Kirim iPhone 13 tapi yang Sampai Xiaomi Bekas, Sudah 3 Bulan Komplain Tidak Ada Kejelasan

Saya seller di Bukalapak, dan sudah berjualan di Bukalapak 5 tahun. Kemarin ini tanggal 30 Juni 2022, saya menerima pesanan dengan nomor transaksi: 223290704799 produk berupa iPhone 13 128 GB Blue. Setelah barangnya sampai, pembeli mengirimkan video unboxing bahwa barang yang diterima sudah dalam keadaan tidak segel dan isi barangnya bukan iPhone, melainkan Xiaomi bekas yang sudah rusak dan tidak berfungsi.

Lalu pembeli mengajukan komplain di aplikasi Bukalapak dan mengirimkan bukti-bukti. Dari foto packing yang diterima pembeli, terlihat kalau resi Bukalapak lakbannya dobel-dobel, seperti sudah pernah dibongkar lalu ditempel lagi. Sedangkan dalam video CCTV yang kami kirimkan dalam pusat resolusi, tim packing kami mem-packing dan melakban resinya tidak dobel-dobel seperti yang diterima oleh pembeli.

Dari kami pun memberikan bukti CCTV yang terlihat tim kami mem-packing ada resi Bukalapak. Karena pada tanggal 30 Juni 2022 orderan kami di Bukalapak hanya itu, yaitu pesanan iPhone 13 128 GB Blue. Namun tidak ada respons positif dari pusat resolusi. Selama 3 bulan ini apa pun yang pembeli dan penjual tanyakan, jawabannya hanya seperti bicara dengan robot.

Pada tanggal 3 September 2022, di pusat resolusi admin Bukalapak menginfokan bahwa pihak asuransi Axinan membutuhkan bukti tambahan yang lebih jelas untuk video prepacking dari pihak penjual. Lalu kami harus mencari-cari lagi video CCTV lagi dan untung saja ada video yang terlihat lebih dekat saat packing.

Di dalam video packing sangat terlihat jelas bahwa barangnya masih segel dan di-packing dengan baik tidak dobel-dobel seperti yang diterima pembeli.

Namun setelah kami memberikan bukti tambahan tersebut, selama 1 bulan kemudian tidak ada progress yang terlihat. Jawaban dari pusat resolusi pun sama, dibalas dengan robot yang menginfokan sudah kami follow up ke pihak asuransi Axinan dan tidak memberikan estimasi waktu kapan komplain ini berakhir dan apa solusinya.

Sampai akhirnya minggu kemarin pihak Bukalapak menghubungi kami selaku penjual lewat telepon. Betapa terkejutnya kami bahwa mereka bilang pihak asuransi Axinan menolak komplainnya, dikarenakan posisi resi yang tidak presisi dan video tambahan kami belum menunjukan bahwa benar barang yang kami kirim adalah barang yang diterima pembeli.

Dari sini kami sudah merasa pihak asuransi Axinan sendiri membuat-buat alasan dan sudah tidak beres. Karena secara logika, online shop seperti kami yang setiap harinya packing puluhan barang, harus divideokan saat packing satu persatu sampai terlihat serial number, sudah di luar akal sehat. Lalu mengenai posisi resi yang tidak presisi, bagaimana mungkin posisi resi presisi jika sudah dibongkar oleh pihak lain?

Kami juga melihat banyak keluhan dari surat pembaca bahwa asuransi Axinan ini selalu membuat-buat alasan yang tidak masuk akal dan akhirnya asuransinya tidak dicairkan. Kami selaku penjual sangat kecewa, karena selama 3 bulan uang kami tertahan dan tidak ada kejelasan untuk komplain ini. Padahal baik pembeli dan penjual sudah memberikan bukti-bukti yang diminta dan sudah sesuai, tapi dari pihak asuransi Axinan malah tidak kooperatif.

Semoga lewat surat pembaca ini menjadi pelajaran untuk pembeli dan penjual dalam memilih marketplace.

Maria Fransisca
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Perihal Kirim iPhone 13 tapi yang Sampai Xiaomi Bekas, Sudah 3 Bulan Komplain Tidak Ada Kejelasan

Dengan hormat, Terima kasih atas masukan yang diberikan kepada Bukalapak melalui kanal Media Konsumen. Kami informasikan bahwa terkait dengan kendala...
Baca Selengkapnya

47 komentar untuk “Kirim iPhone 13 tapi yang Sampai Xiaomi Bekas, Sudah 3 Bulan Komplain Tidak Ada Kejelasan

  • 11 Oktober 2022 - (16:06 WIB)
    Permalink

    Dari beberapa tahun lalu udah uninstall Bukalapak, gara2 sistemnya yang makin aneh dan sering banget ke detect transaksi nakal, padahal jelas2 transaksi asli, sayang banget sih. padahal dulu pernah booming belanja 1 rupiah di bukalapak, eh sekarang malah udah mau tutuplapak. Bye Bukalapak

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan online di Bukalapak?

Ada 47 komentar sampai saat ini..

Kirim iPhone 13 tapi yang Sampai Xiaomi Bekas, Sudah 3 Bulan Komplain …

oleh Maria dibaca dalam: 2 menit
47