Tidak Bisa Bertransaksi di Tokopedia karena “Terlalu Banyak Bertransaksi”

Saat ini saya mengalami problem untuk transaksi di Tokopedia, dikarenakan terlalu banyak bertransaksi/kelebihan penggunaan.

Padahal di sini konteks kasus saya:

  1. Saya bertransaksi dengan toko-toko yang memang sudah langganan. Hingga tahun lalu saya sudah cukup rutin untuk order karena kebutuhan sendiri.
  2. Nominal transaksi juga sewajarnya, tidak ada yang sangat besar untuk mengejar cashback.
  3. Saya menggunakan promosi/cashback yang disediakan dari Tokopedia. Apabila ada notifikasi tidak bisa menggunakan kupon cashback karena sudah melebihi batas, saya langsung disable kupon promo cashback tersebut.
  4. Saya berlangganan Tokopedia PLUS, yang mana sesuai promosi Tokopedia, bisa mendapatkan “BEBAS ONGKIR” tanpa batas. Maka dari itu saya berhak untuk menggunakan layanan tersebut dengan membayar metode pembayaran sesuai yang ditawarkan, salah satunya kartu kredit.

Yang saya sayangkan di sini, respons dari perusahaan sebesar Tokopedia, yang sudah public listed di BEI dengan valuasi yang ratusan triliun, untuk meng-handle kasus seperti ini saja sangat lama, tidak responsif dan menurut saya tidak profesional. Berikut ini screenshot respons dari Tokopedia:

Konteks tambahan kenapa saya sampai melaporkan ke sini, karena sebelumnya saya pernah terkena kasus yang sama pada tanggal 26 September 2022, dan baru diselesaikan tanggal 01 Oktober 2022, hanya perihal tidak bisa transaksi karena kelebihan penggunaan di Tokopedia.

Semoga pihak Tokopedia bisa menerima kritik dan masukkan, dan bisa mengubah sistem dan respons menjadi lebih cekatan, mengingat skala perusahaan dan bidangnya  teknologi. Karena hal seperti ini sangat mengganggu bagi konsumen yang sudah terbiasa belanja dan menjadi pelanggan setia di Tokopedia.

Johan
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Belanja online di Tokopedia:
[Total:32    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

17 komentar untuk “Tidak Bisa Bertransaksi di Tokopedia karena “Terlalu Banyak Bertransaksi”

  • 29 Oktober 2022 - (09:28 WIB)
    Permalink

    Ini yang dibatasi cuma metode pembayaran KK ? Apa mungkin kebijakan dari bank penerbitnya ?
    Baru tahu sih kalau dibatasi pembelian di Tokped. Saya juga termasuk sering belanja di Tokped buat kebutuhan usaha, Diamond Plus. Tahun kemarin transaksi 1.700 X ga ada pembatasan tuh. Tapi memang jarang pakai KK, paling kalau nilai besar dan mau nyicil.

    6
    1
    • 30 Oktober 2022 - (22:10 WIB)
      Permalink

      Ini gangguan dari tokopedia,aku kemaren pernah kejadian seperti ini langsung lapor tokopedia proses 3-4 hari baru bisa lagi

  • 29 Oktober 2022 - (09:48 WIB)
    Permalink

    transaksi pembayar cod juga dibatasi,padahal transaksinya udah beda hari.akhirnya pakai transaksi marketplace biru,kebijakan tokopedia tambah aneh

    1
    3
  • 29 Oktober 2022 - (10:20 WIB)
    Permalink

    Jadi inget jaman dulu sewaktu masih ada elevenia.com, sebelum yang lain pada ada (baca: maju). Saya juga dibatasin transaksinya, persis seperti TS karena sudah banyak transaksi.

  • 29 Oktober 2022 - (11:49 WIB)
    Permalink

    Iya , saya jga di batalin otomatis trus, saya tanya cs tokped gak puas, yaudah ganti toko sebelah

    2
    1
  • 29 Oktober 2022 - (12:48 WIB)
    Permalink

    Coba pembayaran nya jgn pake KK, pake transfer lngsung, kemungkinannya itu limit kartu kreditnya yang sdh melebihi batas limit..

    8
    1
  • 29 Oktober 2022 - (13:00 WIB)
    Permalink

    KK belum over-limit kan? Apakah sebelumnya di hari yang sama sudah belanja beberapa kali dengan KK yang sama?

    Nafas saja kalau ngos-ngosan butuh jeda, cobalah belanja lagi di hari lain dengan KK yang sama.

  • 29 Oktober 2022 - (13:55 WIB)
    Permalink

    Itu sih sepertinya bukan kesalahan Tokopedia. Saya jg sering mengalami hal yang sama, tidak hanya di tokopedia, tp juga di marketplace lain. Dan kebetulan juga pake CC BCA yg setahu saya memang membatasi penggunaan dalam 1 hari. Saya lupa tepatnya berapa, tp sekitar 10-15x transaksi per hari apalg digunakan di marketplace yg sama berulang kali. Tujuan pihak bank simple aja sih, takutnya dipakai untuk fraud. Jd dicoba saja tunggu 1×24 jam dari transaksi terakhir, kalo memang msh belum bisa transaksi baru deh telpon banknya.

  • 29 Oktober 2022 - (14:17 WIB)
    Permalink

    Memang di batasin toh perhari 8 TRX pakai KK, coba hubungi kartu penerbit KK, jangan sikit ke MK, manja kali

    8
    5
  • 29 Oktober 2022 - (14:49 WIB)
    Permalink

    Kalau sy juga sering dibatasi di tokopedia tetapi bukan pembayaran KKnya. Tapi pembelian pulsanya karena sdh melebihi batas yg ditentukan. Hal ini terjadi karena sy menggunakan 2 akun 1 tokopedia dan 1 mitra tokopedia.klw pembeliam pulsa sy lbih suka mitratokopedia karna lbih murah. Sehingga dalam 1 hari banyak sy membeli pulsa karna ada rekan2 yg beli pulsa sana sy. Sehingga jika habis kuota pulsa di mitra tokopedia sy pakai tokopedia namun ketika membeli pulsa yg terjadi justru notivikasi yg menyatakan tranksaksi tidak dapat dilakukan karema sudah melebihi pembelian. Sy pun nggak ngerti apakah transaksi di mitratokopedia terbaca jg ditokopedia kah.

  • 29 Oktober 2022 - (15:38 WIB)
    Permalink

    Pembelian dengan KK ada batasan.
    Dulu saya di mandiri malah cuma 5x sehari. Habis itu ga bisa transaksi, harus tlp CS untuk reset

  • 29 Oktober 2022 - (17:15 WIB)
    Permalink

    Kalo menurut saya pembatasan transaksi menggunakan kk di limit jumlah transaksinya di karenakan alasan keamanan. Karena memang akhir2 ini byk pencurian kk. Jadi memang ini untuk menceggah hal2 yg tidak di inginkan aja sih.

  • 30 Oktober 2022 - (09:40 WIB)
    Permalink

    Iya, saya juga pernah ngalamin, pakai cc dengan cicilan 0% ga bisa di toped, 3 hari coba mondar mandir tanya Cs, ga solved Juga, akhirnya pergi ke toko oren, untung seller ada di dua platform, ya udah transaksi disitu dan berhasil belanja cicilan 0% 12 bulan dengan nilai 10jtan.
    Lit cc 50jt.

  • 30 Oktober 2022 - (13:31 WIB)
    Permalink

    Itu bukan topednya tapi CC BCAnya yang membatasi transaksi per hari untuk menjaga dari fraud, coba transaksi beda hari, kalau ga salah bca 10x transaksi sehari berapapun nominalnya pasti habis gitu declined, salah sasaran protesnya, saya pake gopay sehari 20x transaksi aman2 saja, karena cash semua…

 Apa Komentar Anda mengenai Belanja online di Tokopedia?

Ada 17 komentar sampai saat ini..

Tidak Bisa Bertransaksi di Tokopedia karena “Terlalu Banyak Bert…

oleh Johan dibaca dalam: 1 menit
17