Pihak Tokopedia Tidak Bisa Menghubungi JNE, Pembeli yang Harus Repot Komplain

Pada tanggal 30 Oktober 2022, saya membeli susu Real Good Rasa Coklat 1 dus dan Sabun Shinzui 2 pcs di Tokopedia (bukti pembelian terlampir di screenshot). Tanggal 01 November 2022, paket terkirim oleh JNE, bersamaan dengan paket lain.

Paket oleh pihak JNE di-dropping di depan pintu rumah dan hanya disaksikan oleh pihak keluarga saya. Pihak keluarga saya (anak dan istri) tidak menerima langsung paketnya secara fisik, karena banyak dan beberapa paketnya berat untuk ukuran istri dan anak perempuan saya (beberapa dus susu Real Good dan paket lain). Saya tidak tahu kenapa pihak JME tidak memanggil saya, padahal saya ada di rumah saat itu. Setelah men-drop paket, pihak kurir langsung pergi.

Saat saya cek semua paketnya, ternyata satu paket yang berisi satu dus susu Real Good coklat dan 2 sabun Shinzui, fisik paket dari luar itu dusnya sudah sobek, basah di beberapa bagian dan dikerubungi semut. Paket langsung saya foto dan ajukan komplain ke pihak Tokopedia, tanpa saya bongkar isinya. Sesuai sistem Tokopedia komplain yang direkomendasikan itu berupa pengajuan klaim kerusakan dan saya ikuti usulan by system Tokopedia.

Setelah beberapa hari, ada permintaan dari Tokopedia untuk mengirim foto isi paket. Paket saya buka sebagian dan memang ada beberapa kemasan susu Real Good yang pecah, sehingga membasahi Real Good yang lain dalam satu dus dan dikerubungi semut. Dari pihak Tokopedia meminta waktu untuk investigasi kepada pihak ekspedisi (kurir JNE).

Hari ini minggu tanggal 06 November 2022 sekitar pukul 21.30-an, saya dapat notifikasi dari Tokopedia. Karena pihak Tokopedia sampai saat ini belum bisa menghubungi pihak JNE, saya sebagai pembeli di minta untuk mengisi formulir (tapi tidak ada formulirnya), yang menurut Tokopedia untuk menutup komplain saya dan membantu klaim ke pihak JNE.

Yang salah kurir, membuat paket saya hancur dan asal droping paket (kalau saya yang terima paket sudah dalam keadaan rusak, pasti itu paket saya tolak). yang tidak mampu menghubungi pihak JNE itu Tokopedia, kenapa saya yang harus isi formulir klaim?

Giliran pihak pembeli atau penjual tidak bisa dihubungi pihak Tokopedia saat ada komplain, pembeli atau penjual langsung dinyatakan setuju hasil keputusan Tokopedia disertai bukti yang ada. Sekarang pihak Tokopedia yang tidak bisa menghubungi pihak JNE, kenapa saya sebagai pembeli yang harus repot untuk isi formulir?

Regards.

Enjum Jumhemi
Kab. Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

5 komentar untuk “Pihak Tokopedia Tidak Bisa Menghubungi JNE, Pembeli yang Harus Repot Komplain

  • 9 November 2022 - (03:41 WIB)
    Permalink

    Kalau trauma sama JNE sebaiknya cari toko yang di list kurir regulernya cuma ada Sicepat / Anteraja. Jadi kalau pake free ongkir barang banyak kena ke Sicepat Gokil / Anteraja Cargo.
    Soalnya semenjak JNE gabung ke free ongkir Toped pelayanannya jadi amburadul, lebih lemot dari biasanya.

    • 9 November 2022 - (09:00 WIB)
      Permalink

      Saya pindah beli real good ( satu minggu beli 5 s/d 7 dus ). Dari si biru ke toped karena di si biru selalu kurir nya JNE untuk paket saya real good. Walau kalau paket hancur, paket di ganti yg baru oleh si biru dalam 2 hr. Tapi ini barang jualan warung istri karena sering hancur jadi nya stock di warung sering kosong & anak2 ga jadi jajan yg lain ( lost sale istilah keren nya ).

      Awal pindah ke toped beli real good itu nyari alternatif. Awal nya senang karena paket nya aman, bersih & cepat terkirim dengan kurir AnterAja Cargo. Saat mulai langganan beli realgood di toped karena kurir nya AnterAja cargo yg membuat paket saya aman, tiba2 kurir nya kok jadi JNE lagi, sudah punya firasat buruk & ternyata benar. Paket Realgood pertama oleh JNE pecah &; isi nya hancur 5 ( air nya membasahi yg lainnya ). Belum komplain & hanya kasih bintang 3 di review. Paket yg kedua oleh JNE tambah hancur & saya ajukan komplain. Paket ke 3 yg kemarin saya terima juga hancur. Tapi yg saya bingung kenapa paket barang yg sama oleh kurir AnterAja, itu paket aman2 saja.

      Saya muat surat di medi konsumen karena paket saya hancur karena kurir. Pihak tokopedia sampai saat ini ( sudah 7 hari ) masih belum bisa menghubungi pihak JNE. Karena pihak tokopedi belum bisa menghubungi pihak JNE, status paket saya gantung & kenapa saya yg harus di repotkan untuk buat laporan klaim asuransi.

      Kemarin pihak tokopedia tlp tapi hanya minta maaf & masalah belum selesai sampai saat ini. Perusahaan sebesar tokopedia sudah 7 hari belum bisa hubungi pihak JNE. Wkt tlp saya tanya kapan tgl pasti penyelesaiannya, mereka tidak beri jawaban. Giliran pembeli or penjual di pusat komplain tidak menanggapi sampai batas waktu tertentu, pihak tokopedia bisa memutuskan secara sepihak berdasarkan data2 yg ada. Giliran saya sebagai pembeli minta kepastian kepada pihak tokopedia soal komplain saya, tidak ada batas waktu nya dari tokopedia maupun batas waktu JNE yg harus merespon komplain saya.

      LEVEL USER SAYA DI TOPED DIAMON + PLUS. Yg kata nya mendapatkan layanan prioritas. Yg prioritas saja, satu minggu belum selesai2 kendala nya & hanya di suruh menunggu, gimana yg level nya di bawah DIAMON + PLUS ??????????????

      Katanya Layana Prioritas & SMART. Tapi penanganan komplain tidak ada batas waktu tgl nya. Yg salah pihak kurir & ketidakmampuaj staf tokopedia menghubungi JNE, kenap saya yg harus mengajukan claim asuransi kerusakan barang ? Kenapa saya yang harus mengorbankan waktu & tenaga, padahal paket yg saya terima dari kurir itu rusak & tidak dapat di jual

    • 23 November 2022 - (17:30 WIB)
      Permalink

      Setuju kalau sekarang JNE lemot, dan kurirnya asal-asalan, barang belum diterima tulisannya sudah diterima oleh security. Kasian saya jadi ngira security ngambil barang saya

  • 13 November 2022 - (09:48 WIB)
    Permalink

    kalau beli di marketplace menggunakan JNE, mereka tidak mau terima komplain langsung dari pembeli/ penjual, JNE mau nya alur nya pembeli/ penjual komplain nya ke marketplace lalu marketplace yg meneruskan ke JNE, sedangkan marketplace nya bilang ga bisa menghubungi JNE juga. Lah jd gmn??

    • 13 November 2022 - (12:33 WIB)
      Permalink

      Iya surat keluhan ini memang sedikit agak membingungkan. Komplain masuk tgl 1 dan ditutup tgl 6. Apakah artinya selama 4-5 hari kerja itu marketplace dibuat tidak bisa menghubungi kurir sehingga tidak berdaya dan akhirnya menyerah?

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia Care?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Pihak Tokopedia Tidak Bisa Menghubungi JNE, Pembeli yang Harus Repot K…

oleh Enjum Jumhemi dibaca dalam: 1 menit
5