Ovaltine Official Tokopedia Tidak Kunjung Mengirimkan Pesanan yang Kurang

Selamat malam seluruh pembaca Media Konsumen, nama saya Dian Azzahra. Saya ingin membagikan pengalaman kurang enak dalam pembelian saya di Ovaltine Official Tokopedia. Pada tanggal 13 November 2022, saya membeli bundling Ovaltine, dengan nomor invoice Tokopedia: INV/20221113/MPL/2817906823. Yang berisi 3 pack Ovaltine yaitu 2 pack Cold Crunchy, dan 1 pack Ovaltine 3 in 1. Namun yang datang hanya 2 pack saja.

Pihak Ovaltine Tokopedia berjanji akan mengirimkan barang yang kurang. Namun setelah tanggal 17 November 2022, tidak ada tanggapan lagi di chat, sampai pesanan selesai otomatis. Jujur ada sedikit kesalahan saya, karena saya kurang mengerti proses ajukan komplain di Tokopedia hingga pesanan otomatis selesai. Namun kesalahan saya tidak menutup kesalahan Ovaltine official di Tokopedia.

Kesalahan kedua Ovaltine official adalah tidak jujur dengan masa expired produk. Saat ditanya kapan tanggal expired produk, Ovaltine official hanya menjawab bahwa expired masih lama. Ternyata barang yang datang expired-nya Maret 2023 ( 3-4 bulan setelah barang datang di rumah saya)

Saya sangat mengharap Ovaltine mengirimkan barang yang kurang, karena harganya jatuhnya jadi mahal kalau dapat 2 saja. Juga saya berharap Ovaltine lebih terbuka dan jujur soal masa expired produk, karena konsumen dijamin oleh Undang-Undang untuk mendapatkan masa expired produk yang sesuai perjanjian.

Dian Az Zahra
Kab. Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

42 komentar untuk “Ovaltine Official Tokopedia Tidak Kunjung Mengirimkan Pesanan yang Kurang

    • 23 November 2022 - (11:20 WIB)
      Permalink

      Yang kurang itu sebetulnya bonus alias gratis. Ada kok keterangan di SS produk yang tercantum dalam artikel.

      Dilematis sih memang kalau beli produk makanan secara online. Untuk produk kemasan, tidak bisa dilihat dulu tanggal kadaluarsanya dan—ya begini, kalau ada bonus bundel atau apalah nggak bisa klaim langsung. Berbeda dengan kalau beli langsung secara offline.

      3
      6
      • 23 November 2022 - (12:32 WIB)
        Permalink

        Tapi kalau tau bonusnya ga dikirim, mending beli satu bungkus aja aku. Karena harganya sama aja atau bisa lebih murah Krn suka ada promo juga

        5
        3
        • 23 November 2022 - (22:39 WIB)
          Permalink

          Yang benar memang seperti itu, memberi tahu konsumen kapan tanggal kadualuarsa, setidaknya bulan dan tahunnya

          3
          1
      • 23 November 2022 - (22:36 WIB)
        Permalink

        Sering juga beli be*ar brand online, klo ditanya kapan kadaluarsa mrk biasanya kasih tau detil kapan , bukan hanya sekedar “masih lama”.

        • 23 November 2022 - (22:40 WIB)
          Permalink

          Yang benar memang seperti itu, memberi tahu konsumen kapan tanggal kadualuarsa, setidaknya bulan dan tahunnya

          3
          1
      • 24 November 2022 - (02:27 WIB)
        Permalink

        Eh teguh iman Lo buzzer ya? Di setiap artikel ada komentar Lo menyudutkan penulis artikel mediakonsumen. Udah mana sok tau lagi orangnya, yang ga dikirim itu bukan gratis, itu bundling harganya ga beda jauh dari beli satu satu

        2
        4
  • 23 November 2022 - (12:09 WIB)
    Permalink

    Mestinya via Komplain, dan tentunya utk kekurangan dan persoalan exp nya ada bukti video unboxing juga ya. Di tokopedia jika pembelian mencakup asuransi, ga dibebankan biaya kirim ulang/retur (bisa di klaim ongkir tsb atau tersedia layanan kurir pickup utk ekspedisi tertentu), jadi belanjanya lebih nyaman… Ga kek tempat laen, penjual salah kirim utk barang receh terpaksa diterima begitu aja, krn utk retur, bisa mahalan ongkirnya.

    4
    2
    • 23 November 2022 - (13:23 WIB)
      Permalink

      Ada video unboxingnya saya. Btw kenapa ngebelain tokopedia banget ya? Buzzer Tokopedia kah? Shopee juga bertanggung jawab ongkos kirim atas barang yg salah kirim.

      1
      14
      • 23 November 2022 - (13:26 WIB)
        Permalink

        Kalau mau memperbagus image tokopedia, ga usah ngejelekin marketplace lain. Saya member platinum baik di Tokopedia maupun shopee, kayaknya dua-duanya sama aja ga beda jauh kualitasnya

        1
        12
      • 23 November 2022 - (22:46 WIB)
        Permalink

        Sorry saya koreksi, ongkir ditanggung shopee hanya untuk pengiriman J&T. Sekarang j&t ada juga opsi ongkir bayar di tempat oleh penerima. Jadi ga perlu ngejelekin marketplace manapun

  • 23 November 2022 - (12:31 WIB)
    Permalink

    Ya kesalahanku sih, Krn aku ga ngerti proses retur tokopedia,aku pakai tokoedia dr thn 2015, tapi ga pernah ada kasus barang salah/kurang soalnya

    2
    11
    • 23 November 2022 - (23:18 WIB)
      Permalink

      Sudah tahu salahnya kan? Ya berarti jadikan pelajaran aja. Biar besok2 bisa komplain masalah retur.

      Mudah2an kalau memang benar kurang, pihak official toko berkenan mengirim balik kekurangannya. Dan buat pembeli mudah2an bisa pakai fitur komplain nya tokopedia. Jadi bisa komplain plus pakai video kekurangannya tadi sebagai bukti.

      Semoga cepat selesai ya masalahnya.

      5
      2
      • 23 November 2022 - (23:34 WIB)
        Permalink

        Masalah sudah selesai, Ovaltine mengembalikan uang saya… tapi di mediakonsumen kok banyak tokopedia fanboy ya

        11
        • 24 November 2022 - (03:35 WIB)
          Permalink

          Kasian banget sampai bilang penboy toped lah shopee lah. Ini kan kejadiannya kebetulan di toped. Makanya kita bahas toped. Kalau kejadiannya di shope ya beda lagi. Ntr disangka penboy toped pula. Punya pemikiran jangan sempit. Yang buzzer lah yang apa lah. Ampon dah orang kek gini.

          Besok2 kalau engga mau di comment sama orang lain, jangan nulis di media konsumen. Bikin blog pribadi aja.

          11
          • 24 November 2022 - (12:33 WIB)
            Permalink

            Maaf kalau Anda bukan buzzer Tokoedia. Tapi di Media konsumen emang beneran ada buzzer tokopedia yang selalu menyudutkan penulis artikel yang komplain di Tokopedia

      • 23 November 2022 - (23:40 WIB)
        Permalink

        Di mediakonsumen banyak banget fans tokopedia garis keras, serem sih, jadi takut nulis di sini lagi. Kalau benar dugaanku mereka dan Anda juga buzzer, kecewa banget sama Tokopedia. Padahal aku lebih kritik Ovaltine officialnya, tapi buzzer Tokopedia Mulu yg muncul. Padahal Ovaltine official juga ada di Shopee dan kayaknya adminnya sama.

        11
        • 26 November 2022 - (05:17 WIB)
          Permalink

          Gak usah langsung nuduh atau just kalo banyak panboy tokopedia, mereka bicara sesuai fakta. Belajar aja dari komenan orang.

      • 23 November 2022 - (23:42 WIB)
        Permalink

        Liat dong kesalahan Ovaltine yang juga fatal, mengirimkan barang yang 3 blm lagi kadaluarsa. Kalau ditanya tanggal expired Date ga pernah jelas jawabannya.

  • 23 November 2022 - (12:44 WIB)
    Permalink

    official kalah sama toko biasa. sy pernah komplain ke toko biasa barang kurang dikirim, akhirnya dia bersedia kirim lg dgn ongkir yg termurah (pake wahana). Rugi di ongkir sudah menjadi konsekuensi dari kesalahan yg dibuat.

    • 24 November 2022 - (09:15 WIB)
      Permalink

      Saya pernah begini, cuma di Lazadut dan produknya 4 renteng Natachino gratis 1 tumbler(Mayora) LazMall, pas datang gak ada tumblernya malah diganti toples, saya chat tokonya, saya kirim foto bukti, dia minta video unboxing, saya bilang saya bukan YouTuber, dan memang sejak 2016 belanja di Lazadut gak pernah buat video unboxing, saya bilang lagi, coba anda konfirmasi sendiri ke tim bagian pengemasan/pengiriman, tanya ke mereka, apa yang mereka kirimkan! Tumbler atau toples?! LazMall loh anda!

      Akhirnya besoknya dia kirim resi ninja tumblernya dikirim ulang deh wkwkwk, gertak aja, apalagi toko resmi, toko resmi (LazMall) itu harga lebih mahal ketimbang toko2 biasa, makanya wajib menuntut pelayanan semestinya sih…

      Gak enaknya tokped pesanan terkonfirmasi otomatis dalam waktu cuma 2 hari aja ya? Lazadut enak toko biasa aja 7 hari, LazMall 15 hari, jadi kalo ada masalah jangka waktu mengurusnya lumayan, atau kalau mau langsung balikin dengn alasan berubah pikiran pun juga bisa kalo LazMall, balikinnya bukan lagi ke toko tapi ke Lazada Warehouse/gudang Lazadanya
      Cuma berbagi pengalaman saja, maaf jika saya malah bahas yg agak beda wkwkwk

  • 23 November 2022 - (17:45 WIB)
    Permalink

    Kenapa harus official store? Biasanya official store itu bagus pelayanannya, tapi emang terkadang harganya sedikit lebih mahal.

    • 23 November 2022 - (22:42 WIB)
      Permalink

      Engak. Justru pengalaman official store itu lelet gk gercep, punya sistim kerja normal, Sabtu Minggu biasanya libur wkwkw. Klo order jumat di atas jam 4, bakal dikirim hari senin, toko biasa mah Sabtu bisa dikirim. Terlalu banyak prosedur, bahkan urk sekedar keluar masuk barang. Chat komplain bahasanya kayak robot. Jauh lbh enak toko biasa kok. Enaknya officila dintoped ya asuransi gratis, itu aja.

    • 24 November 2022 - (10:46 WIB)
      Permalink

      Official Store yg mana dulu bro, kalo Official nya per orangan ya wajar karena yg nangani dia sendiri, kalo kek perusahaan ya jelas agak susah karena balas itu admin nya bukan yg punya perusahaan, kalo ada barang kurang/rusak iya kalo beneran gak masalah karena yg nanggung perusahaan nya tapi kalo akal2an orang, yg nanggung ya orang bagian admin nya

  • 23 November 2022 - (23:38 WIB)
    Permalink

    Di mediakonsumen banyak banget fans tokopedia garis keras, serem sih, jadi takut nulis di sini lagi. Kalau benar dugaanku mereka buzzer, kecewa banget sama Tokopedia. Padahal aku lebih kritik Ovaltine officialnya.

    11
  • 24 November 2022 - (00:40 WIB)
    Permalink

    Padahal saya sekarang member diamond dan plus tokopedia, buzzer dan fans tokopedia garis keras di mediakonsumen belum tentu member diamond Tokopedia. Hahahah

    12
    • 24 November 2022 - (09:17 WIB)
      Permalink

      Saya pernah begini, cuma di Lazadut dan produknya 4 renteng Natachino gratis 1 tumbler(Mayora) LazMall, pas datang gak ada tumblernya malah diganti toples, saya chat tokonya, saya kirim foto bukti, dia minta video unboxing, saya bilang saya bukan YouTuber, dan memang sejak 2016 belanja di Lazadut gak pernah buat video unboxing, saya bilang lagi, coba anda konfirmasi sendiri ke tim bagian pengemasan/pengiriman, tanya ke mereka, apa yang mereka kirimkan! Tumbler atau toples?! LazMall loh anda!

      Akhirnya besoknya dia kirim resi ninja tumblernya dikirim ulang deh wkwkwk, gertak aja, apalagi toko resmi, toko resmi (LazMall) itu harga lebih mahal ketimbang toko2 biasa, makanya wajib menuntut pelayanan semestinya sih…

      Gak enaknya tokped pesanan terkonfirmasi otomatis dalam waktu cuma 2 hari aja ya? Lazadut enak toko biasa aja 7 hari, LazMall 15 hari, jadi kalo ada masalah jangka waktu mengurusnya lumayan, atau kalau mau langsung balikin dengn alasan berubah pikiran pun juga bisa kalo LazMall, balikinnya bukan lagi ke toko tapi ke Lazada Warehouse/gudang Lazadanya
      Cuma berbagi pengalaman saja, maaf jika saya malah bahas yg agak beda wkwkwk

    • 24 November 2022 - (10:57 WIB)
      Permalink

      Wuihh member diamond kek merasa istimewa aja, member diamond berapa kali ini? Gw kalo di hitung udah lebih dr 4x dalam 2 tahun, bagi yg kerjaannya cuma jual beli HP di marketplace member diamond itu gak istimewa, jadi member diamond itu gak perlu setahun, 4 bulan udah bisa, nyatanya penjualan gw di Shopee omzetnya dr jual HP bulan Juni-Agustus 2022 hampir 2M (belum lagi yg di Tokopedia) dan itu pembelinya dr Shopee dan Tokopedia, ya itung aja kalo kek gitu Shopee platinum + Tokopedia diamond gak susah2 amat

      Butuh bukti? share aja nomer yg ke dua jngn nomer utama biar gak di teror orang ntar gw buktiin, kalo koment gw hoax silahkan laporan ke polisi kalo bisa suruh saya jadi DPO tapi konsekuensi nya berani gak kalo sebaliknya? Simpel aja

      Orang2 di sini ngasih tau baik2 di bilang fanboy, lawak amat

      • 24 November 2022 - (12:23 WIB)
        Permalink

        Sereeeem sumpah komplain di mediakonsumen aja bawa-bawa polisi sama DPO. Istighfar mending fokus kerja halal. Semua member Tokopedia emang istimewa, kan? Baik yang 4x diamond sama 1x diamond harusnya dapat pelayanan yang sama.

    • 24 November 2022 - (11:14 WIB)
      Permalink

      Berarti kakak sudah melihat tulisan ini di akun Tokpednya ya:
      “Hanya 1% dari puluhan juta pengguna Tokopedia yang …. bla bla…”
      Tulisan ini hanya muncul (bisa dilihat) jika sudah Diamond.
      Saya yakin para komentator di MK tercinta ini juga banyak yang sudah melihat tulisan di atas 🙂

      Santai aja..
      Sebagai seller dan buyer di Tokped saya justru terbantu dengan baca komen2 di MK. Seru!!!
      Tentu dengan style masing2… ada yang komennya keras terkesan mau ngajak lempar2an bakso hihii 🙂 , ada yang lembut bikin hati adem, ada yang bikin senyum2 sendiri..

      Banyak info yang bisa saya ambil dari para komentator yang budiman… 🙂

      Cheers 🙂

      • 24 November 2022 - (12:21 WIB)
        Permalink

        Lo juga kan buzzer tokoped Yubi, gue liat komentar Lo banyak nyerang penulis artikel yang komplain soal tokopedia =)

        • 24 November 2022 - (13:10 WIB)
          Permalink

          Saya buzzer untuk pikiran saya sendiri 🙂

          Menghargai kebebasan dalam berfikir (I’m free man). Menghindari menuduh orang lain.
          Karena tuduhan bagian dari kepicikan/kesempitan dalam berfikir.
          Menuduh juga menunjukkan kecerobohan dalam berfikir/sembrono.
          Kecerobohan ini bisa berefek ke hati.. hati jadi menghitam,
          gampang marah atas pikiran orang lain.
          Semoga saya terhindar dari hal ini

          Btw, bisa kasi bukti komen saya yang menyerang penulis di MK? 🙂

  • 24 November 2022 - (15:51 WIB)
    Permalink

    Masalah sudah selesai. Barang yang kurang sudah dikirim diterima oleh saya. Customer service Tokopedia menelepon saya dan meminta saya mengabaikan semua komentar negatif di surat saya ini di mediakonsumen. Jadi saya tidak akan berkomentar lagi di sini.

    • 24 November 2022 - (15:52 WIB)
      Permalink

      CASE CLOSED. Barang yang kurang sudah dikirim dan diterima oleh saya. Customer service Tokopedia menelepon saya dan menyuruh saya mengabaikan komentar komentar negatif yang menyudutkan saya

  • 26 November 2022 - (09:40 WIB)
    Permalink

    Masalah sudah selesai, boleh klarifikasi sebenarnya member Platinum atau Diamond di Tokped ? Ada komentar anda yang berbeda. Komen aja ga konsisten, jangan² kronologis yang ditulis juga begitu.
    Ga ada yang menyudutkan saya baca komennya, cuma kasih saran dan bagi pengalaman. Jangan² TS ini buzzer Lambe Turah ya ? Kok lebay amat ngomongnya…Iiihhh serem deh.

 Apa Komentar Anda mengenai Ovaltine Official Tokopedia?

Ada 42 komentar sampai saat ini..

Ovaltine Official Tokopedia Tidak Kunjung Mengirimkan Pesanan yang Kur…

oleh Dian Az zaura dibaca dalam: 1 menit
42