lebih aman.

Beruntungnya saya, karena tidak ada saldo di rekening saya, jika ada saldo, mungkin saya akan panik. Semoga dengan adanya surat ini dapat menghimbau para pembaca agar senantiasa waspada.

Aprian Jamil
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai pengalaman ini:
[Total:92    Rata-Rata: 4.3/5]
Tanggapan PT Bank Rakyat Indonesia Atas Surat Bapak Aprian Jamil

Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Bank BRI. Terkait dengan laporan yang Bapak Aprian Jamil...
Baca Selengkapnya

39 komentar untuk “Waspada Phishing dengan Modus Perubahan Tarif Baru Transaksi Bank BRI!

  • 21 September 2022 - (16:38 WIB)
    Permalink

    wkwkwk…. untungnya ente Smart Frennnn…

    memang jaman sekarang harus jeli terutama perhatiin bagian link lengkap yg itu jelas2 bukan dari webnya bri

    9
    1
      • 24 September 2022 - (17:54 WIB)
        Permalink

        Kalo saya hampir saja kena tapi bukan melalui link tapi ditelpon langsung. Wah untung langsung nyadar..

    • 22 September 2022 - (08:53 WIB)
      Permalink

      Saya jg dapat padahal saya sudah tidak memiliki akun BRI…saya jg menyadari sejak awal ketika mendapatkan WA tersebut, saya masuk akun phishing tersebut lalu saya SS dan lapor ke aplikasi Polisiku.

    • 24 September 2022 - (07:35 WIB)
      Permalink

      Klu bisa di perbaiki syistem verifikasinya, mslhnya sudah banyak korban, termasuk saya.

    • 22 September 2022 - (13:48 WIB)
      Permalink

      Saya juga mengalami hal tsb, bahkan bkn melalui WA tp langsung ke alamat gmail yg terdaftar perbankan, awalnya ga curiga karna stiap transaksi pasti ada laporan dr Mbangking ke gmail, saya klik link yg langsung dialihkan ke no WA, saya WA dan CS meminta izin nelp, bahwa saya menolak perubahan tarif dan ingin ttp di tarif lama, CS baik pak akan kami kirim link form keberatan. Tp blm ada link form tsb saya cek di alamat pengirim email ternyata bkn dr Bank BRI, lantas saya nelp CS BRI dan CS BRI menyatakan tidak ada perubahan tarif TF, bsa dipastikan itu penipuan. Syukur alhamdulillah tidak terjadi hal yg tidak di inginkan. Ttp fokus dan hati2.

  • 21 September 2022 - (20:01 WIB)
    Permalink

    Para oknum merandom nomor² ponsel dengan berharap untung²an.
    Dalam hal ini kewaspadaan yg diutamakan karena biasanya Nomor yg tidak ada di phonebook terdeteksi hanya nomor, bukan nama Kontak yg di save diponsel jadi apabila ada pihak/oknum yg mengatasnamakan Lembaga tertentu atau apapun itu diabaikan saja bila perlu Blockir langsung.
    Pihak BANK punya account sosmed ataupun nomor WhatsApp dan SMS yg terverifikasi jadi jangan tergiur oleh sesuatu hal yg membuat kita tertipu.#cmiw

  • 21 September 2022 - (20:05 WIB)
    Permalink

    Halo kak, saya juga dari Bogor. Saya jga pernah dapat wa dari BRI 2 minggu lalu mirip sekali seperti itu lalu saya chat bilang “saya tidak memiliki rek BRI yaa” ke pemilik no trsebut lalu saya gertak sambal “klo mau nipu jngn sama gua lahh !! ” dan lalu pemilik no trsebut lngsung blokir wa saya hhaha.. sayangnya saya gak ss wa nya.. emng reseh tuhh No BRI tersebut, bila perlu kita laporkan saya yuk biar kapok …

  • 21 September 2022 - (20:10 WIB)
    Permalink

    Bertahun tahun saya jadi nasabah bri tidak pernah sekalipun mengalami masalah karena kuncinya saya selalu mengabaikan sms, wa maupun telp dari oknum yang gak jelas dg mengatas namakan bank. Dan satu lagi saya tidak pernah menumpuk saldo di satu rekening bank.

  • 21 September 2022 - (20:54 WIB)
    Permalink

    Sudah agak lama itu modusnya, banyak yg kena di group-group warga. Kebanyakan yg kena warga menengah ke bawah yang baru belajar punya smartphone dan baru punya rekening bank karena terima bansos.

    2
    1
  • 21 September 2022 - (21:42 WIB)
    Permalink

    Salut buat TS dan kewaspadaannya. Kalau jeli, TLD di URL-nya sama sekali bukan milik BRI. Lucunya lagi URL tidak mengandung kata “brimo”. Cuma saya perlu kutip pernyataan TS berikut ini:

    “Sampai saat ini akun saya masih aman. Namun saat saya mencoba untuk mengubah PIN dan password BRImo, tidak ada SMS masuk untuk OTP. Sepertinya ini adalah bentuk pencegahan dari BRI. ”

    Berbahaya mengambil kesimpulan seperti itu. Jika saya sudah menguasai akun anda dan mengganti nomor telepon, situasinya akan sama (anda tidak menerima OTP) dan tidak ada hubungannya dengan bentuk pencegahan dari BRI.

    3
    1
    • 22 September 2022 - (05:33 WIB)
      Permalink

      Wah bener juga ya. Sementara ini semua transaksi saya alihkan ke bank lain dulu. Belom berani.

    • 22 September 2022 - (11:05 WIB)
      Permalink

      Yang di jelaskan penulis kan sudah kita ketahui seperti apa ceritanya, kok malah beranggapan berbahaya kalau penulis menganggap itu bentuk pengamanan dari BRI, lu baca gk kan penulisnya bilang kalau penulis belum sempat masuk login pakai kode password dsb . Sok pintar lu tapi bego, cuma mau cari kesalahan orang saja ( penulis)

      • 22 September 2022 - (11:21 WIB)
        Permalink

        Saya setuju penulis blm login dan passwordnya blm diketahui pelaku pada screen shoot atas..jadi akun bisa dikatakan belum dikuasai oleh pelaku…. terlihat TS sendiri nulis user id dengan kata “mau nipu ya”

        Tapi kan kita disini tidak menyaksikan interaksi apa yang dilakukan secara utuh oleh TS dengan pelaku .. apakah user id dan password disebutkan secara verbal? kita ga tahu,,,,ya tidak ada salahnya kita berhati hati sesuai saran di semua bank ubah user id dan password secara berkala.

    • 24 September 2022 - (19:42 WIB)
      Permalink

      Mungkin no nya nggak ada pulsanya pak, jadi tidak bisa Terima SMS OTP. Saya kemarin juga gitu, setelah saya isi pulsa sms otp baru masuk.
      Saya juga kena tipu, sudah sempat isi2 username sama password brimo. Tapi setelah itu nggak berapa lama akun brimo sy tdk bisa dibuka. Untung masih sempat pindahin saldo ke bank lain. Nggak banyak sih. Tp nggak iklas juga kalo diambil penipu 😅

      • 24 September 2022 - (19:46 WIB)
        Permalink

        Untungnya nmr saya tdk ada pulsa jadi saya nggak Terima SMS waktu suruh kirim kode 6 digit yg masuk di SMS. Jadi mandeg di masukkan kode proses isi link nya. Kalo ada pulsa dan dpt SMS mungkin udah sy kirim kodenya. Maklum waktu itu pikiran sy lg ribet bgt. Jadi nggak kepikiran kalo itu penipuan.

  • 22 September 2022 - (07:13 WIB)
    Permalink

    Yang modus semacam ini banyak juga yang apes saldonya hilang sampai puluhan/ratusan juta

  • 22 September 2022 - (09:31 WIB)
    Permalink

    Terima kasih sharingnya. Semoga dengan tulisan ini membuat yang lainnya agar berhati hati.

  • 22 September 2022 - (11:20 WIB)
    Permalink

    Zaman now rek akun Bank jadi sasaran maling2 online.. Mending taruh duit selain d rek secukupnya ajaa d rek..

    • 22 September 2022 - (11:26 WIB)
      Permalink

      benar.. saya kalau merasa lebih buat kecukupan harian langsung pindahin deposito di brimo.

  • 22 September 2022 - (13:18 WIB)
    Permalink

    Saya cukup sering mendapat SMS atau WA seperti ini. Sepertinya pelaku sudah mendapat data no HP nasabah BRI (dugaan saya kebocoran karena orang dalam, atau sistemnya yang bobol). Yang penting kita harus mengedukasi sendiri dan orang-orang di sekitar kita terutama nasabah BRI, ini adalah modus penipuan. Yang membuat penasaran adalah kenapa pelaku melakukan penipuan secara masif kepada nasabah BRI, kenapa tidak dengan bank lain?

    • 22 September 2022 - (15:48 WIB)
      Permalink

      tidak sepenuhnya benar karena banyak teman saya yang mendapat WA ini bukan pemilik rekening bank BRI, dugaan saya hanya dikirimkan WA secara random oleh pelaku, berharap kebetulan ada yang memiliki dan merespon

  • 22 September 2022 - (14:14 WIB)
    Permalink

    Registrant Contact Information:
    NameArjun Bofi
    OrganizationAR Sandir
    AddressJalan WR Supratman no 41 –
    CityPalembang
    State / ProvinceSumatra Selatan
    Postal Code30111
    CountryID
    Phone+62.0812381823
    Fax+0.0
    Email

    Administrative Contact Information:
    NameArjun Bofi
    OrganizationAR Sandir
    AddressJalan WR Supratman no 41 –
    CityPalembang
    State / ProvinceSumatra Selatan
    Postal Code30111
    CountryID
    Phone+62.0812381823
    Fax+0.0
    Email

    Technical Contact Information:
    NameArjun Bofi
    OrganizationAR Sandir
    AddressJalan WR Supratman no 41 –
    CityPalembang
    State / ProvinceSumatra Selatan
    Postal Code30111
    CountryID
    Phone+62.0812381823
    Fax+0.0
    Email

    ini yang punya web tersebut

  • 22 September 2022 - (16:51 WIB)
    Permalink

    Beritanya kelamaan baru di relesae
    Padaha saya udah laporin ke BRI sekitar dua bulan yang lalu

    Tapi tidak langsung di puplikasikan ke semua konsumen

  • 23 September 2022 - (09:45 WIB)
    Permalink

    Saya 5 hari yang lalu juga dapat pesan dari telegram yang berisi tawaran untuk menonaktifkan sms notifikasi. Setelah saya chat yg ngaku cs bri, saya diberi link yang mengarahkan login ke brimo versi website. Langsung saya sadar bahwa itu tidak benar. Semoga kita semua bisa lebih waspada dan teliti agar terhindar penipuan.

  • 23 September 2022 - (15:15 WIB)
    Permalink

    Saya dah kena 121.740.000 di rekening saya ludes dengan modus ini… Sy ngaku salah karena mengikuti instruksi di WA dan ketika saya sadah kemudian sy laporkan ke Bank tempat sy buka rekening… Hasilnya itu transaksi normal saya… Klo itu saya kehendaki ngapain saya lapor… Dari pengalaman sy ini klo mau jadi maling jadi maling rekening aja aman gak akan digebuki massa malah dilindungi… Padahal kita buka rekening menggunakan KTP yang lengkap identitasnya… Uang saya jelas masuk rekening mana… Tapi ya… Hanya bisa lapor ke Allah… Ke yang lain hanya ngabisin waktu aja… Inget BRIMO bisa dibuka diperangkat lain selain perangkat yang nomor HPnya kita daftarkan…

  • 24 September 2022 - (06:54 WIB)
    Permalink

    Saya juga ada dikirim beginian tapi modusnya dari BCA
    Tanpa basa basi, langsung saya kirimkan foto psangan g3y & waria, tidak lama langsung diblokir oleh mereka nmr saya

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 39 komentar sampai saat ini..

Waspada Phishing dengan Modus Perubahan Tarif Baru Transaksi Bank BRI!…

oleh Lebah dibaca dalam: 1 menit
39