Paket First Media Tidak Sesuai Penawaran, “Downgrade” tapi Biayanya Dinaikkan dan Pakai Modem/Router Bekas

Saya pelanggan First Media. Bulan September yang lalu, saya dihubungi oleh First Media, ditawarkan upgrade paket dari Family ke Family Plus, dengan penambahan biaya yang awalnya Rp359.085/bulan menjadi Rp392.829/bulan, dan informasinya kecepatan internet akan menjadi lebih cepat. Pihak First Media juga mengatakan, bila nanti setelah upgrade saya mau kembali lagi ke paket lama (downgrade) diperbolehkan dan modemnya akan diganti menyesuaikan kecepatan.

Ternyata kenyataannya:

Modem dan router yang diberikan First Media adalah modem dan router bekas, dan baru dipakai 1 bulan, router-nya sudah korselet. Akhirnya pihak First Media mengganti router-nya dengan barang bekas lagi. Kesimpulan yang saya ambil saat ini, First Media menyewakan modem dan router ke pelanggan, barang bekas semua. Karena saya sempat tanyakan ke saudara yang pakai First Media, katanya memang iya, First Media memakai modem dan router bekas untuk customer.

Setelah 1 bulan berjalan, saya sama sekali tidak merasakan ada perubahan kecepatan dari internetnya, sama saja dengan paket yang lama. Sehingga saya menghubungi First Media lagi tanggal 14 Oktober untuk permintaan downgrade kembali ke paket Family yang lama.

Tanggal 23 Oktober 2022, saya menanyakan lagi follow up permohonan downgrade saya, dan ternyata masih belum diproses. Pihak First Media mengatakan kalau saya kembali ke paket lama (Family), tagihan saya berubah menjadi Rp379.000 (bukan Rp 359.085) dengan alasan, modemnya berubah.

Tentu saja saya keberatan, modem dan router bekas dan toh saya tidak membutuhkan modem untuk paket Family Plus. Kenapa saya dibebankan biaya sewa modem paket Family Plus? Sedangkan saya mau pakai Paket Family saja. Saya katakan kembalikan saja modem saya yang lama yang diganti. Tanggapan First Media, modem lama sudah tidak ada, jadi saya mau tidak mau disuruh bayar pakai modem bekas yang untuk Family Plus meskipun saya downgrade ke paket Family.

Hari ini 25 Oktober, saya menghubungi lagi First Media, saya tanyakan permohonan downgrade paket saya, dan ternyata sama sekali belum diproses, padahal laporan sejak 14 Oktober 2022. Ditunggu itikad baiknya First Media, bila sudah konfirmasi bisa kembali ke paket lama (bisa downgrade) ya tentu saja tagihannya kembali ke yang lama, bukan dinaikkan seenaknya. Udah gitu yang dipakai modem dan router bekas lagi.

Imelda Kristanti
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai First Media:
[Total:5    Rata-Rata: 2/5]
Tanggapan First Media atas Surat Ibu Imelda Kristanti

Yth. Redaksi Surat Pembaca MediaKonsumen.com, Sehubungan dengan surat pembaca yang disampaikan oleh Ibu Imelda Kristanti pada 27 Oktober 2022 berjudul,...
Baca Selengkapnya

Satu komentar untuk “Paket First Media Tidak Sesuai Penawaran, “Downgrade” tapi Biayanya Dinaikkan dan Pakai Modem/Router Bekas

 Apa Komentar Anda mengenai First Media?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Paket First Media Tidak Sesuai Penawaran, “Downgrade” tapi…

oleh Imelda Kris dibaca dalam: 1 menit
1