Utang Hanya Rp2 Juta, Baru Ditagih Setelah Jadi Rp11 Juta

Perkenalkan saya Cherly, pemilik akun Shopee: cherly_29. Pada tahun 2020, saya mempunyai tagihan Shopee SPayLater. Pada awal bulan Maret 2020, saya mengajukan perubahan nomor hp saya, dikarenakan hilang.

Namun sampai dengan awal bulan April, nomor hp saya tidak berubah dan tidak ada telepon dari pihak Shopee untuk menagih saya. Baik ke nomor hp baru maupun ke nomor kantor atau ke nomor yang lain dari data saya. Baru kemarin ini ada WA ke nomor anak saya, yang menginformasikan bahwa saya ada tagihan sebesar Rp11 juta yang harus dibayarkan.

Dari utang saya yang hanya Rp2 juta, menjadi Rp11 juta, dan baru ditagihkan sekarang. Ke mana aja pihak penagihan Shopee? Apa ini sengaja? Untuk rincian tagihan, saya tidak bisa masuk ke aplikasi karena nomor hp saya hilang.

Saya nego dengan penagihnya, karena saat ini saya sudah tidak bekerja. Namun mereka tidak peduli dan saya hanya dikasih keringanan bayar Rp6.221.539. Saya tidak bersedia, karena ini bukan kesalahan saya. Saya sudah ada itikad baik mau melunasi pada tahun 2020, tapi dari pihak Shopee tidak ada yang menghubungi saya.

Cherly Krisna Januaristi
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee SPayLater:
[Total:1321    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

254 komentar untuk “Utang Hanya Rp2 Juta, Baru Ditagih Setelah Jadi Rp11 Juta

  • 22 November 2022 - (15:47 WIB)
    Permalink

    aneh. dah sekian tahun ngapain anda bayar tagihan gak wajar itu.. denda max jg biasanya 100% dari pokok jika sampai sgitu dah gak wajar banget dan manipulasi data seenaknya utk keuntungan mereka

    155
    20
      • 23 November 2022 - (07:11 WIB)
        Permalink

        Wkwkwk ada bau bau amis …habis ngutang, ganti nomor alasan hilang. Apa susahnya ke grapari utk tetep dpt nomor lama. Hidup apa adanya lebih nikmat… gak usah besar pasak drpd tiang.

        318
        102
          • 24 November 2022 - (22:16 WIB)
            Permalink

            Ini mah malas untuk mengurus segala sesuatu yg pnting, nih mba saya juga pernah Spaylater Spinjam, sim card saya ilang, gimana saya mau bayar pdahal 2 hari lagi jtuh tmpo, ya saya hubungi pihak shoope lewat gmail, daftar shoope no tlpon sama gmail kan? Gak mungkin nomor doang, bukannya saya membela sana, tp ya knyataan kalo dalam masalah yg hubungi lewat apa kek, mereka juga gak bakal inisiatif nlpon karna mereka tau bunga akan selalu bertambah kalo belum ada pelunasan ya untung mereka. Jngan menyalahkan kalo kita juga salah, saya juga alhamdulillah setelah hubungi mereka lewat gmail agar saya bisa masuk ke aplikasi shoope untuk byar tagihan kata mereka apa?! Bayar aja nanti di kirim nomor rekening tujuannya, udah gitu bayar selesai, dan saya minta masuk ke aplikasinya untuk mengganti nomor akhirnya bisa dan udah di ganti, gitu aja gak rumit kok kalo kita bener mau bayar ya cari solusi jngan diam nunggu di tlpon nanti utang udah segede gunung baru nyadar

            65
            10
          • 28 November 2022 - (09:56 WIB)
            Permalink

            saya gak membenarkan pihak manapun, cuma sekedar saran aja, kalo kita punya hutang, jangan nunggu dan berharap diingetin/ditagih dulu baru bayar. Namanya kewajiban ya dibayar.
            Dan satu lagi, jadi pertanyaan juga sih habis ngutang koq ganti nomor (mau itu karna hilang, rusak, keblokir dll) itu pasti dianggap indikasi sih.

            Dan setahu saya juga, klo kita ada paylater khususnya shopee ya, walupun kita ganti nomor HP, gak masalah, selama masih bisa masuk ke akun shopee nyaa…

            5
            2
          • 24 November 2022 - (18:28 WIB)
            Permalink

            saya jg pnya utang di spaylater nih,,jd takut klo misalkan hp saya ilang 😭😭..
            tp selama ini saya bayar tagihan di indomart sih..
            klo misalkan hp ilang,,bisa buka akun shopee di hp baru gak sih ??buka pke email gt ?? atau log in pke google apa fb gt ??jd pas kebuka liat tagihannya di spaylater berapa duit 🤭🤭 biar ga nunggak,,saya prnh ditelpon operator spaylater,,galak juga nagihnya nanyain kpan mo bayar pdhal cewe,,pdhal wktu nelpon blom smpe jtuh tempo lo msih 5 hr lg 😅😅..itu bulan prtama sih,,selanjutnya cm ditagih pake sms..
            prnh jg pnya pngalaman mo minta pngembalian dana krna 1 brang kosong,, malah slah pncet,,kepncet brang diterima..jd dana ga bisa dikembaliin..hub operator shopee di jawab ga bisa ngembaliin dana,,krna shopee dah tf ke seller pas di klik brang diterima..untung sellernya baik,,sya chat dgn baik,,dia mau tf dana ke saya..jd sya byar ke shopee,,shopee byar ke seller,,seller balikin uang ke saya 🤭🤭

            9
            2
          • 30 November 2022 - (07:57 WIB)
            Permalink

            Bukannya saya membela pihak Shopee, tp mereka itu legal loh. Kalo galbay, maka nama kita masuk daftar hitam bi checking. Dan itu makin menyulitkan kita kemudian hari.
            Saya ada tagihan di spaylater, dan selalu bayar sebelum jatuh tempo, krn itu sudah kewajiban kita krn sudah berhutang.

        • 23 November 2022 - (18:23 WIB)
          Permalink

          Jangan dibayarkan, buat laporan ke kepolisian. Ceritakan apa adanya pemerasan.
          Berikan laporkan ke RT RW jika mereka datang menagih. Bila perlu undang warga sekampung buat ngeroyok mereka yg datang menagih.

          62
          27
          • 24 November 2022 - (21:48 WIB)
            Permalink

            @Rahmat: Saran yang sangat tolol, ketahuan manusia ***** Lo.

            10
            8
          • 24 November 2022 - (16:17 WIB)
            Permalink

            Alhamdulillah saya gak punya hutang Bro. Meski gaji saya 2 digit jt, cukup utk biaya hidup dan masih bisa nabung.

            22
            20
          • 24 November 2022 - (23:18 WIB)
            Permalink

            Hw lebih parah

            Gw dapet tagihan spaylaters di bulan Nov 2022,, Sedangkan spaylaters gw udah dibekukan dari 1 tahun yang lalu,, dibulan januari 2022,, terus gw cek semua NOL tagihan dari bulan desember 2021 sampai november 2022,, semua NOL TAGIHAN

            Ini malah dapat tagihan spaylaters
            Udah mau bangrut shopee

            Shopee banyak bohongnya
            Gw dapet minyak 2Lt aja bilangnya tunggu stok tersedia, sampai itu voucher habis masa berlakunya

            10
            2
        • 24 November 2022 - (12:37 WIB)
          Permalink

          Ngutang kalau sudah tenggat waktu nya ya di urus dan di bayar. Jgn nunggu di tagih.
          Koq ini sih seakan2 menyalakan yg ngasih utang nya kenapa selama ini gak nagih?

          56
          14
          • 24 November 2022 - (17:40 WIB)
            Permalink

            Yg jadi masalah mereka selama tahun 2020 kemana? Saya nunggu konfirmasi no kantor saya ga berubah, alamat email saya ga berubah bahkan no econ saya ga berubah. Lalu saya mau lihat total tagihan saya dmn kalau no saya tidak ada

            13
            33
          • 24 November 2022 - (17:42 WIB)
            Permalink

            Abis utang ganti nomor alasan ilang, no hp ilang ada no akun shopee harusnya panik, cepet2 urus ke grapari, lu sengaja no hp ilang gk di urus., aku aja sering kok pinjem di shopee alhamdulillah aman kalo gk pernah telat dan pihak shopee gk pernah neror

            37
            13
          • 27 November 2022 - (13:32 WIB)
            Permalink

            Yng terpenting bayar pokok saja adapun denda dan bunga itu memmg bukan kewajiban pasti yg wajib pasti adalah penyelesaian sisa pokok pinjaman denda dan bunga adalah nilai keuntungan pihak si pemberi utang jd g usah pikir mau bunga denda se abreg pasti kita di wajibakan pokoknya sj … RIBA JAHAT BROO KAMU G KAN KUAT …

            2
            1
        • 24 November 2022 - (17:12 WIB)
          Permalink

          Maaf kaka tapi mungkin ada beberapa kendala. kita jisa berfikir seperti itu.
          Saya juga punya pengalaman yang sama, dengan kaka nya. Tapi alhamdulilah sudah teratasi. Tapi memang pihak shopee ini kurang cekatan dan bisa di bilang tidak aman bila terjadi hal2 seperti ini, pengerjaanya bertele2, terkadang tidak ada solusi.
          Saya juga pernah mengalami seperti Mbak nya, bahkan saya sudah membuat sim baru dengan nomor yg sama. tetapi pada saat login di minta verifikasi via email. sedangkan email saya sudah tidak pernah di pakai dan passwordnya pun lupa.
          padahal pihak shope sudah menanyakan apa saja data dari akun tersebut, tetapi tetap tidak ada solusi.
          Tidak seperti gojek saat saya menelfon saya ditanyakan beberapa pertanyaan seperti 3 transaksi terakhir dll setelah itu selesai teratasi.

          12
          1
          • 25 November 2022 - (08:46 WIB)
            Permalink

            yang salah pihak Shoope yg komentar pun ikut2 komen tanoa lihat screenshot di atas itu no kontak minta di perbaharui ke pihak Shoope lewat email kok g nanggapi, setelah tagihan 11 juta baru nanggapi pihak Shoope, kemana CS nya tidur? Atau emang sengaja di biarkan biar tagihan membengkak?
            Yg masih make Shoopelater hati-hati biar anda sudah hapus akun anda ,anda g bisa keluar pengalaman banyak org seperti itu sudah tidak kredit lagi sudah tutup akun, tapi masih ada pesan tagihan padahal hutang lunas, kita seperti terjebak g bisa keluar

            6
            2
        • 24 November 2022 - (17:12 WIB)
          Permalink

          Gue setuju sama jay,,, gue ganti nomor sudah 4X dengan nomor yg sama sejak 1996 gue pakai operator??? Malas iklan nomor gue ilang tapi alasan gue bawa kartu bkas gue patahin kecil2 lalu gue kasih ke GraPARI dan di ganti nmr yg sama,,, tapi yg pertama dulu memang rusak chip nya lalu di ganti gratis

          2
          2
          • 24 November 2022 - (17:21 WIB)
            Permalink

            Betul. Kl kerjaan kita harus komunikasi dg banyak orang misal marketing ..pasti gak rela nomor lama ilang gt saja. Beda kl ybs takut dikejar debt collector 😃✌️.

            12
            3
        • 24 November 2022 - (17:42 WIB)
          Permalink

          Bau amis dari mana bro, skr saya info ke mereka no kantor, econ dan alamat saya tidak berubah. Untuk cc saya tidak masalah kok gambang berubahnya. Lalu saya ada itikad baik dgn menghubungi call center minta detail dan info no hp saya hilang takut di temukan org tidak bertanggung jawab dan dimanfaatkan gmn. Anda bisa berpikir sampai sana tidak.

          18
          9
          • 24 November 2022 - (18:05 WIB)
            Permalink

            Gak usah ditanggapi mba Cherly, itu paling bagian dari konco” debt collector , dan karena udah bayar pokoknya artinya SDH ada ittikad baik mba Cherly, gak usah ditanggapin lagi tagihan yang gak jelas dari shopee, udah bagus masih ada yang masih mau bayar.

            12
            4
          • 24 November 2022 - (18:19 WIB)
            Permalink

            Banyak Kali Pembela DC yg sedang menyimak Media Konsumen,

            7
            2
          • 24 November 2022 - (18:28 WIB)
            Permalink

            Hmmm…emang sikh kakak nomer kantor dan yang lain nga ganti. Tapi pertanyaan nya kan kenapa kakak pake shopee pay later di awal? Kan system shopee pay later nga seperti bank konvensional ada orang nya. Kebanyakan kali mereka automated pakai computer kakak. Lagian kakak kalo ilang sim card kenapa nga kaka nga nyari CS dengan menjelaskan kakak mau bayar? Apakah assumsi kakak shopee pay later akan menghubungi kakak melewati jalur2 seperti yang kakak maksud? Nah kalo memang kakak berharap di hubungi, kenapa setelah lewat beberapa bulan kakak hanya menunggu di telp shoppee? Apakah kakak tidak paham jika shoppee pay later itu adalah fintech? Yang meminjam pakai BUNGA? kalo nga di tagih sekian lama, bukan kah kaka harus sadar bahwa tidak ada perusahaan perbankan yang mau rugi? Dan waktu kakak di approve buat shoppee pay later, apakah kakak di approved melewati orang telp apa langsung di approved dalam bentuk klik saja? Yang automated?

            20
            2
        • 24 November 2022 - (20:28 WIB)
          Permalink

          sharing aja karena saya pernah mengalami hal serupa mengenai nomor hilang/ganti. saya pengguna telkomsel sudah belasan tahun, sekitar tahun 2016 hp saya dijambret. saat itu gak kepikir untuk ngurus sim card dll, nabung buat beli hp baru, kebetulan dapet sim card dari hp nya jadi pake itu aja deh buat data. sementara login ke wa dengan nomor hp lama masih bisa, saya tenang2 aja sampe tahun lalu saya ganti hp, waktu ke grapari ternyata saya udah gak bisa lagi minta ganti sim card dengan nomor lama saya. terpaksa nomor lama saya hangus dan memang cukup merepotkan ganti semua akun, termasuk shopee juga, dengan nomor yg baru. mungkin kakaknya yg cerita di artikel ini mengalami hal serupa, positive thinking aja hehe😊

          3
          2
        • 25 November 2022 - (09:12 WIB)
          Permalink

          Sebagian orang tidak paham akan hal itu pak, ga beda nya BPK ga paham akan kalo punya kreditan motor nunggak motor di ambil kolektor mau saja walaupun itu tidak di jalan mengambil nya..dari sini paham ?

          1
          1
        • 26 November 2022 - (08:59 WIB)
          Permalink

          Yang salah konsumen tetap..

          Shoope gak salah, karna saya salah satu konsumen Shoope Pinjaman dan selalu bayar tepat waktu..

          T*lol aja gak ada otak nh orang, udh tau ada tanggal jatuh temponya! Napa malah gak bayar t*lol..

          Kalo niat gak bayar ya udh tgl bilang p*keh..!

          2
          1
          • 30 November 2022 - (16:07 WIB)
            Permalink

            Ente ngapain membela mereka mati2an, emang bener kok toko oren itu banyak bohongnya, ane sering ngalamin dan org lain juga banyak yang kena masalah di situ. Aneh banget org2 disini pada sama kyk ente, pd nyalahin customer padahal gk tau yg sebenarnya, dikasih apa sih sama pihak sana???

        • 27 November 2022 - (00:36 WIB)
          Permalink

          Bnr bgt. Ngutang dari tahun 2020 sampe tahun 2022 pengennya gada bunganya, trus malah nyalahin yg nagih karena selama ini ga di tagih. Wkwkwk, ngakak

          1
          2
        • 28 November 2022 - (23:17 WIB)
          Permalink

          TIDAK USAH DI BAYAR.
          KARENA PERATURAN OJK TERHADAP PAYLETTER MAKSIMAL BUNGA 100%,
          JIKA LEBIH DARI ITU, INI SUDAH PEMERASAN .
          JANGAN TAKUT , JIKA DI TELPON , SURUH DATANG KE RUMAH ( TENTU JANGAN ANDA SENDIRI DIRUMAH ), JIKA MEREKA DATANG,
          ANDA REKAM SAMA MEREKA PERGI, MINTA DATA DIRI SURAT TUGAS.
          TIDAK USAH TAKUT

      • 24 November 2022 - (05:38 WIB)
        Permalink

        Yang namanya utang ya harus di bayar.tanggung jawab. Gentle. Bulan pas butuh nyari. Ketika disuruh tanggung jawab ngilang

        28
        13
        • 24 November 2022 - (17:43 WIB)
          Permalink

          Ini sudah saya bayar tp mereka tetap minta saya bayar sebesar tunggakan saya selama 2th

          3
          6
          • 28 November 2022 - (23:08 WIB)
            Permalink

            TIDAK USAH BAYAR, KARENA JIKA ADA BUNGA MAKSIMAL 100% ,
            gak usah takut,
            Jika ada yang nelpon suruh datang kerumah, minta identitas diri, dan surat tugas,
            jangan takut

      • 24 November 2022 - (17:22 WIB)
        Permalink

        Alasan g tepat kalo nomor hilang atau rusak saya punya nomor sajak 1996 sudah ganti 4X dengan nomor yg sama gratis yg pertama chip memang rusak 3thn kemudian hilang di sungai berikut HP nya je 3 jatuh di laut berikut HP nya jga yg ke 4 di maling Sama HP nya jga thn 2015 tapi saya g laporan hilang saya bawa chip bekas di hancurkan lalu sya storkan ke grapari lalu di ganti baru dengan nomor yg sama,, jdi gimana menurut anda

        5
        4
        • 24 November 2022 - (17:45 WIB)
          Permalink

          Kondisi chip ada saya chip tidak ada, lalu pernah tidak berpikir skr ini data banking bisa di bobol hanya dgn no telp

          1
          8
          • 24 November 2022 - (17:58 WIB)
            Permalink

            “Data banking bisa di bobol dengan nomor handphone”
            Lapor bank, minta ganti nomor mBanking, nomor lama di hapus bank ..
            Otomatis aplikasi mbanking HP diskonek

        • 28 November 2022 - (23:09 WIB)
          Permalink

          ***** KAU, PASTI KAU DC KAN
          JIKAPUN PAYLETTER ADA BUNGANYA MAKSIMAL ITU 100% TIDAK LEBIH ITU SUDAH PERATURAN OJK DAN UU

      • 25 November 2022 - (08:36 WIB)
        Permalink

        Mudah mudahan yang nyaranin
        1. Ga usah bayar
        2. Nyuruh gebukin
        3. Berfikir banyak DC di forum

        TIDAK PERNAH DAPAT PINJAMAN DARI MANAPUN!

        MINJEM DUIT DIPERMUDAH, BALIKINNYA KOK SULIT

        7
        2
        • 25 November 2022 - (10:34 WIB)
          Permalink

          AMIN semoga seluruh umat manusia yg hidup di dunia tidak perlu terpaksa untuk menghutang. Semoga semua orang terbebas dari jeratan hutang. Terutama hutang yg berbunga👍

        • 28 November 2022 - (23:12 WIB)
          Permalink

          DC KAU YAAA,
          ITU UDAH JELAS BUNGANYA BERLIPAT LIPAT, PERATURAN OJK BUNGA MAKSIMAL 100% .
          ini udan arah ke pemerasan

      • 29 November 2022 - (21:24 WIB)
        Permalink

        Udah mba komrn yg gak ngasih solusi biarin aja, orang2 indonesia jaman sekarang emang gitu modal nyinyir sok gk punya utang tapi gak tau beneran punya utang ato nggak. Saran saya sih kalo punya uang nego saja sebisa mungkin sampe senominal uang yg mba punya tapi jagan dibawah nominal saat minjem ya? Max 30-50 persen dari nominal meminjam. Kalo perlu mediasi dengan pihak ke 3 minta saja mediasi seperti ojk ato kalo pun sampe pengadilan perdata ikutin saja alurnya. Intinya kita punya utang ya dibayar klo gk ada tunda ato nego dulu.

    • 23 November 2022 - (19:16 WIB)
      Permalink

      saya binggung mksud nya 100% gimna contoh rincian nya🙏maaf saya awam pingin tau penjelasan nya

      2
      3
      • 24 November 2022 - (17:49 WIB)
        Permalink

        Utang pokok 3jt hp saya hilang dithn 2020 dan saya sudah minta laporan kesemua banking juga yg lainnya rubah no hp. Semua tidak ada kendala. Cuma shoppe aja yg terkendala susah untuk rubah no hp. Saya sudah bayar pokok saya tp mereka tetap minta saya bayar lunas. Yg jadi permasalahan disini kmn mereka slama ini.

        2
        8
        • 24 November 2022 - (22:26 WIB)
          Permalink

          Sebenernya diatasi udah ada yg komen sig tp ga ditanggepin ama ts,shopee kan bukan model bank2 yg bertatap muka scr langsung anda kehilangan nomor dll terus dikabarin ke mereka lalu mereka bs terima seperti bank,kalo saya komen agak sensitif takutnya dibilangin deb kolektor,dc,atau apalah,dari postingan ts aja udah banyak kejanggalan kok… Lagian kalo tau nomor penting,kenapa kalo ilang gak nyari ganto ke grapari,malah lbh milih repot ngabar2in ke bank2,pdhl gampang banget ke grapari tinggal tunjukin ktp dah selese (pengalaman pernah jg),lama2 media konsumen jd gak jelas …

          • 25 November 2022 - (08:26 WIB)
            Permalink

            Apa saya harus bilang sebab hilangnya, apa harus diceritakan knp saya harus ganti nomer disini. Apa anda mau tau knp saya pilih jalur ini. 1. Saya sudah pernah compalint ke shoppe sendiri beberapa kali dalam 3 bulan, apa ada tanggapan. 2. Saya minta ganti nomer karena sebelumnya saya kena fraud. Apa saya salah minta ganti nomer. Disurat juga dijelaskan saya minta no rek VA saya untuk dibayarkan. Tp mereka tidak memberi tahukan. 3. Selama tahun 2021 saya juga sudah menghubungi pihak shoppe menanyakan hal serupa tp mana tanggapannya. Baru setelah saya menulis ini dan meminta bantuan OJK mereka menhubungi saya dan meminta maaf. Sampai sini anda paham

            1
            3
        • 26 November 2022 - (09:33 WIB)
          Permalink

          Selama ini mbaknya juga kemana? Dari nomer hilang ke tanggal jatuh tempo bulan yang sama itu khan banyak ya jeda harinya, klo 1 kali nelpon / email minta update no hp ga berhasil ya lakukan lagi untuk kedua, ketiga, keempat, dan kesekian kalinya

          Dari tanggal jatuh tempo pertama ke tanggal jatuh tempo bulan berikutnya juga ada 30 hari, kalo no hp belum diupdate ya usaha terus nelpon / email sampai no hp nya keupdate & mbaknya bisa buka akun shopee nya untuk cek tagihan & melakukan pembayaran

          • 29 November 2022 - (21:57 WIB)
            Permalink

            firdaus, konsumen jadi tambah susah dong. dari kasus ini ada kesalahan dari shopee jg yg lelet. mau ganti nomor, di persulit.

    • 24 November 2022 - (18:07 WIB)
      Permalink

      Kalo di bayar masi ada sisa tagian di aplikasinya …dan kita ga tau jangn 2 berbunga lagi sisa tagian …

    • 24 November 2022 - (22:48 WIB)
      Permalink

      aneh,kalo ada utang ya inisiatiflah hub call center shopeenya biar ada tindak lanjut apa gmn.. mentang² ga ditagih memeng bae.

      ini ciri-ciri orang yg kalo ngutang harus ditagih dulu ga punya inisiatif buat bayar utang 😂

      10
      2
    • 25 November 2022 - (07:15 WIB)
      Permalink

      Lbh aneh itu org , jelas2 ngutang , saya AJ hp hilang URus no saya me provider , bisa dpt no Sama koq Krn nyadar byk urusan kerjaan dll, sorry to say yah is Tu sih KY hot n run, apa aji mumpung GA pake Tu no lagi lah, dia pkir ud Aman X taunya me trace,Bunga seveesar itu kmgknan dia ambil pinjol Dr shoppe, setau saya mang Bunga nya gede bgt

      3
      1
    • 25 November 2022 - (07:34 WIB)
      Permalink

      Gaada urusan mau nomer hilang tetep gw bisa bayarin tagihan shopee pay later.
      Hutang harus dibayar jangan alasan kartu hilang biar ga bisa dihubungin.
      Giliran ditagih gede baru deh ngeluh komplain seakan paling dijahatin .
      Anda bukan korban .

      5
      1
    • 25 November 2022 - (10:25 WIB)
      Permalink

      Lagian ngapain nunggu dari pihak shopee nagih baru mau bayar. Kalau udah tau jatuh tempo yah langsung bayar aja. Utang itu ngak usah nunggu ditagih. Aku dah berkali-kali pakai shopeelater tapi ngak pernah tuh dipersulit. Bahkan udah jatuh tempo aja pasti mereka ngerti asal dijelasin kapan bisa bayarnya dan ngak boleh kelamaan krn tau sendiri tiap tagihan yang sudah jatuh tempo dan pembayaran lewat dari masanya pasti kena denda. Yah kita nya aja yg harus pintar² buat ngerti. Aku pernah ganti nomor di akun shopee ngak ribet² juga. Lagian akun shopee kan ngak mesti pakai nomor telpon, bisa juga pakai email. Yah tergantung situnya aja lah.

    • 28 November 2022 - (22:44 WIB)
      Permalink

      Cie yg lagi ketar ketir . Niatnya ngilangin jejak eehhh .. malah amsyoong .. semangat ya jalanin hidup .

    • 28 November 2022 - (23:16 WIB)
      Permalink

      TIDAK USAH DI BAYAR.
      KARENA PERATURAN OJK TERHADAP PAYLETTER MAKSIMAL BUNGA 100%,
      JIKA LEBIH DARI ITU, INI SUDAH PEMERASAN .
      JANGAN TAKUT , JIKA DI TELPON , SURUH DATANG KE RUMAH ( TENTU JANGAN ANDA SENDIRI DIRUMAH ), JIKA MEREKA DATANG,
      ANDA REKAM SAMA MEREKA PERGI, MINTA DATA DIRI SURAT TUGAS.
      TIDAK USAH TAKUT

    • 30 November 2022 - (06:54 WIB)
      Permalink

      gak gitu konsepnya. yang aneh sekian tahun berhutang kenapa gak bayar malah nunggu ditagih. emang kebalik otak lu pada.
      soal no hp hilang kan ada call center, customer service, email shopee yg bisa dihubungi. emang gak niat bayar aja nih, disangkanya nomor hp hilang yg mungkin hutangnya juga bisa hilang, hahaha.

    • 23 November 2022 - (21:11 WIB)
      Permalink

      Jelek dimananya? Slik? OJK? Ga ada hubungannya kelessss… Jangan sok pinter dah klw nda tau. Mending mingkem aja.

      Intinya ga usah dibayar, ga ada undang-undang pidana tentang mengatur hutang.

      13
      24
      • 24 November 2022 - (06:10 WIB)
        Permalink

        ya ada lah bang ,bca di diperaturan shopeenya ,itu udah terdaftar di ojk, dari padqa blacklist gua mending bayar teratur, ntar susah maau ngajuain ke bank sewaktu waktu?

        12
        2
        • 24 November 2022 - (16:53 WIB)
          Permalink

          Oalah broo…namanya juga hutang harus tahu diri..gak perlu kan harus ditagih.Atau pura2 amnesia. adanya penagihan karena lama tidak bayar. Kan sebelum proses apapun ada syarat dan ketentuan yg telah disetujui.Dg anda upload begini bukan orang banyak simpati tapi malah banyak menyalahkan anda.Namanya hutang di e-commerce klo terlambat ada bunga atau denda.Gak bisa donk mau bayar pokoknya saja.

          9
          3
          • 25 November 2022 - (06:07 WIB)
            Permalink

            Benar sekali

      • 24 November 2022 - (11:39 WIB)
        Permalink

        Sotoooy. Ada namanya ID BI, dimana pun lu ambil kredit/utang. Selama itu dibawah pengawasan OJK. Itu ttp muncul. Dan nama bakal jelek. Yakali shopee paylater ga dibawah pngawasan OJK.

        10
        2
      • 24 November 2022 - (11:42 WIB)
        Permalink

        Mana ngegas lagi lu bang :v udah salah ngegas. Ingat kata pepatah? Due. . . tige. . . “Tong kosong, Nyaring bunyinya” wkwkwk

        3
        2
      • 24 November 2022 - (22:29 WIB)
        Permalink

        Ketahuan ada seseorang yang gak pernah baca syarat dan ketentuan setiap tindakan yang melibatkan privasi dan keuangan. Asal setuju tapi gak tau akibatnya kalau melanggar

      • 25 November 2022 - (09:17 WIB)
        Permalink

        Betollll… apalagi skrg sdh d sahkan uu perlindungan data, apa mau dipenjara tuh DC..

        Intinya kalau ada uang ya bayar pokoknya, jgn byr bunga nya..

    • 24 November 2022 - (06:10 WIB)
      Permalink

      Jadi besar krn bunga berbunga…
      Tiap bulan kena denda+ bunga…
      Hutang di pembiayaan di manapun spt itu…
      Kl mmg punya itikat baik, knp mnyalahkan pengutang krn tidak menagih?… knp tdk menunaikan kewajiban dg mmbayar nya saat itu?… di tagih ataupun tdk, bayar ya kewajiban hehe…

      37
      2
      • 24 November 2022 - (06:25 WIB)
        Permalink

        Heran sama Orang” Ngadu ke MK ada Yang Jujur Ada Yang Ga Jujur Sama Sekali Berapa minggu ini saya Baca Playing Victim Semua. Makanya Bu punya Utang inget Jgn pura” Lupaa alesan Rusak Kalo Rusak Ga ke GraPARI lahh Cuma modal Surat hilang kepolisian Matrai Balik tuh nomor di email juga bilang jangan hubungi saya Lagi kocak sekali anda 😂 Susah kalo anda Ada niat gamao bayar ga tagih” Kirain Datanya hilang ga gitu konsepnya juminten Yaudahh Bu Bayar itu Kesalahan anda bukan shoppe 11jt lumayan bisa beli motor baru 1

        20
        4
        • 24 November 2022 - (17:54 WIB)
          Permalink

          Skr saya balik ke anda kalau anda tidak ditagih selama 2th gmn. Apa dgn ke grapari sudah selesai gmn kalau kedepannya ada yg pakai no anda untuk banking anda. Lalu gmn caranya anda tau no rek yg harus anda bayar.

          3
          9
          • 24 November 2022 - (20:29 WIB)
            Permalink

            Ya yang pasti kan ada hutang yang harus dibayar. Kan bisa login juga pakai email. Engga ditagih bukan berarti hilang kan? Justru didiemin ya malah gede bunganya. Kita yang hutang dan pakai, kita yang butuh pas lagi butuh. Harusnya juga kita tanggung jawab buat bayarnya. Hehehe.

            Doa saya, semoga masalahnya cepat diselesaikan dan dimudahkan serta diberikan jalan keluar dari masalahnya. Aamiin.

            6
            2
          • 24 November 2022 - (21:23 WIB)
            Permalink

            Rendah hati saja,akui kalo emang salah

            1
            1
          • 25 November 2022 - (10:48 WIB)
            Permalink

            APAKAH DENGAN KE GRAPARI SELESAI ? iya bu selesai, nomor dikartu lama bakal dihapus dan dipindah ke kartu, masalah ibu bakal selesai pas nomor itu hilang, sehari jadi gk perlu sampe 2thn, hutang itu tanggung jawab bersama

            4
            1
          • 25 November 2022 - (13:09 WIB)
            Permalink

            Lha aneh lu, klo UD Dateng ke GraPARI minta bikin nomer baru ya otomatis nomer lama ngga ada sinyal lah, ente kadang kadang ya

            Lha temen gw jga pernah hilang nomer, trus TLP ke cs shopee ditanya2 trus bisa tuh login lagi ke shopee, gampang ko klo niat, ya klo ngga niat beda lagi lah

      • 24 November 2022 - (08:11 WIB)
        Permalink

        Jauh kan hidup dengan hutang sodaraku…
        Apalagi hutang dari pinjol.. Membawa sengsara dunia…

        13
      • 24 November 2022 - (17:52 WIB)
        Permalink

        Kalau skr saya mau bayar kmn bos, no rek aja ada diaplikasi. Sedangkan buka aplikasi harus pakai no yg terdaftar, no yg terdaftar hilang. Sekarang ini no hilang semua perihal banking harus dirubah, karena takutnya ada fraud.

        • 27 November 2022 - (00:44 WIB)
          Permalink

          Enak sekali anda ini. Nunggak mpe beberapa tahun tp pengennya gada bunganya. Dmna mana itu kalau anda nunggak pasti akan berbunga dan itu berjalan trs. Semua org jg mau kali nunggak hutang berbulan bulan tp gada bunganya. Ada ya org yg punya pemikiran ky anda?

    • 24 November 2022 - (15:03 WIB)
      Permalink

      Jangn pernah mau bayar
      Biar kapok
      Abaikan DC DC bego itu
      Ajak ketemuan jika perlu
      Jejelin mulutnya pakai gagang sapu

      6
      2
    • 22 November 2022 - (20:33 WIB)
      Permalink

      Bisa tau gitu, dari mana analisa nya ?
      Kalau valid analisa nya, saya bisa antipasi. But thanks

      6
      1
      • 23 November 2022 - (15:38 WIB)
        Permalink

        Udah 2 taon, knp baru sekarang di hebohkan, harusnya terus berusaha untuk melunasinya.
        Shopee juga nggak bodohlah, sekarang kamu yg bingung, bayar bunganya saja 100 % udah berat loh

        15
        3
    • 23 November 2022 - (08:33 WIB)
      Permalink

      Anda hutang, terus tidak bisa bayar karena masalah dengan no Hp tetapi dengan penuh kesadaran bahwa kamu hutang 2 jt sekian.. Kenapa tidak berusaha untuk menghubungi pihak peminjam dan menyelesaikannya?

      Ini boleh aja tidak kamu bayar dengan konsekuensinya IDEB kamu jelek. Berpengaruh juga IDeB pasangan kamj juga. Kedepan membutuhkan fasilitas pinjaman bakal susah

      35
      6
  • 22 November 2022 - (18:40 WIB)
    Permalink

    Hp hilang, nomor hp hilang, tapi nomor hp masih bisa diurus kan? Kok malah minta ganti nomer? Agak aneh menurut saya. Dendanya besar, memang iya. Kl ada yg ngomong dendanya tidak boleh lebih 100%, itu denda dihitung per bulan/per tahun di aturannya? Dan ini sudah 2,5 tahun.

    42
    11
      • 23 November 2022 - (07:47 WIB)
        Permalink

        Bagi orang normal itu aneh, lihat saja komentar kebawah. Kecuali anda abnormal. 😀

        1
        4
        • 23 November 2022 - (20:19 WIB)
          Permalink

          Aturan bunga pinjol tidak dapat melebihi 100 persen dari pokok hitang. Kalo ditagih lebih artinya illegal. Ancam aja ke polisi, gw jamin DC nya ngacir.

          8
          2
    • 23 November 2022 - (06:39 WIB)
      Permalink

      Sebagian orang ada yang malas ngurus nomor hape pak. Apalagi kalau nomor yg hilang itu indosat, karena pengalaman sy hilang hp nomornya indosat, sy urus ke gerai indosat, malah disuruh jadi pasca bayar dengan biaya sekitar 800ribu, nego nego mentok jadi 500ribu. Siapa yang mau bayar segitu cuma buat aktifin nomor yang hilang, better nomor hilang ya dibiarin aja ga di aktifkan kembali, beli aja nomor baru 500ribu bisa beli berapa nomor, bisa sekalian isi kuota untuk berbulan bulan pak

      32
      4
      • 23 November 2022 - (07:41 WIB)
        Permalink

        Tergantung anda ngurusnya di galery atau gerai. Kl di gerai biasanya memang dipalak.

        14
        1
      • 24 November 2022 - (07:59 WIB)
        Permalink

        Sepengalaman saya ga spt itu koq.. orang malas ngurus kartu yg hilang dikarena pada saat daftarin no nya rata2 tdk menggunakan data asli… Jd pas mau ngurus otomatis ga akan bisa

        6
        1
      • 24 November 2022 - (17:36 WIB)
        Permalink

        Maaf gue bukan bela Indosat gue 2x ganti nmr yg sama tapi caranya gue lakuin seperti operator yg lain caranya chip di hancurin patah2hin lalu setoran ke galeri tapi harus nomor tersebut terdapat registrasi dengan benar sebelum nya, lalu g banyak pertanyaan di ganti baru oleh galeri 3jam kemudian Aktif lagi yg baru

        2
        1
      • 24 November 2022 - (18:49 WIB)
        Permalink

        “Sebagian orang ada yg malas ngurus nomor hp” nah klo kayak gitu yg salah siapa? Makanya ya sadar diri aja, ini nomornya apa terikat sama hal2 penting kek contoh diatas一 utang, atau yg lain2. Kalo iya, ya urus permasalahanny, klo ‘males’ ya jgn mencak2 misal tau2 kena tagihan utang yg mungkin udh lupa. Itu salahnya ada di diri sendiri

    • 23 November 2022 - (06:42 WIB)
      Permalink

      Betul ada yang aneh, kalo nomor HP ilang tapi bukan HP yg hilang harusnya masih bisa log in, kalo kata sandi tersimpan otomatis.
      Baru melakukan perubahan no hp

      15
      4
      • 23 November 2022 - (07:10 WIB)
        Permalink

        Bukan aneh,
        Itu cerdas,cari cara sesimple mungkin,menghemat waktu dan biaya
        Toh di shopee biasanya gak ribet kalo ganti nomer hp

        • 23 November 2022 - (07:45 WIB)
          Permalink

          Tidak semudah itu ganti nomer hp cuk. Kalau nomernya masih aktif memang mudah, sehari 10x mungkin bisa. Karena otp dikirim ke nomer lama. Sedang shopee tidak bisa serta merta mengganti nomer. Bisa tp prosesnya lama dan banyak dan banyak syaratnya.

          • 23 November 2022 - (08:05 WIB)
            Permalink

            Bisa
            Yang penting pas pendaftaran pakainya email google(kunci 1)
            No hp itu nomer 2
            Jadi ganti nomer hp bisa(gak lama)(walaupun no sudah gak aktif)
            Yang penting user id sama pasword shopee jangan lupa

            7
            2
          • 23 November 2022 - (11:04 WIB)
            Permalink

            Gak pake OTP pak, sy baru ganti nomor HP, hrs lewat aplikasi, masukin pin Shopee, trs udh deh, nomornya berubah.

          • 23 November 2022 - (13:33 WIB)
            Permalink

            bisa, akun shopee saya nomor hp ganti2. Ketika nomor lama angus, saya ganti pake nomor baru. yang penting email aktif.

          • 24 November 2022 - (04:03 WIB)
            Permalink

            Coba laporkan ke oriritas jasa keuangan OJK biar ada jalan untuk permasalahan nya

          • 24 November 2022 - (05:02 WIB)
            Permalink

            Pinjol apapun, sprti shop** spinjm , adak***, akul***, dll,, memang tujuannya menghancurkan hidup kita dngn jebakan iming2 yg meringankn hidup tp sebnrnya mmberatkan

            5
            1
      • 24 November 2022 - (08:09 WIB)
        Permalink

        Benar sedikit janggal sih…klo Log in yg ga ada tagihan seperti email, FB, Instagram, tiktok, WhatsApp bisa
        Tp log in yg ada tagihan nya mendadak tdk bs log in…
        Bukan nya klo log in tinggal masukin username dan kata sandi aja..

        4
        1
      • 24 November 2022 - (17:56 WIB)
        Permalink

        Ini berikut hpnya bos kalau no hilang seperti yg sudah dibilang tinggal kasih chip ke grapari.

        1
        2
        • 24 November 2022 - (21:35 WIB)
          Permalink

          Gak bisa login karna nomor hp hilang, hello mba situ login pake email jga bisa, alibi gak bayar krna nomor hp hilang tdk bisa login. Greget dehhhh sama mba ny

    • 23 November 2022 - (09:13 WIB)
      Permalink

      Maksimal bunga itu 100% masa 2juta jadi 11 juta berapa ratus% tuh udah jangan di bayar Terima resiko aja kena slik

      • 23 November 2022 - (11:07 WIB)
        Permalink

        Abis minjem… Ganti nomor… Gk d hubungi…”Lumayan gk di tagih”
        Tau2 d hubungi tagihan gede…
        Marah2…. Ah tai lu….

        35
        7
        • 24 November 2022 - (18:30 WIB)
          Permalink

          Ada DC yang model begini wa Teman gue, dijalan habis dihajar, mulut nya bau, bogem babak belur

          1
          1
  • 22 November 2022 - (18:47 WIB)
    Permalink

    Anda baru tau PINJOL kah ? sistem pinjol kan memang mencekik bunga denda dr keterlambatan bayar jadi harus Anda sendiri yg care kalo dr pihak Pinjol malah sengaja biar telat denda makin gede

    16
    2
    • 22 November 2022 - (23:04 WIB)
      Permalink

      Dalam kasus ini saya pikir pihak peminjam yang lalai dalam melunasi hutangnya.
      Pihak peminjam sadar bahwa di akun lamanya masih terdapat hutang, dan walaupun dengan alasan bahwa tidak bisa melihat sisa hutang. Yakinlah Ibu ini sangat mungkin masih mengingat kisaran hutangnya bukan? Terlihat dari judul yang mengatakan hutang sebesar 2 juta.
      Dengan kata lain sebenarnya selama ini penulis mengetahui dengan sadar namun sengaja membiarkan dengan dalih tidak ada respons dari pihak Shopee.

      Padahal sebenarnya bisa saja tetap dibereskan dengan alternatif cara lainnya.

      Pihak Shopee disisi lain juga lambat merespons piutang yang belum lunas.
      Disini mungkin saja pihak Shopee kesulitan menghubungi Ibu penulis atau dikarenakan hal lain nya. Namun keterlambatan respons pihak Shopee tidak bisa dijadikan dasar agar piutang dibebaskan kepada Ibu penulis.

      Terlepas dari nominal yang membengkak dan lain lain nya. Sebaiknya Ibu penulis melalukan negosiasi pelunasan segera, datang ke kantor collection disarankan agar bisa segera ditemukan win win solution nya.

      Akhir kata, semoga Ibu penulis dapat menyadari kelalaian nya dan segera bertindak untuk menyelesaikan permasalahan nya.

      79
      2
      • 23 November 2022 - (06:07 WIB)
        Permalink

        Sangat setuju, karna si peminjam harusnya sangat” Sadar masih punya hutang atau tanggungan.

        23
        • 24 November 2022 - (07:49 WIB)
          Permalink

          Keterlaluan sistem ribaiyah…
          Terus bunga berbunga.
          Dari 2 jt jadi 11 jt.. naudzubillah..

          Jangan dibayar Bu sebelum ada kesepakatan yg jelas dan diterima kedua belah pihak. Setelah ada kesepakatan jumlah, baru deh dibayar dengan catatan di stop bunga berjalannya, sehingga saat ibu mencicil bunga sudah tidak berjalan lagi jadi fokus ke pelunasan. Karena biar bagaimanapun juga, hutang tetaplah hutang dan harus diselesaikan…

          3
          3
      • 23 November 2022 - (12:40 WIB)
        Permalink

        Setuju, lebih baik lagi hiduplah sesuai kemampuan, jauhi pinjaman seperti ini, bakal mencekik nantinya, itu alasan kenapa riba harus diperangi, semangat semoga cepat lunas aamiinn..

  • 22 November 2022 - (18:48 WIB)
    Permalink

    Bukan kesalahan saya,emang kemana aja?? Tidak bisa tersambung karena no hp ya lunasi hutang secepatnya minta alasan pemaaf aja dan merasa benar

    32
    2
    • 22 November 2022 - (23:23 WIB)
      Permalink

      Saya bingung dengan tulisan penulis di sini terkesan mengada-ngada dan tidak relevan dengan bukti gambar yang di lampirkan. penulis bilang tagihan SPinjam tahun 20 dan karena kesalahan penulis nomor handphone hilang mengajukan perubahan di 03/20 dan sampai 04/20 tidak dilakukan perubahan nomor hp oleh pihak shopee. padahal pada gambar email laporan dibuat tanggal 13/03/21 untuk perubahan nomor hp di sana juga penulis bales jangan hubungi kontak saya lagi. Dengan mengesampikan nominal dan aturan bunga yang diberikan, disini kesalahan ada pada penulis di laporan email penulis yang bilang akan bayar dan minta untuk tidak dihubungi. Padahal kalau ada niat buat bayar penulis bisa follow up perubahan nomor hp agar dapat dilakukan perubahan dan cek tagihan, bisa juga urus pengaktifan nomor kembali dengan menghubungi pihak provider, atau bisa juga minta nomor tagihan untuk pembayaran. giliran di tagih di awal bilang jangan hubungi kontak saya saya pasti bayar. giliran gak di tagih aji mumpung gak bayar, di tagih lagi udah lama bilang y kemana aj. emang yang punya hutang itu lebih galak ada aj alesan buat ngelak bayar. Coba hubungi lg cs spinjam atau shopee y minta keringanan.

      52
      • 27 November 2022 - (01:03 WIB)
        Permalink

        Iya bnr. Di emailnya minta jgn di hubungi temen2nya, tp di tulisannya blg knpa gada yg hubungi tuk nagih.
        Kelihatan sekali tuh org mau lepas tanggung jawab tuk bayar hutangnya. Wkwkwkwkwk

    • 23 November 2022 - (16:37 WIB)
      Permalink

      Maaf terus, selesai gak ?
      sistem repair itu error terus atau memang human error yang di sengaja?

      udah biaya seller naik terus, biaya buyer juga ada sekarang, masa sistem tidak di perbaiki. seAsia gitu loh

      2
      2
  • 22 November 2022 - (19:35 WIB)
    Permalink

    Sewaktu ponsel dan kartu SIM hilang, tagihannya tetap dibayar atau bagaimana? Kalau kesulitan bayar karena nomor telepon berubah, kenapa tidak gigih memperjuangkan perubahan nomor? Merasa aji mumpung karena tidak ada teror DC karena kartu SIM hilang?

    Lari dari utang bukan hanya karena ada niat dari pelakunya, tetapi juga karena ada kesempatan. Waspadalah, waspadalah!

    40
    3
    • 22 November 2022 - (22:55 WIB)
      Permalink

      Setuju kalau ada niat baik buat bayar pasti ada usaha. Emang pihak dc bisa cepet dapet data nomor baru atau lainya kan pasti susah ada perlindungan data konsumen. kalau ada niat buat bayar, bisa urus nomor telepon ke propaider, perubahan data nomor telepon di akun shopee (saya yakin pergantian nomor telepon yg penulis bukan akun yg punya tagihan tapi buat akun baru), atau minta nomor tagihan ke pihak cs buat bayar manual. Emang aji mumpung penulisnya.

      19
    • 23 November 2022 - (07:41 WIB)
      Permalink

      Yo g tau niatnya kan emg g mau bayar, eh lupa kalo pihak dc nya punya seluruh kontak di hp.
      Setelah ditagih disemua kontak baru deh bikin alibi karna malu hehe..

    • 25 November 2022 - (10:54 WIB)
      Permalink

      Bener dah greget bgt sama ibunya, no hilang bukannya diperjuangkan buat ganti malah beli no baru, trs adrm anyem nunggu ditagih tolol bat sumpah

  • 22 November 2022 - (20:12 WIB)
    Permalink

    Shopee lg gila emg, sy tempo hr bl pulsa 2x dan uang elektronik 1x total 350ribuan, 1pun g ad yg msk, ma cs d sruh konfirm k mytelkomsel tp ma cs mytelkomsel mlh d sruh balik tny k shopee, g tau mksdny ap brputar2 bgtu
    Betul2 merugikan konsumen aj

    10
    7
  • 22 November 2022 - (23:05 WIB)
    Permalink

    Kesadaran sendiri aja sih bu
    Kmaren2 kemana aja?
    Walau ga ditagih2 tapi inget kan punya utang?
    Kenapa ga mengusahakan urus nomor yg hilang?
    Apakah Ibu kira gak ditagih2 artinya shopee lupa/iklas?
    ini shopee bu bukan sodara 😭

    Sekian dari saya.
    Terima kasih dislike nya 👌

    34
    7
    • 23 November 2022 - (07:23 WIB)
      Permalink

      “Saya ada itikad baik melunasi pada tahun 2020” itikad saja? Gak dilunasi? Apakah karena ganti nomor trs itikadnya hilang? Apalagi judulnya anda mengatakan “hanya 2jt” berarti gak berat donk pinjamannya. Kan hanya. Kenapa untuk menyelesaikan kewajiban harus menunggu ditagih untuk menyelesaikan kewajiban. Sebenernya kesadaran saja. Kalau tau kewajibannya yg hanya 2jt itu nggak jadi 6jt apalagi 11jt

      20
      1
    • 24 November 2022 - (18:12 WIB)
      Permalink

      Skr gmn saya mau bayar mas kalau saya ga tau harus bayar kmn

      1
      5
  • 22 November 2022 - (23:24 WIB)
    Permalink

    Saya bingung dengan tulisan penulis di sini terkesan mengada-ngada dan tidak relevan dengan bukti gambar yang di lampirkan. penulis bilang tagihan SPinjam tahun 20 dan karena kesalahan penulis nomor handphone hilang mengajukan perubahan di 03/20 dan sampai 04/20 tidak dilakukan perubahan nomor hp oleh pihak shopee. padahal pada gambar email laporan dibuat tanggal 13/03/21 untuk perubahan nomor hp di sana juga penulis bales jangan hubungi kontak saya lagi. Dengan mengesampikan nominal dan aturan bunga yang diberikan, disini kesalahan ada pada penulis di laporan email penulis yang bilang akan bayar dan minta untuk tidak dihubungi. Padahal kalau ada niat buat bayar penulis bisa follow up perubahan nomor hp agar dapat dilakukan perubahan dan cek tagihan, bisa juga urus pengaktifan nomor kembali dengan menghubungi pihak provider, atau bisa juga minta nomor tagihan untuk pembayaran. giliran di tagih di awal bilang jangan hubungi kontak saya saya pasti bayar. giliran gak di tagih aji mumpung gak bayar, di tagih lagi udah lama bilang y kemana aj. emang yang punya hutang itu lebih galak ada aj alesan buat ngelak bayar. Coba hubungi lg cs spinjam atau shopee y minta keringanan.

    21
    • 24 November 2022 - (18:00 WIB)
      Permalink

      Maksudnya jgn menghubungi kontak di hp saya, karena banyak pinjol yg menghubungi ke no kontak yg ada di hp. Lalu saya minta no ganti no telp dari feb 2020 sampai mar 2020 tidak ada perubahan gmn saya bisa lihat totalnya. Bisa jadi pas no saya hilang ada yg menggunakan no tsb untuk trx.

        • 26 November 2022 - (20:04 WIB)
          Permalink

          jangan cuma dibaca tulisannya saja baca lampiran ss ts. kan sudah di bilang ada ketidak sesuaian antara tulisan dan bukti. sekarang mas y sudah baca tulisan ts coba baca lampiran ts pasti tau ada ketidak sesuaian, ts bilang 2020 tp email tgl 13/02/2021 dan di sana ada pernyataan ts saat pelaporan jangan hubungi kontak saya.

      • 26 November 2022 - (20:00 WIB)
        Permalink

        bu di lampiran ss yang ibu berikan itu tanggal pelaporan di email 13/02/2021 bukan tahun 2020, jejak digital tidak mungkin salah kalau cerita bisa dibuat2. terlepas dari pihak spinjam yang tidak menagih dan tagihan membengkak disini posisi ibu yang tetap salah karena menghindar pembayaran. Setahu saya pelaporan kendala itu biasanya 3 hari kerja harusnya bisa di follow up perubahan nomor handphone y, selain itu kalau ada kendala login bisa hubungi dan minta pembayaran manual nanti sama cs diberikan nomor pembayarannya pasti.
        sudah lah bu sudah semoga kendala ibu terselesaikan dengan baik dan dapat segera dibayar hutang y.
        semoga ini bisa jadi pelajaran dan ibu dapat lebih bertanggung jawab lagi untuk setiap hutang yang dimiliki.

  • 22 November 2022 - (23:29 WIB)
    Permalink

    Hp saya jg pernah hilang beserta dgn simcard nya, jarak 1hari lgsg urus k provider ny, modal materai 10rb. Terbitlah ulang simcard baru dgn nomor lama. Krna nomor lama sangat penting utk masuk k akun2 & hal penting lainnya..
    Klo mmg ada niat, terbit sim baru dgn nomor lama bisa cepet kok.. 🙏🙏🙏

    24
    • 24 November 2022 - (18:01 WIB)
      Permalink

      Mba pernah ga kepikir no mba bisa aja dimanfaatkan oleh pihak lain kalau tidak diganti

      • 24 November 2022 - (20:57 WIB)
        Permalink

        Maaf y bu, karena saya jg kepikiran nomor saya bakal dipakai orang, maka itu segera saya terbitkan ulang nomor yg hilang itu. Karena begitu diterbitkn, simcard yg nyantol di hape yg hilang otomatis itu sdh hangus..
        Dengan terbit nomor lama itu lagi, saya bisa memantau akun2 saya, mbanking saya msh terjaga.. begitu..

      • 24 November 2022 - (21:00 WIB)
        Permalink

        Lalu, kenapa saya harus ganti nomor jika nomor lama bisa terbit ulang & masih full dengan data daftar saya..
        Jika nomor saya lama terbit lagi, saya jd pegang kendali seluruh aktivitas akun & bank saya.. jika ada orang lain berusaha masuk k akun saya, akan ada laporan sms k nomor saya lama yg terbit ulang itu. Jadi bisa dipantau.

        • 25 November 2022 - (08:41 WIB)
          Permalink

          Apakah sesimpel itu, ibu pernah alami yg namannya fraud dari no hilang walaupun sudah ganti no dan perangkat. Kalau sesimpel itu kenapa banyak dana nasabah dari bank yg hilang, kenapa masih banyak sanggah transaksi yg dilakukan karena no hp.

          • 25 November 2022 - (20:48 WIB)
            Permalink

            Memang tdk sesimple itu, tp juga tidak seribet itu bu..
            Banyak yg kena fraud pun kita tdk tau apakah betul karena kartu & hp hilang atau itu hanya sebatas alibi..
            Saya hanya memberikan solusi berdasarkn pengalaman saya.. & hal itu berhasil kok bu, akun2 saya m banking saya masih terjaga krna sllu terpantau.

      • 25 November 2022 - (10:57 WIB)
        Permalink

        NOMOR LO GK BAKAL BISA DIPAKE ORG KLO UDAH GANTI KE KARTU BARU, NOMORNYA OTOMATIS PINDAH, HELLOOO INI 2023, PIHAK BANK DAN PROVIDER GK SEBODOH ITU

  • 22 November 2022 - (23:37 WIB)
    Permalink

    Kalau dulu niat bayar…. Kartu sim hilang kan tinggal minta pergantian di provider dgn nomor sama. Mau ganti nomor di shopee bisa di akun shopee sendiri. Ini masalah niat apa gak aja sih

    17
  • 23 November 2022 - (03:07 WIB)
    Permalink

    “Saya sudah ada itikad baik mau melunasi pada tahun 2020, tapi dari pihak Shopee tidak ada yang menghubungi saya.”

    Itikad baik itu menghubungi pihak yg diutangin, bukan ditunggu ditagih.

    23
    • 23 November 2022 - (06:25 WIB)
      Permalink

      Pendapat sy ..anda jg salah
      Klw hp ilang .no bisa minta kembali ke gerai dgn no yg sama,karena mungkin di no tsb byk yg penting.
      Dan jg hrs nya aktif segala sesuatu apalagi hal dgn hutang.

    • 23 November 2022 - (07:00 WIB)
      Permalink

      Pendapat saya sih dari kiriman email nya mereka menghubungi anda,,
      Tertulis dari kiriman email anda. Cuma anda risih dengan pengihannya.
      Makanya Blang jangan hubungin anda di dalam emailnya dan ganti nomor

      • 23 November 2022 - (21:19 WIB)
        Permalink

        Kayaknya buka Shopee gampang tinggal masukan nomor lama anda nanti ada dua cara untuk dpt kode OTP bisa SMS dan dari WA pilih dari WA selesai bisa masuk akun Shopee.

      • 24 November 2022 - (18:16 WIB)
        Permalink

        No kontak yg saya maksud no all kontak hp saya bukan kontak saya. Dan itu sudah saya info ke call center mereka ketika saya hubungi.

    • 24 November 2022 - (18:15 WIB)
      Permalink

      Skr dari mana mas bisa bilang saya tidak hub pihak terkait, disitu ada bukti email kalau saya minta ganti no berarti sebelumnya sudah menghubungi call center dong. Be smart mas

  • 23 November 2022 - (04:52 WIB)
    Permalink

    Wekawekaweka..
    TS nya gak sadar pa ya ??
    Dia bilang mnta perubahan nomor di th 2020..tp email-nya yg ke dan dari shopee th 2021..
    Hayoooo .wkkkk

    11
    1
    • 23 November 2022 - (06:11 WIB)
      Permalink

      Ga heran. Akun shoppe saya ga bisa sy buka setelah sy ganti hp karena hp saya mati total. Saya coba aktifkan di hp lain dengan nomer yg sama karena SIM card saya pindahkan saja ke hp lain. Akun shoppe saya ga bisa aktif, sampe cape saya komunikasi dengan pihak shoppe lewat email tapi juga ga bisa aktif lagi padahal masih ada uang saya di shoppe pay. Sekarang saya jadi ga pake shoppe lagi karena takut juga kalo model aplikasinya begitu. Untung saya ga pernah pake pay later nya.

    • 25 November 2022 - (07:41 WIB)
      Permalink

      Pengen jadi hutang cuma2 .nomer utama klo hilang pasti di urus sampe balik lagi .
      Tinggal urus ke gerai bawa ktp.
      Kecuali emang kartu asal . niat hutang & buat lari dari hutang
      Hilang 2020 bari email 2021 .lucu

  • 23 November 2022 - (07:06 WIB)
    Permalink

    Dulu th 2019 saya pernah HP hilang otomatis nomor jg hilang, saya coba urus ke provider susah karna nomor hanya dipakai buat Internet tdak untuk telpon by Provider (karna telpon dr WA selalu) dan harus dijadikan pascabayar, Karna dulu blm ada Rezeki jd saya tunda.
    Kebetulan saya juga ada Hutang tp di AkuLa**
    ,masi ada cicilan 3x lg.
    Saya coba hubungi ke hotline nya. Untuk Blokir Limit. Dan Saya Minta Kode Virtual Account tiap bulannya sampai Lunas…

  • 23 November 2022 - (07:17 WIB)
    Permalink

    Astagfirullah, semoga kita semua jauh dari sifat seperti ts.
    Terlepas dari bunga tagihan yang melebihi 100% dari total pinjaman

    10
  • 23 November 2022 - (07:51 WIB)
    Permalink

    Denda itu maksimal 100% dari pokok hutang, artinya 4jutaan harusnya berhenti itu angka nya.. tp anda juga aneh. 2020 itikad baik, lalu hp hilang.. lalu anggep lunas ga ngurus lagi. Mana ada hutang dianggurin lunas sendiri.. baik shopee maupun penulis sama sama aji mumpung.. shopee (mumpung bisa dibungai dan denda sebanyak banyaknya..) penulis (mumpung no hp hilang “katanya” trus anggep aja lunas lah ) ya begini jadinya

    • 25 November 2022 - (08:43 WIB)
      Permalink

      Saya tidak menganggap lunas karena sudah bayar pokoknya tp masih ditagih lagi

  • 23 November 2022 - (08:04 WIB)
    Permalink

    Mohon maaf ya Bu,anda pnya hutang knp hrs ditagih2 dulu br mau bayar,hrsnya anda bayar dr dulu jgn skrg udh bengkak Krn bunga anda br ngeluh,skrg udh terlanjur cb aja anda nego mungkin bs dikurangin lg

    12
    • 25 November 2022 - (08:43 WIB)
      Permalink

      Sudah pernah pak tp tidak bisa kurang dan saya sudah bayar pokoknya

  • 23 November 2022 - (08:22 WIB)
    Permalink

    Harusnya shopee sudah ada call center yg bisa di komunikasikan langsung dengan customer kadang pembahasan melalui ketikan arti dan konotasi suka berbeda dan juga kadang namanya hp atau laptop bisa rusak kapan saja,akan tetapi kalo lupa sama data pribadi bagaimana? Sebab tidak selamanya mesin itu tidak ada eror apalagi manusia mungkin bisa di jadikan masukan untuk shopee agar lebih baik lagi dalam melayani kepuasan customer.

    1
    2
  • 23 November 2022 - (08:51 WIB)
    Permalink

    Mohon maaf, kalau pengguna Tsel, masih bisa nomor lama diselamatkan. Saya pernah ke Grapari untuk urus tagihan kartu saya, dan di sebelah saya orangnya minta dibalikkan nomor yang hilang. Kata cs nya, dilaporkan pasti di kembalikan nomor lamanya dengan dokumen pendukung. Kalaupun bagi pra bayar, 2 minggu pasca mati masih diberi waktu.

    Jadi yang saya lihat, sebagian memang salah TS. Tapi, sebagian nya lagi salah shopee nya, yang menyembunyikan hal itu. Dibilang gausah bayar, saya gak berkomentar. Tapi yg saya lihat, usaha TS untuk dapatkan info dan mengembalikan nomor hilangnya tidak ada, dan malah ganti nomor baru

    • 24 November 2022 - (07:14 WIB)
      Permalink

      yg koment muka2 Dc mental tempe semua rata2,mentalnya mental keroyokan,nagih kerumah bawa teman kaya anak TK,,dah lewat 90 hari hangus sesuai POJK..

      1
      2
      • 24 November 2022 - (22:38 WIB)
        Permalink

        Mohon maaf nih, kalau pasang komentar tentang ginian, pakai logika juga. Jangan asal main emosi. Ini hal yang gak rumit, entah kenapa dibelit2.

        Kalau bilang muka2 DC, kerjaan saya juga bukan itu. Saya gak pernah ngutang dan gak pernah ngasih orang hutang kecuali kakak2 saya. Dan itupun selalu gak saya tagih sadar sendiri. Kalaupun telat paling tanya kenapa gak dibayar dengan baik2 di hari ke 7 dari deadline.

        Etika dan logika itu pasti sejalan. Masalahnya, emosi lah yang menyebabkan seseorang gak beretika demi kepentingan dirinya yang sudah membludak, lupa akan logika dan etika 🙂

    • 24 November 2022 - (18:06 WIB)
      Permalink

      Sebenarnya saya juga ga mau ganti nomer mas, karena disitu banyak data penting saya seperti banking. Tp apa mas pernah alami fraud dari no yg hilang. Semoga ga ya mas.

      • 24 November 2022 - (22:01 WIB)
        Permalink

        Fraud bisa dihindar kalau
        1. Pertama dan paling penting : langsung switch chip kartu sim nya (bukan nomornya) dan itu by request datang ke customer service (seperti grapari). Modalnya materai aja, kalaupun ada tambahan, paling administrasi dan gak besar (tergantung provider). Kalau nomornya dipindahkan ke chip baru, otomatis chip yang hilang (lama) bakal mati sinyalnya (saya sudah pernah coba, pindah dari chip lama ke 4G memang begitu walau pun devicenya masih nerima kartu lama)
        2. Hp dikunci. Kalau repot pakai pin atau pattern, pakai muka atau sidik jari. Muka pun kalau pakai gambar gak akan bisa deteksk kontur wajah. Sidik jadi kalau dikasih bedak (layaknya forensik) dan ditempel, akan susah karena sidik jadi hp, terutama tanam dalam layar, susah mendeteksi ini sentuhan atau tidak.
        Pastikan aja pin mudah diingat dan bukan tanggal apapun (kecuali tanggal random dari 3 kejadian), bukan 1-6, bukan 0 x6 dan hal yang mudah ditebak

        Jadi kesimpulannya, gak mungkin dan gak ada alasan fraud kalau udah melakukan 2 hal itu. Sejauh ini saya gak pernah mengalaminya. Bahkan temanpun kalau gak sengaja ambil, saya bisa lacak menggunakan fitur find my device dan find my iPhone. Toh kalau pun hpnya terbuka, tambahan nya ini

        Fitur pengendali hp jarak jauh pastikan nyala dan jangan matikan fitur tombol daya untuk mati di lockscreen dan kunci control panelnya. Kalau udah pasti dan akan switch simnya, paksa hapus jarak jauh (saya pernah melakukannya tanpa sengaja saya tekan sendiri), kalau udah mati dan akan menghapus data, biasanya akan mati deteksi sinyalnya. Di saat itulah switch chipnya.

        Note : kalau dibilang rumit, sebenarnya ini hal gampang. Tinggal mau belajar aja tentang cara penggunaan barang yang dimiliki dan tau SOP kalau barang hilang, bukan asal beli tanpa mementingkan fitur apapun. Saya yakin TS tidak tahu bila fitur itu tersedia untuk Android dan iOS. Dan kalau tidak salah Harmony OS juga ada. Kalau “gaptek”, ada kalanya bertanya ke orang lain yang ahli ataupun mencari di internet

        • 25 November 2022 - (08:48 WIB)
          Permalink

          Terima kasih pak zack atas infonya, tp apakah anda tau banyak kejadian fraud karena no hp. Jangankan yg hilang yg masih aktif aja banyak. Disini saya juga sudah info saya sudah bayar pokok dan sudah dari 2020 saya menguhungi pihal terkait, tp mana tanggapan mereka. Setelah terbit media ini dan saya ajukan OJK baru mereka menghubungi saya. Semoga gaji dua digit bapak aman2x ya.

    • 25 November 2022 - (08:44 WIB)
      Permalink

      Gmn saya mau kasih bukti telp disini. Mereka punya bukti recording kan seharusnya.

  • 23 November 2022 - (08:53 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah kejadian kayak gini, no HP hilang tapi sadar masih punya sisa tagihan, mau log in pakek email tapi lupa pasword. Solusinya waktu itu saya pinjem akun temen, lalu numpang ngechat cs nya, nyeritain situasi yang saya alami, akhirnya dibantu sama cs nya dan diminta ngasih alamat email yang masih aktif dan nomor HP yg masih aktif, lewat situ cs nya ngasih nomor VA dan hutang pun bisa dibayar. Harusnya sesimpel itu sih

      • 24 November 2022 - (14:12 WIB)
        Permalink

        Ini kemauannya jelas ga mau bayar, usahanya ya menghilangkan nomor biar ga ditagih, waktu masih kerja ga dilunas2in nunggu pengangguran baru minta keringanan wkkwwkwk, tar dipolisiin mewek

        5
        1
        • 24 November 2022 - (18:04 WIB)
          Permalink

          Polisiin aja karena posisi saya sudah jelas kok. Saya juga sudah bayar pokoknya, anda mau saya polisiin juga

          1
          7
          • 25 November 2022 - (09:56 WIB)
            Permalink

            Lu pikir minjem ama sodara/temen/relasi? Ini bisnis bukan yayasan dana untuk semua.. ada bunga dan denda.. klo ga suka kenapa lu minjem kemaren.. heran orang kok seenaknya.. riba lah, ini lah itu lah.. gw mo tanya: emang minjem itu dipaksa ya?? Lain ceritanya klo dipaksa..

      • 25 November 2022 - (09:08 WIB)
        Permalink

        ngurus kartu baru di grapari gampang loh , gfaham si ini memang drama atau betulan kalo punya utang bayar walau gk ditagih ya bayar giliran kelacak ama pihak sana koar koar disini . atauga kabur lagi aja

        • 26 November 2022 - (09:13 WIB)
          Permalink

          Maaf mas saya tidak pernah kabur, silahka anda datang ke rumah saya. Alamat masih sama kok.

  • 23 November 2022 - (09:53 WIB)
    Permalink

    ini kenapa Shopee tidak pernah memberikan tanggapan di MK atas keluhan pelanggan ya belakangan ini ?

    • 25 November 2022 - (08:49 WIB)
      Permalink

      Iya mas benar setelah saya terbitkan ini dan lapor ojk baru saya dihubungi. Huft…..

      • 25 November 2022 - (14:32 WIB)
        Permalink

        Caranya mudah bro !
        Anda ke bank konvensional ,pinjam dana nanti pihak bank cek data anda melalui BI checking !
        Pengalaman saya , saya dulu pernah nyangkut di pinjol 1juta mereka nagih 4juta ,setelah saya coba lakukan ini akhirnya hanya 2juta yg harus di bayarkan!
        Jika ada itikad baik ,insya Allah akan di mudahkan bro !!

        • 26 November 2022 - (09:11 WIB)
          Permalink

          Terima kasih mba atas infonya, saya tunggu itikad baik shoppe aja. Karena saya sudah bayar pokoknya

    • 30 November 2022 - (10:21 WIB)
      Permalink

      Sopi tdk memberikan respon karena sudah di atur /diserahkan oleh pihak eksternal mrk . Makanya di sini byk konco2 DC 🙈😄

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee SPayLater?

Ada 254 komentar sampai saat ini..

Utang Hanya Rp2 Juta, Baru Ditagih Setelah Jadi Rp11 Juta

oleh Cherly Januaristi dibaca dalam: 1 menit
254