Kecewa Terhadap Perlakuan BCA

Saya Husein Abdul Qodir Yahya. Pada tanggal 3 September 2022, saya salah transfer ke rekening ke sesama BCA atas nama Zulkar****, dengan nomor rekening 3410****57. Setelah itu saya langsung telepon HaloBCA pada saat itu juga, untuk melaporkan bahwa saya salah transfer. Lalu pihak HaloBCA mengarahkan saya untuk membuat surat pernyataan dan kronologis kejadian.

Saya sudah membuat semuanya yang diperlukan. Namun sampai sekarang BCA tidak memberikan solusi dan jawaban yang pasti terkait masalah saya, dengan alasan pihak penerima tidak bisa dihubungi dan didatangi alamat rumahnya pun tidak ketemu. BCA bilang tidak bisa berbuat apa-apa. Sementara saya mempercayakan uang saya ke BCA, tetapi ketika saya mendapatkan masalah dan kendala BCA seakan-akan cuci tangan. Apakah hanya karena uang kecil BCA jadi tidak peduli ke nasabahnya?

Saya sangat menyesalkan atas pelayanan BCA terhadap nasabahnya yang mendapatkan kendala di dalam transaksi. Karena seharusnya semua itu melalui sistem, yang mana saat saya melaporkan ke HaloBCA uang saya sudah di-hold oleh BCA. Apa wewenang BCA untuk menahan uang saya? Sampai kapan? Sementara itu uang saya bukan uang BCA dan kronologisnya jelas di sini.

Apakah jika si penerima sudah meninggal tidak ada solusi apa pun? Pihak BCA pun sampai sekarang tidak memberikan update apa pun atas usaha BCA yang katanya menghubungi dan mencari tahu rumah si penerima salah transfer (Zulkar****). Ke manakah uang saya yang kecil itu?

Demikian keluhan dan kendala yang saya hadapi atas permasalahan saya. Semoga BCA bisa memberikan satu kepastian dan solusi yang terbaik.

Husein Abdul Qodir Yahya
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

240 komentar untuk “Kecewa Terhadap Perlakuan BCA

  • 27 September 2022 - (20:08 WIB)
    Permalink

    1. Istilah di hold itu bukan berarti uangnya ada di BCA bro tapi uang tetap ada di rekening penerima namun di ditahan agar tidak berkurang atau digunakan transaksi sambil menunggu konfirmasi. Jadi tindakan meng hold dana ini sudah sangat sangat benar sekali
    2. Bank tidak bisa seenaknya memindahkan dana dari rekening satu ke yg lain tanpa ada persetujuan dari pemilik rekening atau perintah dari otoritas yg lebih tinggi (pengadilan atau yg lainnya).

    Jadi pembelaan anda di komentar itu maaaf seribu maaf menunjukan anda kurang paham dengan aturan sepeti apa yg di bilang sama yg udah² komentar lebih dulu dan maaf lucu jatuhnya. Dah dibilangin sama yg lebih tau dan yg pernah ngalamin masih aja nyokot dan sombtau sendiri serta cari menangnya sendiri

    • 29 September 2022 - (04:56 WIB)
      Permalink

      Sebenernya bisa aja pihak BANK tarik langsung uang yg salah trfr tadi, tapi ga dilakukan sebab kesalahan oleh Nasabah, tapi…. kalo yg Salah kirim pihak BANK, beuhh.. gercep banget ditarik kembali tanpa Konfirmasi.
      Tanya Kenapa ???

  • 27 September 2022 - (21:07 WIB)
    Permalink

    SOP BCA sudah benar sesuai hukum dan undang undang pembuktian salah transfer itu kan sepihak. kalau misal kasus saya beli mobil bekas terus mobil dan bpkb sudah saya bawa terus saya bilang ke BCA salah transfer tanpa konfirmasi ke pihak ke 2 bisa runyam kan. Dan memang salah transfer itu sesuatu yg rumit entah sapa yg salah ku tak tau

    • 27 September 2022 - (21:19 WIB)
      Permalink

      Iya asli?
      Tapi saya ga gentar karena saya mau memperjuangkan hak saya. Mau 1000 buzzer ya saya ga peduli. Wong saya merdeka kok?

      • 27 September 2022 - (22:35 WIB)
        Permalink

        Puanjang lebar ketik komentar bilang hak lah, zalim lah, dungu lah, buzzer lah, padahal tinggal ke kantor polisi buat laporan soal salag transfer beres

        *****

        2
        1
      • 29 September 2022 - (02:09 WIB)
        Permalink

        Dengan keputusan saya untuk mengikhlaskan uang ke penerima dan mencabut laporan agar dana tidak di hold BCA lagi, saya rasa case ini sudah clear.
        Terima kasih semua yang sudah memberi pendapat dan mendoakan masalah saya selesai.
        Semoga sehat dan sukses selalu!

  • 28 September 2022 - (00:06 WIB)
    Permalink

    Saya pernah juga salah transfer. Karna proses bank pasti lama Jd saya insiatif cari sosmed orang tsb.

    Mungkin bisa dicontoh.. Alhamdulillah saya cari nama penerima di IG dan langsung bs saya temukan (Karna nama lengkapnya Ndak pasaran )

  • 28 September 2022 - (01:03 WIB)
    Permalink

    Anda ini lucu,anda yang salah tapi yang disalahkan pihak BCA,seolah-olah ini kesalahan murni BCA. Coba sebelum berkoar-koar, anda pikir dulu yang salah duluan itu siapa? Iya, saya tahu manusia itu tidak luput dari kesalahan,tapi apa dengan anda berkoar-koar masalah selesai? Saya rasa tidak. Mau anda melaporkan masalah ini ke media,atau siapapun tetap saja ini kesalahan murni dari diri anda sendiri. Saya perhatikan, Orang-orang kasih komentar bahwa itu juga salah anda, anda tidak terima. Terus mau nya anda apa sebenarnya? Anda tidak bisa menyalahkan BCA juga, masih untung BCA mau menanggapi keluhan Anda. Coba saya tanya. Kalau anda di posisi sebagai pihak BCA dan anda mendapatkan keluhan sama persis kaya gitu apa yang anda akan lakukan/solusi untuk meng clear kan masalah ini? Sementara pihak penerima dana tidak bisa dihubungi dan bisa aja si penerima dana pindah alamat. Apa yang anda lakukan coba? Pasti anda juga akan menyuruh konsumen BCA untuk tetap menunggu selama masalah ini di proses. Anda tidak berguna berkoar-koar di media konsumen. Semua masalah itu ada prosedur nya sendiri. Emang nya anda pemilik bank nya gitu? Saya kasih tahu sekali lagi, pihak bank BCA itu hanya sebagai pihak ke 3 antara anda dan si penerima dana. Oke silahkan mau anda berkoar-koar di media konsumen atau mana pun juga. Tapi saya tegas kan sekali lagi, itu adalah kesalahan anda sendiri. Ga bisa anda seenaknya ngatur2 bank. BCA sudah coba melakukan yang terbaik untuk keluhan anda. Segala resiko salah transfer merupakan TANGGUNG JAWAB SI PENGIRIM UANG

    • 28 September 2022 - (01:41 WIB)
      Permalink

      Owh iya 1 lagi, saya pun pernah tertipu sebanyak 1 juta rupiah oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Apakah saya menyalahkan pihak BCA? Jawabannya tidak, karena itu adalah kesalahan murni dari saya yang memberikan nomer kartu ATM saya ke si penipu. Tentu aja saya ga Terima uang 1 juta saya di ambil oleh pihak yang tidak bertanggung jawab (si penipu) , solusinya apa? Saya hanya meminta pihak BCA untuk menutup akun saya dan saya pun sudah melaporkan si penipu ke pihak yang berwajib. Untuk apa saya menyalahkan BCA. Karena kesalahan itu murni dari saya dan si penipu itu. Tolong dong bro, agak sedikit bijak yah dalam menanggapi masalah.

  • 28 September 2022 - (04:28 WIB)
    Permalink

    Kok saya jadi lapar ya baca surat pengaduan MK yg ini ???,pingin koment tp dh bnyak terwakili oleh komentar orang lain ???

  • 28 September 2022 - (07:43 WIB)
    Permalink

    Attitude penulisnya jelek, mungkin emang karma. Selamat gregetan ya untuk nunggu duit tercinta aja balik. Meanwhile sambil nunggu duit balik, mau saya kirimin patung bca senilai 4 jt gk ke rumah anda? Ya sebagai pengingat aja Tempat kamu salah transfer lalu lebih nyolot ?

    • 28 September 2022 - (09:19 WIB)
      Permalink

      @Hansen
      Bolehh dong. Jangan omdo, laki laki kan dipegang omongannya. Klo ga terjadi brarti kaleng dong??
      Penasaran juga sama patung buatan kacun8??

        • 28 September 2022 - (09:40 WIB)
          Permalink

          Jl. Abdurrahman 3 RT 04/07 no. 95
          Yuk ditunggu, disini kelaki lakian anda dipertaruhkan loh. Jangan sampe bikin malu apalagi klo misal dah punya anak bini?

          1
          2
          • 29 September 2022 - (08:03 WIB)
            Permalink

            Emang kenapa kalo gw banci? Kenapa kalo gw gay? Paling ngk rumah gw gk di dalam gang kyk lu dan gw masih punya etika. Dan kalo gw liat” gw lulusan universitas yang jauh lebih bagus dari lu. Dan lulus lebih cepet dari lu juga. Gw mau kirim nanti patungnya halangin jalan orang buat apa? Udah lu pesta” aja sana duit lu banyak kan?

            1
            2
        • 29 September 2022 - (11:32 WIB)
          Permalink

          Dear Hansen Kaleng
          Semoga anda kena karma ?
          Gemes liat cara komen lu yang menyudutkan penulis ?
          Dasar Hansen Kaleng
          Cipua lah ?

          • 29 September 2022 - (12:15 WIB)
            Permalink

            Ngapain pake account lain bro? Hahaha i know my karma well, bicara tentang karma. tenang kok penulisnya jg bakal kena karma ngatain orang banci.

  • 28 September 2022 - (09:13 WIB)
    Permalink

    Setelah BCA hubungi saya lagi BCA bilang sudah dilakukan kunjungan yang ke 2. Dan BCA tetap tidak bisa mengembalikan uang saya yang di hold oleh BCA di rekening penerima.
    Setelah saya pikir-pikir lebih baik BCA tidak perlu ngehold uang saya di rekening penerima. Untuk melapor ke polisi saya rasa akan lebih rumit. Saya memberikan keputusan mengikhlaskan uang saya ke si penerima, karena saya lebih ikhlas membantu sesama rakyat kecil. Saya harap BCA bisa menyetujui kemauan saya ini. Terima kasih BCA ?

  • 28 September 2022 - (09:33 WIB)
    Permalink

    Bca hanya melakukan permintaan transfer. Dan sudah melaksanakan tugasnya salah dimananya. Jikalau salah tujuan ya berarti salah yg transfer. Bank berkewajibab memproteksi data nasabah, jadi ya benar tidak ada foto atau keterangan mengenai alamat pemilik rekening. Ini juga bank masih benar. Bank membantu permasalahan om, ya ini bagus sudah dibantu walaupun sebenarnya bank tidak melakukan kesalahan. Sebagai nasabah yang baik ya sudah sabar saja. Kalau tidak bisa dikembalikan uangnya ya harus ikhlas. Di sini bukan bank yang salah.

  • 28 September 2022 - (10:10 WIB)
    Permalink

    Saya tekankan lagi disini ya.
    Uang saya di hold BCA, jadi si penerima tidak bisa memakai uang saya dan tidak tau jika ada uang masuk di rekeningnya.
    Setelah BCA melakukan kunjungan 2 kali kerumahnya jawab BCA tetap tidak menemukan alamat si penerima.
    Jadi saya memutuskan untuk mencabut laporan saya agar BCA bisa merelease uang saya yang ada di rekening penerima. Saya ikhlas uang saya dipakai si penerima sebesar 3,6jt sekian karena saya mengakui ini kesalahan saya dari awal. Saya hanya tidak senang BCA menahan uang saya tanpa kejelasan sampai kapan. Prinsip saya hidup itu harus yang pasti pasti aja bukan nunggu tanpa kejelasan. Jadi uang saya segera ketika saya sudah bikin surat pencabutan laporan BCA akan melepas hold dana tersebut agar masuk ke rekening si penerima.
    Terima kasih kalian semua yang sudah ber empati, simpati, maupun memberikan saran baik. Semoga kebaikan selalu menyertai anda semua?

    Buat yang nyinyir dan seneng jadi kacung, pikir2 lagi yuk. Indonesia udah merdeka kok masi seneng aja jadi kacung?

    • 28 September 2022 - (14:09 WIB)
      Permalink

      Bapak sudah menggunakan jasa pelayanan bank BCA masih mau menyalahkan pihak bank BCA dan ngatain” org. Jadi ada nasabah tipe begini ya.

  • 28 September 2022 - (13:04 WIB)
    Permalink

    Hmm semua bank prosedurnya kayak gitu. Udah lah klo salah transfernya kecil relakan aja, ribet urusannya. Harus kepolisi minta surat, lalu ke bank biar dikasih info alamat dan telp penerima, terus hubungi/datangi penerima, klo ybs gak bersedia balikin harus ke polisi lagi, ribet. Belum lagi uang pesangon ke polisinya. Belum lagi uang bensin….

  • 28 September 2022 - (13:58 WIB)
    Permalink

    Salah Transfer ya salah sendiri lah bang. CS sudah gk bisa bantu lgi. semua nasabah bank BCA di perlakukan sama semua pelayanan kepada nasabah. tapi untuk kali ini kan kesalahan sendiri jangan menyalahkan pihak bank. CS pasti berkata seperti ini juga. jadi harap berhati hati jika ingin transfer uang, harap di baca lgi dari nama dan no rekening penerima. CS pasti berkata seperti ini lgi.

  • 28 September 2022 - (17:44 WIB)
    Permalink

    Selamat sore bapak, saya juga pernah melihat kasus salah transfer depan mata saya, saat itu malam Senin,
    Om saya salah transfer ke orang lain yang harusnya ayah saya dengan nominal lebih dari 10jt, tapi setelah mengetahui kesalahan transfer maka saya langsung menghubungi halo BCA dan mengikuti prosedur yang telah diberikan. Setelah selesai maka om saya disuruh datang ke cabang BCA terdekat pada hari Senin untuk membuat laporan. 3 hari berlalu BCA sudah meditasi dengan pihak om saya dan orang yang penerima salah transfer, lalu orang tersebut menyetujui pengembalian uang tersebut dan uang tersebut kembali ke om saya.

    Jadi disini saya ingin menyampaikan pendapat saya tentang apa yang sudah saya alami. BCA tidak dapat begitu saja mengembalikan uang salah transfer ke rekening anda karena itu tidak sesuai SOP, uang tersebut akan dikembalikan jika si penerima menyetujui hal tersebut, banyak berdoa agar si penerima ingin mengembalikan uang tersebut.
    Terima kasih

  • 28 September 2022 - (18:18 WIB)
    Permalink

    Pak Husein, jadikan pelajaran pengalaman ini. Jadi yg perlu digarisbawahi sebenarnya bank sebelum mengambil tindakan, tentu mrk akan melihat trek record si penerima dana. Jika memang si penerima dana sdh biasa menerima transferan dlm jumlah yg bapak salah kirim, maka bank hrs melakukan konfirmasi, krn bisa jd dana itu adalah klaim sepihak. Tetapi jika si penerima dana sejak awal membuka rekening tdk pernah sama sekali menerima transferan dana atau menerima tetapi jumlahnya sangat kecil dibawah 1 jt misal, tentu bank lbh mudah utk mengambil sikap dlm pengembalian dana salah transfer tsb. Jd ini bukan soal jumlah rupiah yg salah transfer, tetapi rekam jejak dr si penerima itu yg akan dilihat lbh dahulu oleh pihak bank utk menghindari klaim sepihak itu. Misal pak Husein salah transfer 100jt, tentu akan lbh mudah bagi pihak bank utk percaya bahwa dana itu benar salah transfer sebab si penerima tdk pernah memiliki jumlah saldo sebesar itu atau tdk pernah menerima transfer dana dr pihak lain sebesar itu, jd dana pak Husein akan lbh cepat dikembalikan krn berdasarkan rekam jejak memang benar bahwa si penerima tdk pernah memiliki saldo sebesar itu. Krnnya salah transfer miliaran ke rekening yg saldonya selalu dibawah 20jt misal, tentu akan diproses bank lbh mudah utk dikembalikan dibandingkan jika salah transfernya hanya 3jt (jadi ini bukan soal nilai uangnya, tp lbh kepada rekam jejak si pemilik rekening salah transfer itu), sebab sekali lg bank tdk akan berani mengambil sikap tegas jika ada kemungkinan klaim sepihak & jika terjadi tentu itu akan sangat mencoreng nama baik bank itu sendiri.

    Jd ke depannya, biasakan selalu ketika akan mentransfer dana, jangan pernah bosan dan malu utk meminta ulang nomer rekening si penerima dana dan jgn pernah bosan utk cek angka demi angka nomer rekening tsb berikut nama si penerima, jumlah yg hrs di trnasfer, dan pesan yg hrs disertakan jika memang harus sebab waktu yg dibuang utk memastikan semuanya sdh benar, benar2 tdk sebanding jika kita sampai mengalami salah transfer. Jd jgn pernah bosan menjalani ritual kehati2an jika sdh menyangkut transfer dana berapapun jumlahnya. Terima kasih. JBY….

  • 29 September 2022 - (06:36 WIB)
    Permalink

    Kalo saya g salah baca, ini murni kesalahan anda salah transfer (teledor).
    Untuk penanganan, bca saya sudah g pake, cuma pernah dulu kejadian salah transfer juga waktu balikan sisa uang kantor (rekening bank mandiri),
    Waktu nunggu no rek kantor dikirim teman, tiba² masuk sms (jaman belum ada wa) no rek penipuan, kebetulan waktu/timing nya pas, jadi saya kira betul itu teman yg kirim, langsung saya transfer lah senilai 2.700.000, 5 hari kemudian pas balik kantor ketemu sama kawan dan ditagih lagi, akhir nya ngeuh kena tipu, saat ke bank untuk laporan, tindakannya cuma bisa blokir rek penerima tapi duit ga bs balik, ya iklasin aja lah wong saya sendiri yg salah transfer.

  • 29 September 2022 - (06:50 WIB)
    Permalink

    dalam kasus salah tranfer Kok masih banyak yang menyalahkan penulis ya, apa segitu pelupanya atau memang gak pernah tau kasus karyawan bank BCA yang salah tranfer yang mengakibatkan penerima dimasukkan penjara?.
    Jadi intinya kalau Bank yang salah tranfer uang bisa kembali tapi kalau nasabah belum tentu

    1
    1
    • 29 September 2022 - (11:01 WIB)
      Permalink

      Bukan gatau. Tapi pura2 gatau kak. Karena tujuan mereka ya cuma ikut ikutan dan ngebully aja, mereka kan dibayar untuk itu, udah terkenal netijen kebanyakan gitu. mereka seolah2 tutup mata dan telinga atas tindakan bank yang sering seenaknya dan semena2.
      Seperti blokir seenaknya tanpa konfirmasi, padahal laporan baru diterima beberapa jam kemudian. Ini case saya sudah hampir sebulan dan si penerima ga ada respon, saya kasih saran untuk memblokir rekening penerima agar dia notice, ga diterima. Padahal kalau bank yang lakuin salah transfer gampang aja ngeblokir rekening nasabah, nerima laporan sepihak tanpa konfirmasi langsung blokir juga gampang aja mereka mah.
      Cuma yaa sudahlah maklumin aja buat mereka yg tutup mata dan telinga sedang mencari uang?

      • 8 April 2023 - (12:16 WIB)
        Permalink

        0822272523** ini nomer wa saya saya kok pernah transfer atas nama sampean bca no rekening 62811*****761

  • 29 September 2022 - (15:49 WIB)
    Permalink

    Sekedar sharing, mama saya barusan sekitar awal september 2022 juga MENERIMA salah transfer dr no.rek tdk dikenal senilai 9jt sekian..

    Beberapa hari kemudian, pihak BCA telpon ke nomor HP mama saya dan memberitahu ada salah transfer yg masuk ke no.rek nya, disaat itulah mama baru mengetahui hal tsb (maklum, mama sudah lanjut usia, tdk sbrp paham teknologi/gaptek).

    Permasalahannya, pihak BCA meminta mama saya utk datang ke Bank, namun kondisi mama yg sudah lanjut usia dan baru operasi lutut, tidak memungkinkan beliau utk keluar rumah, masih dlm masa pemulihan.
    Pihak Bank sudah diinformasikan kondisi tsb oleh mama via telpon, dan BCA menyanggupi akan mengirim staff nya ke rumah saya utk membawa surat kuasa pendebitan rekening. Namun sudah hampir sebulan staff BCA tdk pernah datang ke rumah atau mengkonfirmasi lagi.

    Mama saya tidak masalah utk mengembalikan dana salah transfer tsb, misalkan seketika ini juga dikembalikan tidak ada masalah. Namun bagaimana caranya dgn kondisi spt itu, dan pihak bank juga tdk ada kabar lagi. Sampai saat ini uang salah transfer itu masih utuh di rekening mama.

    Yg sangat saya sesalkan bukan tindak lanjut dari BCA yg terkesan lama, krn memang BCA bukan hanya mengurusi salah transfer itu saja, kerjaan lain masih banyak.

    Namun yg sangat saya sesalkan, kenapa si nasabah itu ceroboh, bisa salah transfer.. akhirnya yg dirugikan / direpotkan adalah orang lain (si penerima). Knp waktu akan transfer tidak dicek dulu..

    Itu saja komen saya, semoga para nasabah pengguna layanan transfer bisa lebih teliti dan lebih bijak lagi.

    Bravo BCA, pelayanan BCA sangat baik. Sy nasabah BCA sejak kecil ??

  • 1 Oktober 2022 - (13:59 WIB)
    Permalink

    Sudah salah tidak mau mengaku salah, malah menyalahkan pihak bank. Ganti aja judulnya jadi “Kecewa terhadap kelakuan diri sendiri”…wkwkwkwkwk

  • 1 Oktober 2022 - (18:47 WIB)
    Permalink

    Kan udah di hold di bank berarti sudah diproses yg sabar ja om…
    Bank juga ada prosudur SOP nya tunggu aja intinya pakai ILMU sabar
    Tunggu bank BCA pasti menindaklanjuti masalah anda
    Saya juga pernah ngalamin masalah seperti om…2.650rb salah transfer gara2 handphone jatuh lcd retak layar gak jelas
    Berkat kesabaran saya bolak balik ke bank BCA akhirnya ada mediasi dari bank
    Dan menjelaskan kenapa lama prosesnya alamat penerima yg dulu salah transfer rumahnya plosok desa nomer hp pun dah gak aktif tapi BCA tetep usahain uang salah transfer dengan mediasi ke penerima uang akhirnya uangnya di kembalikan yah walaupun memakan waktu 15 hari tapi harus sabar
    Tapi saya mengakui itu kesalahan saya kenapa transfer m banking pakai hp lcd ancur..tapi bank BCA the best tetep usahakan uang itu balik.

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BCA?

Ada 240 komentar sampai saat ini..

Kecewa Terhadap Perlakuan BCA

oleh Husein dibaca dalam: 1 menit
240