Refund Tiket Philippines Airlines Berlarut-larut

Saya kecewa atas ketidakjelasan refund Philippines Airlines (PAL). Pada bulan November 2019, saya membeli 2 tiket PP Jakarta – Jepang. Namun karena tiba-tiba berhalangan, saya melakukan reschedule ke Bulan Maret 2020, dengan penambahan harga tiket yang lebih mahal. Saat tiba bulan Maret 2020, covid datang, dengan terpaksa saya meminta refund ke Traveloka. Oleh Traveloka saya diarahkan untuk menghubungi PAL langsung.

Berdasar kebijakan dari PAL pada saat 2020, hanya boleh refund dalam bentuk voucher yang berlaku 1 tahun dan dapat diperpanjang 1 tahun lagi. Nilai voucher yang saya dapatkan senilai IDR 8.934.000/pax, yang mana nilai ini sesuai dengan harga total dari tiket yang saya bayar.

Namun pada prosesnya, pandemi covid tidak kunjung selesai. Bahkan sampai Maret 2022 (batas akhir voucher berlaku), Jepang masih ditutup untuk turis. Setelah menghubungi PAL pada bulan Maret 2022, saya diperbolehkan untuk refund.

Setelah menunggu sampai September, saya dapat informasi bahwa refund sudah disetujui dan diminta mengurus ke Traveloka. Namun ketika saya minta refund ke Traveloka, dana yang di-refund tidak sesuai dari harga yang saya bayar. Dana refund hanya dibayar IDR 5.900.000/pax, dari harga tiket yang saya bayar senilai IDR 8.934.000/pax, yang mana total senilai IDR 17.868.000. Dari awal meminta refund, tidak ada informasi pemotongan dana.

Saya follow up masalah ini ke PAL dari September, tapi sampai saat ini tidak ada jawaban, bahkan setelah diemail berulang kali.

Adi Setiawan NK
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

18 komentar untuk “Refund Tiket Philippines Airlines Berlarut-larut

      • 19 Oktober 2022 - (00:01 WIB)
        Permalink

        @Adi
        November 2019 harganya sudah segitu eco class? ?. Apa jangan-jangan si bapak ini dapet harganya kemahalan kali ya pake PAL? Setau saya taun segitu rate GA/CX/QZ 5jt’an deh eco-class nya..
        asal jangan pake JL/NH aje deh.. amit2 hrgnya rute CGK-NRT mah ?
        Atau rate-nya tinggi karena mau akhir taun kali ya? ?

  • 28 Oktober 2022 - (11:09 WIB)
    Permalink

    sampai detik ini belum dibalas balas email saya, bahkan sampai saya kirim berulang di hari ini

  • 12 April 2023 - (04:51 WIB)
    Permalink

    Tiket saya JAKARTA JEPANG ga bisa di refund karena sudah jadi TRAVEL CREDIT. Tapi perubahan ini karena diancam hangus oleh pihak PAL maka saya rubah. traveloka kerjasama sepertinya karena pihak PAL menyarankan saya untuk minta pertanggung jawaban TRAVELOKA

    • 12 April 2023 - (13:59 WIB)
      Permalink

      Betul, seandainya mereka tidak mau refund harusnya perpanjang aja travel creditnya, jgn dibatasi dengan berlaku travel kredit, kalau kita sendiri sedang tidak ada waktu bagaimana menggunakan travel kredit tersebut, saya malah di lempar ke PAL dari traveloka, dan PAL tidak ada itikad baik membalas telpon/email saya sampai detik ini.

      • 12 April 2023 - (14:44 WIB)
        Permalink

        sama banget kasus bapak dengan aku. tiket bapak jadinya bagaimana? temen saya tiketnya bisa di refund loh pak padahal maskapai, jam, tanggal dan tujuannya sama. saya lagi usaha email traveloka untuk minta pertanggung jawaban karena ga kasih tau bahwa teman saya tiketnya di refund full tanpa potongan.

      • 12 April 2023 - (14:46 WIB)
        Permalink

        lagi pula harga tiket di PAL mahal2 banget, cuma jadi sampah aja duit saya yang cuma 5 juta, bagi saya sih uang 5juta gede. saya terus menerus mention traveloka dan flyPAL buat minta tanggung jawab dan perlakuan sama karena teman saya tiketnya jadi uang cash sedangkan saya tidak

    • 23 Mei 2023 - (23:10 WIB)
      Permalink

      Saya awal 2020 (Januari) beli PP 5,7 jt lewat traveloka, lalu batal krn covid lalu saya email maskapai nah di gantikan travel voucher setahun, 2021 masih belum bisa terbang, lalu di perpanjang lagi sampe 2022, masih ngak bisa masuk jp akhirnya di ganti travel kredit yang artinya di perpanjang sampe 2024 bisa refund tapi pengembalian dananya ngak bisa cepet bisa setahun, lalu daripada saya stress nungguin refund yang tidak pasti akhirnya saya harus di pakai … Jadilah nanti November saya pakai kena penambahan selisih tiket 250.000 .. Nah yang sekarang bikin galau adalah liat temen 2 yg akan berangkat pake PAL jadwalnya di acak acak.. Saya sampe mikir ini gimana nanti klo berangkat aja berubah ubah? Kan kita sudah booking hotel? .. Jadi mau cari info Regulasi kompensasi apabila PAK merubah penerbangan saya nanti.. Yang jelas saya sebagai konsumen ngak mau di rugikan.. Toh saya sudah bayar.. Semoga flight saya di November aman.. Juga buat temen2 yg pake Jasa PAL semoga lancar…

  • 12 April 2023 - (17:06 WIB)
    Permalink

    Yaa itu dari traveloka, di lempar ke PAL, tapi dari PAL di cuekin saya, ga di refund sampe detik ini.

    • 23 Mei 2023 - (23:11 WIB)
      Permalink

      Klo minta refund memang seperti itu.. Kita digantung.. Makanya saya ngak mau refund.. Mending saya pake lah

  • 29 April 2023 - (02:37 WIB)
    Permalink

    Saya belum tentang refund sih, tapi sy cukup kecewa sbg pengguna pertama kali pesawat ini, masa 1 bookingan yg sama dlm sebulan bsa diganti 2x bayangin, diganti tanpa alasan dan ga inisiatif memberi kompensasi, sampe saya mentioned ke flypal di IG berkali2 tuh masih ada kronologinya… lantas penerbangan diganti tiba2 saya kan udah ada fixed schedule krn kerja juga, dan ini trip bersama teman dari berbeda negara, kalo pun dia offer refund, saya kan tetep harus beli tiket lain lagi yg dimana lbih mahal…
    Memang sy observasi si PAL ini sering bngt kyk tiketnya lbih murah jauh drpd pesawat2 lain, nga cuma tujuan jepang, smua bgtu juga, tapi sy ga nyangka kalo dibalik murahnya tiket dia, kualitasnya seburuk ini, padahal dia carrier flagship nya filipina kan…
    Smpe saat ini sy cuma bsa kontak trip.com dan airhelp yg saya beli dgn bookingan sy, tp dr airlinesnya sndiri gada balasan apa2, sy masih panik krn waktu trip sudah dket, dan untungnya belum sy rencanakan hotel dan tiket2 permainan lainnya, mereka juga bkin saya was2 nanti ada penggantian jadwal ketiga kalinya, wah mau dituntut tuh emang maskapai filipin

 Apa Komentar Anda mengenai Philippines Airlines?

Ada 18 komentar sampai saat ini..

Refund Tiket Philippines Airlines Berlarut-larut

oleh Adi dibaca dalam: 1 menit
18