Utang Hanya Rp2 Juta, Baru Ditagih Setelah Jadi Rp11 Juta

Perkenalkan saya Cherly, pemilik akun Shopee: cherly_29. Pada tahun 2020, saya mempunyai tagihan Shopee SPayLater. Pada awal bulan Maret 2020, saya mengajukan perubahan nomor hp saya, dikarenakan hilang.

Namun sampai dengan awal bulan April, nomor hp saya tidak berubah dan tidak ada telepon dari pihak Shopee untuk menagih saya. Baik ke nomor hp baru maupun ke nomor kantor atau ke nomor yang lain dari data saya. Baru kemarin ini ada WA ke nomor anak saya, yang menginformasikan bahwa saya ada tagihan sebesar Rp11 juta yang harus dibayarkan.

Dari utang saya yang hanya Rp2 juta, menjadi Rp11 juta, dan baru ditagihkan sekarang. Ke mana aja pihak penagihan Shopee? Apa ini sengaja? Untuk rincian tagihan, saya tidak bisa masuk ke aplikasi karena nomor hp saya hilang.

Saya nego dengan penagihnya, karena saat ini saya sudah tidak bekerja. Namun mereka tidak peduli dan saya hanya dikasih keringanan bayar Rp6.221.539. Saya tidak bersedia, karena ini bukan kesalahan saya. Saya sudah ada itikad baik mau melunasi pada tahun 2020, tapi dari pihak Shopee tidak ada yang menghubungi saya.

Cherly Krisna Januaristi
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

254 komentar untuk “Utang Hanya Rp2 Juta, Baru Ditagih Setelah Jadi Rp11 Juta

  • 23 November 2022 - (10:36 WIB)
    Permalink

    Logikanya login aku Shopee bukan hanya via no HP.. Bisa via email/FB/twitter..itu Terima email berarti bisa login via email donk.. Kalo emang niatnya bayar ngak bakal dicuekin tagihannya. Trus kata2 hutang ‘hanya’ 2jt.. Sepertinya menyepelekan bgt nilai 2jt itu.. Kenyataannya ngak bisa bayar.. Lucu??

    6
    3
    • 24 November 2022 - (02:41 WIB)
      Permalink

      Shope nekat dan peminjam juga nekat! Shopee nekat memberi hutang hanya dengan syarat mudah. Senekat itu tampa koreksi keuangan masa kini. Membuka peluang bagi para pencari hutang! Sederhana penyelesaian kalau yg nekat sama sama nekat . Bisa hilangkan bunga angsur oleh sesanggup nya perhari atau per minggu sampai lunas. Jangan beri pinjaman lagi ke yg tak sanggup bayar oleh keadaan sulit. Biar sama sama tak dirigikan kemudian hari. Atau pakai cara lain. Tak mungkin otak kita karya Tuhan tak mampu pikir solusi. Yg membuat kita dalam rumit masalah per masalah diikutsertakan MARAH,BENCI,DENDAM,PAKSA,MUAK,KESAL DLL. kalau bukan Otak apa trik yg telat untum jutaan solusi coba? Yaaahh disini saya komentar demi kelansungan hidup kita yg harmonis tertuai di dunia ini. Salam dari manusia yg pro peraaudaraan dan pro Tuhan

      2
      1
      • 26 November 2022 - (09:16 WIB)
        Permalink

        Terima kasih masukannya, saya sudah bayar pokoknya tp mereka masih tetap tagih sisanya. Saya dgn alasan data saya sudah dipihak ke3

    • 24 November 2022 - (20:09 WIB)
      Permalink

      Semoga pada kapok dan ga main di dunia Riba lagi
      Yg mau gabung ke dunia riba, mending mundur aja yg jauh

    • 25 November 2022 - (18:13 WIB)
      Permalink

      Model hutang piutan seperti ini apa wajar ya, bukannya ada batas maksimal bunga yg harus d bayar. Setelah itu penghutang dapat blcklist dr perbankan kan sudah cukup.. klo sampe berlipat2 orang yg banyak piutanya bisa ongkang2 kaki saja tp dpt penghasilan wowww…??

      • 26 November 2022 - (09:19 WIB)
        Permalink

        Saya sadar malah sangat sadar, saya sadar hutang saya cuma 2jt dan thn 2021 saya bayar 2jt skr saya bayar 1jt. Ternyata masih kurang infonya. Mungkin mas mau bayarin sisanya.

    • 26 November 2022 - (09:15 WIB)
      Permalink

      Saya sudah pernah coba mas semuanya karena saya ganti perangkat. Apa mau saya ss buat mas nya. Bukan masalah 2jt mas, 2jt itu sudah lunas tp saya masih ditagih sisanya dari 11jt

  • 23 November 2022 - (10:39 WIB)
    Permalink

    Yang membela atau mendukung penulis harap perhatikan dulu lampiran ke 3 yg diunggah oleh penulis. Penulis beralasan pada 2020 sudah punya itikad baik mau menyelesaikan dengan alasan no hilang dan minta ganti nomor. Padahal itu kredit spaylater sudah macet dan pihak shopee sudah menghubungi no kontak penulis. Pada lampiran ke 3 penulis, itu tertera email tgl 13 februari 2021 yg dikirim oleh penulis ke shopee guna supaya no kontak jgn dihubungi dan berjanji membayar tunggakan dengan alasan no hilang dan minta ganti no. Jadi dapat disimpulkan ini cuma drama penulis agar dapat simpati aja.

    • 24 November 2022 - (09:17 WIB)
      Permalink

      Padahal ad notif apabila ada tunggakan d akun sopianya, kan ***** alasan baru ditagih pas tunggakan naik jd 11jt,ad ad aja alasan orng gak mau bayar wkwkkw

    • 26 November 2022 - (09:21 WIB)
      Permalink

      Maksud saya itu jangan kontak ke nomer lain di hp saya seperti kejadian teman saya. Saya dapat kiriman wa dan gambar2x tidak senonoh dari pihak dc padahal saya tidak masuk dari data teman saya

  • 23 November 2022 - (11:32 WIB)
    Permalink

    Klo share masalah disini gak apa2 mba.. Asal jangan ikut komentar. Karena biasanya ada banyak DC entah dari pinjaman online, paylater, kartu kredit dsb yg iku nimbrung/numpang disini. Jadi mba share aja masalahnya, dan tunggu saja respon dari terlapor mengenai masalah ini.

    1
    1
    • 25 November 2022 - (01:18 WIB)
      Permalink

      Balikin pokoknya saja,atau ditambahin 100rb itu udah ada itikad baik? Emang da sini banyak DC berkumpul,,yg penting udah dikembalikan pokoknya

    • 25 November 2022 - (13:33 WIB)
      Permalink

      Bayar aja sesuai dengan kemampuan pokoknya saja. Toh karena tanpa agunan tidak ada resiko. Maksimal ditelepon atau didatangi DC. Jika mereka melakukan penghinaan pengancaman itu adalah pidana. Direkam aja suara atau video mereka ketika melakukan itu laporkan ke OJK atau kepolisian. Dalam banyak kasus mereka mau menerima dengan pembayaran pokoknya saja. Asal sabar aja semakin lama akan semakin mudah untuk bernegosiasi

  • 23 November 2022 - (13:14 WIB)
    Permalink

    Kalau pinjol aturannya hanya bisa maksimal 2X lipat dari awal pinjaman. Terlepas dari bagaimana ceritanya, minta OJK fasilitasi saja. Semoga bisa bayar 4 juta, atau mungkin pokoknya saja.

  • 23 November 2022 - (15:01 WIB)
    Permalink

    Shopee ini perlu di pertanyakan ijin di Indonesia sebagai MarketPlace atau Pinjaman Online. Jualan di shopee uang penjualan di tahan lama bgt, kalo mau cepat perputaran modal di tawarin pinjol dana cepat. Menjebak sekali aplikasi.

  • 23 November 2022 - (15:40 WIB)
    Permalink

    Ada juga yg senasib… Kirain saya doank yg utang awal nya cuma 900rb giliran mau di bayar jadi 2600.000?, tetapi syukur dgn kejadian utang di Shopee menjadikan ku kapok pinjam di pinjaman online, yang sy pertanyakan apakah pinjaman seperti ini bunga nya terus naik bila tidak di bayar dan data si peminjam udah duluan di jelek kin di OJK…. Oh sungguh kejam.. Merasa heran aja yg seperti ini masih di legal kan?

    4
    1
  • 23 November 2022 - (17:46 WIB)
    Permalink

    Jiah situ yg punya hutang, malah situ yg ngegas.. Anda waras kah?

    Wkwkwk sebelum berkoar, ingat sadar diri akan hutang mu bu..

    • 23 November 2022 - (18:45 WIB)
      Permalink

      Berkomentarlah dengan bijak dan jangan pernah diri paling benar. Karena tiap orang pasti punya masalah masing2 yang orang lain tidak tahu. Setidaknya tidak usah berkomentar negatif bila tidak bisa membantu dan memberikan solusi terbaik

  • 23 November 2022 - (18:38 WIB)
    Permalink

    Anehhh,Km it Ngonfirmasi perubahan Nomor Ke email Shoope kok kek Ngobrol ama Tetanggamu.kwkwkwk,Kl km Ngotakk Yaa aturan kl Nmr bnr2 ilang Langsng Ganti k Grapari gk ada 2 jem d ganti itu.Krn km bls ke email shoope ato apalah itu kebnyakan kan cm sistem gk bkl ada Respon,lg an msl itu emal Rutin di cek sm Pegawe shoope pasti email Yg masuk itu Ribuan,Jd di Mata gw sbnrya emng Dr elunya Yg gk niat bayar.Cm ya Gt td Nyari pembenaran seolah olah d dzolimi.Nmr ilang,trs msh ada Utang Gk d Hubungin trs km Gk Bayar.Saya rasa Shoope Gk cm Ngurus km saja,jd kl km tiba2 ganti Nmr krn alasan hilang aturan Km buat lg ke Grapari.beresss

  • 23 November 2022 - (18:48 WIB)
    Permalink

    Perlu Untuk Diketahui oleh Kita Bersama, yang namanya Pinjaman Online itu jika kita terlambat membayar tagihan bunganya itu dihitung perhari. Tidak sama dengan Bank.

    Kalau di Pinjol, kita cukup modal KTP & Selfie saja sudah bisa dapat pinjaman tanpa jaminan, kalau di Bank harus ada jaminan.

    Nah disini mudahnya kita memanfaatkan pinjaman online buat mendapatkan dana mendesak, tapi ingat jangan lupa sama kewajiban dan perjanjian kita di awal dengan si pemberi pinjaman. Kalau kita telat membayar sesuai tanggal di perjanjian, maka itu sudah kesalahan kita sebagai peminjam dan tidak perlu mencari alasan apapun baik alasan usaha macet, nganggur, no hp hilang atau apalah karena alasan-alasan tersebut sudah basi banyak digunakan sama orang-orang yang gagal bayar.

    Sebelum meminjam, alangkah baiknya kita ketahui & baca dulu surat perjanjiannya bagaimana supaya kita paham sistem pinjol. Telat bayar denda geude, karena kita minjam hanya modal KTP tanpa jaminan.

    Kalo kita telat bayar, ya kita melanggar janji.

    Saya dulu 3 tahun berkecimpung di dunia pinjol, sampe 5 aplikasi susahnya minta ampun gali lubang tutup lubang akhirnya makin geude bukannya beres.

    Alhamdulillah skrg udah keluar dari pinjol, rasanya tenang tanpa beban. Asal ada niat buat bayar Insya Allah ada jalan buat bayarnya kak.

    Kita jangan berpikir. Kita pinjam duit secara online tidak akan ada yang menagih ke alamat rumah. Percayalah mereka lebih pintar dari kita, gak mungkin mereka ngasih pinjaman dengan mudahnya tanpa ada penagihan ke rumah.

    Mereka sebelum membuat perusahaan pembiayaan, pastinya sudah memperhitungkan resikonya :

    Bagaimana kalau nasabahnya tidak bayar ?
    Bagaimana kalau si peminjam ganti no HP ?
    Bagaimana kalau si peminjam pindah rumah ?

    Bagi mereka hal yang mudah, mereka punya jaringan di mana mana, dan teknologi IT mereka lebih paham dimana lokasi kita.

  • 23 November 2022 - (19:30 WIB)
    Permalink

    pelajaran buat kita semua, yg namanya pinjam dana melalui perusahaan baik itu bank / perusahaan pembiayaan / pinjol jangan nunggu di tagih karena kewajiban kita bayar hutang bukan kewajiban perusahaan mengingatkan.
    kita yg harus proaktif jika ada kendala
    klo dah kaya gini susah masalah sepele gara2 no ilang jadi manjang
    pinjam 2 jt jadi 11 jt
    karena yg nama nya denda sudah di sepakati di awal saat pengajuan
    sy ga pernah punya kartu kredit cicilan kendaraan
    klo punya uang beli klo ga punya uang ya nabung dulu
    saran buat semua JANGAN TERPERDAYA RAYUAN MAUT PINJOL ATAU BANK

  • 23 November 2022 - (21:22 WIB)
    Permalink

    Padahal Shopee ada dua cara dapatkan otp bisa dari SMS dan WA kan tinggal masukan nomor yg hilang trus minta otp lewat wa.

  • 24 November 2022 - (04:01 WIB)
    Permalink

    Ngpain dibayar utang kalo sudah lewat 3 bulan ojk lepas tangan

    Kalo lu mau bayar bisa pokoknya aja
    jgn takut kalo dia mau jalur hukum lu ladenin biar dia yg bayar tuh kepengadilan

    Didaerah gw soalnya pengalaman penjol semua2

  • 24 November 2022 - (06:18 WIB)
    Permalink

    pengalaman saya mah dulu. jadi kalo yg nagih DC emang dilebih2in nagihnya, jadi kalo bisa usahain masuk akun shopee trus bayar lewat virtual account nya dari shopee. menghindari penipuan juga.

  • 24 November 2022 - (08:31 WIB)
    Permalink

    Bunga pokok 10% bunga denda keterlambatan 10% kalikan 2thn wajar kalau jadi segitu gak usah di bayar tahun depan jadi 25jt nama di OJK udah pasti jelek dia bisa datang sita apa aja udah ada perjanjian dan ketentuan nya sebelum utang

  • 24 November 2022 - (10:30 WIB)
    Permalink

    Buat yg bilang gausah dibayar gausah dibayar itu pda punya otak kn? coba ad org minjem duit sm lu, trs orgnya gmau bayar, emosi ga? udah tua pda gpunya otak

  • 24 November 2022 - (11:06 WIB)
    Permalink

    Hampir 99.99% yang komentar mendadak menjadi ahli ekonomi, yg kasih nasihat begini lah, begini lah, inilah itulah, pokoknya 1 kata …YASALAM

  • 24 November 2022 - (11:51 WIB)
    Permalink

    Yaudah gpp sih mbaknya tunggu aja ada rekonstruksi dr shopee, biasanya dibantu sih sm penagih. Jd nanti tetep bayar sesuai utang aja, bunga dan denda dihapus. Udah beres

  • 24 November 2022 - (12:07 WIB)
    Permalink

    Saran saya buat teman teman yang pake aplikasi paylater atau pinjaman apapun itu segera lunasi utang Anda dan stop pakai aplikasi. Insyaallah hidup anda bakal tenang tanpa utang. Kondisikan gaya hidup dengan kemampuan finansial anda

  • 24 November 2022 - (16:00 WIB)
    Permalink

    kalau gk mau di tagi jngan ngutang
    kalau gk mau ada denda jngan nunggak

    lagia kalau merasa ada hutang ya di perhatikan bayar nya.. aneh deh..
    saya bukan membela shopee tp memang gitu hukum alam wkwkwkwk

  • 24 November 2022 - (16:55 WIB)
    Permalink

    Mangkanya kalau anda berani berhutang ya harus dibayar, jangan pura² lupa, pake alasan segala macam. Kalau udah kek gini jangan membenarkan diri anda sendiri, seakan² bukan kesalahan anda.

  • 24 November 2022 - (22:01 WIB)
    Permalink

    Turut prihatin. Coba cari info caranya supaya bisa bayar pokok saja seperti halnya kasus kartu kredit yang membengkak, karena paylater dan kartu kredit kan dalam pengawasan OJK . Namanya program restrukturisasi. Yang hutangnya milyaran ke bank saja juga banyak yang bisa direstrukturisasi, masa rakyat kecil tidak bisa?. Alasannya harus jelas, misal kena PHK, berhenti bekerja, bangkrut dll. Jangan pakai alasan kartu handphone hilang, karena dianggap kelalaian nasabah. Googling aja, semoga berhasil.

    2
    1

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee SPayLater?

Ada 254 komentar sampai saat ini..

Utang Hanya Rp2 Juta, Baru Ditagih Setelah Jadi Rp11 Juta

oleh Cherly Januaristi dibaca dalam: 1 menit
254