HP Realme Tidak Bisa Nyala Saat Diterima, Pihak Shopee Menolak Pengembalian Barang

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada tim Media Konsumen jika keluhan saya ini dapat diterbitkan. Pada hari Jumat, 04 November 2022, saya melakukan pembelian HP Realme 9 Pro+ 8/128 [Sony IMX766 OIS] melalui Shopee, di toko @realme.official. Pengiriman menggunakan kurir sameday, karena untuk keperluan adik yang masih sekolah.

Paket diterima pada pukul 17.54 oleh orang rumah saya. Kemudian saat malam hari setelah saya pulang kerja, barulah saya buka paket hp tersebut. Ternyata setelah saya buka, hp tidak menyala sama sekali layarnya. Bahkan setelah dilakukan pengisian daya pun tetap tidak menyala.

Setelah itu saya coba chat pihak Realme di Shopee. Namun penjual hanya menjawab akan dicek dahulu, tapi sampai keesokan harinya tidak ada jawaban lebih lanjut. Akhirnya saya memutuskan untuk melakukan pengembalian produk melalui fitur pengembalian barang dan dana yang ada di Shopee pada hari Sabtu, 05 November 2022. Sesuai petunjuk Shopee, saya antarkan barang untuk dikirimkan ke alamat yang sudah dicantumkan oleh pihak Shopee.

Keesokan harinya setelah saya kirimkan barangnya ke warehouse Shopee, ternyata pengembalian barang saya ditolak oleh pihak Shopee, tanpa alasan dan pesanan sudah terselesaikan otomatis meski saya belum konfirmasi terima barang.

Kemudian keesokan harinya, tepatnya hari Senin, 07 November 2022, saya menghubungi CS Shopee melalui fitur live chat aplikasi Shopee, terkait kejelasan penolakan pengembalian barang dan dana saya, disertai dengan mengirimkan bukti foto dan video unboxing paket HP tersebut.

Setelah menunggu selama 3 hari kerja setelah laporan dibuat, sesuai dengan info dari CS sebelumnya, tidak kunjung juga ada info terkait hal ini. Akhirnya saya memutuskan menghubungi CS Shopee lagi di fitur live chat Shopee pada hari Jumat, 11 November 2022 untuk meminta kepastian info mengenai pengembalian barang yang ditolak. Barulah setelah itu mendapatkan info bahwa pengembalian barang saya ditolak, dengan alasan bahwa produk dikirim penjual dalam keadaan segel dan untuk kerusakan silakan mengirimkan produk ke Service Center.

Loh loh loh, saya ini beli HP baru loh. Kenapa saya terima barang rusak malah disuruh ke service center? Jadi saya beli baru atau beli barang rusak dengan harga baru? Mohon pihak Shopee dapat membuat keputusan yang adil bagi konsumen, karena bukti-bukti yang kuat sudah saya kirimkan.

Terima kasih.

Muhammad Rosidi
Jakarta Utara


Update (2 Desember 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak Shopee sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

46 komentar untuk “HP Realme Tidak Bisa Nyala Saat Diterima, Pihak Shopee Menolak Pengembalian Barang

  • 16 November 2022 - (13:34 WIB)
    Permalink

    Kejadian sama kaya yg beli tv siomay waktu itu rusak gak blh retur, parah layanan sopemall kaya gitu gak ada bedanya sama penjual biasa

    19
    5
  • 16 November 2022 - (13:59 WIB)
    Permalink

    Mungkin ini jawaban/respon yang tidak akan anda terima. Namun, itu lah resiko/negatif nya belanja online jika kebetulan pas apes dapat barang yang cacat. Memang seperti itu prosedur nya jika tebus barang di reseller dengan harga yang tentunya lebih murah dari counter/toko offline, dimana jika ke toko langsung, begitu bayar bisa lsg buka segel dan test di tempat sebelum pulang. Dan langsung tukar unit jika ada kendala/cacat produksi. Penjualan online, jika produk segel dan bergaransi resmi, ya tetap akan diarahkan untuk langsung klaim garansi sendiri. Seandainya anda di kota yang tidak tercover service center, sebagai penjual paling hanya sebatas bantu proses klaim (dengan segala biaya dari dan ke menjadi tanggungan pembeli), dan tetap harus melalui proses pengecekan dan menunggu service/penukaran unit dari pemegang merek. Pengecualian jika memang sejak awal toko menjanjikan garansi toko sekian hari sejak diterima, rusak bisa diganti unit, nah itu beda lagi.

    12
    1
    • 17 November 2022 - (09:09 WIB)
      Permalink

      Kl ada duit cash mending langsung datang ke counter HP,insa Allah lbh terjamin,kita bs lihat barang yg akan kita beli,bener barang bagus atu tdk,kl bgni anda juga skrg yg repot,belanja online memudahkan kita tapi juga menyusahkan kita juga pd saat kejadian sprti ini.

      6
      1
    • 18 November 2022 - (06:11 WIB)
      Permalink

      Betul kita harus faham resiko beli online. Apalagi elektronik. Secara kita beli disana karena ada selisih harga dari konter langsung khan. Konter mungkin lebih mahal tapi bisa diganti langsung bila ada kendala

  • 16 November 2022 - (14:08 WIB)
    Permalink

    Sebelum beli mungkin baiknya dibaca dulu deskripsi/catatan sampe ke bawah, di situ sudah menekankan poin no. 4 diwajibkan langsung ke service center untuk kendala cacat produk tidak nyala seperti yang anda alami.

    13
    3
    • 16 November 2022 - (14:10 WIB)
      Permalink

      saya setuju tuh gan, guna deskripsi/catatan produk itu sangat memperkuat dan memperjelas produk tersebut, masih banyak buyer2 yang tidak suka membaca 🙂

      9
      3
    • 16 November 2022 - (16:18 WIB)
      Permalink

      Iya betul mas, ternyata seluruh produk realme seperti itu deskripsinya jika ada kerusakan manufacture. Karena sejauh ini retur produk di toko official lain selalu berhasil meski bukan hp.

      4
      3
  • 16 November 2022 - (15:45 WIB)
    Permalink

    Dalih seller adalah masih segel pabrik, atau bukan repack. Klo udh begitu mmg hrs ke SC, & biasanya akan diganti baru.

    7
    1
    • 16 November 2022 - (16:30 WIB)
      Permalink

      Iya mas, dan disarankan memang ke SC nya lansung. Cuma belom ada waktu aja kalo ke SC nya. Berharapnya memang diganti baru kalaupun nanti ke SC nya

      4
      3
  • 16 November 2022 - (15:52 WIB)
    Permalink

    Saran saja klo beli barang elektronik mahal jgn lwt online byk nyesel deh, jgn tergiur murah malah terjebak lebih mahal…mending langsung ke toko yg jelas² ajalah, dijamin gak ribet

    7
    4
    • 16 November 2022 - (16:19 WIB)
      Permalink

      Iya sih, sebelumnya pernah beli produk realme dan produk hp lain lewat official online ga pernah begini sih, aman aja. Cuma ke depannya mending beli langsung deh biar aman gitu ga perlu ribet kalo ada kerusakan kaya gini dan emang lagi apes aja dapet barang yg rusak manufactur

      4
      3
    • 17 November 2022 - (12:19 WIB)
      Permalink

      Sampai detik ini blm berani sih beli handphone via online shop, krn yaa itu bila terjadi kendala/ ketdkpuasan, urusannya panjang. Sekali2nya beli elektronik: freezer + rice cooker untuk keperluan buka kuliner. Kalau handphone mending berkorban waktu & tenaga utk langsung ke outlet resmi terdekat.

      1
      1
  • 16 November 2022 - (16:06 WIB)
    Permalink

    Mas TS, solusinya gini aja. Ceritakan kronologinya serta print percakapannya ke service center realme terdekat.
    Nanti dilihat unit sama tech nya (formalitas). Biasanya langsung diganti sama unit baru lengkap dengan dus2nya.

    Yg namanya official store itu tidak jaminan master dealer. Bisa jadi toko biasa, cuma dia pake surat dukungan distri/prinsipal untuk dapet badge “official”.
    Dia pun males klaim kalau ada yg komplain unit ga jalan pasti dioper ke SC. Alesan klasik “waaah kita untung tipis bro!”.

    Jangankan realme, macbook resmi aja kl ada unit baru sehari dipake ga bisa tuker, harus mampir dulu ke SC. Padahal unit tender instansi pemerintahan. Ya emang nyesek sih, tp ya gimana lagi peraturannya begitu dr prinsipal.

    7
    3
    • 16 November 2022 - (16:25 WIB)
      Permalink

      Ooh baru tau mas bisa juga official seperti itu.
      Tadi juga udah dihubungi pihak shopee dan memang harus ke SC nya sesuai dengan deskripsi produk sih mas.
      Cuma agak direpotkan aja harus ke SC segala mas, dan emang udah resiko juga sih yah belanja online ada kemungkinan produk tidak berfungsi meski produk masih segel.

      3
      4
    • 18 November 2022 - (07:04 WIB)
      Permalink

      shopee lg shopee lg….untung akun saya sdh saya hapus dan ga pakai lagi. lg rame complain mengenai shopee ky waktu kurir si merah tuh.

  • 16 November 2022 - (16:25 WIB)
    Permalink

    Kalau beli hapenya dalam kondisi baru dan segel, emang gabisa gan diretur. Karena itu sama aja void, jatuhnya bekas.
    Jangankan beli di online, kamu coba beli di konter, posisinya masih segel dus, kamu buka hapenya ternyata gabisa nyala. Tetep itu pihak konter ga akan mau terima barangnya lagi, karena sama aja jatuhnya second.

    Paling kalau dapet konternya baik, maksimalnya kamu dibantu klaim garansi ke servis centernya bukan ditukar unit baru sama pihak konter atau dibalikin duit.

    Ya solusinya emang harus ke servis center. Udah resiko beli elektronik apapun, pasti ada produk cacat yang lolos QC.
    Cuma kalau posisinya baru, seharusnya bisa tukar unit di servis centernya nanti, bukan itu hape di servis supaya bisa nyala.

    8
    2
    • 16 November 2022 - (16:36 WIB)
      Permalink

      Baru tau sih mas emang gabisa di retur, dan emang lagi apesnya aja dapet yg rusak dari pabrik jadi agak ribet aja prosesnya. Yg tadinya mau cepet jadi agak rumit, cuma ya itu emang resiko belanja online sih yah jadi mau gimana lagi.
      Cuma kalo beli langsung trus dapet produk rusak mah mana mau saya terima mas dan gamau juga saya bayar ‘:D , biar mereka yg urus klaim penggantian produk baru ke SC nya.

      4
      2
    • 17 November 2022 - (13:47 WIB)
      Permalink

      Anda yakin tidak bisa tukar unit? Mungkin tergantung model jg kayanya, mungkin kalau hape middle-range tidak bisa tukar unit, tapi di bulan Agustus 2022 aku melakukan pembelian Xiaomi Mi 11T Pro di blibli bisa kok request tukar unit, dgn kendala masalah baterai yang drop.
      Di bawa ke SC lalu dijelaskan oleh SC nya apabila pembelian masih dalam 14 hari bisa request tukar unit. Bahkan opsi tukar unit sendiri baru aku ketahui ketika mendatangi SC nya. Dgn surat rekomendasi dari Xiaomi SC akhirnya barang tsb di kembalikan ke blibli. Mesti online store awalnya menolak dgn dalih setelah di cek tidak apa-apa, tapi akhirnya mau jg kok mengirimkan ulang barang baru (new segel), karena ketika dikirimkan sudah ada surat rekomendasi tukar unit baru dari SC-nya. Memang agak lama prosesnya, memakan sampai hampir 1 bulan.

  • 16 November 2022 - (17:57 WIB)
    Permalink

    Alasan shoppee emang gitu, barang segel tidak bisa di retur, apalagi beli dr official Store…
    jd jangan tergiur garansi 7 hari dr shoppee…
    terima nasib ajh mudah mudahan ada solusi dr pihak Realme nya… jgn ngarep Sama shoppee lagi

    5
    4
  • 16 November 2022 - (18:10 WIB)
    Permalink

    sudah coba di hard reset? tekan tombol volume up dan power barengan selama beberapa detik. kadang hp dalam kemasan kelamaan bisa bikin batere nya kosong sama sekali (drain)…

    3
    3
  • 16 November 2022 - (19:57 WIB)
    Permalink

    Mending belanja di blibli. Gratis ongkir instant dan boleh retur dalam 14 hari. Dan tanpa biaya transaksi jg

    2
    1
  • 16 November 2022 - (20:20 WIB)
    Permalink

    Semoga menjadi pembelajaran buat kita semua, agar kita menjadi lebih teliti dan lebih berhati hati dalam membeli dan melihat ⭐⭐⭐⭐⭐

    1
    1
  • 16 November 2022 - (23:56 WIB)
    Permalink

    Shopee memang selalu seperti itu sering merugikan konsumen kalau tidak mau mengalami masalah saat belanja online cari online shop yang pelayanannya bagus dan bertanggungjawab kepada konsumen

    1
    4
  • 17 November 2022 - (11:25 WIB)
    Permalink

    sy pernah ngalamin begitu gan, tinggal install ulang OS di service center nya gan, bukan rusak tp OS nya perlu install ulang..

  • 17 November 2022 - (12:48 WIB)
    Permalink

    Tidak bisa nyala bukan berarti rusak, apalagi ini hp baru. Emang sih sangat merepotkan harus ke Service center, apalagi kalau SCnya luar kota. Menurut aku pribadi belanja online itu sangat menguntungkan, selain harga lebih murah+ tidak repot2 keluar rumah. Tapi yaa… Semua ada resikonya. Pengalaman pribadi saya beli barang elektronik puluhan kali Alhamdulillah AMAN!!! Semua kembali pada diri kita sendiri!

  • 17 November 2022 - (15:03 WIB)
    Permalink

    Emang ada aja toko olshop nakal barang bekas di krmas seperti baru.kl ga bnr benr teliti baca diskripsinya bisa terjebak.karana sy menglaminya di situ tertulis garansi resmi 1th tp stlh barang dtng tusak dan tidk bisa di pake

  • 17 November 2022 - (22:04 WIB)
    Permalink

    Kalo rusak memang ke service center.. TAPIIIII…. Masalahnya penulis beli baru, gress dan segel.. dimana mana rusak pemakaian memang ke service center lah kalo blm dipakai udah rusak mah harusnya diganti.. biasanya ada garansi 30hari tukar baru kok… Sepertinya shopee nengada ada ini

  • 18 November 2022 - (06:00 WIB)
    Permalink

    Saran saya segera diurus ke SC kalo mau ditukar atau gimana karena ada pasti ada batas waktu nya setelah pembelian.

    • 18 November 2022 - (23:50 WIB)
      Permalink

      Setelah hampir sekian lama aku pake shoope baru kali ini aku tau kejadian kyk gini.. ayo donk shoope rubah kebijakanmu demi kenyamanan customer belanja.. kebetulan aku bergerak dibidang reparasi hp.. jadi agak gimana gitu baca kejadian ini.. waduhh ngerii beli hp di official store

  • 18 November 2022 - (19:01 WIB)
    Permalink

    Komplain aja terus bang yang kasar cara komplainnya. Fungsi aturan 7 hari pengembalian barang dari shopee buat apa kalau barang rusak dikirim gak boleh di balikin???? Apapun aturan toko, kalau barang cacat yang dikirim, toko harus tunduk pada aturan Shopee pengembalian 7 hari barang. Kita sebagai konsumen pasti dirugikan kalau beli barang baru yang sudah rusak kemudian kita disuruh klaim garansi ke service center. Kita rugi waktu dan biaya!! Risiko sebagai pihak seller jika barang yang dijual rusak, bukan risiko pembeli!!! WOE SHOPEE KALIAN BESAR KARENA BUYER, DAN SELLER YANG BERTANGGUNGJAWAB BUKAN SELLER YANG LEMPAR TANGGUNG JAWAB.

  • 18 November 2022 - (19:16 WIB)
    Permalink

    Barang elektronik beli online ga masalah saya sering beli hp online. Tapi ga di si shope ya.. ko masih aja ada yg beli di shopee.. kacau di shopee mah..

  • 23 November 2022 - (07:38 WIB)
    Permalink

    Kalian baru tau segini ******** dan ******* nya pelayanan si orange market place itu???
    Banyak komplain di media konsumen ini tentang si orange tp tidak ada satu pun yg di tanggapi oleh mereka.

  • 24 November 2022 - (13:30 WIB)
    Permalink

    Update :
    Saya sudah datang ke service center terdekat untuk penggantian barang baru sesuai instruksi dari pihak shopee namun penggantian barang baru tsb ditolak dengan alasan sudah lewat dari 7 hari setelah barang diterima dan pihak realme mengarahkan untuk dikembalikan ke pihak shopee.
    Dan sudah konfirmasi dengan pihak shopee bahwa pengembalian barang bisa dilakukan namun dengan melampirkan surat deklarasi dari service center terkait kerusakan barang.

  • 1 Desember 2022 - (17:15 WIB)
    Permalink

    Update :
    Per 30 November 2022 masalah sudah selesai dengan pengembalian dana sudah dilakukan.
    Terima kasih kepada tim media konsumen atas penerbitan artikel ini dan juga terima kasih kepada tim mediasi shopee telah membantu menyelesaikan permasalahan yang saya alami.

 Apa Komentar Anda mengenai Belanja online di Shopee?

Ada 46 komentar sampai saat ini..

HP Realme Tidak Bisa Nyala Saat Diterima, Pihak Shopee Menolak Pengemb…

oleh Rosidi dibaca dalam: 1 menit
46