Surat Pembaca

Tolong Tambahkan Tanda Tanya Pada Jenis Layanan JNE YES, Yakin Esok Sampai (?)

Terima kasih sebelumnya kepada tim media konsumen karena sudah menerbitkan keluhan saya kepada pihak JNE atas lambatnya proses pengiriman paket saya menggunakan jasa JNE YES (Yakin Esok Sampai)!!!

Paket dikirimkan ke gerai di Jakarta pada hari Selasa 15 November 2022 pukul 18.34 dengan tujuan Serpong – Tangerang dan langsung diinput oleh gerai. Pada malam harinya status paket sudah diterima di area sortir Jakarta dan kemudian di hari Rabu 15 November 2022 pukul 06.55 paket diproses.

Muncul kecurigaan saya bahwa mengapa butuh waktu dari tengah malam saat paket sudah sampai di lokasi sortir namun baru diinput pada pagi hari Kamis 16 November 2022? saya anggap mungkin memang seperti itu aturannya. Lalu pada hari Kamis 16 November 2022 pukul 13.32 saya kembali cek status paket dan tidak berubah sama sekali. Dan akhirnya saya memutuskan untuk menghubungi pihak JNE melalui sambungan telepon.

Jawaban pihak JNE paket sudah dijalankan ke kota tujuan dan masih estimasi sampai maksimal 16 November 2022 pukul 23.59 (sesuai dengan layanan yang saya pakai yaitu YES maksimal 1 hari dengan waktu 23.59).

Saya mulai ketar ketir saat pada pukul 17.49 status paket saya tidak juga berubah dari status terakhir. Dan benar saja, akhirnya saya menunggu sampai tgl 17 November 2022 pukul 00.24 tidak ada sama sekali kurir pengantaran dari pihak JNE!!!! Sampai detik saya menulis artikel ini tgl 17 November 2022 pukul 13.46 status paket saya masih tidak jelas berada dimana!!!

Tujuh kali saya sudah melakukan panggilan telepon ke pihak JNE dan selalu memberikan jawaban akan diinvestigasi dan investigasi!!! Apakah selama itu untuk pihak JNE melakukan investigasi keberadaan paket pelanggan sampai butuh waktu dari tengah malam sampai siang ini tidak juga memberikan lokasi pasti keberadaan paket???

Paket tersebut sangat dibutuhkan karena mempengaruhi pengiriman saya selanjutnya ke pembeli yang lain. Apakah pihak JNE mau menanggung kerugiannya jika paket tersebut dibatalkan oleh pembeli saya akibat kelalaian pengiriman dari JNE?????

Freddy
Kab. Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Saya sebagai penerima paket JNE jg hampir sama apa yg dirasakan Pak Freddy...saya sudah membeli dan membayar kartu perdana no.hp XL dari tokopedia tanggal 3 November di tokopedia dengan estimasi paling lambat 7 November dg paket reguler...TAHU²NYA BARU TIBA TANGGAL 11 NOVEMBER,PADAHAL TANGGAL 8 NOVEMBER DAH MAU PAKE TUH NOMOR HP..EH MALAH LAMA TIBA😑

  • ralat pada tgl artikel di atas, paket di terima di gerai dan langsung di input hari itu jg selasa, 15 november 2022 pukul 18.34 dan di terima di area sortir pada hari selasa tgl 15 november 2022 pukul 23.16.
    Status paket per hari rabu tgl 16 november 2022 pukul 06.55 sampai detik ini hari kamis 17 november 2022 pukul 19.56 masih "Processed At Sortir Center (jakarta)".
    Di telp jumlah 13 kali untuk ditanyakan keberadaan paket pun pihak JNE tidak bisa memastikan dimana paket tersebut sekarang!!!
    Saya Kapok berjuta2 kali menggunakan jasa pengiriman JNE lg!!!
    Aplikasi marketplace saya pun sudah saya closed pengiriman menggunakan JNE!!!!

    • Malah barang yg saya pesan tertahan di pusat sortiran JNE selama 4-5 hari ..setelah saya ajukan komplain di tokopedia...baru diurus pihak JNE Pak...Sama Pak saya jg agak kapok

    • Kek nya jne mmg lg masalah ya nopember ini, paket reg. sy di 5 lapak yg pake jne jkt - bdg aja nyampe 5,6 harian, biasa nya hy 1- 2 hr...

  • dicek memang statusnya stuck di tgl 16 NOV 2022 jam 06.55.
    kemungkinan paket rusak/keselip/hilang
    ajukan claim aja nanti

    • Nih baru ada update tadi pagi 18 november 2022 "Received At Origin Gateway (Jakarta)".
      Kirim tgl 15 november 2022 pakai JNE YES yg dimana seharus nya paket tiba tgl 16 november 2022, dan tgl 18 november paket nya masih di JAKARTA!!!
      Luar biasa memang JNE ini.

    • JNE kenapa ya, saya jg ada orderan kirim pakai jasa JNE, order tgl 14 estimasi sampai tgl 16, pengiriman tangerang, sampe hari ini tdk datang2 status di gudang terus, padahal butuh bwt tgl 18...

  • parah banget stuk bbrp hari, pake wahana aja murah nextday nya ya g penting kirim sebelum jam pickup, jam pickup masing2 agen beda2 ada jam 15.00 dan ada yang malem, saya suka pake NextDay wahana kalo ke jabodetabek karawang bandung murah lagi 10/11rb perkilo, kilo selanjutnya nambah murah.

    • iya kak, saya mulai pertimbangkan lg menggunakan jasa pengiriman lain nih.
      akhirnya pesanan pembeli saya di batalkan karena barang tersebut tidak kunjung sampai ke toko saya.
      bener2 kapok saya pakai JNE, habisin waktu dan emosi.

      • sebenarnya hampir semua jasa pengiriman bisa mengalami hal-hal semacam ini.. yang biasa jual beli online marketplace pasti pernah mengalaminya
        kadang pas apes paket stuck begitu.. kadang cepat banget reguler malah sehari nyampe..

        yang penting paketnya sekarang diterima dengan baik dan segera claim ongkir garansi YEs nya

      • Di claim aja garansi ongkir balik 100% nya pak,ada garansi kalo YES ga sampe sehari ongkirnya di balikin

  • Hai kak, mohon maaf membuat kakak tidak nyaman. Info lebih lanjutnya sudah disampaikan via DM ya kak. Thanks ^Caca

    • Ngk ada DM, org saya ngk punya medsos!!!
      Sampai sekarang paket blm saya terima, di Klarifikasi aja di media konsumen agar semua pembaca mengetahui paket sudah ada dimana sekarang!!!

  • sepengalaman saya kirim2 pk JNE, reguler maupun YES kalo lingkup jabodetabek sama aja pak sampenya. kadang yg reguler juga sampenya besokannya. YES pun ga jamin besok sampe. jd kalo sy sih dgn harga 2x lipat pake YES, mending sy pake yg reguler saja. sama aja kok pengirimannya.

    • Ya maka itu saya memberikan masukan agar lebih baik tambahkan tanda tanya di belakang nama layanan nya, dan jangan membuat selisih harga antara YES dan REGULER.
      Kan kita mah memilih dan membayar layanan sesuai dengan kelebihan dan kekurangan dari layanan tersebut.
      Jika mereka menyediakan layanan Reguler, ya berarti kita sebagai penerima jg mengikuti kekurangan (lama pengiriman standart) dr layanan tersebut.
      Nah jika kita memilih layanan YES, dimana pada layanan tersebut memiliki kelebihan (Yakin Esok Sampai), maka seharusnya pun yg kita harapkan sesuai dengan jenis dan biaya layanan yg kita pilih.
      Namun jika praktek nya jenis layanan tersebut sama dengan jenis layanan lain yg standart, maka mungkin bisa di bilang saya sebagai konsumen di bohongi oleh jenis layanan tersebut!
      Fakta nya jenis layanan yg saya pilih dengan kelebihan yg di tawarkan hanya gimmick dr pihak expedisi.
      Complain 18rb ongkos kirim agar di ganti? waktu dan biaya yg di keluarkan untuk claim ongkos kirim itu lbh besar dr pd ongkos kirim itu sendiri.
      Yg saya harapkan cm barang saya sampai dan dalam keadaan baik2 saja tanpa kekurangan sesuatu apapun.
      Namun sampai Detik ini pun barang saya blm saya terima!!!
      Sumpah, saya kapok sekapok kapok nya memakai jasa pengiriman ini.

  • Kayakny JNE lg bermasalh nih bnyak bnget paket yg ketahan di "Received At Origin Gateway" Bgitu jg paket yg sedang sy order ditracking dr tgl 15 sd 18 skarng msih stuck "Received At Origin Gateway"...biasny pling lama 2 hr dah smpai tujuan/ alamt sy (karawang)

  • Paket saya juga dari tgl 07 Nov 2022 sampai detik ini 18 Nov 2022 juga tidak jelas entah sampai di mana. Di cek online masih at origin gateway jakarta.
    Miris sekali JNE 😌

  • jne emang lelet kali ya .. ini aku beli 2 barang dari 2 toko yg berbeda dua2 nya ga nyampe2 .. dikirim dari hari selasa sampai sekarang belum nyampe juga .. bikin stress nih jne .. soalnya pernah beberapa waktu lalu beli sepeda lama banget nyampe nya, malahan pertama nya udah ditulis status sudah diterima padahal belum, setelah di email beberapa kali akhirnya datang dengan kondisi packing nya berantakan, sepeda nya baret2 .. hadehh ..