Manajemen & Sistem MyRepublic Merugikan Pelanggan

Saya pelanggan MyRepublic id: C1670189. Pada tanggal 9 Agustus 2022 pihak sales mengkonfirmasi bahwa permohonan pemasangan baru saya sudah teregistrasi. Pada tanggal 12 Agustus 2022 saya diminta melakukan pembayaran agar dapat diaktifkan jaringan internetnya.

Kemudian saya melakukan pembayaran via Livin Mandiri, pada saat itu transaksi berhasil dan ada pendebitan rekening saya sebesar Rp. 343.000. Lalu saya cek di web MyRepublic bahwa saya dinyatakan belum membayar. Kemudian saya laporkan lagi ke pihak salesnya, dan dia info kalau akan menindak lanjuti ke bagian finance.

Karena jaringan internet belum juga diaktifkan saya diminta membayar lagi sambil menunggu proses pengecekan dana yang terdebet di tanggal 12 Agustus 2022 lalu selesai.

Tanggal 16 Agustus 2022 saya melakukan pembayaran kembali melalui Livin Mandiri, transaksi dinyatakan gagal namun dana saya terpotong. Kemudian saya melakukan pelaporan lagi ke Bank Mandiri, dan karena saat itu saya harus segera mengaktifkan internetya maka saya melakukan pembayaran lagi pada tanggal yang sama via Klik BCA dan pembayaran berhasil serta terverifikasi oleh pihak MyRepublic.

Saya sudah mengirimkan email ke MyRepublic pada tanggal 16 Agustus perihal dana yang terdebit sebanyak 2x pada tanggal 12 & 16 Agustus 2022. jawaban dari pihak MyRepublic bahwa jika terjadi double bayar maka otomatis dana akan masuk sebagai deposit untuk pembayaran tagihan di bulan berikutnya. Namun kenyataanya saya malah tetap ditagih, dan jaringan internet saya diputus karena dianggap tidak membayar.

Saya mengirim email kembali tanggal 20 September 2022, telp ke call center, dan email kembali tanggal 24,25,26,28 September 2022 dan tetap sama jawabannya adalah template saya serasa bicara dengan robot. Lalu saya kejar lagi via email, call center, wa dan terakhir saya up di media sosial Twitter dan Instagram, hasilnya mereka akhirnya mengirimkan notifikasi akan mengirimkan teknisi pada tanggal 29 September 2022.

Setelah notifikasi itu pada tanggal 29 September 2022 tidak ada satupun teknisi yang datang namun tiba-tiba mereka mengaktifkan internet saya dan mengirimkan email bahwa pembayaran untuk bulan September telah terverifikasi. Saya berpikir ini berarti pelaporan case saya untuk transaksi tanggal 12 & 16 Agustus 2022 sudah beres, ternyata tidak, di bulan Oktober saya ditagih lagi dan dikenakan denda keterlambatan.

Lalu saya email lagi ke CS, wa bot, terakhir dikonfirmasi oleh pihak mereka bahwa transaksi saya tanggal 12 Agustus 2022 tidak mereka terima dananya, padahal hasil pelaporan saya ke Bank Mandiri, dana tersebut sudah diterima oleh pihak MyRepublic ke akun VA saya dengan nomor ID Pelanggan saya.

Dan sampai detik inipun internet saya tetap mati, wa bot tidak bisa lagi saya kontak (seperti saya sudah diblok), dan saya akhirnya kirim message via DM Instagram, namun seperti biasa dijawab template.

Mohon tanggung jawab pihak MyRepublic atas hal ini, karena ini sudah sangat merugikan saya. padahal saya membayar 3 bulan di muka bukannya memudahkan malah jadi kerugian buat saya dan buang-buang waktu untuk mengurusnya.

Mashytah
Kota Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai MyRepublic:
[Total:50    Rata-Rata: 2.2/5]
Permohonan Maaf kepada Ibu Mashytah atas Kendala MyRepublic

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat keluhan pembaca Ibu Mashytah pada tanggal 11 November...
Baca Selengkapnya

21 komentar untuk “Manajemen & Sistem MyRepublic Merugikan Pelanggan

    • 11 November 2022 - (10:18 WIB)
      Permalink

      Sejak bulan Agustus sampai dengan hari ini selalu diberikan jawaban yang sama yaitu ” Sudah kami bantu ajukan ke pihak terkait dll, namun tidak ada realisasi.

  • 11 November 2022 - (10:47 WIB)
    Permalink

    yg patut disalahkan itu bank mandiri. dari awal sejak pembayaran pertama sudah bermasalah, jangan jatuh utk kedua kalinya. ternyata pembayaran kedua pun masih dipercayakan di bank mandiri. Pihak myrepublic blm menerima apapun tp keluhannya selalu ke myrepublic. yg harus dikejar itu bank mandiri.

    3
    12
    • 11 November 2022 - (11:04 WIB)
      Permalink

      say sudah melakukan pengecekan ke Bank Mandiri untuk transaksi tanggal 12 Agustus & 16 Agustus, hasil investigasi mereka bahwa dana sudah masuk ke MyRepublic, lalu saya juga sudah email ke MyRepublic untuk mengkonfirmasi agar dapat dicek apakah dana tersebut sudah masuk atau belum, tapi dari pihak kalian kan responnya selalu sedang ditindak lanjuti, begitu terus dan gak ada keterangan detail sama sekali, lalu ujug” internet nyala lagi. Pihak Bank Mandiri juga sudah mengirimkan email berulang kali ke pihak anda namun belum mendapat respon. Mungkin pihak anda dan Bank Mandiri yang perlu koordinasi lagi mengenai sistem anda dan Bank Mandiri. Bukan saya hanya diam, saya juga sudha komplen kok ke Bank Mandiri, tp dari konfirmasi dari IT mereka bahwa tidak ada kendala apapun untuk payment saya.

      • 11 November 2022 - (11:35 WIB)
        Permalink

        oh maaf, abisnya ga ada infonya di artikel. btw sy bukan pihak dr myrepublic. Baru tau pembayaran disana masih kacau balau. thanks buat infonya. semoga cepat kelar urusannya

        4
        4
      • 11 November 2022 - (13:25 WIB)
        Permalink

        @itha.
        Sepertinya karyawan myrepublic yg ngurusi lalulintas keuangan dr klien nya ini yg ga bener (males). Sehingga dana klien nyangkut juga ga ditelusuri.

        Padahal ini sesuatu yang mudah, tinggal lihat mutasi rekening doang kok.

      • 15 November 2022 - (05:23 WIB)
        Permalink

        Lah kok saya cepet ya responnya, ketika telat, diputus, lalu malam itu saya bayar pakai shopee, dan langsung dibuka blokirnya (confirm via email) hehehe..

        Bayar ke Indo**** aja shopee cepet systemnya..lewat bank mandiri sih saya belum pernah.

  • 11 November 2022 - (14:03 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah hari ini saya sudah ditelepon pihak Myrepublic, dan dijadwalkan kunjungan teknisi hari Sabtu, 12 Nov 2022, dan sudah dijelaskan juga dari mereka bahwa ada problem pada sisitem Myrepublic dan Bank Mandirinya.

    Internet juga sudah diaktifkan.

    Terima kasih Myrepublic atas tanggapannya atas keluhan saya ini.

  • 11 November 2022 - (14:28 WIB)
    Permalink

    Walah kok kayak gitu yah MyRepublic. Ga jadi pasang kayaknya nih ane gara2 berita ini. Sementara stay with IndiHome.

    • 11 November 2022 - (15:37 WIB)
      Permalink

      sebenarnya kalau secara signal dia bagus ya, dan trouble jaringan itu bisa dikatakan jaranglah. hanya saja problem di sistem billing dan payment saja mungkin mereka masih harus perbaiki lagi, juga untuk Call Center/ Customer Servicenya yang mesti ditingkatkan lagi terutama flow penerimaan keluhan penyampaian ke pihak terkait sampai mendapatkan konfirmasi, dan menginformasikan kembali ke pelanggan. nah kalau mereka tidak begitu, jadi selalu diberikan jawaban” yang template, sehingga tidak ada solusi ataupun progres dari laporan itu udah sampai mana sih, kendalanya apa sih, tindakannya harus gimana itu gak ada sama sekali.

      • 11 November 2022 - (21:06 WIB)
        Permalink

        @itha
        Syukurlah kl bgt.
        Sy juga setuju jika semua perusahaan “generasi millenial” ini bila menerima keluhan klien itu tidak dijawab dengan template. Seakan karyawan tersebut kehilangan “adab”, jangan sampai ada kesan bahwa banyak perusahaan millenial ini punya “mental template.”

        3
        1
    • 14 November 2022 - (11:52 WIB)
      Permalink

      kalau didaerah anda ada provider lain, coba di compare” dulu saja plus minusnya tiap provider.

  • 11 November 2022 - (15:57 WIB)
    Permalink

    Saya tidak jadi masang, karena melihat tetangga saya baru pasang dikasih perangkat myrepublicnya seperti router bekas,
    (tidak baru dan berwarna kecoklatan).
    Juga sering troble jangkauannya kecil,
    apa lagi dengar sistem managementnya seperti itu jadi makin ragu

    • 14 November 2022 - (11:50 WIB)
      Permalink

      kalau saya karena tidak ada opsi lain pak, yang ada hanya Indihome dan itu katanya di daerah saya situ info dari tetangga trouble jaringannya sering banget, sementara myrepublic jarang terjadi dan jaringan juga bagus. so no opsi sih hehehehe.

  • 12 November 2022 - (12:01 WIB)
    Permalink

    Wah saya pelanggan myrepublic juga nie, kalau gini situasinya saya jadi ragu, mau beralih ke provider lain nie siap siap.

    • 14 November 2022 - (11:48 WIB)
      Permalink

      semoga tidak terjadi problem apa” ya di Bapak. karena dari sharing pengalam disini saja ternyata yang pembayaran pakai bank swasta pun kena trouble yg sama juga, saya pikir kmrn itu krn sistem bank mandiri yang eror, tp ada juga yang bayar pakai BCA kena juga hal yang sama, itu artinya sistem dari providernya yang memang harus diperbaikin dan ditingkatkan lagi.

  • 12 November 2022 - (23:51 WIB)
    Permalink

    Assalamualaikum wr wb
    Mohon maaf hanya sekedar sharing pengalaman.
    Ada 2 point.
    1. Saya merasa dijaman serba digital hal mengenai pembayaran tinggal via online atau klik hp memang sangat membantu untuk kemudahan dalam bertransaksi terlebih masalah waktu. Namun sepengalaman saya juga pernah saldo saya di bank (sekelas BUM*)-pun tetiba terpotong (hingga jutaan) begitu saja dan pernah alasannya karena transaksi koreksi yg sudah 2 tahun lamanya baru dipotong dan ada juga masalah pemotongan administrasi yg tiba” berbeda padahal sayapun tidak pernah menggunakan pembayaran autodebit. Ini sama halnya masalah pembayaran secara online baik dari pihak penagih atau pihak bankpun hanya mengulur waktu sampai nasabah sendiri sudah lelah mengurusinya.

    2. Saya pernah menjadi agent CC pada sebuah perusahaan penyelenggara ISP terkenal (yg berdiri sudah lama sebelum MQM/IMI/My Rep.). Banyak mengenai cst yg complain dan bahkan terjadi hal sama masalah di pembayaran namun memang benar “budaya” perusahaan melayani cst hanya dianggap sebelah mata saja dalam hal ini dianggap kurang penting dan hanya main lempar sana lempar situ. Berorientasi pada manis ke cst diawal begitu sudah cst sebagai pelanggan next time nya hanya dianggap biasa saja kecuali bagi yg mempunyai “Nama” atau “Dekat dengan Owner Perusahaan tsb” atau bahkan yg mempunyai “Jabatan Penting” yg dikenal oleh perusahaan tsb (berdasarkan yg aktual dilapangannya).

    Inti disini jika cst terkena atau ada masalah tidak hanya cukup lapor via call/email atau Media Chat namun harus datang ke perusahaan tsb.

    • 14 November 2022 - (11:45 WIB)
      Permalink

      belum masuk jaringannya ke daerah perumahan saya pak. pilihannya hanya Indihome & Myrepublic.

 Apa Komentar Anda mengenai MyRepublic?

Ada 21 komentar sampai saat ini..

Manajemen & Sistem MyRepublic Merugikan Pelanggan

oleh Itha dibaca dalam: 2 menit
21