Pengiriman Barang Sudah Sesuai dengan Judul dan Deskripsi Produk, tapi Tetap Disalahkan

Saya merupakan seller di Tokopedia. Pada tanggal 17 September 2022, saya menerima 1 orderan dengan item barang: PAKET CROSS BAR JEPIT ROOF RAIL + RACK ROCKFORD ALL NEW VELOZ 2022. Tanggal 21 September 2022, saya mendapat 1 komplain di Tokopedia untuk item barang tadi. Yang mana pembeli merasa telah dibohongi, karena tidak mengirimkan roof rail sesuai foto yang dipasang di foto produk saya (terlampir di bawah foto produk, beserta judul dan deskripsi produk saya). Sehingga pembeli ingin barang diretur dan dananya dikembalikan.

bukti pembelian
bukti transaksi pembelian

Padahal sesuai judul produk saya adalah “PAKET CROSS BAR JEPIT ROOF RAIL + RACK ROCKFORD ALL NEW VELOZ 2022”, yang berarti saya hanya menjual cross bar (saya tandai di foto yang namanya cross bar bagian mana) dan rack rockford (rack bagasi atas mobil) tidak termasuk roof rail. Karena semua orang tahu mobil Toyota All New Veloz 2022 sudah mempunyai roof rail dan tentunya cross bar yang saya jual untuk dipasangkan ke bagian roof rail bawaan mobil All New Veloz 2022.

Perihal roof rail ini, pembeli ngotot kenapa tidak dikirimkan di dalam paket pembelian. Karena pada foto produk, ada foto crossbar terpasang di roof rail dan bersikeras jika roof rail yang kami kirimkan tidak bisa dipasang di All New Veloz 2022, tanpa adanya roof rail tambahan.

Dikarenakan kami hanya menjual cross bar dan rack atas rockford saja, jadi kami hanya mengirimkan produk sesuai judul kami. Untuk foto produk kami di mana cross bar sudah terpasang di roof rail itu (ilustrasi foto), merupakan bentuk penjelasan kami kepada calon pembeli, bahwa dalam kondisi terpasang akan sesuai gambar tersebut. Sehingga calon pembeli mengerti letak cross bar-nya dipasang di bagian mana.

Dalam diskusi komplain tersebut, saya sebagai penjual berusaha menjelaskan kepada pembeli atas kesalahpahaman tersebut dan menginformasikan jika sudah ada roof rail bawaan dari mobil All New Veloz 2022. Pembeli juga mengirimkan foto mobilnya, yang terlihat jelas juga sudah mempunyai roof rail, tetapi pembeli tetap ngotot minta barang diretur, karena tidak dikirimkan roof rail sesuai gambar di produk.

Yang saya sesalkan di sini adalah Admin Tokopedia dengan gampangnya memberikan solusi sepihak, dengan menyalahkan saya kenapa tidak mengirimkan roof rail sesuai gambar produk. Sehingga produk diretur lagi dan saya harus mengembalikan dana pembeli tanpa melakukan investigasi sebagai berikut:

  1. Apakah benar mobil Toyota Veloz 2022 itu sudah mempunyai roof rail atau belum?
  2. Beberapa toko online lain juga menjual produk yang sama dengan menggunakan foto produk yang sama dengan saya, apakah mereka salah juga?
  3. Jika saya salah karena tidak mengirimkan kelengkapan di foto produk saya, apakah saya juga harus mengirimkan mobil Toyota All New Veloz 2022-nya ke pembeli? Karena dalam foto produk saya menggunakan mobil Toyota All New Veloz 2022.

Sampai detik ini saya disuruh memasukkan alamat pengembalian barang di komplain. Namun belum saya masukkan, karena saya merasa saya tidak bersalah. Menurut saya, solusi komplain ini adalah sebuah solusi yang sangat merugikan, yang menentukan kualitas dari admin Tokopedia itu sendiri.

Artinya, orang yang jualan di platform Tokopedia, tidak boleh menggunakan foto produk yang sudah terpasang di kendaraan, khususnya untuk produk variasi kendaraan dan spare part kendaraan atau mungkin item lainnya, dengan latar yang sengaja kita hias dengan tambahan item-item bagus biar foto produk lebih bagus. Takutnya ketemu pembeli awam yang sok tahu, tanpa tanya dulu ke penjual, terus setelah dikirim menyalahkan penjual, karena tidak sesuai gambar.

Solusi dari pihak admin Tokopedia “luar biasa bijaksana”, karena penjual akan diharuskan mengirimkan semua item yang ada di foto produk Anda. Sangat berbahaya itu.

Andy Frandesar
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Pusat Resolusi Tokopedia:
[Total:49    Rata-Rata: 2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

42 komentar untuk “Pengiriman Barang Sudah Sesuai dengan Judul dan Deskripsi Produk, tapi Tetap Disalahkan

  • 25 September 2022 - (15:29 WIB)
    Permalink

    Kalau anda tidak memasukkan alamat retur, jika sudah lewat batas waktu uangnya kembali ke pembeli. Jadi pembeli dapat barang gratis, karena pembeli tidak perlu retur barang.

  • 25 September 2022 - (15:34 WIB)
    Permalink

    Iya om..dengan terpaksa saya sudah masukkan alamat pengembalian…

    • 26 September 2022 - (01:09 WIB)
      Permalink

      Memang Kita sebagai penjual itu slalu salah di pihak tokped mereka ga ada solusi selain return dan pengembalian barang atau tukar unit selain itu jawaban nya ga akan ada.. slalu minta bukti video ini itu tapi tetep pembeli yang menang.. heran

    • 26 September 2022 - (06:02 WIB)
      Permalink

      Terkait dengan salah atau benarnya pembeli dan/atau penjual, Menurut saya sebaiknya judulnya direvisi atau tulisan roof rail di judul dihilangkan saja karena mungkin itu yang bikin pembeli salah paham.
      Disini saya bukan membela pembeli ya..

      Sering kejadian nih judul produk menyesatkan terutamanya di platform lain (mungkin juga di tokopedia).
      misal: judul produk “bor cordless MAKITA charger terbaik blablabla” seharga 120ribu. Gambar produk lengkap dengan bor dan printilannya serta deskripsi yang menunjukkan spek bor tsb. Ternyata yg dikirim hanya chargernya.

      Dan juga yg namanya bisnis, pasti akan sangat2 takut kehilangan pelanggan, bisnis apapun itu. Gak apa seller pergi 1 atau 2 asalkan pembeli tetap berdatangan, karena masih banyak seller yg ingin berjualan di platform tsb.. mungkin itu pikirnya.. Jadilah disini pihak tokopedia banyak memenangkan kasus refund.

      Ya semoga kasus ini berakhir dengan baik. Penjual dapat kembali barangnya tanpa cacat sedikitpun.

      5
      2
      • 26 September 2022 - (07:02 WIB)
        Permalink

        Terima kasih untuk masukkannya gan..tapi disisi lain saya menggunakan judul crossbar jepit roof rail biar pembeli tidak salah beli, karena ada cross bar yang jepit body jika mobilnya tidak ada roof rail bawaan..terima kasih.

      • 26 September 2022 - (07:57 WIB)
        Permalink

        Judulnya RANCU , ada tulisan “paket” dan “roof rail” sekilas atau kebanyakan pembeli kalo membaca judul , berarti mendapatkan paket terdiri dr nama² barang di judul

        • 26 September 2022 - (18:32 WIB)
          Permalink

          Memang tokopedia yang sekarang sama dulu beda jauh, yang sekarang tidak meneliti dengan benar. Saya juga ada pengalaman spt itu, barang sdh saya kirim sesuai deskripsi dan asli, pembeli tiba2 minta refund dg alasan palsu, saya sudah banyak2 mengirim bukti bahkan chat dg orang pabrik, tetap aja dianggap palsu, sampai orang pabrik heran sama tokopedia. Orang2 tokopedia yg d pusat resolusi pada malas2 ya utk mencari dahulu kebenarannya.

  • 25 September 2022 - (16:21 WIB)
    Permalink

    Itu pembelinya yang geblek alias globlok, karena pembeli berubah pikiran sehingga cari alasan untuk return dan refund. Seharusnya admin Tokped gak boleh mengikuti kemauan pembeli yang pingin return untuk mendapatkan refund.

    Kalau barang sudah sesuai deskripsi, gak boleh dibatalkan, soal pembeli berubah pikiran itu bukan alasan pembenaran untuk meminta refund. Pembeli seperti itu memang pantas disebut curang.

    9
    2
  • 25 September 2022 - (17:44 WIB)
    Permalink

    Setuju dengan M Zubir, nampaknya pembeli tidak sreg dengan barangnya dan mencari-cari alasan untuk retur. Admin TP juga sedang halu sehingga keputusan tidak dibuat secara komprehensif.

    Karena keputusan sudah dibuat, untuk seller kedepannya gunakan gambar/foto yang hanya menampilkan produk dimaksud. Jika harus menampilkan sosok mobilnya, gunakan gambar wireframe untuk area yang bukan bagian dari produk dijual.

  • 25 September 2022 - (18:11 WIB)
    Permalink

    Jangan lupa video unboxing mendetail cek segala sisi saat terima. Model pembeli kek gini, bisa aja barang dah sempat dicoba dipasang ama dia trus mungkin kekencangan bautnya jd retak/pecah, cari2 alesan retur ga jujur gini.

    • 26 September 2022 - (02:41 WIB)
      Permalink

      Saya juga Sering di Giniin Oleh Pihak Toped.
      Toped Berpihak Sebelah Tangan Yaitu ke Pembeli.
      Jadinya Saya yg Rugi, Terutama Masalah Ongkir Karena Pakai Gratis Ongkir, Jadi Saya yg Tanggung.
      Saya Harap Kedepannya Pihak Toped Bisa Lbh Bijak Lagi Dalam Mengambil Keputusan, Terutama Jangan Sampai Merugikan Pihak Manapun Termasuk Penjual.

  • 25 September 2022 - (18:53 WIB)
    Permalink

    Sebenarnya jika sudah ada perincian barang yg didapat di deskripsi, Anda 100% sudah benar. Lagian pembeli memang tidak bs berpatokan dr gambar atau judul. Contoh kalau sy beli baju yg di gambarnya dipakai cowok ganteng, masa sy kalau beli dpt si cowok gantengnya juga?
    Mungkin CS topednya ga ngerti kl yg dikomplain itu namanya roof rail.pembelinya jg pinter krn ngga sebut istilahnya (cuma nunjuk gambar), jd ga bs dicompare sama yg di deskripsi sehingga seolah2 emang kurang lengkap.

    Anyway, Setelah kejadian ini ditambahkan saja di deskripsi, penegasan utk baca deskripsi,lalai baca deskripsi tidak diterima. Kira2 spt itu. Good luck usahanya,pak

  • 25 September 2022 - (19:34 WIB)
    Permalink

    Ini mah yg geblek si pembelinya yg sdh jelas di deskripsi.

    Ini pembeli cuma liat judul & harga doang. Sy jg seler di tokped kl ada yg tanya brg ga baca deskripsi langsung diapus, males jawabnya jg bikin gula darah naek.

    4
    1
  • 25 September 2022 - (21:54 WIB)
    Permalink

    Apapun itu Pembeli adalah RAJA yg harus di hotmati. Sama dengan di media konsumen ini suara konsumen harus didengar. Terlepas salah atau benar. Sudah bijak tokopedia mengembalikan dana demi menghargai konsumen agar tidak dirugikan

    2
    27
    • 25 September 2022 - (22:50 WIB)
      Permalink

      Palalo b3j4d, buyer t0l0l dan b390 jangan dibiarkan b390 terus2an,

      Tokopedia admin2nya dilatih lagi nih, saya juga 2x kena kaya gini

      5
      2
    • 25 September 2022 - (23:26 WIB)
      Permalink

      @Munzir… , Maksud Anda Anda pembeli adalah RAJA sehingga boleh bertindak seenaknya dan merugikan penjual? Begitu? Anda kurang pengetahuan!

      Maksud pembeli adalah raja adalah pihak penjual harus bisa memberikan produk dan pelayanan terbaik kepada pembeli. Tujuannya adalah agar pembeli tersebut puas dan kembali lagi. Paham gak?

      Dalam transaksi jual-beli, pembeli dan penjual itu setara, tidak ada Raja atau Sultan. Kalau pembeli merasa raja tapi curang, itu sih raja geblek!

      Kalau Anda merasa sebagai raja? Coba beli BBM di SPBU yang saat ini banyak yang antri, katakan kepada petugas SPBU Anda adalah RAJA dan minta segera dilayani. Kemungkinan Anda akan “tangkap” sama security. Anda masih merasa sebagai raja???

      Setiap orang pasti pernah belanja offline maupun online, termasuk Anda bukan? Saya juga sering belanja online tapi gak merasa sebagai raja tuh. Yang penting produk yang dikirim sesuai deskripsi, gak cacat atau rusak, beres!

    • 27 September 2022 - (15:18 WIB)
      Permalink

      Bener juga itu ungkapan pembeli adalah raja, tapi raja yg bijaksana bukan raja tolol ya om, hehe hadeh..

    • 28 September 2022 - (17:48 WIB)
      Permalink

      Pembeli dan penjual setara, tidak ada istilah raja. Saling membutuhkan. Pembeli butuh barang, penjual butuh pembeli membeli produk nya. Kalau pun mau di katakan raja itu ada kriteria nya. Jangan buta semua di samakan. Admin Tokopedia yang menangani komplain memang begitu, seperti nya admin yang menangani komplain mesti banyak belajar, banyakin wawasan nya, bijak dalam menjembatani Antara pembeli dan penjual dalam menyelesaikan masalah. Dalami komplain tersebut secara seksama, jangan buru buru ngambil keputusan. Dalam kasus ini selaku penjual sangat dirugikan. Kalau admin tersebut wawasan nya luas dan bijak, bisa cek dahulu produk serupa di toko lain. Dalam paket penjualan produk apa saja, dan yang simple saja. Misalkan saya selaku pembeli, kalau ada produk yang kurang ya saya minta kirimkan kekurangan produk tersebut, bukan malah mengajukan pengembalian barang dan uang kembali. Itu kalau admin Tokopedia nya bijak ya tidak akan terjadi hal seperti ini. kalau di lapak Oren mah simple, di kirim sesuai pesanan, foto sama, komplain batal. Ini malah terbalik, mau memanjakan pembeli dengan mengorbankan penjual dimana rekan bisnis nya. Tokopedia bisa besar seperti ini juga karena ada penjual jujur seperti ini

  • 26 September 2022 - (02:42 WIB)
    Permalink

    Saya juga Sering di Giniin Oleh Pihak Toped.
    Toped Berpihak Sebelah Tangan Yaitu ke Pembeli.
    Jadinya Saya yg Rugi, Terutama Masalah Ongkir Karena Pakai Gratis Ongkir, Jadi Saya yg Tanggung.
    Saya Harap Kedepannya Pihak Toped Bisa Lbh Bijak Lagi Dalam Mengambil Keputusan, Terutama Jangan Sampai Merugikan Pihak Manapun Termasuk Penjual.

  • 26 September 2022 - (04:21 WIB)
    Permalink

    emang disitu mh gitu gampang banget klo mau retur,sy pernh jual 2x barang di retur padahal telah dibuka sama buyer.hanya karena gak jadi beli di sebut barang kita cacat atau tak sesuai deskripsi,sumpah bikin sakit hati

  • 26 September 2022 - (06:50 WIB)
    Permalink

    Kalau sebagai pembeli saya suka Tokopedia karena sangat membela pembeli(pengalaman saya pernah jadi seller Tokopedia di complain pembeli dan barang balik,)
    Kalau sebagai seller saya suka shopee,karena sangat membela penjual ( barang yang sama saya dicomplain juga,tapi dalam diskusi saya saya menang)
    Bukan apa2 kawan hanya sebagai perbandingan,tanpa mengesampingkan video unboxing,serta video kita sebelum barang dikirim… terimakasih

  • 26 September 2022 - (07:23 WIB)
    Permalink

    Pembeli maunya dapat gratisan itu, uang dia kembali, barang dia dapat juga. Kalo mau uang kembali, kembalikan barang penjual secara utuh. Enak aja minta uang kembali tapi barang masih di tahan di pembeli. Coba ekpose pembelinya biar sama sama jelas identitas masing masing.

  • 26 September 2022 - (08:21 WIB)
    Permalink

    Jika Kakak masih ingin menggunakan etalase yang sama mungkin bisa ditambahkan varian satuan dan paket Kak, meskipun Kakak sudah jual satuan di etalase lain. Karena judul kan tidak bisa diganti di tokped kalau sudah ada barang yang terjual. Soalnya biar pembelinya “ngeh” apa yang dia beli. Kadang pembeli suka ngga baca deskripsi. Bahkan judulpun suka ga ngerti meskipun judul sudah jelas dan lengkap.

  • 26 September 2022 - (09:35 WIB)
    Permalink

    Di indonesia emang baca aja males.. kebanyakan suka lihat gambar + baca judul selesai.. (ga semua sih)
    Nulis deskripsi jadi ga ada gunanya..
    Tp menurut saya kalimat roof rail di judul juga mengakibatkan kesalahpahaman. Sebaiknya direvisi saja, cth: Crossbar only no roofrail dll jd mrk tau.. karena ga semua org paham otomotif/seluk beluknya.. akhirnya ketemu org awam jd begini deh..
    Kalo soal gambar sebenernya 50:50 lah. Penjual ingin dibagus2in supaya laku.. pembeli malas baca lihat gambar lgs beli.. untuk fairnya pembeli/penjual perlu perbaikan.. penjual harus detail dalam gambar dan pembeli harus baca deskripsi dan bertanya apabila kurang jelas. Haiya apa gunanya fitur chat coba ya?

    Semoga cepat beres ya, jadikan pengalaman aja. Setidaknya barangnya kembali.. drpd seller shopee.. dikomplain dana lgs balik ke pembeli dan brgnya raib atau diganti uang hanya maks 10x ongkir wuehehe

  • 26 September 2022 - (11:22 WIB)
    Permalink

    yang geblek sellernya nulis judul ga jelas,dijudul satu PAKET CROSS BAR JEPIT ROOF RAIL ya jelas dikomplain, makanya nulis judul yang jelas, ditulis di deskripsi tanpa roof rail kan bisa bro bro

    2
    2
    • 26 September 2022 - (12:43 WIB)
      Permalink

      Saya paling takut ketemu buyer kayak anda… Pasti minta retur jg kyk dikasus ini..namanya cross bar ada yg jepit body sama roof rail jika saya cm tulis cross bar ntar saya pasti salah.. Tolong budayakan membaca dan mencari info dulu sebelum komen.

      • 26 September 2022 - (12:51 WIB)
        Permalink

        kau yang belajar membaca dulu, mobil sama part mobil beda lah bodoh, kau tulis roof rail kan termasuk part, makanya belajar kalimat hubung dulu

        udah bener tim tokpednya bela pembelinya, mending diban aja seller bodoh seperti ini biar ga merugikan buyer

        • 26 September 2022 - (13:06 WIB)
          Permalink

          Biarkan semua orang menilai disini..yang bodoh anda atau saya.. Dimana jika anda punya mobil yang sesuai judul, pastinya anda mengerti part ini sudah ada dimobil dan barang yang dijual memang benar untuk diaplikasikan di part ini. Anda ini tipe nya maruk..seperti ketoko baju liat produk baju ditampilkan sama patungnya, anda mau beli bajunya terus minta dikasih patungnya jg..

          • 26 September 2022 - (14:49 WIB)
            Permalink

            Kalau ga ditulis patung di judul deskripsi mana ada orang komplain patung bodoh, keliatan bodohnya selangit ini orang, posting ke media konsumen berharap ada timbal balik malah dibully netizen, najiss makanya kalau dikasih masukan diterima biar bodohnya ga numpuk2

  • 26 September 2022 - (11:59 WIB)
    Permalink

    Sabar ya gan… Sebagai seorang buyer saya merasa sedih masih banyak buyer yang dongo… Sekalian aja dia minta mobilnya karena mobilnya ga dikirim…

    Lalu Toped seharusnya untuk CS yang menanggapi sesuai dengan kategori barang jadi minimal CSnya juga ga dongo dan punya ilmu mengenai kategori yang dia handle… Misal CS kategore otomotif beda dengan CS kategori peralatan elektronik

    Semangat terus gan

  • 26 September 2022 - (12:56 WIB)
    Permalink

    Pembeli goblok emang hanya cari alasan supaya bisa retur. Atau memang gak punya otak tapi punya mobil

  • 26 September 2022 - (22:25 WIB)
    Permalink

    Inget jangan mau dfod untuk retur. Pembeli harus membayar sendiri ongkirnya. Siapin video unboxing untuk jaga jaga. Seandainya yg dikirim bukan aslinya awal. Anggap pelajaran aja. Masih banyak rejeki lainnya. Limayan tuh ongkirnya 200an

  • 27 September 2022 - (14:03 WIB)
    Permalink

    Jadiin pelajaran aja gan.. Tidak semua pembeli paham meski punya mobil.. Sebagai seller kita musti punya pandangan diri thd calon pembeli yang zero edukasi thd part2 mobil. Jadi sekarang update judulnya, editing dikit digambar dengan menunjukkan bagian yang tidak termasuk dalam paket penjualan, dan update deskripsi mana saja yg trmasuk k dalam paket & yang tidak lalu taruh dideskripsi paling atas. Kalimat ramah tamah ataupun iklan d dalam deskripsi itu gak penting gan, gk bakal dibaca. Cukup penjelasan singkat, padat dan jelas.
    Ini berdasarkan pengalaman sbg seller dan sy sllu menang mlawan pembeli yg mncoba retur yg sy pahami kebanyakan dr mereka yg berbuat itu adalah org2 yg baru nyoba/jarang belanja online

  • 28 September 2022 - (12:17 WIB)
    Permalink

    Saran saya lebih baik seperti ini
    1. Deskripsi direvisi benar2 menjelaskan apa yg ada dlm kemasan secara detail. Misal
    Item A x2
    Item B x1

    *Tidak termasuk blablabla

    2. (Saya praktekkan ini juga) Tuliskan deskripsi *Gambar hanya ilustrasi dan dapat berbeda aktualnya

    Dalam hal pengembalian dana, karena kasus ini menurut saya juga agak abu-abu, terima retur saja karena barang kembali (kecuali cacat baru tuntut pembeli kembali), segel terbuka dan rugi waktu.

    • 28 September 2022 - (18:40 WIB)
      Permalink

      Masalahnya dideskripsi sudah jelas barang apa saja yang didapat tapi sangat disayangkan pembeli tidak membaca deskripsi dan tidak menggunakan fitur chat untuk bertanya..

      • 28 September 2022 - (20:48 WIB)
        Permalink

        Maaf saya sempat lihat screenshot deskripsi dan menurut saya penjabaran barang kurang jelas.
        Sebetulnya buat seperti itu bisa ikut contoh kaya hp siomai tulisan whats in the box, ya tulis aja 1 hp, 1 adapter charger, 1 kabel usb, 1 sim ejector.
        Saya pribadi menulis deskripsi barang sama seperti saya menjelaskan ke orang bodoh yang harus sampai detail sekecil apapun. Itu pun masih banyak suka yang bodoh, nanya2 hal yang sudah sangat jelas tertulis dengan detail.
        Tapi ini saran saya aja ya, semua kembali lagi ke bapak.

  • 28 September 2022 - (18:39 WIB)
    Permalink

    Update terbaru dimana pembeli dikasih waktu sama admin untuk mengirimkan kembali produknya paling telat tanggal 28 september jam 17.03 ternyata pembeli tidak mengirimkan barang sampai batas waktu yang ditentukan dan faktanya uang saya tidak dicairkan malahan pembeli dikasih waktu konfirmasi lagi apakah mau pasang ditoko atau tidak sampai besok tanggal 29 september. Sungguh kelihatan sekali admin toped benar2 tidak adil dalam memberikan solusi.. Saya mau upload bukti tertulisnya tapi tidak bisa.

 Apa Komentar Anda mengenai Pusat Resolusi Tokopedia?

Ada 42 komentar sampai saat ini..

Pengiriman Barang Sudah Sesuai dengan Judul dan Deskripsi Produk, tapi…

oleh Andy Frandesar dibaca dalam: 2 menit
42