Utang Hanya Rp2 Juta, Baru Ditagih Setelah Jadi Rp11 Juta

Perkenalkan saya Cherly, pemilik akun Shopee: cherly_29. Pada tahun 2020, saya mempunyai tagihan Shopee SPayLater. Pada awal bulan Maret 2020, saya mengajukan perubahan nomor hp saya, dikarenakan hilang.

Namun sampai dengan awal bulan April, nomor hp saya tidak berubah dan tidak ada telepon dari pihak Shopee untuk menagih saya. Baik ke nomor hp baru maupun ke nomor kantor atau ke nomor yang lain dari data saya. Baru kemarin ini ada WA ke nomor anak saya, yang menginformasikan bahwa saya ada tagihan sebesar Rp11 juta yang harus dibayarkan.

Dari utang saya yang hanya Rp2 juta, menjadi Rp11 juta, dan baru ditagihkan sekarang. Ke mana aja pihak penagihan Shopee? Apa ini sengaja? Untuk rincian tagihan, saya tidak bisa masuk ke aplikasi karena nomor hp saya hilang.

Saya nego dengan penagihnya, karena saat ini saya sudah tidak bekerja. Namun mereka tidak peduli dan saya hanya dikasih keringanan bayar Rp6.221.539. Saya tidak bersedia, karena ini bukan kesalahan saya. Saya sudah ada itikad baik mau melunasi pada tahun 2020, tapi dari pihak Shopee tidak ada yang menghubungi saya.

Cherly Krisna Januaristi
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

254 komentar untuk “Utang Hanya Rp2 Juta, Baru Ditagih Setelah Jadi Rp11 Juta

  • 25 November 2022 - (07:34 WIB)
    Permalink

    Sini kak saya bantu tutorialnya cara masuk shopee, silakan komen di sini terlebih dahulu utk menunjukkan kl kakak memang niat mau masuk ke akun shopee kakak

    • 26 November 2022 - (09:27 WIB)
      Permalink

      Terima kasih karena kemarin malam dari pihak shoppe sudah menghubungi saya. Intinya mereka mengaku salah dan segera melakukan pengecekan kembali

  • 25 November 2022 - (08:02 WIB)
    Permalink

    No hilang atau ganti no
    Masih bisa masuk ke shopee
    Karena bisa pake email,facebook atau WA yg aktif
    Saat login di berikan pilihan
    Kecuali memang akun shopee nya sudah di hapus
    Otomatis harus buka akun baru
    Nah segala sesuatu yg masih ada sangkutan di akun lama pasti di minta pertanggung jawaban nya,,cepat atau lambat..
    Jadi ya memang tidak seharusnya kaget

  • 25 November 2022 - (08:12 WIB)
    Permalink

    Saya tidak paham persoalan hutang piutang, saya juga tidak paham berapa persen denda keterlambatan tiap hari’ny..
    Tp yg saya tahu dari web resmi OJK, bahwa bunga dan denda itu hanya di kenakan sebesar 50% dari total tagihan..

  • 25 November 2022 - (08:56 WIB)
    Permalink

    Sudah jangan saling menghujat yang punya hutang memiliki masalah dan alasan tersendiri karena merasa dirugikan oleh sistematis pemberi hutang, itu memang beberapa kasus serupa mungkin dialami beberapa orang dan yang tidak pernah mengalami mungkin mudah menilai dengan kata-kata tidak baik. Disini mba cherly hanya membagikan ceritanya supaya yang lain tidak mengalami serupa dengan pengalaman mba cherly dan berhati-hati untuk pinjaman seperti ini baik di Spaylater maupun pinjaman yang lain. Jika diantara kalian mengerti kasus yang dialami mba cherly ya mbok dibantu info-info dan solusi baiknya bukan menghujat dan menjerumuskan pihak lain menjadi diskusi yang tidak berkualitas. Hidup lah dengan baik, berikan saran masukan yang bijak karena orang Indonesia harus berusaha rubah mindset negative menjadi positive bagi semua orang yang memiliki masalah. Jangan jadi orang jahat dunia akan damai bila kita berhati baik. Salut mba cherly memiliki keberanian membagikan pengalamannya disini semoga terselesaikan dengan baik dan lancar ya mba cherly.. aamiin ya rabbal alaamiin

  • 25 November 2022 - (13:41 WIB)
    Permalink

    sebetulnya di tiap2 akun aplikasi belanja online itu di minta isi alamat nomer telp dan alamat email…ke 3 nya ini mrpkan alat komunikasi yg utama jadi di setiap hutang piutang pihak debitur ( penerima hutang ) akan di beritahu masa tempo dan jumlah hutang yg hrs di byr tiap bln nya…jadi bila nomer telp hilang ato hangus ato kadaluarsa pihak aplikasi SDH pasti akan mencoba via email ato pun alamat si penerima hutang…ini adalah PROSEDUR BAKU yg hrs di lakukan oleh pemberi hutang ( pihak kreditur )

  • 25 November 2022 - (16:05 WIB)
    Permalink

    Mbanya kok bisa duduk santai dan tidur nyenyak ya punya hutang tunggakan pembayaran dri tahun 2020 sampai 2022. Mbanya sadar ga tuh punya utang udah sampai 2 taun? Itu lama bgt lho atau mba ini tipe org yang klo minjem ga ditagih sama yg ngasih malah bablas pura2 lupa hilang ingatan mbanya ga ada inisiatif kasih kabar.. maaf ya mba, menurut saya alasannya ga logis aja sih..

  • 26 November 2022 - (08:49 WIB)
    Permalink

    Knp kalian harus pusing2x sih ini kan urusan saya, saya buat ini kan agar pihak shoppe menghubungi saya, saya sebagai yg punya utang sudah menghubungi terus2xan tp tidak ada tanggapan. Saya minta no VA untuk bayar dari tahun lalu tp tidak diinfokan, malah dikasih no rek bca yg bukan atas nama perusahaan shoppee. Saya juga sudah bayar kok pokok utang saya, saya tanya pada anda semua dimana letak salahnya. Selama satu tahun kemarin saya sudah coba untuk menghubungi mereka, saya coba melunasi utangnya. Tp dimana mereka apa karena masih terlalu kecil jadi tidak ada keuntungannya. Saya tau kalian para DC mereka menekan saya dgn kata cacian agar saya bayar. Tenang saya tidak akan pernah terpengaruh dgn kalian. Saya sebagai punya utang sudah berusaha menanyakan perihal harus tranfer kmn apa tanggapan dari mereka, tp setelah saya unggah ini baru ada tanggapan. Apa salah saya dgn kehilangan hp saya ganti nomer semua data saya untuk keamanan. Saya pernah kerja dibagian fraud jadi tau apa penyebab transaksi fraud. Makanya saya ubah semua data saya, dan itu saja saya masih kecolongan kena fraud transaksi. Sekarang urusin aja hidup kalian sendiri, apa biar saya urus dgn pihak shoppee. Untuk yg sudah mendukung saya terima kasih, dan untuk yg tidak saya ucapkan terima kasih juga semoga kalian tidak mengalami hal seperti saya.

  • 29 November 2022 - (21:46 WIB)
    Permalink

    sy juga mau lah,ngutang…buang sim card,spekulasi siapa tau bebas,kalo ke gep tinggal playing victim tulis di mk,berharap bayar pokok nya aja ?

  • 30 November 2022 - (12:32 WIB)
    Permalink

    Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melaknat pemakan riba (rentenir), penyetor riba (nasabah yang meminjam), penulis transaksi riba (sekretaris) dan dua saksi yang menyaksikan transaksi riba.” Kata beliau, “Semuanya sama dalam dosa.” (HR. Muslim, no. 1598)

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee SPayLater?

Ada 254 komentar sampai saat ini..

Utang Hanya Rp2 Juta, Baru Ditagih Setelah Jadi Rp11 Juta

oleh Cherly Januaristi dibaca dalam: 1 menit
254