Kenapa Shopee Hobi Menghapus Produk Seller Tanpa Peringatan?

Saya sudah menjadi seller di Shopee selama bertahun-tahun. Saya merintis sedikit demi sedikit, sampai mendapat 14,7 ribu followers dan 8,9 ribu ulasan. Rata-rata penjualan puluhan paket per hari, jika event tanggal cantik bisa seratus lebih.

Namun jujur, jualan di Shopee penuh rasa was-was. Sudah 2 kali akun saya dibatasi tiba-tiba. Alhamdulillah, setelah chat CS Shopee, beberapa hari kemudian bisa dipulihkan. Namun pada tanggal 24 September 2022, merupakan hari yang membuat saya drop, serasa kena PHK tiba-tiba.

Shopee menghapus 9 produk saya dengan tiba-tiba, tanpa adanya peringatan. Gak main-main, 9 produk!! Yang mana 9 produk yang dihapus adalah produk unggulan di toko saya. Seketika penjualan merosot tajam. Saya lemas dan sedih, bingung karena stok saya masih banyak sekali. Penjualan paling banyak saya di Shopee.

Saya punya akun di Lazada dan Tokopedia, tapi hanya 1-2 paket/hari, bahkan kadang tidak ada sama sekali. Saya belum bisa untuk mengelola banyak akun jualan, karena saya ibu rumah tangga yang masih sulit membagi waktu antara bisnis dan kewajiban sebagai istri dan ibu. Jadi bisa dikatakan penghasilan keluarga sebagian besar bergantung dari jualan di Shopee.

Saya menjual produk daster dan batik, yang mana akhir-akhir ini sedang tren daster merek Christian Dior. Memang kemarin-kemarin 2 produk saya dihapus karena mencantumkan merek Christian Dior. Untuk itu saya merevisi beberapa judul produk saya dengan hanya menggunakan kata-kata Dior. Saya cek banyak sekali yang menggunakan judul Dior, jadi saya pikir aman kalau hanya mencantumkan nama Dior. Namun ternyata Shopee masih mencari-cari kesalahan penjual dan menghapus produk-produk saya tanpa peringatan.

Yang saya rasa tidak adil, ada 1 produk sudah dari tahun kemarin bertuliskan Gamis Dior Silk (karena memang ada jenis bahan yang bernama Dior Silk), sudah setahun aman-aman saja, tapi kenapa sekarang juga jadi masalah dan dihapus?

Mohon kepada Shopee, jika ada masalah pada produk penjual, bisa diberi peringatan terlebih dahulu, jangan asal hapus. Penjual susah payah menaikkan rating dengan usaha yang gak mudah dan iklan yang gak sedikit. Bisa jadi produk yang kalian hapus itu jadi sumber penghasilan utama bagi penjual. Kalian mendapat komisi besar dari para penjual, tapi kenapa kalian juga semena-mena?

Wahyu Kurniati
Pekalongan, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Jualan online di Shopee:
[Total:43    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

29 komentar untuk “Kenapa Shopee Hobi Menghapus Produk Seller Tanpa Peringatan?

  • 27 September 2022 - (08:53 WIB)
    Permalink

    Mengenai judul kemungkinan melanggar hak cipta.

    Mengenai shopee tidak meminta ijin / memberi peringatan dulu ,Karena shopee tidak menganggap kamu mitra. Mereka hanya menganggap kamu sapi perah.

    18
    9
    • 23 November 2022 - (03:16 WIB)
      Permalink

      Ya benar shopee saya juga begitu. Parahnya saya jual mainan, dan tidak ada mencantumkan merk apapun. Tapi tina tiba dihapus karena melanhgar hak kekayaan intelektual. Hak apa yang saya langgar?? Merk aja saya tidak mencantumkan apa apa. Dan bintang yang saya kumpulkan juga dengan susah payah jerih payah tidak seenaknya sendiri seperti itu. Mana prosesnya lama pula dan ribet banget

    • 27 September 2022 - (22:43 WIB)
      Permalink

      Itu menurut saya Shopee mendapatkan peringatan dari merk yang bersangkutan, mungkin melanggar hak cipta,. Hati2 saja kalau masih melangkah, bisa2 hukum yang berbicara

  • 27 September 2022 - (10:43 WIB)
    Permalink

    Coba diakalin tulis DIOR huruf I diganti dengan huruf L kecil.
    kemungkinan kompetitor sebelah tidak kena blokir karena main di huruf / angka.

    1
    1
    • 27 September 2022 - (18:33 WIB)
      Permalink

      Nanti gara gara anda pasang disini. Yg punya merek malah Makin Marsh takitnya malah di laporkan ke polisi loh takutnya Dan bayar demda hak paten

      2
      1
  • 27 September 2022 - (12:54 WIB)
    Permalink

    Ini sih biang keroknya ya si produsen batik itu, kecuali memang CD mengeluarkan produk batik dan TS menjual produk orisinilnya. Harusnya yang dikejar produsen batiknya, bukan etalase pedagang.

    Saran saya sih jangan mencantumkan nama CD atau “Dior” di judul dan deskripsi. Bisa pakai trik aksara ala-ala alay misalnya “Krist. cli0r” atau “C. d10r”.

    1
    2
  • 27 September 2022 - (15:29 WIB)
    Permalink

    Emmag rada sensitif itu shope . Yg parah main hapus langsung. Harusnya teguran. Biar user ganti judul atau ganti nama saja . Bukan langsung main hapus saja .

    6
    3
    • 27 September 2022 - (18:31 WIB)
      Permalink

      Copyright itu straight spt YouTube. Ada hukum nya dah bagus ga di masukin penjara Dan bayar denda loh

  • 27 September 2022 - (18:30 WIB)
    Permalink

    Itu barang copyan. Produsen asli berhak mentakedown yg dikira palsu Dan anda tidak bisa membuktiksnya. Utk menghargsi intelektual karya ya emang gitu. Kebiasan jualan bajakan / contek design ya gt. Walau sebagai penjual pun ya terima aja. Saya jg pernah di hapus marketplace lain gara gara jual tas mirip hip-hop di laporin semua sama hip hop nya. Resiko lah.. wkwk

  • 27 September 2022 - (18:36 WIB)
    Permalink

    Marketplace manapun jg takut jika sang pelapor punya bukti kuat Jak paten. Yg Ada marketplace nya bisa diperkarakan ke pengadilan Kali ga mentakedown. Itu keliatan yg punya hak paten design hakiki. Dan kalo yg punya hakiki Marsh anda bisa di laporkan ke yg berwajib loh.

    2
    1
  • 27 September 2022 - (19:22 WIB)
    Permalink

    Saya sebagai penjual pernah mengalami ini di Bukalapak. 30 lapak saya di delete.. Jual tas anak hip hop… Jd pengalaman saya utk hak paten mau nungging nungging ngangkang kita tetep salah dan ga akan pernah balikin lagi yg ada kita di masukin penjara dan bayar denda di samperin. Berlaku utk penjual aja, produsen maupun pabrik.

  • 27 September 2022 - (19:24 WIB)
    Permalink

    Jadi utk seller berdoa aja semoga cukup sampe batas di hapus saja. Jangan sampe di samperin pihak yg melaporkan bisa berabe dan sport jantung, strooke dan habis biaya loh.. 🥵

    • 27 September 2022 - (19:30 WIB)
      Permalink

      Apalagi kalo misalnya pas disamperin stok anda banyak bgt. Wah pusing ntar .. Bisa jadiin bukti sama pihak pelapor juga

  • 27 September 2022 - (20:50 WIB)
    Permalink

    Ada pengalaman juga dengan beberapa merk CCTV. Tapi ya bagaimana itu memang hak mereka yang punya merk. Menurut saya kurang bijak kalau yg disudutkan marketplace sedangkan pelaporan dari si pemilik haki. Bersyukur saja tidak dibawa ke hukum 😢 Semoga dibukakan pintu rejeki ditempat lain ya kak. Jualan tidak hanya di si oren. Semangat kak!

    • 27 September 2022 - (23:13 WIB)
      Permalink

      Ya betul. Marketplace sih cuma ikutin pemilik merek. Mungkin seller disini kalo merasakan benar bisa lawan si Pelapor..

  • 28 September 2022 - (05:52 WIB)
    Permalink

    ini typical orang yg gak tau berterima kasih, sudah tau jualan di shopee jadi sumber penghasilan, tapi gak berterima kasih sama jasa shopee sudah meluaskan jangkauan pasar dan gak hafal prosedur dan ketentuan aturan sistem, pantes saja kamu ada masalah sama shopee, dari ketikan kamu saja sudah bisa di tebak, kamu orangnya gak bisa buat mitra baik, cuma mau ambil untung sepihak.

    2
    1
  • 28 September 2022 - (06:51 WIB)
    Permalink

    Shopee menghapus produk yang Anda jual karena melanggar hak cipta, Shopee gak perlu memberitahu kepada Anda tentang penghapusan produk yang Anda jual, kan sudah ada S&K tentang jualan di Shopee bukan?

    Anda harus melihat dari sisi pemilik merk, bukan dari kepentingan Anda sendiri. Anda dapat untung karena jualan merk mereka secara ilegal. Banyak penjual online yang mengaburkan merk orang lain dengan cara mengganti beberapa huruf agar tidak terdeteksi, itu jelas ilegal. Kalau saya melihat merk diganti dengan beberapa huruf, saya tidak akan beli karena itu jelas curang dan ilegal.

    Jangan cuma berpikir untung buat Anda sendiri tapi merugikan pihak lain atau pemilik merk, Anda curang!

    2
    1
  • 28 September 2022 - (09:11 WIB)
    Permalink

    Ini karena HAKI.. di toped juga sama kalo ini sih. Mgkn bisa di plesetkan saja drpd dipotong..
    Contoh, yg jual akun netflix dirubah jadi ntflxx.. mgkn ibu bisa coba rubah jadi christiano ronaldoir.. atau gmn lah..

  • 28 September 2022 - (15:19 WIB)
    Permalink

    Menurut saya sih anda masih beruntung cuma di hapus

    Bayangkan kalau semua uang hasil penjualan yg sudah anda lakukan dengan melanggar hakcipta di minta oleh pemilik merk?itu Brand mereka lho…

    Belum lagi urusan pidananya…siap2 bangkrut deh dijamin
    Minimal kan anda sudah mendapat untung walau melanggar hak cipta, dan masih bisa hidup bebas sekarang…yah masih bersyukur lah

  • 28 September 2022 - (21:42 WIB)
    Permalink

    Pihak shopee tidak sepenuhnya salah,, mungkin ibu kurang baca aturan seller Shopee.. Coba baca lagi bu ada aturannya kok di Pusat Edukasi Penjual -> Peraturan Kebijakan Penjual -> Sistem & Ketentuan Penalti.
    Disitu jelas kapan shopee punya hak buat menghapus produk.

  • 29 September 2022 - (06:18 WIB)
    Permalink

    Kasihan si ibu, mau nyari pertolongan malah kena bully, iya emang jelas anda sudah melanggar haki nya, terima aja daripada masuk penjara
    Ganti MP lain, kedepannya hati² kalo jualan produk bajakan.

  • 29 September 2022 - (10:42 WIB)
    Permalink

    Terimakasih untuk shopee yang telah memberi kesempatan dengan memulihkan produk dengan catatan menghapus tulisan dior.
    terimakasih juga untuk media konsumen

    • 1 Oktober 2022 - (21:00 WIB)
      Permalink

      Pinter pinter buat judul ya.. karena aturan penggunaan merk pada judul sudah berlaku sejak awal shopee berdiri, 4-5th lalu, kalau baru sekarang merasa dirugikan, berarti anda harus belajar lagi membuat judul… soalnya saya pernah… “batik keris…” karena memang motif batik gambar keris.. mau dijual dengan judul apa coba.. tapi ya ditakedown.. jadi yaa,,,

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan online di Shopee?

Ada 29 komentar sampai saat ini..

Kenapa Shopee Hobi Menghapus Produk Seller Tanpa Peringatan?

oleh Nia dibaca dalam: 1 menit
29