Shopee Tidak Dapat Menyelesaikan Masalah Pengembalian Barang dan Dana Tepat Waktu

Hari ini 22 Oktober 2022, 7 hari (5 hari kerja) sejak barang yang sudah saya ajukan pengembalian barang dari Shopee Mall karena kemasan penyok, diterima warehouse Shopee, dengan kode permintaan 22101206VSUSVPM. Barang diterima warehouse Shopee, tepatnya pada 15 Oktober 2022 hari Sabtu.

Sebelumnya saya sudah menanyakan kepada pihak Shopee mengenai berapa lama waktu penyelesaian masalah pengembalian barang dana. CS Shopee menjawab bahwa masa penyelesaian atas masalah tersebut akan memakan waktu 5 hari kerja untuk proses validasi barang. Hal ini juga sesuai dengan kebijakan pengembalian barang dana Shopee sebagai berikut:

Proses Quality Control (QC) yang dilakukan oleh tim Gudang Shopee untuk produk yang dikembalikan dapat memerlukan waktu sekitar 3-5 hari kerja (tidak termasuk Sabtu, Minggu, dan tanggal merah). Hal ini untuk memastikan bahwa produk yang dikembalikan dalam kondisi yang dapat diterima sebelum permintaan pengembalian/pengembalian dana dapat disetujui. (Sumber: https://help.Shopee.co.id/portal/article/72889-[Pengembalian-Barang%2FDana-Shopee-Mall]-Berapa-lama-waktu-yang-dibutuhkan-untuk-proses-QC-atau-pengecekan-produk-pengembalian-barang-di-Shopee-Mall%3F)

Sejak jawaban CS Shopee tersebut, saya pun menunggu. Tidak sabar, pada 19 Oktober saya menanyakan kepada CS Shopee (CS Aldo) mengenai update dari validasi barang tersebut. CS menjawab bahwa kasus ini akan ditangani maksimal di hari Jumat 21 Oktober 2022, tepat 5 hari kerja sejak barang diterima warehouse.

Setelah melewati banyak CS, hari ini 22 Oktober 2022 saya mencoba menghubungi CS Shopee kembali untuk menanyakan masalah saya yang tidak segera selesai, padahal sudah melewati batas 5 hari kerja. CS Shopee bernama Albert menjawab bahwa ada kendala pada proses validasi barang dan lagi, saya sebagai customer disuruh menunggu. Saya menanyakan berapa hari tepatnya waktu penyelesaian kendala tersebut, dan CS menjawab bahwa CS tidak tahu pasti kapan waktunya.

Sebuah corporate sebesar Shopee belum bisa menepati waktu penyelesaian atas masalah yang aturannya sudah dibuat sendiri oleh Shopee. Atas masalah yang kendalanya dari pihak Shopee (bukan kesalahan customer). Customer yang dirugikan karena dana yang harusnya sudah saya terima malah tertahan. Saya berharap pihak Shopee untuk dapat menangani masalah ini dengan segera

Disclaimer: Artikel dibuat tanpa ada maksud untuk menjatuhkan pihak-pihak yang disebutkan. Kronologi atas masalah tertulis dibuat berdasarkan bukti dan fakta.

Fahriza Nafisa
Jember, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee:
[Total:3    Rata-Rata: 2.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

7 komentar untuk “Shopee Tidak Dapat Menyelesaikan Masalah Pengembalian Barang dan Dana Tepat Waktu

  • 24 Oktober 2022 - (09:39 WIB)
    Permalink

    “…saya ajukan pengembalian barang dari Shopee Mall karena kemasan penyok,”

    Duh, kemasan penyok aja sampai minta retur barang dan re-fund dana? Ini mau beli produk atau kemasan ya?

    Kuat dugaan, alasan pembeli minta retur barang dan re-fund dana bukan masalah kemasan tapi berubah pikiran, mungkin pingin beli produk atau merk yang lain. Kalau alasan pembeli karena berubah pikiran, itu gak benar, dan pengembalian barang dan dana tentu tidak dapat diterima oleh seller.

    Sebenarnya, kalau soal kemasan penyok dikit gak masalah, yang utama produk aman dan tidak rusak. Kemasan penyok terjadi dalam proses pengiriman oleh pihak kurir, wajar aja kalau sedikit penyok. Foto kemasan penyok kenapa gak diupload disini?

    Sebagai pembeli online, harus paham bahwa pesanan dikirim via kurir, bukan diantar langsung oleh seller, yang penting produknya gak rusak. Emangnya, begitu pentingkah kemasan sehingga perlu dikembalikan? Atau mungkin Anda mau jual secar offline lagi sehingga kemasan harus bagus?

    Pembeli ini bukan tipe pembeli online tapi pembeli offline / warung sehingga kemasan harus mulus seperti baru keluar dari pabrik!!!

    • 24 Oktober 2022 - (11:27 WIB)
      Permalink

      Video unboxing tidak bisa dikirim disini. Didalamnya ada barang elektronik juga. Gimana kalau pas dibuka barangnya aja sampe keluar dari kotaknya. Mungkin barang tersebut sudah kegencet barang2 lain dan bisa jadi ada komponen yg rusak didalamnya. Disini yang saya permasalahkan bukan kotaknya yang penyok. Konteks dari tulisan yg dibuat tersebut adalah mengenai penyelesaian masalah yang tidak selesai sesuai dengan waktu yang dijanjikan. Saya sebagai konsumen punya hak untuk mengembalikan barang yang mengalami cacat dalam artian penyok. Hal itupun juga dijamin di s&k pengembalian barang di shopee

      • 24 Oktober 2022 - (20:13 WIB)
        Permalink

        Pembeli nya manja,,cma kemasan penyok aja..yg penting aman..dan yg elektronik anda ga ceritakan apakah rusak atau tidak? Apa mslah kemasan jg?? Anda beli kemasan apa unit nya??..di bungkus aja msh salah..wajar bro penyok2,namanya jg via ekspedisi bukan boleh sulap yg tau2 ampe rumah…

      • 24 Oktober 2022 - (21:03 WIB)
        Permalink

        Berdasarkan keterangan Anda tentang rincian pengembalian produk, yang Anda kembalikan kan produk kosmetik Nivea dengan alasan kemasan penyok. Tapi tanggapan Anda diatas ada barang elektronik, makin aneh aja!

        Anda sudah menang klaim dengan alasan kemasan penyok, mungkin seller Nivea official store gak mau ribet sama pembeli seperti Anda. Mereka paham Anda retur produk bukan karena kemasan penyok, tapi karena berubah pikiran. Jika pihak seller gak terima alasan kemasan penyok, bisa aja mereka kirim kembali pesanan Anda dengan menambah packing kayu supaya aman. Tapi tampaknya seller gak mau ribet sama pembeli seperti Anda.

        Kalau belum siap jadi pembeli online, jangan beli online, ntar kemasan lecet dikit sama kurir udah minta retur dan pengembalian dana ke seller. Lelucon pembeli yang gak lucu.

  • 24 Oktober 2022 - (12:16 WIB)
    Permalink

    Per hari ini, 24 Oktober 2022 pukul 11:52 WIB, shopee telah menyelesaikan masalah pengajuan pengembalian barang dan dana tersebut dengan melakukan pengembalian dana dan danapun sudah diterima. Terimakasih atas pihak shopee yang sudah menyelesaikan masalah tersebut. Semoga bisa dijadikan pelajaran kedepannya agar penanganan dispute dengan customer bisa dilakukan tepat waktu

    • 9 November 2022 - (18:15 WIB)
      Permalink

      ada yg kejadiannya ditolak pengembalian dana setelah di verifikasi gdg shopee ttp barang blm dikembalikan setelah lewat 3 hari Ndak ya? trus ada dikirim resi?

  • 24 Oktober 2022 - (19:29 WIB)
    Permalink

    Beli offline saja bro jangan beli secara online lagi. Entar kemasan rusak complain lagi dan ingin return lagi. Pembeli reseh seperti anda yang bisa merugikan marketplace dan seller. Parah

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

Shopee Tidak Dapat Menyelesaikan Masalah Pengembalian Barang dan Dana …

oleh badbunny0109 dibaca dalam: 1 menit
7