ShopBack Menonaktifkan Akun Sepihak, Alasannya “Transaksi Tidak Wajar”

Tanggal 25 Oktober 2022, saya dan adik saya melakukan pencairan saldo ShopBack ke rekening kakak saya (Bank BCA a.n. TH), karena saya dan adik tidak memiliki rekening tabungan di segelintir bank yang disediakan ShopBack, yaitu BCA, Mandiri, BNI, BRI, CIMB.

Saldo yang kami coba cairkan adalah Rp192.909 untuk rekening saya, dan untuk rekening adik saya (kevinsayovian*****@gmail.com) saldonya adalah Rp547.165. Itu belum terhitung saldo yang masih tertunda.

Selang beberapa hari dana tetap tidak kunjung masuk, dan waktu saya dan adik coba login ke app untuk melihat status pencairan ternyata akun kami sudah “tidak aktif”. Waktu adik saya chat dengan CS, diberi alasan ada “transaksi yang tidak wajar”, tapi waktu ditanya lagi transaksi tidak wajar itu seperti apa jawabnya hanya “bagian CS tidak tahu”. Waktu ditanya yang tahu siapa, jawabannya cuma “Akun yang sudah dinon-aktifkan tidak bisa diaktifkan kembali” (tidak menjawab pertanyaan malah melenceng).

Lah kok seenaknya waktu pembeli mau mencairkan saldo langsung dinon-aktifkan? Alasannya tidak jelas pula. Kalau kejadian seperti ini diulang-ulang terus, berapa banyak komisi dari merchant yang seharusnya untuk pembeli tapi diembat oleh ShopBack? Berapa milyar? Wow.

Saya minta hak kami (saldo cashback kedua akun) dikembalikan penuh sesuai yang tertera di halaman saldo ShopBack sebelum ditutup. ShopBack bisa menghubungi saya untuk menanyakan info akun dan saldo, kontak info saya ada di Media Konsumen. Ingat, tuduhan yang tidak berdasar adalah pelanggaran hukum.

Christine Purnama Sari
Solo, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai ShopBack:
[Total:5    Rata-Rata: 1.2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

7 komentar untuk “ShopBack Menonaktifkan Akun Sepihak, Alasannya “Transaksi Tidak Wajar”

  • 22 November 2022 - (16:52 WIB)
    Permalink

    Menurut saya lebih baik kamu bikin rekening yang disupport shopback aja daripada pakai 1 rekening untuk multi akun.
    Lagian sekarang bikin rekening mudah, lewat online juga bisa.
    Kalau BCA bikin aja yang Xpresi, BNI bikin aja yang taplus muda, CIMB bikin aja yang OCTO saver, itu semua bisa online dan adminnya juga murah.
    Toh lumayan duit hasil cashback itu kalau berhasil cair ada total 700 ribuan.

  • 22 November 2022 - (17:35 WIB)
    Permalink

    Haduhhh bener juga sistem shopback.Mana mau mencairkan dana klu bukan atas nama pemegang akun.Pdhal itu yg di kasih rekom buat pencairan juga bank2 gede.Aku pencairan selama ini ngak masalah sampe 1juta.Karna Kita ikuti S&K mereka.Aman2 saja shopback dan bnyak membantu.

  • 22 November 2022 - (19:23 WIB)
    Permalink

    Turut prihatin.

    Kemungkinan besar karena rekening pencairan menggunakan yang sama ya…

    Saya sekeluarga juga aktif pakai Shopback beberapa akun dan rutin pencairan tapi rekening berbeda semua, sudah bertahun2 tidak ada kendala.

    • 23 November 2022 - (20:56 WIB)
      Permalink

      Iya, saya juga seperti itu… Punya 2 akun shopback dengan email berbeda, hp berbeda, dan pencairan juga berbeda BCA & Mandiri, nama di rekening sama, yaitu milik saya. Krn kadang login belanja dr PC, kadang MacOS, dan juga dr HP makanya bikin 2 akun biar ga repot sering login logout. Daftar di shopback mungkin sudah ada lebih dari 7 tahun, dan dari 2 akun ini sudah berhasil cair 59jt-an. Sangat lumayan sekali. Di tahun2 awal itu % cashback nya gede, makin kesini makin kecil. Dulu itu per bulan bisa tarik 1-2jt, skrg per sekian bulan hanya mencapai 150rb’an…tapi tetap disyukuri aja, namanya juga bonus belanja. Awal daftar juga sekedar iseng pake krn msh ada rasa pesimis beneran ada duitnya ga.

  • 23 November 2022 - (12:03 WIB)
    Permalink

    Sy udh lama uninstall, dulu msh ada sejuta lbh di akun, dgn alasan yg sama akun dibekukan aneh emang.

 Apa Komentar Anda mengenai ShopBack?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

ShopBack Menonaktifkan Akun Sepihak, Alasannya “Transaksi Tidak …

oleh Christine dibaca dalam: 1 menit
7